Tempat Wisata

Pantai Kuala Parek: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Saat musim liburan tiba, sudahkah Anda menentukan daftar tempat yang akan Anda kunjungi saat berlibur? Jika belum, Provinsi Aceh bisa Anda jadikan alternatif destinasi liburan. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa Aceh mempunyai ribuan tempat wisata alam yang keindahannya sungguh mempesona. Pantai Kuala Parek merupakan salah satu contoh tempat wisata di Aceh yang bisa Anda kunjungi.

Jika Anda pecinta pantai, Pantai Kuala Parek bisa menjadi alternatif destinasi wisata Anda berikutnya. Dengan keindahan pasir putihnya yang lembut serta pantainya yang landai dan luas, tempat ini bagaikan surga kecil yang akan melepas segala penat setelah seharian beraktivitas berat.

Pantai Kuala Parek

Secara geografis pantai ini terletak di Desa Kuala Parek, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur, Aceh. Untuk menuju Pantai Kuala Parek, wisatawan perlu menempuh perjalanan minimal 12 kilometer dari ibu kota kabupaten Sungai Raya. Namun jika memulai dari Kota Langsa, jaraknya lebih jauh lagi, sekitar 27 kilometer.

Ada beberapa alternatif alat transportasi yang bisa digunakan wisatawan seperti bus, jasa travel atau Labi-Labi. Selain itu wisatawan juga dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Setelah wisatawan tiba di Dermaga Sungai Raya, pengunjung dapat menyewa speedboat atau perahu untuk menuju Pantai Kuala Parek. Pantai ini terletak di pulau kecil dekat dermaga, sehingga wisatawan harus melintasinya untuk sampai ke sana.

Pesona Pantai Kuala Parek

Sesampainya di lokasi, wisatawan akan disambut dengan hamparan pasir putih yang membentang sejauh mata memandang. Pasir pantainya yang cukup bersih memberikan kesan eksotis pada Pantai Kuala Parek. Wisatawan bisa bebas bermain pasir, seperti membangun istana pasir atau menikmati sensasi lembutnya pasir saat kaki bertumpu di atasnya.

Ombaknya yang tampak bergelombang mengundang wisatawan untuk segera melepas pakaian dan terjun ke segarnya air laut. Ombak di Pantai Kuala Parek tidak terlalu besar, kedalaman air lautnya cukup dangkal sehingga wisatawan tidak perlu takut untuk berenang atau mandi air laut.

Pantai Kuala Parek

Sembari menikmati pantai, wisatawan bisa mencari kerang yang merupakan cangkang hewan moluska ini. Di sini Anda akan menemukan berbagai bentuk kerang unik yang bisa Anda jadikan perhiasan atau oleh-oleh saat pulang. Pantai ini juga dihiasi dengan bebatuan karang yang indah di sekitar tepi pantai. Kehadiran bebatuan tersebut pun seolah mempercantik Pantai Kuala Parek.

Pohon-pohon wisata tumbuh di sekitar pantai dan menjorok ke laut. Akar pohon ini menjadi habitat favorit berbagai jenis ikan. Tak jarang wisatawan datang ke pantai ini dengan membawa kail pancing. Air lautnya sangat jernih sehingga wisatawan bisa mengamati berbagai biota laut dari atas permukaan air.

Pantai Kuala Parek merupakan tempat yang sangat cocok untuk piknik bersama teman atau keluarga. Di sini, wisatawan yang membawa anak kecil bisa membiarkan anak-anak bermain air sepuasnya karena ombaknya tenang. Meski demikian, orang tua tentunya harus tetap waspada agar tidak terjadi hal yang fatal.

Tempat ini pun terasa istimewa karena lokasinya yang berada di pulau kecil menjadikan pantai ini sebagai pantai pribadi yang bisa dinikmati wisatawan dengan puas. Pengunjung bisa menikmati pantai-pantai eksotis dengan pasir putih dan laut biru luas. Angin sepoi-sepoi seakan magis dan membuat wisatawan betah berlama-lama berada di tepi pantai.

Fasilitas di Pantai Kuala Parek

Sayangnya, belum ada fasilitas yang memadai untuk keindahan Pantai Kuala Parek. Fasilitas yang ada di tempat wisata ini masih minim. Belum ada fasilitas seperti toilet umum, tempat parkir, atau musala untuk salat di dekat tempat wisata.

Untungnya, fasilitas seperti perahu dan perahu telah disediakan untuk mengantarkan wisatawan mudik dari dermaga menuju Pantai Kuala Parek. Hanya dengan membayar Rp20.000 hingga Rp30.000 wisatawan sudah bisa menggunakan perahu tersebut.

Baca juga: Taman Nasional Gunung Leuser, wisata alam yang spektakuler dan keanekaragaman flora dan fauna

Di sekitar pantai tentu akan sulit bagi wisatawan untuk menemukan warung-warung yang menjual makanan atau minuman. Oleh karena itu disarankan bagi pengunjung untuk membawa perbekalan sendiri dari rumah atau membelinya terlebih dahulu di dekat dermaga sebelum menuju ke Pantai Kuala Parek.

Jika wisatawan ingin bermalam, di Sungai Raya terdapat beberapa hotel dan guesthouse yang bisa dijadikan tempat menginap. Berwisata ke Pantai Kuala Parek bisa menjadi pilihan jika Anda sedang berada di Aceh Timur. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di tempat wisata ini.

Menikmati keindahan pantai

Saat Anda berkunjung ke Pantai Kuala Parek, Anda akan disuguhi pemandangan alam berupa pantai berpasir putih dan hamparan laut yang luas. Angin sepoi-sepoi yang berhembus seolah menenangkan jiwa pengunjung yang datang ke pantai ini. Anda bisa bersantai di pasir putih yang lembut atau berenang di air laut yang jernih.

Tempat ini sangat cocok dijadikan tujuan wisata jika anda mencari pantai yang masih alami dan eksotik. Belum banyak wisatawan yang datang ke pantai ini, sehingga Anda bisa menikmati setiap jengkal keindahan pantai. Datanglah bersama teman dekat dan kerabatmu agar liburanmu semakin seru.

Saksikan matahari terbenam

Selain keindahan alamnya yang menakjubkan, Pantai Kuala Parek juga menyuguhkan indahnya pemandangan matahari terbenam ketika sore hari tiba. Anda akan disuguhkan dengan fenomena matahari terbenam yang indah dimana seolah-olah matahari perlahan ditelan oleh luasnya lautan. Saat matahari terbenam terjadi, terciptalah suasana romantis yang sangat cocok jika Anda nikmati bersama pasangan tercinta.

Datanglah sore hari jika ingin melihat matahari terbenam di pantai ini. Berbeda dengan pantai lainnya, sunset di Pantai Kuala Parek terasa istimewa. Sunset di pantai ini sering disebut dengan “Golden Sunset” karena saat matahari terbenam, langit akan berubah warna menjadi jingga sehingga menjadikannya sebuah fenomena alam yang luar biasa.

Perburuan Foto

Rasanya rugi besar jika tidak mengabadikan momen liburan di Pantai Kuala Parek melalui foto. Selain itu, datang ke pantai ini wajib dilakukan jika Anda pecinta berburu fotografi. Ada banyak subjek foto mempesona yang bisa Anda abadikan dengan kamera Anda, seperti laut luas atau pantai yang dipenuhi pasir putih.

Anda juga bisa berpose di depan kamera di bebatuan karang atau di samping pepohonan di tepi pantai. Keindahan fenomena matahari terbenam juga sangat layak untuk diabadikan. Jangan lupa untuk memposting hasil foto anda ke akun media sosial anda karena hal ini akan membantu promosi tempat wisata di aceh.

Baca juga:

Jam buka dan biaya masuk Pantai Kuala Parek

Adapun jam buka objek wisata ini bisa Anda kunjungi kapan saja dan biaya masuknya sebesar Rp 10.000 per orang.

Peta lokasi Pantai Kuala Parek

Tips Menuju Pantai Kuala Parek

  • Bawalah baju ganti jika berencana mandi atau berenang di air laut.
  • Jangan lupa membawa tabir surya karena sinar matahari cukup terik di siang hari.
  • Bawalah perbekalan yang cukup karena Anda akan kesulitan menemukan warung di sekitar pantai.
  • Tetap waspada saat berenang atau bermain di pantai.
  • Jaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Perhatikan kelestarian pantai dan jangan merusak semua yang ada di Pantai Kuala Parek.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button