Tempat Wisata

Air Terjun Maribaya: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Tak heran lagi jika banyak wisatawan yang menghabiskan liburannya di air terjun. Suasana asri kerap menjadi pedoman mereka dalam berlibur. Apalagi jika Anda tinggal di tengah kebisingan kota. Pada setiap hari libur, tempat wisata Air Terjun ini selalu ramai pengunjung. seperti Curug Maribaya.

Setelah penutupan sementara untuk renovasi. Curug Maribaya kembali dibuka dengan indahnya kolaborasi tiga air terjun. Curug Maribaya hasil kolaborasi Air Terjun Indah 3 artinya terdapat tiga air terjun yang bersebelahan. Berbeda dengan Air Terjun Pengantin yang hanya berupa air terjun.

Air Terjun Maribaya terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Curug Maribaya terbagi menjadi tiga air terjun yaitu Curug Cikawar, Curug Cikoleang dan Curug Cigulung. Ketiga air terjun tersebut masing-masing memiliki ketinggian 15 meter.

Fasilitas di Curug Maribaya

Fasilitas yang ada di air terjun ini antara lain taman bermain anak, musala, toilet, taman yang asri, tempat parkir mobil dan pusat informasi. Ada juga food court di sekitar air terjun, acara kumpul-kumpul seru dan masih banyak lagi.

Ada juga Kolam Telaga Giri di kawasan Curug. Kolam Telaga Giri ini merupakan area pemancingan dan pemancingan ikan. Anda bisa mengajari anak Anda untuk melatih kesabaran saat memancing. Jika ingin menangkap ikan biayanya Rp 20.000/30 menit. Untuk pemancingan kolam dan pemancingan Rp 15.000/15 menit.

Selain ketiga air terjun tersebut, di Air Terjun Maribaya juga terdapat kolam termal. Jika ingin menikmati pemandian air panas ini, Anda perlu membayar tiket masuk dengan rincian sebagai berikut: Deluxe pool Rp 75.000 per orang, VIP pool Rp 150.000. dan untuk foot spa biaya masuknya sebesar Rp 30.000/orang.

Jika Anda datang ke Maribaya bersama keluarga dan keponakan, tak perlu khawatir. Sebab Maribaya menawarkan taman untuk tempat bermain anak.

Sejarah Air Terjun Maribaya

Nama Maribaya berasal dari seorang wanita yang sangat cantik dan menjadi primadona. Karena kecantikannya, Maribaya menjadi idola para pria. Orang-orang desanya pernah berlomba-lomba mendapatkannya hingga akhirnya terjadi pertumpahan darah.

Tak ingin terjadi bencana lagi, orang tua Maribaya berangkat ke Gunung Tangkuban Perahu untuk bertapa. Lalu orang tua Maribaya mendapat ide.

Nasihatnya mengatakan mereka harus meletakkan mangkuk mereka. Setelah orang tua Maribaya membuang cangkangnya, muncullah sumber air mineral panas yang mengandung belerang dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Pemandian air panas ini dialiri oleh dua sungai yaitu sungai Cigulung dan sungai Cikawari. Dari kedua sungai tersebut terdapat tiga air terjun yaitu Air Terjun Cikawari, Air Terjun Cigulung, dan Air Terjun Cikoleang. Untuk mengenang putrinya, orang tua Maribaya memberi nama desa kecil itu “MARIBAYA”.

Baca juga : Curug Cimahi, air terjun tertinggi di Bandung dengan keindahan yang eksotis

Berburu Foto di Curug Maribaya

Keindahan alam Curug Maribaya tidak perlu diragukan lagi. Selain itu kita juga bisa menikmati keindahan ketiga air terjun yang berdampingan, hijaunya pepohonan, sejuknya udara, pepohonan rindang, dekorasi di sekitar air terjun, serta hangatnya Sumber Air Panas Maribaya yang telah direnovasi dengan baik.

Anda bisa berfoto di depan tiga air terjun dengan keindahannya tersebut. Latar belakang ketiga air terjun tersebut mampu menambah aura keindahan dan ketampanan Anda di depan kamera. Jika tidak, Anda juga bisa berfoto di depan pepohonan yang rindang dan hijau.

Bagi Anda pecinta foto, ada tempat khusus yaitu Jembatan Surga Tapak Halimun. Jembatan Langit Tapak Halimun merupakan jembatan yang berada di sisi kiri kawasan. Dari tempat ini Anda bisa melihat sebagian besar kawasan Maribaya.

Anda juga bisa berfoto di kebun binatang mini dan rumah hobbit. Jika Anda ingin menjadikan air terjun Maribaya ini sebagai foto prewedding, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 1.500.000. Harga ini cukup terjangkau dibandingkan tempat wisata lainnya.

Peta situs arah Curug Maribaya

Biaya masuk Air Terjun Maribaya

  • Biaya masuk pada hari biasa: Rp 35.000/orang
  • Biaya masuk akhir pekan: Rp 45.000/orang

(Diperbarui September 2023)

Jam buka Air Terjun Maribaya

  • Buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore

Tips berlibur di Air Terjun Maribaya

Jika Anda memutuskan untuk berlibur ke Curug Maribaya, sebaiknya tidak membawa makanan atau minuman apapun ke dalam area air terjun karena pengunjung tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar.

Selain itu, sebaiknya jangan melewati DAGO dalam perjalanan ke sana karena jalannya sempit. Dan bagi wanita saya sarankan untuk tidak memakai sepatu hak tinggi karena tempatnya jauh. Pastinya akan membuat Anda lelah dan kaki Anda melepuh. Demikian ulasannya Air Terjun Maribaya Semoga artikel ini bermanfaat bagi pecinta travelling.

Galeri Foto Air Terjun Maribaya

Potret Air Terjun Maribaya di Bandung
Potret pengunjung
Akses jalan menuju Air Terjun Maribaya
Keindahan Air Terjun Maribaya
Potret saat air keruh

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button