Tempat Wisata

Wisata Taman Sri Tanjung : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Sebagai warga Surabaya pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu tempat wisata kota ini yaitu Taman Bungkul, sebuah tempat di tengah kota dimana Anda dan keluarga bisa bersantai sambil menyaksikan anak-anak Anda bermain. Banyuwangi tak mau kalah, ada pula taman indah yang bisa dinikmati warga Banyuwangi, yakni Taman Sri Tanjung, salah satu kebanggaan Kota Banyuwangi. Dari segi penghargaan, Taman Sri Tanjung masih kalah dengan Taman Bungkul karena Taman Bungkul telah diakui sebagai taman terbaik di Asia oleh PBB. Meski demikian, Taman Sri Tanjung merupakan taman terbaik yang ada di kota banyuwangi.

Salah satu landmark kota banyuwangi ini memang sangat cocok untuk dikunjungi bagi anda yang berdomisili di banyuwangi maupun luar banyuwangi, apalagi bagi anda yang ingin mencari suasana baru tempat wisata alam dengan mengunjungi tempat wisata disekitarnya. kawasan berpindah di tengah kota seperti Taman Sri Tanjung. Berkumpul bersama keluarga atau teman, sekedar nongkrong dan ngobrol atau ingin benar-benar mengenal kota banyuwangi. Selain itu, letaknya yang memudahkan pengunjung untuk berkunjung, sehingga taman ini sering dikunjungi wisatawan. Belum lagi penambahan bangunan kaya sejarah di sekitar kawasan Taman Sri Tanjung.

Letak Taman Sri Tanjung sendiri berada di kawasan yang dulu disebut dengan “sistem pemerintahan Macapat”, yaitu sistem tata kota berdasarkan angka empat, dengan pusat kota berada di tengah kota dan beberapa lembaga pendukung di dalamnya. Dalam bentuk ini terdapat bangunan-bangunan penting seperti keraton, tempat ibadah, penjara dan pasar, tersebar di keempat penjuru mata angin, yang representasinya diwakili oleh bentuk persegi.

Pada awal tahun 2000-an, Taman Sri Tanjung dipagari dan hanya tersisa sebatang pohon beringin besar. Terdapat pula kolam di tengah taman yang mengelilingi replika Piala Adipura berukuran besar.

Nama Sri Tanjung sendiri berasal dari legenda yang diturunkan secara turun temurun di kota banyuwangi, tentang kisah percintaan dan kesetiaan antara Sri Tanjung dan Sidopekso. Bahkan, tak jauh dari taman ini terdapat Air Mancur Sri Tanjung yang dipercaya memiliki kesaktian. Misalnya, jika air mancur itu mengeluarkan bau yang harum, itu pertanda akan terjadi hal-hal baik, dan sebaliknya, jika air mancur itu mengeluarkan bau yang harum—bau anyir atau amis—maka akan terjadi hal-hal buruk. Percaya atau tidak, itu sepenuhnya terserah Anda.

Fasilitas di Taman Sri Tanjung

Karena letaknya yang berada di tengah kota, taman ini seolah memiliki fasilitas yang layak untuk dijadikan sebuah taman, mulai dari jogging track yang membentang sepanjang Taman Sri Tanjung, batu refleksi di tengah jogging track bagi anda yang mau jalan-jalan tanpa alas kaki, sangat cocok karena batu ini bisa melancarkan peredaran darah. Soal kebersihannya juga tidak perlu khawatir karena di taman ini sudah ada petugas yang siap membersihkan area kotor. Namun, Anda juga harus ikut menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarang.

Kemudian di tengah Taman Sri Tanjung, tepat di samping air mancur, terdapat mini amfiteater, sebuah panggung kecil yang biasa digunakan penduduk setempat untuk pertunjukan seni. Tak hanya di pagi atau siang hari, Taman Sri Tanjung juga ramai pengunjung di malam hari. Anda juga akan menemukan banyak kios pedagang kaki lima yang tertata rapi di sekitar taman. Di taman ini tentunya terdapat banyak bangku dan tempat duduk, bahkan ada yang berada di bawah pohon rindang.

Berburu foto di Taman Sri Tanjung

Berburu foto di tempat ini pasti akan menyenangkan. Anda bisa leluasa berfoto bersama teman-teman dengan latar belakang air mancur atau indahnya pepohonan dan tanaman hias yang ada di sana. Selfie pun boleh, tidak ada yang melarang. Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan pemandangan sekitar kawasan Taman Sri Tanjung, termasuk jalan utama, bahkan bangunan-bangunan di sekitarnya beserta sejarahnya.

Anda juga bisa datang pada malam hari yang pemandangannya bisa semakin indah karena dihiasi dengan lampu-lampu yang menerangi area sekitar taman serta lampu-lampu jalan utama.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Telunyuk dari Dewa Raung, surganya kaki Gunung Raung

Akses jalan menuju Taman Sri Tanjung

Untuk menuju Taman Sritanjung, Anda bisa mengambil jalur dari Simpang Lima hingga Jalan dr. Sutomo hingga tiba di Taman Blambangan. Melalui sisi selatan Taman Blambangan yaitu Jalan Wahidin Sudiro dan berhenti di Lampu lalulintas Blambangan. Kemudian belok kiri menuju Jalan RA Kartini hingga sampai di perempatan PLN. Setelah itu belok kiri menuju Jalan Banterang hingga tiba di Simpang Surati dan ambil jalan lurus menuju Pendopo. Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum yang melewati Taman Sri Tanjung. Anda juga bisa naik ojek atau ojek sambil menikmati pemandangan kota banyuwangi.

Biaya masuk ke Taman Sri Tanjung

Untuk memasuki taman ini juga tidak ada tiket sehingga sepenuhnya gratis untuk umum tanpa dipungut biaya sepeser pun. Hanya biaya parkir kendaraan Anda yang mungkin berlaku.

Jam buka Taman Sri Tanjung

Tips berlibur di Taman Sri Tanjung

  • Lebih asyik jika datang bersama teman atau keluarga
  • jangan dibuang
  • Bawalah kamera agar bisa mengambil foto
  • Awasi anak Anda saat bermain
  • Siapkan uang untuk menikmati berbagai makanan di sana

Galeri Foto Taman Sri Tanjung

Selamat datang di Taman Sri Tanjung
potret air mancur

Spot foto di depan air mancur
Pariwisata di Taman Sri Tanjung
Potret udara Taman Sri Tanjung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button