Tempat Wisata

Pantai Nongsa, Destinasi Pantai Eksotis di Pulau Batam

Pantai Nongsa adalah salah satu tempat wisata pantai terindah di Batam Kepulauan Riau yang layak untuk dijelajahi saat berlibur. Pantai berpasir yang menawarkan pesona laut biru, panorama bawah laut dan tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam.

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kabupaten Sambau. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau; map: Cek lokasi

Nama pantai ini sudah sangat dikenal masyarakat luas khususnya di daerah Batam. Dengan suasana khas Pantai Nongsa, pengunjung akan dibuat takjub dengan keindahan alamnya yang menjadi kenikmatan utama. Tak hanya itu, keindahan bawah lautnya pun tak kalah menakjubkan.

Letaknya yang berada di perbatasan kedua negara membuat kawasan ini semakin dikenal baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Oleh karena itu, pantai dengan pasir putihnya merupakan potensi besar untuk wisata bahari di Kepulauan Riau.

Berbagai fasilitas di pantai juga menjadi alasan utama mengapa pantai ini ramai dikunjungi pengunjung setiap harinya. Di bawah ini adalah beberapa informasi mengenai alamat, harga tiket dan hal menarik yang bisa dilakukan di kawasan Pantai Nongsa yang menawan ini.

Atraksi Pantai Nongsa

Aktivitas di Pantai NongsaKredit foto: Google Maps Kim Raymond

1. Keajaiban matahari terbenam

Tidak dapat disangkal bahwa keindahan matahari terbenam atau sunset dapat memikat mata setiap orang yang melihatnya. Momen matahari terbenam di ufuk barat menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Nongsa ini.

Jika warna langit berubah menjadi jingga, itu mungkin menandakan bahwa cuaca sedang bagus saat itu. Siluet beberapa tanaman di sekitar pantai menambah keindahan suasana sore ini. Pengunjung yang datang pun memilih waktu yang tepat untuk bisa menikmati sunset ini.

Anda bisa duduk di tepi laut dengan tikar atau bantal lainnya. Untuk menambah keseruan sembari menikmati pesona sunset, siapkan snack dan minuman ringan untuk melengkapi wisata Anda.

2. Keindahan bawah laut

Kekayaan biota laut yang dimiliki Pantai Nongsa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang akan mengikuti wisata tersebut. Berbagai jenis ikan kecil yang berenang di tepi laut dangkal menemani Anda saat snorkeling atau sejenisnya.

Terumbu karang juga menjadi tujuan ketika pengunjung melakukan olahraga air ini. Namun perlu diingat bahwa terumbu karang selalu perlu dirawat dan dilestarikan. Pengunjung tidak diperbolehkan menyentuh atau merusak terumbu karang ini.

Dengan selalu menjaga keindahan alam bawah laut, Anda dapat berkontribusi untuk melestarikan alam di masa depan. Keindahan bawah laut yang terpelihara di perairan pesisir ini juga akan dinikmati oleh generasi penerus.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket Wisata Pantai Nongsa

Alamat Pantai NongsaKredit Foto: Google Maps Jarry Rinaldy XXXV

Pantai eksotis ini terletak di Desa Sambau Kota Batam yang terkenal dengan aktivitas ekonominya yang ramai. Anda dapat menggunakan berbagai moda transportasi darat dan laut untuk menuju pantai ini.

Bagi Anda yang keluar kota, menggunakan kendaraan pribadi atau umum mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Ini akan membawa Anda sekitar 40 menit sebelum Anda tiba di wisata pantai pasir putih ini.

Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan perahu sederhana yang bisa Anda sewa. Untuk lebih menghemat biaya, ajak pengunjung lain yang datang ke Pantai Nongsa. Harga sewa perahu dibagi rata karena disewa oleh lebih dari dua orang.

Jika pengunjung dari luar kota mengunjungi wisata pantai ini maka bisa mendarat di bandara terlebih dahulu dengan menggunakan pesawat. Karena jarak dari pantai ke lapangan terbang cukup jauh, pengunjung disarankan untuk istirahat yang cukup terlebih dahulu.

Perjalanan yang sama seperti melalui rute kota yang Anda lalui setelah mendarat dengan selamat di bandara. Anda akan dengan mudah menemukan beberapa pilihan transportasi umum untuk melanjutkan perjalanan Anda selanjutnya.

Selain berangkat dengan transportasi darat, jalur air ini juga menjadi pilihan populer bagi pengunjung yang berangkat dari Kota Pangkal Pinang. Hanya membutuhkan waktu 15 menit, naik speedboat Anda ditemani pemandangan gedung-gedung kota yang indah.

Karena letaknya yang berada di perbatasan negara, tidak jarang pengunjung dari luar negeri mengunjungi objek wisata ini. Menggunakan transportasi air membuat waktu terasa lebih singkat selama satu jam karena jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh.

Harga tiketnya Rp 10.000, pengunjung harus membayar untuk masuk ke kawasan Pantai Nongsa. Harganya cukup murah karena keindahan dan beberapa fasilitas yang cukup lengkap yang ditawarkan wisata pantai ini.

Pengunjung sore hari tidak perlu khawatir jika pintu masuk ditutup. Pantai ini buka 24 jam sehari, sehingga pengunjung yang datang larut malam masih bisa membeli tiket masuk di pantai ini.

Aktivitas menarik di Pantai Nongsa

Pemandangan di Pantai NongsaSumber gambar: Twitter Radio Untar

1. Berenang di sekitar pantai

Mencoba berenang di kawasan Pantai Nongsa merupakan kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan sendiri atau bersama teman atau keluarga. Tentunya kegiatan tersebut akan membuat liburan Anda di pantai ini semakin seru.

Pilih area pantai yang tidak terlalu dalam, bahkan di area pantai sudah cukup bagi Anda untuk menikmati kesegaran air asinnya. Jangan lupa untuk membilas tubuh Anda dengan air bersih setelah berenang.

Pengunjung yang mengajak anak-anak berenang agar selalu mengawasi setiap aktivitasnya. Keadaan gelombang laut yang datang tidak menentu, bahkan terkadang besar, tentunya tidak bisa diprediksi sebelumnya.

2. Ambil foto di tempat yang berbeda

Ada banyak tempat untuk berfoto di kawasan pantai ini. Salah satu favorit pengunjung adalah berfoto di dermaga kecil. Dermaga kayu ini terlihat eksotis jika dijadikan sebagai background foto Anda.

Selain itu, Anda dapat menggunakan pemandangan laut biru sebagai subjek pemotretan. Langit yang cerah dengan sedikit warna putih dari awan menambah keindahan alam yang bisa Anda abadikan melalui sebuah foto.

3. Kunjungi Kampung Melayu

Tidak jauh dari Pantai Nongsa terdapat sebuah desa dengan ciri khas Melayu. Pengunjung pantai indah bernama Kampung Melayu ini bisa mampir sebentar ke kawasan desa ini.

Banyak hal yang bisa dilakukan saat mengunjungi tempat tersebut. Ada rumah adat nusantara nusantara yang bisa Anda temui jika masuk ke kawasan perkampungan.

Jika puas dengan wisata kampung adat ini, Anda juga bisa membeli beberapa oleh-oleh khas Batam untuk dibawa pulang. Mulai dari oleh-oleh unik hingga makanan kering yang tahan beberapa bulan.

Penginapan murah di pantai Nongsa

Nongsa Pantai Beach InnKredit foto: Google Maps Setio S

1. Resor Pantai Turi

Penginapan bertema pedesaan ini menjadi pilihan bagi Anda yang menyukai suasana tenang. Kamar yang disediakan juga berukuran besar, sehingga suara dari luar jarang terdengar saat berada di dalam kamar.

Penginapan berjarak 4,5 km dari Pantai Nongsa dan pengunjung hanya membutuhkan waktu 8 menit untuk sampai ke penginapan. Resor ini menawarkan pemandangan laut langsung kepada pengunjung yang menginap di lokasi ini.

2. Marina dan Resor Nongsa Point

Penginapan ini berjarak 4,7 km dari pantai dan menawarkan layanan antar jemput kepada para pengunjungnya. Yang menarik perhatian banyak pengunjung untuk memilih resort ini adalah variasi menu yang disajikan.

Tidak hanya itu, tersedia juga kolam renang bagi Anda yang ingin berolahraga ringan di pagi hari. Sementara itu, Anda dapat memesan sarapan dan makan di tepi kolam renang.

3. Resor Pantai Pemandangan Batam

Terakhir ada resort dengan model kamar minimalis. Hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk sampai ke tempat wisata yang berjarak sekitar 3,3 km dari penginapan.

Karena letaknya yang dekat dengan salah satu tempat wisata terkenal tersebut, banyak pengunjung yang memilih penginapan ini sebagai tempat menginap.

Fasilitas yang tersedia di Nongsa Beach Batam

Fasilitas Pantai Nongsa PantaiKredit foto: Google Maps Harry Russandias

Fasilitas lengkap untuk menunjang wisata Pantai Nongsa telah disediakan oleh pengelola setempat. Salah satunya adalah ATM, fasilitas ini berguna bagi Anda yang tidak selalu memiliki banyak uang tunai. Tentunya mengingat jarak dari kota yang cukup jauh, fasilitas yang satu ini akan sangat membantu.

Kemudian ada beberapa penginapan yang terletak di dekat pantai. Pengunjung luar kota bisa mencoba menginap di salah satu penginapan ini. Harga sewa kamar juga bervariasi, bahkan rata-rata dipatok dengan harga yang cukup terjangkau.

Di kawasan pantai ini Anda juga bisa menemukan beberapa restoran. Mencicipi kuliner disertai dengan pemandangan laut yang indah akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi Anda.

Dengan berbagai fasilitas tersebut, pengunjung wisata pantai ini akan semakin nyaman. Hal ini tentunya juga meningkatkan potensi wisata pantai.

Sekian informasi mengenai Pantai Nongsa di Kota Batam Kepulauan Riau. Keindahan alam pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button