Tempat Wisata

Pantai Jatimalang, pantai yang mempesona dengan patung Dewa Ruci yang terkenal di Purworejo

Pantai Jatimalang di Purworejo merupakan pantai menawan dengan patung Dewa Ruci yang terkenal dan waterpark tepi pantai yang menarik.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Jatimalang, Kec. Purwodadi, Kab.Purworejo, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Kabupaten Purworejo terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan. Oleh karena itu, ada beberapa wisata pantai menarik di Purworejo yang ada di kabupaten ini. Salah satunya adalah Pantai Jatimalang yang terletak di Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah.

Simbol utama pantai ini adalah patung Dewa Ruci setinggi 6 meter yang berdiri tinggi di tepi pantai. Mahakarya menawan ini diciptakan dengan indah oleh seniman Bali bernama Nyoman Ali. Selain itu pantai ini mempunyai akses jalan yang baik dan juga dekat dengan Bandara Internasional New Yogyakarta yang jaraknya hanya sekitar 5 km. Jadi jangan lupa mampir ke sini!

Daya Tarik Pantai Jatimalang

Daya Tarik Pantai JatimalangFoto oleh Bukan Kerja Bakti di Google Maps

1. Patung Dewa Ruci

Patung Dewa Ruci setinggi 6 meter seolah menjadi simbol dari pantai ini. Dibangun pada tahun 2018, patung ini dengan cepat menarik perhatian pengunjung. Mahakarya luar biasa ini diciptakan oleh seniman Bali, Nyoman Ali. Dari tampilan patungnya saja sudah penuh dengan sejarah dan makna.

Patung ini berdiri tegak di pinggir pantai, di belakangnya terdapat tulisan besar “Dewa Ruci” sebagai identitas patung ini. Kehadiran patung ini juga membuat tampilan pantai semakin menarik, terdapat simbol-simbol menarik yang menghiasi pantai tersebut. Pengunjung Pantai Jatimalang biasanya selalu menyempatkan diri untuk berfoto di depan patung ini sebagai kenang-kenangan.

2. Pantai dengan ombak besar

Karena letaknya yang langsung berada di Samudera Hindia, pantai Jatimalang Purworejo biasanya memiliki ombak yang besar dengan pasir pantai yang luas. Dengan kondisi tersebut, pengunjung tidak dianjurkan berenang di sini, namun tetap bisa bermain pasir di tepi pantai. Yang pasti jangan mendekati air karena takut ombak besar akan menghanyutkan Anda.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Tokopedia 12 12

Tokopedia 12 12

Bermain pasir di pinggir pantai pun tak kalah menariknya. Karena garis pantainya yang panjang, pengunjung bisa melihat hamparan pasir pantai yang lembut dan sangat luas. Dengan cara ini mereka bisa bermain pasir. Ditemani deburan ombak sebagai musik latarnya pasti seru. Namun, Anda harus berhati-hati saat ombak besar datang.

3. Taman air di tepi pantai

Tempat yang menarik untuk dikunjungi di pantai ini adalah taman air. Dimana letaknya di tepi pantai. Artinya Anda bisa berenang dengan nyaman sambil menikmati indahnya pemandangan pantai. Kedengarannya menarik, ya! Apalagi mengingat pengunjung enggan berenang di pantai karena ombaknya yang besar, berenang di waterpark Pantai Jatimalang bisa jadi solusinya!

4. Penyewaan ATV

Anda mungkin pernah melihat orang mengendarai ATV di pantai. Pastinya terlihat seru bukan? Ada juga layanan penyewaan mobil di pantai ini. Pengunjung yang ingin menyusuri pantai tanpa merasa lelah cukup menyewa ATV. Pengalaman naik ATV di pinggir pantai dijamin tak terlupakan!

5. Spot foto yang menarik

Pantai ini juga menawarkan spot foto menarik. Mulai dari patung tinggi landmark Dewa Ruci hingga beberapa spot buatan yang tak kalah indahnya. Sangat disarankan untuk membawa kamera karena sayang jika tidak banyak mengambil foto di tempat ini. Jangan lupa untuk berfoto di pinggir pantai dengan latar belakang pasir luas dan air laut.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pantai JatimalangFoto oleh Ilham Maulana Ash Shiddieq di Google Maps

Tempat yang dikenal juga dengan nama Pantai Dewa Ruci Jatimalang ini terletak di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah. Jika berangkat dari Alun-Alun Purworejo, jarak yang ditempuh sekitar 21 km melalui Jl. Nasional III. Jalan menuju pantai ini dalam kondisi baik sehingga anda akan merasa lebih nyaman dalam perjalanan menuju Pantai Jatimalang.

Mengingat daya tariknya, berapa harga tiket masuk pantai ini? Ternyata harganya tidak mahal lho! Tiket masuk pantai ini dipatok dengan harga Rp saja. hanya 5.000 per orang. Melihat pemandangan dan suasana di pantai ini, harganya dinilai sangat terjangkau. Namun jika ingin memasuki waterpark dekat pantai ini, Anda perlu menyiapkan biaya tambahan sebesar Rp. 10.000 per orang.

Kegiatan yang menarik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai JatimalangFoto oleh Abdul Ngafif di Google Maps

Bermain di pasir atau berenang di taman air

Jika ingin bermain pasir di pinggir Pantai Jatimalang Purworejo diperbolehkan. Namun, Anda harus berhati-hati dengan ombak yang besar. Alternatif lain yang bisa Anda coba jika masih ingin berenang adalah mengunjungi waterpark. Karena letaknya tepat di tepi pantai, taman air ini memiliki akses langsung ke laut. Itu hal yang sama, bukan? Anda tetap bisa berenang sambil menikmati pemandangan pantai.

Ambil foto seru dan naik ATV di pinggir Pantai Jatimalang

Karena pantai ini terkenal dengan patung Dewa Ruci sebagai landmarknya, jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto seru di depan patung tersebut. Banyak juga spot foto menarik di pinggir Pantai Jatimalang. Anda juga bisa berjalan-jalan di pantai dengan ATV. Pengalaman ini pasti akan sangat seru!

Mencari makanan laut

Saat berkunjung ke pantai, mencoba seafood adalah suatu keharusan. Tentu saja bahan-bahan segar digunakan untuk semua menu tersebut. Di sini terdapat deretan warung makan yang menawarkan berbagai jajanan lezat untuk mengisi perut Anda. Jangan lupa untuk mencobanya!

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai JatimalangFoto oleh Ilham Maulana Ash Shiddieq di Google Maps

Fasilitas di Pantai Jatimalang Purworejo cukup lengkap mengingat jumlah pengunjung yang selalu tinggi. Anda tidak perlu khawatir apakah di pantai ini terdapat toilet untuk buang air kecil atau membilas badan setelah bermain pasir, karena kondisi dan jumlah toilet di sini sudah sangat memadai. Tak lupa juga tersedia musala yang bersih bagi umat muslim yang ingin salat tepat waktu.

Jika Anda datang ke sini Anda juga akan menemukan tempat parkir yang luas di dekat pantai. Jadi Anda tidak perlu pergi jauh dari tempat parkir. Terdapat juga meja penjualan tiket dan pusat informasi. Anda bisa membeli tiketnya langsung disana. Atau jika Anda kehilangan sesuatu atau membutuhkan informasi penting, petugas akan dengan senang hati membantu Anda.

Pantai Jatimalang juga memiliki pusat kuliner yang wajib dikunjungi. Banyak terdapat warung dan tempat makan di sepanjang pantai, tentunya dengan menu utama seafood segar. Berkunjung ke pantai kurang lengkap tanpa menyantap seafood. Jadi jangan lupa untuk memeriksanya di sini!

Beragam destinasi wisata di kawasan tersebut mungkin sangat menarik, namun pantai akan selalu menjadi favorit. Termasuk pantai ini, banyak orang yang suka mengunjunginya saat hari libur tiba. Apalagi sejak dibangunnya patung landmark Dewa Ruci dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya, semakin banyak orang yang penasaran untuk datang ke sini. Anda juga tidak boleh melewatkan kunjungan ke sini!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button