Tempat Wisata

Pantai Alue Naga: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Banda Aceh terkenal memiliki segudang tempat wisata menarik yang layak untuk dikunjungi. Kawasan yang juga berbatasan dengan Samudera Hindia ini menawarkan sejumlah pantai eksotis. Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Alue Naga, tempat wisata yang populer bagi penduduk setempat untuk bersantai.

Pantai Alue Naga sendiri mempunyai keindahan yang berbeda dibandingkan pantai lainnya di Aceh. Meskipun pantai-pantai di Aceh biasanya memiliki pasir putih yang bersih, namun pasir di pantai ini berwarna agak kecoklatan dan memberikan kesan eksotis. Ini memiliki dua sisi keindahan berbeda yang dapat dinikmati wisatawan setelah melakukan aktivitas sehari-hari yang berat.

Pantai Alue Naga

Secara geografis Pantai Alue Naga terletak di Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Untuk menikmati panorama keindahan pantai, wisatawan setidaknya harus berada 10 kilometer dari pusat kota Banda Aceh yang bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit. Pantai ini juga hanya berjarak 3 kilometer dari kampus Darussalam.

Ada dua jalur yang bisa ditempuh wisatawan untuk menuju Pantai Alue Naga. Dari Darussalam, wisatawan terlebih dahulu menemukan Jembatan Sungai Lamnyong lalu belok kiri. Setelah itu wisatawan cukup mengikuti jalan lurus menyusuri Sungai Kecil atau Krueng Cut. Setelah melintasi jalan utama, para wisatawan sampai di pantai. Jalur kedua adalah melintasi jembatan Krueng Cut lalu belok kiri. Ikuti saja jalan lurus ke depan dan Anda akan melihat pantai.

Pesona Pantai Alue Naga

Dalam perjalanan menuju Pantai Alue Naga, wisatawan bisa melihat pepohonan pinus yang tumbuh di kiri dan kanan jalan. Kondisi jalan juga sangat bagus dan aspal mulus. Jalur menuju pantai menjadi lebih menyenangkan berkat hembusan angin sepoi-sepoi yang mulai dirasakan wisatawan.

Saat terjadi bencana tsunami tahun 2004 lalu, pantai ini sempat hancur dan mengalami kerusakan parah di berbagai sisi. Kuatnya ombak menyebabkan banyak pohon di sekitar Pantai Alue Naga tumbang dan rusak. Wisatawan perlahan mulai bisa menikmati kembali keindahan pantai, terbukti dengan semakin ramainya pantai di sore hari.

Pantai Alue Naga

Pantai Alue Naga merupakan pantai tempat bertemunya air sungai dan air laut. Sungai yang mengalir menuju pantai ini adalah Sungai Lamnyong. Nama Alue Naga sendiri konon diambil karena muara sungainya yang melengkung seperti badan naga. Tak hanya memiliki beberapa keunikan yang disebutkan di atas, pantai ini juga dikenal masyarakat setempat karena panoramanya yang aduhai dan mempesona.

Wisatawan bisa menikmati dua sisi berbeda dari Pantai Alue Naga. Di sisi pertama, pengunjung disuguhkan hamparan pasir pantai yang lebih luas dibandingkan di sisi pantai lainnya. Di sini wisatawan bisa leluasa bermain pasir, mengejar ombak atau mandi dan berenang di air laut yang terkadang ombaknya cukup besar.

Di sisi lain, pasir di pantai ini agak sedikit, namun di sisi ini terdapat semacam bendungan yang terbuat dari tumpukan batu untuk memecah ombak. Di sini wisatawan kebanyakan memanfaatkan tanggul untuk memancing dan menangkap ikan dengan jaring. Di sini pun suara deburan ombak semakin terasa, wisatawan akan terkesima dengan luasnya birunya laut.

Pantai Alue Naga memang menjadi pantai yang populer bagi masyarakat setempat. Kebanyakan warga sekitar datang ke sini untuk bersantai dan menghilangkan stres dari berbagai permasalahan kehidupan. Pantai ini juga diketahui mampu bertransformasi ya, mampu mengubah rasa penat dan penat menjadi rasa semangat dan bahagia, karena indahnya panorama yang ditawarkan pantai tersebut.

Fasilitas di Pantai Alue Naga

Sayangnya fasilitas di Pantai Alue Naga kurang memadai. Sebab, pemerintah setempat masih belum profesional dalam mengelola objek wisata ini. Untungnya wisatawan masih bisa menemukan berbagai fasilitas umum seperti tempat parkir yang luas dan juga masjid untuk umat Islam.

Jika wisatawan ingin ke toilet, bisa mengunjungi warung atau kafe yang ada di sekitar kota pantai. Terdapat banyak warung dan kafe yang menjual berbagai masakan khas Aceh serta minuman seperti kopi. Wisatawan bisa memandangi lautan luas sambil menikmati secangkir kopi hangat di tangan.

Baca juga:

Bagi pengunjung yang ingin memancing tidak perlu membawa kail dan joran dari rumah. Di sekitar pantai terdapat toko persewaan alat pancing yang cukup lengkap bahkan menyediakan umpan. Jika ingin bermalam, wisatawan juga bisa memilih beberapa hotel dan penginapan yang ada di Kota Banda Aceh.

Pantai Alue Naga bisa menjadi alternatif destinasi wisata jika ingin melepas penat dan menyegarkan diri di akhir pekan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai ini.

Menikmati keindahan pantai

Jika Anda ke Pantai Alue Naga, Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dengan pasir yang eksotis dan pepohonan pinus di pinggir jalan. Anda bisa menikmati pantai ini dengan bermain pasir, bermain bola, berenang atau bersantai dengan duduk di atas tanggul batu sambil merasakan semilir angin menerpa tubuh.

Pantai ini sering menjadi tujuan penduduk lokal dan mahasiswa karena letaknya yang sangat dekat dengan kampus. Kebanyakan pengunjung ingin menyegarkan diri dan melepas penat dengan memandangi lautan luas diiringi suara deburan ombak. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin menyendiri karena pantai ini mampu mengubah mood anda.

Saksikan matahari terbenam

Daya tarik lain di Pantai Alue Naga adalah fenomena matahari terbenam di sore hari. Sunset di pantai ini terasa istimewa karena jarak pandang yang cukup jauh ke arah barat, ditambah deretan pohon bakau yang menghiasi tepian pantai seolah melengkapi fenomena matahari terbenam di pantai ini.

Sore harinya Anda akan banyak bertemu dengan wisatawan yang sebagian besar adalah anak muda yang ingin menyaksikan indahnya matahari terbenam. Saat matahari perlahan ditelan lautan, terciptalah suasana romantis yang bisa menjadi momen berharga seumur hidup. Momen indah ini terasa semakin sempurna jika ditemani pasangan tercinta.

Perburuan Foto

Banyak anak muda yang kerap mengunjungi Pantai Alue Naga untuk berswafoto atau mengabadikan keindahan pantainya. Anda juga bisa berfoto di pantai ini karena banyak objek mempesona yang bisa Anda foto dengan kamera Anda. Anda bisa memotret di tanggul batu, memotret pohon bakau, bahkan terkadang Anda bisa memotret kapal yang sedang berlayar di lautan.

Anda bisa menjelajahi setiap sudut pantai dan mencari objek dan pemandangan yang lebih menarik. Bagi Anda yang sedang mencari objek wisata foto prewedding, Pantai Alue Naga juga bisa menjadi pilihan menarik.

Biaya masuk dan jam buka Pantai Alue Naga

Pemerintah daerah belum memperkenalkan sistem tiket masuk yang memungkinkan wisatawan masuk secara gratis tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Pantai Alue Naga hanya dibuka hingga matahari terbenam untuk menghindari tindakan yang melanggar syariat Islam.

Baca juga:

Peta lokasi Pantai Alue Naga

Tips Menuju Pantai Alue Naga

  • Jika ingin melihat matahari terbenam, datanglah ke pantai sekitar jam 4 sore.
  • Bawalah pakaian ganti jika Anda berencana berenang, mandi, atau bermain air di pantai.
  • Pastikan untuk memakai alas kaki di lereng batu karena lereng ini cukup licin.
  • Berhati-hatilah saat berenang dan jangan pergi terlalu jauh ke laut.
  • Jaga selalu kebersihan pantai dan jangan membuang sampah sembarangan.
  • Jaga kelestarian dan keindahan pantai serta tidak merusak segala isinya.

Galeri Foto Pantai Alue Naga

Potret Pantai Alue Naga di Aceh
Potret bebatuan di pantai
Perburuan Foto

Potret perahu berwarna-warni di Pantai Alue Naga
Bersantai dan nikmati keindahan Pantai Alue Naga

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button