Tempat Wisata

Pulau Pagang, Mengenal Spot Terbaik Pecinta Snorkeling di Padang

Liburan di Pulau Pagang menjadi solusi bagi wisatawan yang ingin sejenak melepaskan diri dari hiruk pikuk perkotaan. Berikut beberapa atraksinya.

Biaya tur: Mulai dari Rp 35.000 Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kecamatan Sungai Pinang. Koto XI Tarusan, Cab.Pesisir Selatan, Sumatera Barat; Map: Periksa lokasi

Dataran tinggi Sumatera Barat menjadi ciri khas wilayah barat. Wilayah ini di sebelah barat dibatasi oleh laut lepas Samudera Hindia. Salah satu destinasi wisata yang menarik adalah Pulau Pagang.

Indahnya panorama pulau ini menyuguhkan pemandangan hijau perbukitan Sumatera yang memukau. Ditambah lagi hamparan pasir putihnya yang sangat bersih dan lembut, serta birunya air laut seakan mengundang siapa pun untuk menceburkan diri ke sana. Selain itu masih banyak aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan.

Pulau populer ini menjadi destinasi wisata bahari di Sumatera Barat. Pulau ini juga telah dikelola sebagai objek wisata alam. Wisata laut di Pagang sudah menjadi destinasi wisata internasional. Maka tak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang berlibur ke sini.

Objek wisata yang ditawarkan Pulau Pagang

Daya Tarik Pulau Pagang PadangFoto: Twitter/pialang IKN

Sedangkan untuk wisata bahari, daya tarik Pulau Pagang tentu saja adalah wisata bawah laut. Selain itu, berbagai aktivitas water sport seperti naik banana boat, parasailing, dan lain-lain tersedia di sini. Pengunjung yang datang pasti akan selalu merasa terhibur. Lalu apa saja daya tarik wisata bahari di Pagang?

✦ Pantai berpasir putih

Pasir putih di pantai ini memiliki tekstur yang bersih dan lembut. Apalagi air lautnya berwarna biru dan jernih. Jadi Anda bisa bersantai dan melepaskan diri dari hiruk pikuk kota. Sebab akses menuju pulau ini jauh dari perkotaan.

Pengunjung yang datang juga diperbolehkan berenang di pinggir pantai. Menikmati deburan ombak pantai sambil berenang merupakan pengalaman unik yang tidak mungkin didapat saat berenang di kolam renang.

Jika berkunjung saat cuaca cerah, panorama alamnya terbuka. Pasir putih dan deretan pohon kelapa mengundang pengunjung. Pulau Pagang menempati luas sekitar 10 hektar. Dalam waktu sekitar satu jam Anda bisa menjelajahi setiap sudut indah pulau ini. Snorkeling juga sangat menyenangkan.

✦ Snorkeling

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, snorkeling menjadi daya tarik utama pulau ini. Kejernihan airnya membuat terumbu karang terlihat jelas. Anda juga bisa melihat ikan-ikan hias cantik berenang di air. Saat Anda berkunjung ke sini, berbagai biota laut bisa memanjakan hati Anda. Peralatan snorkeling tidak perlu dibawa karena wisatawan dapat menyewa peralatan tersebut kepada pihak pengelola.

Tersedia juga paket foto bawah air yang juga mencakup penyewaan peralatan snorkeling. Spot foto bawah air ini berada di sisi kanan dermaga pertama. Di sini wisatawan akan menemukan banyak biota laut yang bisa diajak berfoto. Tentu saja foto yang diambil akan terlihat sangat dipentaskan.

✦ Ambil foto di bawah laut

Wisatawan dipandu oleh fotografer dan tim untuk berpose di bawah laut. Foto diambil dengan kamera tahan air. Setelah sesi perekaman selesai, file foto dapat diminta untuk disimpan ke ponsel. Selain snorkeling dan foto bawah air, masih ada berbagai atraksi air lainnya seperti banana boat, jet ski dan lain-lain.

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Pulau Pagang PadangFoto: Twitter/Afzalsukasuki

Pulau Pagang terletak di Nagari Sungai Pinang, Kecamatan XI Torotan, Kab.Pantai Selatan, Sumatera Barat. Perkiraan jarak dari kota Padang sekitar 13 km. Bagi Anda yang bepergian dari luar kota, disarankan memulai perjalanan di Padang.

Setelah sampai di pelabuhan Bungus, perahu adalah pilihan terbaik untuk mencapai pulau ini. Dari Padang, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Bungus.

Biaya masuk wisata laut

Harga yang dibebankan kepada wisatawan tidak terlalu membebani dompet. Hanya dengan Rp 35.000 saja kamu sudah bisa menikmati keindahan alam pulau ini. Dengan tiket tersebut, pengunjung bisa menikmati pemandangan pulau dan bermain di pantai sepuasnya. Namun, Anda harus mengeluarkan uang lebih jika ingin mengikuti permainan air yang tersedia.

Kisaran harga game drive antara Rp 50.000 hingga 200.000. Untuk sewa alat selam harganya Rp 100.000 hingga 300.000. Dapatkan penawaran menarik dan harga lebih hemat dengan menggunakan jasa Pagang tour and travel. Sebab wisatawan hanya perlu membayar paket perjalanan yang sudah termasuk akomodasi, transportasi, dan makan.

aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Pulau Pagang PadangFoto: Twitter/Halimah Hernida

Pada dasarnya banyak sekali kegiatan yang dilakukan disini. Karena pulau ini merupakan destinasi populer bagi banyak wisatawan, pihak pengelola telah menyediakan berbagai wahana dan fasilitas untuk memaksimalkan pengalaman liburan Anda. Di bawah ini penjelasan lengkap mengenai beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Wisata Bahari Pagang.

1. Perahu pisang, perahu donat, dan jet ski

Wahana ini akan menyenangkan bila wisatawan berwisata bersama keluarga atau rombongan. Serunya naik banana boat semakin terasa saat berada di tengah laut. Wisatawan bisa melihat air laut yang jernih berwarna hijau kebiruan. Sehingga biota laut yang berada di bawah perahu terlihat jelas. Selain banana boat, ada juga donut boat yang akan memperkaya kesan liburan Anda.

Sesuai dengan namanya, perahu donat merupakan perahu karet yang berbentuk lingkaran seperti donat. Pengalaman yang ditawarkannya pun tak kalah menarik dengan banana boat. Jika wisatawan ingin menguji adrenalinnya, jet ski bisa menjadi pilihan. Jika tidak, maka banana boat dan donut boat menjadi alternatif menjelajah laut di Pulau Pagang.

2. Menyelam dan Snorkeling di Pulau Pagang

Menyelam dan snorkeling adalah kegiatan yang serupa tetapi tidak sama. Kedua aktivitas tersebut merupakan aktivitas menyelam. Meski sama-sama menawarkan pengalaman bawah air, snorkeling memungkinkan Anda menyelam hingga kedalaman 1 hingga 3 meter, sedangkan scuba diving membawa Anda hingga kedalaman 200 hingga 300 meter.

Apapun itu, menyelam di Pagang merupakan kegiatan yang menarik. Wisatawan bisa melihat opera laut dengan ikan dan penyu. Laut di pulau ini juga tidak mempunyai ombak yang tinggi, bahkan tidak ada. Bahkan para pemula pun bisa snorkeling di sini sepuasnya.

3. Parasailing

Selain wisata air, ada juga wahana yang memberikan pengalaman warna berbeda. Terbang tinggi seperti burung dan nikmati panorama pulau dari ketinggian sambil parasailing, berkat bukit tinggi pulau ini. Kendaraan ini juga cocok bagi Anda yang ingin menguji adrenalin.

4. Naik ATV

Sepeda motor ATV juga tersedia bagi Anda yang ingin bermain-main di pinggir pantai. Wahana ATV memungkinkan wisatawan menjelajahi Pulau Pagang bersama teman atau keluarga. Nikmati indahnya suasana pantai dan jelajahi setiap sudutnya. Tentunya liburan akan semakin berwarna dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

5. Berkemah dan memancing

Berkeliling pulau tapi tidak memancing rasanya kurang lengkap. Pulau ini menawarkan spot mancing yang banyak ikannya. Jika Anda berencana memancing dalam jangka waktu lama, tak ada salahnya berkemah di sini.

Rasakan ketenangan beristirahat di pinggir pantai dan mendengarkan deburan ombak. Nikmati juga nuansa alam saat listrik padam di pulau ini dari malam hingga pagi. Sehingga wisatawan bisa menyalakan api unggun, sehingga suasana wisata terasa lebih tenang. Jangan lupa untuk memanggang ikan yang Anda tangkap.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau Pagang PadangFoto: Twitter/Bukan orang sungguhan

Pulau ini menawarkan berbagai fasilitas penunjang untuk memenuhi kebutuhan para pengunjungnya. Apakah Anda ingin tinggal lebih lama? Pulau ini juga menawarkan akomodasi untuk kenyamanan Anda. Terdapat berbagai akomodasi dari kisaran harga terendah hingga tertinggi. Semua memiliki fasilitas yang dapat disesuaikan dengan budget wisatawan. Selain itu, jika ingin menikmati nuansa alam, pihak pengelola juga menyediakan tempat perkemahan.

Jangan khawatir pasir menempel di pakaian Anda. Pulau ini dilengkapi dengan toilet umum di berbagai tempat. Toilet dan kamar mandi ini sangat berguna bagi pengunjung yang ingin membersihkan diri setelah bermain air.

Pulau ini menjadi destinasi wisata bahari di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi. Karena keindahan Pulau Pagang tetap terjaga. Air lautnya yang jernih berwarna biru kehijauan menciptakan sensasi unik dan menyenangkan di kepala Anda. Sebelum pulang, luangkan waktu untuk mengunjungi toko oleh-oleh dan bawa pulang kenangan indah pulau ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button