Tempat Wisata

13 Wisata alam di Kulonprogo

Setiap tahunnya Yogyakarta menghadirkan banyak tempat wisata alam yang bisa dikunjungi warganya sebagai alternatif mengisi waktu luang di akhir pekan atau libur panjang. Dari lima kabupaten yang ada di Yogyakarta, Kulonprogo merupakan salah satu kabupaten yang memiliki berbagai tempat wisata menarik khususnya wisata alam. Terdapat wisata alam di sini yang membantu pengunjung menenangkan diri dan membuat betah serta menikmati suasana berlama-lama.

1. Wisata alam di Kalibiru

Sumber: rktransjogja.com

Pemandangan waduk Sermo dari atas memberikan sensasi menyegarkan bagi pengunjung. Kalibiru, kota wisata puncak bukit, terletak tepat di kawasan ini

Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata alam di Kalibiru mendadak terkenal karena menawarkan kesempatan berfoto di atas pohon pinus sambil menghadap ke waduk Sermo yang dibingkai pepohonan hijau.

2. Waduk Sermo

Sumber: atourin.com

Waduk Sermo yang masih satu jalan dengan Kalibiru juga menawarkan keindahan alam yang patut untuk dikunjungi. Jika dilihat warna birunya dari ketinggian Kalibiru, berarti warna airnya adalah Waduk Sermo. Selain untuk irigasi, Waduk Sermo juga digunakan sebagai tempat penelitian mahasiswa. Waduk Sermo saat ini semakin digemari pengunjung karena terdapat spot foto bambu di dalam waduk.

3. Puncak Suroloyo

Sumber: raskita.com

Punca Suroloyo merupakan puncak tertinggi di Pegunungan Menoreh, Kulonprogo. Bila cuaca mendukung dari puncak ini pengunjung bisa memandangi empat gunung di Pulau Jawa yaitu Sindoro, Sumbing, Merapi dan Merbabu yang dengan bangganya menantang siapa pun yang melihatnya. Puncak Suroloyo yang diselimuti kabut lembut dan suasana pagi hari sering dijadikan objek para pecinta matahari terbit.

4. Gua Kiskendo

Sumber: alodiatour.com

Gua Kiskendo merupakan salah satu tempat wisata Warisan geografis di DIY. Gua yang terletak di Jatimulyo, Girimulyo ini memiliki stalaktit dan stalagmit yang indah. Terletak di kawasan dataran tinggi Kulon Progo, Gua Kiskendo dikelilingi pemandangan yang sejuk. Jadi bagi yang belum berani menjelajah kegelapan goa bisa menikmati keindahan goa dan alam di pintu masuk goa.

5. Waduk Kleco Mini

Sumber: yogyes.com

Waduk Kleco atau Waduk Mini Kleco terletak di Giripurwo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waduk mini ini dianggap sebagai objek wisata alam buatan. Meski lebih kecil dibandingkan Waduk Sermo, namun keindahan alamnya tak kalah menarik. Pengunjung disuguhi bermain air dan menikmati pemandangan alam yang menyambut di depan mata.

6. Air Terjun Grojogan Sewu

Sumber: niagatour.com

Karena letaknya yang masih sangat alami, air terjun Grojogan Sewu semakin banyak dikunjungi wisatawan. Menariknya, menurut warga, Air Terjun Grojogan Sewu tidak keruh saat musim hujan. Air Terjun Grojogan Sewu terletak di Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

7. Air Terjun Sidoharjo

Sumber: raskitatrans.com

Air Terjun Sidoharjo sering dikunjungi warga saat musim hujan. Sebab, air terjun yang tingginya 75 meter ini mengering saat musim kemarau.

8. Kebun Teh Nglinggo

Sumber : dinpar.kulonprogokab.go.id

Tak perlu jauh-jauh ke Bandung untuk menikmati kesegaran teh. Di Kulon Progo, perkebunan teh Nglinggo bisa dijadikan referensi liburan. Di akhir pekan atau hari libur, Anda bisa menikmati hijaunya dedaunan dan sejuknya alam pegunungan. Lokasinya terletak di Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengunjung dapat menikmatinya sebagai tempat berteduh.

9. Kedung Pedut

Sumber: wikipedia.org

Kedung Pedut merupakan tempat wisata alam dengan air terjun dengan kolam berwarna biru kehijauan. Lokasinya yang berada di tengah hutan membuat akses ke Kedung Pedut cukup menantang. Wahana air alami. Tempat ini terletak di Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dan banyak dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri.

10. Taman Sungai Mudal

Sumber: ksmtour.com

Mudal artinya keluar. Waterpark ini merupakan waterpark yang sumber airnya langsung dari mata air. Taman berbentuk air terjun dan kolam dengan air berwarna biru jernih.

11. Puncak Gunung Kukusan

Sumber : Beritamaglang.id

Puncak Kukus juga merupakan puncak yang berada di Perbukitan Menoreh Kulonprogo. Jika anda berkunjung ke tempat wisata kebun teh, Puncak Kukusan merupakan puncak perbukitan di kawasan kebun teh dengan jalan satu jalur menuju puncak. Meski tak sekeren Puncak Suroloyo, Puncak Kukusan juga menjadi destinasi pilihan pengunjung Kulonprogo.

12. Air Terjun Curug Setawing

Sumber: wsrentaljogja.com

Terletak di Dusun Jonggrongan, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, air terjun ini memiliki ketinggian 45 meter. Pegunungan Menorah memiliki banyak wisata alam seperti air terjun. Tak heran jika air terjun di Kulon Progo selalu ramai dikunjungi pengunjung yang ingin merasakan kesegaran air pegunungan yang murni tanpa polusi.

13. Air Terjun Bunga Soka

Sumber: griyawisata.id

Salah satu air terjun yang tercipta dari luapan mata air dari Pegunungan Kelir ini terletak di Girimulyo dan juga menjadi daya tarik bagi wisatawan. Air terjun ini memiliki dua teras pemandian yang airnya berwarna kebiruan. Suasana pegunungan tak hanya eksotik, namun juga memudahkan pengunjung menikmati kesejukan alam Tuhan Yang Maha Esa dalam waktu yang lama.

Source: www.parawisata.net

Related Articles

Back to top button