Tempat Wisata

Wisata Air Terjun Jagir : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

banyuwangi tak henti-hentinya mempublikasikan tempat wisata lain yang keindahannya tak kalah dengan tempat wisata lain di jawa timur seperti Air Terjun Jagi, walaupun kehadirannya terbilang baru namun pesonanya yang indah dan memikat hati wisatawan membuat tempat ini semakin kebanjiran membuat penasaran. tentang pemandangan alam yang ada disana.

Anda yang sedang berlibur ke Banyuwangi tidak boleh melewatkan objek wisata Air Terjun Jagir yang terletak di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Wisatawan biasanya melewati tempat ini setelah turun dari Kawah Ijen karena letaknya yang dekat. Wisatawan yang merasa penat setelah menempuh perjalanan jauh kerap menyempatkan diri untuk mandi atau sekadar membasahi wajah di air terjun ini untuk menyegarkan tenaga sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan pulang. .

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter ini bukan satu-satunya. Jadi bonusnya kalau ke sini bisa melihat dua air terjun lagi yang letaknya di dekat air terjun Jagir. Namun dua air terjun lainnya tidak bersumber dari sungai melainkan dari tiga sumber mata air berbeda yakni Sumber Jagir, Sumber Buyut, dan Sumber Pawon. Karena letak ketiga air terjun ini berdekatan, objek wisata ini sering disebut dengan sebutan “Air Terjun Kembar” atau “Air Terjun Bersaudara”.

Dari dua air terjun di dekat Air Terjun Jagir, air terjun yang berasal dari mata air Sumber Pawon inilah yang paling unik dan menarik perhatian. Dinamakan demikian karena sumber airnya berada di belakang dapur warga (“pawon” dalam bahasa Jawa). Selain itu, air terjun ini juga menyuguhkan pemandangan terindah karena aliran airnya tidak terlalu deras dan cukup lebar sehingga seolah-olah ada dua atau tiga aliran air dalam satu tempat dalam waktu yang bersamaan. Di bawah air terjun ini terdapat penampung air yang cukup besar yang dapat digunakan untuk mandi dan berendam.

Dari ketiga air terjun di atas masih belum cukup, jangan khawatir masih ada satu lagi yang tak jauh dari lokasi ketiga air terjun tersebut di atas. Sekitar 300 m ke arah barat Anda akan menemukan air terjun lain yang lebih tinggi. tinggi sekitar 40 m. . Orang menyebutnya Air Terjun Kategan. Namun air terjun berikut ini bukan berasal dari mata air melainkan dari Sungai Kalibendo sehingga aliran airnya cukup deras. Namun akses jalan menuju Air Terjun Kategan masih berupa jalan setapak yang menyusuri hulu sungai. Jika Anda bisa menikmati air terjun lainnya dari dekat, jangan lakukan dengan Air Terjun Kategan.

Konon, penduduk setempat juga mempercayai mitos bahwa air terjun di tempat ini dapat menyembuhkan penyakit. Percaya atau tidak, itu sepenuhnya terserah Anda.

Fasilitas di Air Terjun Jagir

Meski keberadaan objek wisata ini tergolong baru, namun fasilitas yang diberikan warga Desa Kampung Anyar sudah mampu menunjang para wisatawan yang datang berkunjung. Bagi Anda yang membawa mobil atau motor pribadi, tentunya tersedia tempat parkir di titik ini. Jika Anda ingin mandi di bawah air terjun atau mandi sebentar, jangan khawatir, karena tersedia juga toilet umum tempat Anda bisa mengenakan pakaian basah. Karena dekat dengan rumah penduduk, musholla juga mudah ditemukan.

Selain itu, bagi Anda yang haus atau lapar setelah bermain di kolam sekitar air terjun bisa mampir ke warung dan kantin warga sekitar Air Terjun Jagir dan membeli makanan khas dengan harga terjangkau.

Berburu foto di air terjun Jagir

Wisatawan yang juga pecinta fotografi akan sangat dimanjakan dengan objek wisata yang satu ini karena seperti yang telah disebutkan di atas, Anda tidak hanya bisa melihat satu air terjun saja, melainkan ada tiga air terjun yang pemandangannya bisa Anda nikmati.

Tempat untuk berfoto bersama keluarga dan teman sangat beragam, mulai dari mandi di kolam bawah air terjun hingga duduk-duduk di bebatuan sekitar air terjun. Selain itu pemandangan yang bisa Anda saksikan di dekat tempat tersebut juga bisa menyegarkan mata dan menjadi sasaran kamera Anda, seperti pepohonan rindang dan hamparan sawah warga.

Baca Juga: Wisata Pulau Kangean, Surganya Timur Madura

Akses jalan menuju air terjun Jagir

Akses jalan menuju tempat ini cukup mudah karena tidak hanya dekat dengan jalan utama, kondisi jalan menuju Air Terjun Jagir juga bagus. Menuju Air Terjun Jagir lebih mudah jika berkendara dari pusat kota Banyuwangi (Simpang Lima). Perjalanan menuju Terminal Sasak Perot di Desa Bakung Kecamatan Glagah. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan lurus ke barat hingga sampai di pertigaan Patung Barong di Desa Banjarsari. Dari pertigaan ini lurus melewati Desa Kemiren hingga Desa Taman Suruh. Perjalanan kemudian dilanjutkan beberapa menit hingga sampai di dusun Kampung Anyar. Setelah Anda tiba di tempat parkir mobil, Anda melanjutkan perjalanan menyusuri jalan setapak yang menuruni tangga sekitar 100 m dan memiliki penghalang keamanan di kedua sisinya.

Biaya masuk ke air terjun Jagir

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir sepeda motor: Rp 3.000
  • Biaya parkir: Rp 5.000

(Diperbarui September 2023)

Jam buka air terjun Jagir

Tips berlibur di air terjun Jagir

  • Bawalah baju ganti
  • Bawalah makanan dan minuman secukupnya
  • Berhati-hatilah saat mengambil foto di dekat air terjun
  • Awasi anak-anak Anda yang sedang bermain
  • Jangan membuang sampah
  • Kenakan sepatu yang nyaman

Galeri foto air terjun jagir

Potret air terjun Jagir

Spot foto di jembatan

Spot foto di bawah jembatan

Keindahan air terjun Jagir
Mandi di bawah air terjun
Potret pengunjung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button