Tempat Wisata

Pantai Ganting: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Rasanya tiada habisnya menjelajahi setiap jengkal pantai di Pulau Simeulue. Ada banyak pantai eksotik di kabupaten ini yang menawarkan beragam keindahan berbeda. Mulai dari pantai karang hingga pantai berpasir putih, wisatawan bisa menemukan semuanya di pulau ini. Salah satu pantai terindah yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Ganting.

Pantai Ganting merupakan salah satu tempat wisata terpopuler bagi masyarakat Simeulue. Setiap minggunya, warga berbondong-bondong datang ke pantai ini untuk piknik menikmati luasnya Samudera Hindia yang terkenal dengan ganasnya ombak. Bersantai di sore hari sambil menatap birunya laut yang luas adalah cara yang tepat untuk menikmati pantai ini.

Pantai Ganting

Secara geografis Pantai Ganting terletak di Desa Kuala Makmur, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Jika ingin berkunjung ke pantai ini, wisatawan harus menempuh jarak minimal 11 kilometer dari Kota Sinabang. Perjalanan menuju pantai memakan waktu sekitar 30 menit dan dapat ditempuh dengan becak motor atau mobil.

Bila wisatawan datang dari luar daerah, bisa menggunakan jalur laut maupun udara. Wisatawan dapat menggunakan angkutan kapal feri dari Pelabuhan Labuhan Haji Aceh Selatan, waktu tempuh sekitar 8 jam. Wisatawan juga bisa memilih rute penerbangan dengan pesawat dari Bandara Kuala Namu Medan.

Pesona Pantai Ganting

Pulau Simeulue merupakan salah satu daerah yang paling parah terkena dampak bencana tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004. Pantai Ganting juga merasakan dampaknya karena banjir merusak keindahan pantai ini. Namun saat ini kondisi di Simeulue sudah stabil dan wisatawan sudah bisa menikmati panorama indah.

Terletak tepat di Samudera Hindia, ombak di Pantai Ganting terkenal cukup besar. Namun pada beberapa bulan ombaknya tidak sekeras biasanya sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan tanpa hambatan. Banyak pengunjung yang datang ke pantai ini membawa serta keluarga dan anak-anaknya.

Pantai Ganting

Berbeda dengan pantai lain di Simeulue, pasir di Pantai Ganting memiliki warna agak kecoklatan sehingga tampil semakin eksotis. Ada juga bebatuan karang di pantai ini. Jernihnya air laut membuat wisatawan bisa melihat keindahan bebatuan tersebut langsung dari permukaan.

Di sekitar pantai Anda akan menemukan deretan pohon kelapa dan bakau yang tampak hijau. Kehadiran pohon ini pun seolah membuat pemandangan semakin indah dan enak dipandang. Komposisi warna yang dihasilkan pun tampil serasi, serasi dengan hamparan lautan luas berwarna biru.

Pengunjung Pantai Ganting biasanya menghabiskan waktunya dengan bermain air, berenang, mandi, dan bermain dengan gulungan ombak di tepian pantai. Airnya sangat segar dan jernih, wisatawan bisa melihat langsung berbagai biota laut yang hidup di dalamnya dengan mata telanjang dari permukaan air.

Saat musim hujan tiba, wisatawan tidak disarankan untuk mengunjungi Pantai Ganting. Pasalnya, ombaknya semakin besar dan membahayakan nyawa pengunjung. Jadi sebelum ke pantai cek dulu cuacanya, karena tentu sia-sia jika kita di pantai tapi cuaca tidak mendukung.

Pantai Ganting merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Simeulue yang sangat populer. Tak sedikit wisatawan yang berduyun-duyun ke pantai ini setiap minggunya. Tidak hanya dari masyarakat lokal, pengunjung juga banyak yang datang dari luar daerah bahkan luar negeri. Eksotisme pantai yang sangat alami, asri, bersih dan asri inilah yang menjadikan pantai ini begitu menarik.

Fasilitas di Pantai Ganting

Sesuai dengan keindahan yang ditawarkannya, Pantai Ganting juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Di sekitar pantai terdapat warung-warung yang menjual berbagai makanan dan minuman. Selain itu tempat ini juga dilengkapi dengan toilet umum, musala dan tempat parkir yang cukup luas.

Jalan menuju pantai ini juga dalam kondisi aspal bagus, karena lokasinya dekat dengan ibu kota Kabupaten Simeulue. Bagi wisatawan yang ingin bermalam, terdapat berbagai akomodasi dan resort di sekitar pantai dengan harga berbeda-beda.

Baca juga: Pantai Nancala, spot surfing terbaik di Pulau Simeulue

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke pantai ini tanpa mencicipi kuliner seafoodnya. Di sini wisatawan juga bisa berwisata kuliner dan menggugah selera dengan berbagai hidangan seafood seperti ikan, udang, kepiting, kerang dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan relatif bersahabat dan pasti mengenyangkan perut Anda.

Mengunjungi Pantai Ganting menjadi pilihan wisata yang bisa Anda kunjungi di akhir pekan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai eksotis ini.

Menikmati keindahan pantai

Saat Anda berkunjung ke pantai ini, Anda akan disuguhi hamparan pasir kecoklatan yang eksotis dan luas, landai dan luas. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan birunya Samudera Hindia, sebuah fenomena yang memanjakan mata. Deretan pepohonan hijau yang rindang seakan menambah keindahan Pantai Ganting.

Di pantai ini Anda bisa menikmati segarnya air dengan berenang di tepinya. Namun hati-hati karena pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Anda juga bisa bersantai di pinggir pantai sambil berbaring di atas pasir lembut bak karpet alami sambil menikmati deburan ombak yang menghantam karang.

Saksikan matahari terbenam

Salah satu daya tarik Pantai Ganting adalah panorama matahari terbenam yang bisa Anda nikmati setelah gelap. Sunset di pantai ini terasa istimewa karena luas pantainya sehingga pandangan Anda tidak terpengaruh sama sekali. Anda akan disuguhi fenomena alam yang luar biasa saat matahari perlahan tampak ditelan laut.

Gradasi warna yang terpancar dari langit luas sangat indah dan langsung menciptakan suasana romantis yang sayang untuk dilewatkan. Fenomena matahari terbenam ini seolah mewakili lukisan alam yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa. Keindahan matahari terbenam akan terasa semakin lengkap bila Anda menikmatinya bersama pasangan tercinta.

Perburuan Foto

Jika Anda senang memotret keindahan alam, Pantai Ganting adalah tempat yang tepat untuk destinasi berburu Anda selanjutnya. Pantai ini menawarkan berbagai objek menarik yang bisa Anda abadikan dalam sebuah karya fotografi. Hamparan lautan luas, pasir eksotik, dan pepohonan hijau hanyalah beberapa contoh panorama yang ada di pantai ini.

Anda bisa menjelajahi pantai, mencari objek lain dan menikmati pemandangan yang menakjubkan. Jangan lupa abadikan momen tersebut dengan selfie di depan kamera. Indahnya matahari terbenam di tepi pantai menjadi panorama yang sempurna untuk difoto dengan kamera Anda.

Baca juga:

Jam buka dan biaya masuk Pantai Ganting

Untuk menikmati objek wisata Pantai Ganting tidak ada jam buka khusus atau informasi HTM khusus atau biaya tiket masuk.

Tips Menuju Pantai Ganting

  • •Sebelum menuju pantai perhatikan kondisi cuaca terlebih dahulu, karena jika hujan maka ombak di pantai akan semakin berbahaya.
  • •Gunakan tabir surya jika Anda khawatir kulit Anda akan terbakar sinar matahari.
  • • Membawa alas kaki karena banyak bebatuan tajam dan licin di pantai ini.
  • •Berhati-hatilah saat berenang dan jangan pergi terlalu jauh ke laut.
  • •Jaga kebersihan pantai ini dan jangan membuang sampah sembarangan.
  • •Jaga pantai dan lestarikannya. Jangan merusak fasilitas dan keindahan pantai.

Galeri Foto Pantai Ganting

Selamat datang di Pantai Ganting

Potret Pantai Ganting di Aceh
Pohon pinus di pinggir Pantai Ganting
Wisata keluarga ke Pantai Ganting
Kompleks pondok untuk beristirahat dan melepas penat
Nikmati pantai
Berburu foto di pantai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button