Tempat Wisata

Gunung Sepincan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Belakangan ini, minat terhadap wisata pendakian semakin hari semakin meningkat. Pasalnya mendaki gunung mempunyai tantangan dan daya tarik tersendiri bagi sebagian besar orang, khususnya para pecinta travelling. Situasi ini menyebabkan banyak gunung di berbagai daerah mulai membuka jalur pendakian.

Di wilayah Kepri dan sekitarnya sebenarnya terdapat beberapa gunung yang menjadi tujuan wisata masyarakat lokal maupun luar daerah. Apalagi jika Anda menyukai wisata alam dan tantangan, salah satu gunung di sini bisa menjadi destinasi wisata baru bagi Anda.

Tentunya jika anda berlibur ke kawasan Kepulauan Riau, perjalanan wisata anda akan semakin lengkap jika ditambah dengan kunjungan ke gunung ini. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pesona wisata alam lainnya yang juga sering Anda jumpai di kawasan ini.

Pesona Gunung Sepincan

Ada beberapa hal dan daya tarik yang menjadikan gunung tertinggi di Kepulauan Riau ini memiliki daya tarik tersendiri dikalangan masyarakat. Di bawah ini adalah keindahan tersembunyi di dalamnya yang hanya bisa Anda temui saat mendaki gunung ini.

Misalnya saja, banyak keindahan alam mempesona yang akan Anda temui di sepanjang jalur pendakian yang memakan waktu antara 5 hingga 6 jam. Mulai dari Gua Saleh dan Gua Batu Balai. Kedua gua tersebut berada pada ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut.

Selain itu, selama perjalanan anda akan ditemani dengan suasana alam yang asri khas suasana pegunungan. Hingga ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut, pengunjung melintasi kawasan Lembah Lumut yang menyuguhkan pemandangan sangat indah.

Pesona lain yang menjadikannya istimewa Gunung Sepincan Inilah keberadaan air terjun yang ada di puncak gunung ini. Hal ini tentunya akan menambah rasa penasaran dan semangat para pendaki untuk menyelesaikan perjalanan pendakiannya di gunung ini.

Sejarah Gunung Sepincan

Keberadaan gunung yang puncaknya sekitar 1000 meter di atas permukaan laut ini telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Melayu di Lingga Riau. Cerita rakyat yang berlatar belakang gunung ini juga bermunculan. Misalnya saja cerita tentang puncak gunung yang dulunya merupakan tempat orang bermain gasing pada zaman dahulu.

Selanjutnya gunung ini juga dikenal dengan nama Bukit Permata. Pasalnya, puncak gunung ini memancarkan pesona keindahan alam dari sudut pandang batu permata. Untuk memudahkan masyarakat khususnya masyarakat sekitar untuk menyebutnya demikian.

Baca juga: Makam Merah, Tempat Pemakaman Sultan Terakhir Riau

Fasilitas di Gunung Sepincan

Di lingkungan Gunung Sepincan Karena semakin banyak pengunjung yang ingin mendaki ke sini, fasilitas umum juga disediakan. Mulai dari titik pemberhentian pada jalur pendakian hingga akses jalan dan jalur pendakian. Sehingga keamanan pengunjung di gunung ini bisa terjamin.

Berburu foto di Gunung Sepincan

Kalau soal foto, Anda tidak perlu khawatir kekurangan tempat menarik. Karena jika anda mendaki gunung ini pastinya anda akan menemukan banyak pemandangan dan tempat menarik disepanjang perjalanan yang bisa anda jadikan sebagai objek hobi fotografi anda.

Dengan demikian, kenangan perjalanan pendakian Anda di gunung ini akan terabadikan saat Anda kembali ke lokasi masing-masing. Suasana seperti itu di puncak gunung ini, serta suasana matahari terbit biasanya menjadi subjek foto yang paling digemari banyak orang.

Tips berwisata ke Gunung Sepincan

Sebelum bepergian Gunung Sepincan Tentunya Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu bekal yang cukup, kondisi fisik dan informasi seputar pendakian. Agar perjalanan anda berjalan lancar dan aman.

Jika Anda baru pertama kali mendaki gunung ini, disarankan untuk menyewa jasa pemandu untuk menemani perjalanan Anda menuju puncak.

Akses ke Gunung Sepincan

Untuk menuju objek wisata pegunungan ini, Anda bisa terlebih dahulu menempuh jalur menuju kecamatan Lingga. Setelah sampai disini, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melalui desa Panggak Darat yang merupakan pintu masuk pendakian gunung ini. Di sini Anda akan menemukan informasi tentang proses pendakian.

Peta lokasi Gunung Sepincan

Jam buka dan biaya masuk Gunung Sepincan

Di objek wisata pegunungan ini, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk tiket masuknya. Karena tempat ini masih sangat murah dibandingkan tempat wisata lainnya. Jam buka jalur pendakian di gunung ini sama dengan jalur pendakian lainnya.

Demikian informasi singkat mengenai tempat wisata Gunung Sepincan di Lingga, Kepulauan Riau. Semoga bermanfaat dan semoga petualangan Anda menyenangkan.

Galeri foto Gunung Sepincan

Potret Gunung Sepincan
Mendaki Gunung Sepincan
Potret para pendaki
Berkemah di Gunung Sepincan
Puncak Gunung Sepincan
Matahari terbenam di Gunung Sepincan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button