Tempat Wisata

Air Terjun Luweng Sampang, air terjun cantik super jernih di Gunung Kidul

Air Terjun Luweng Sampang, air terjun eksotis di Jawa Timur yang memikat hati dengan jernihnya air yang mengalir di antara tebing-tebing hijau yang mempesona.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 06.00 – 18.00 WIB, Alamat: J L. Juminahan, Kayen, Sampang, Kab. Gedang Sari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Luweng Sampang merupakan objek wisata yang tidak pernah sepi. Keindahan alam kawasan tersebut tak henti-hentinya memukau wisatawan. Keindahan air terjun berbeda dengan destinasi wisata lainnya karena hampir menyerupai jurang. Para tamu bisa melihat sebuah batu berukuran cukup besar yang seolah-olah sedang meremas sebuah kolam.

Warna sungai yang masih biru kehijauan menunjukkan bahwa air terjun populer ini tidak tercampur dengan berbagai polusi. Lingkungan terlihat bersih dan bebas sampah serta dikelilingi oleh kawasan berumput. Wisatawan tidak akan pernah bosan menikmati liburan keluarga sambil bermain air.

Jika ingin mengabadikan momen tersebut, Anda bisa menuju ke puncak batu tersebut. Di sana Anda akan melihat latar belakang mulai dari tebing, kolam air terjun, dan atraksi alam lainnya. Wisatawan juga bisa sekedar duduk-duduk di dekat batu kokoh untuk melihat air terjun.

➥ Paket tour jogja 4 hari 3 malam ke destinasi wisata populer

Daya Tarik Air Terjun Luweng Sampang

Objek Wisata: Air Terjun Luweng SampangFoto oleh Gambar Naufal / Shutterstock

Nama air terjun

Air Terjun Luweng Sampang memang dikenal memiliki nama yang sangat unik. Nama destinasi alam ini berasal dari bahasa Jawa Luweng yang berarti “lubang”. Keindahan air terjun ini adalah mengalir melalui beberapa singkapan bebatuan. Kemudian arusnya mengarah ke lubang berbentuk Luweng yang memukau mata semua orang.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Nama Sampang kini diadopsi oleh kawasan wisata populer tersebut. Pengunjung yang sudah memasuki kawasan air terjun bisa melakukan lebih dari sekedar bermain. Namun Anda juga bisa mempelajari sejarah di balik nama destinasi mempesona ini. Namanya yang unik dan tempatnya yang terlihat cantik pasti membuat setiap traveler datang bersama keluarga.

Tebing yang indah

Kawasan air terjun terlihat memiliki tebing-tebing yang memukau. Anda bisa melihat tebing-tebing yang cukup tinggi dengan aliran air dari mata air pegunungan. Di atas tebing juga terdapat tanaman liar yang hijau sehingga menjadikan air terjun ini sebagai latar foto yang indah. Wisatawan yang bermain air pasti akan terhibur dengan tebing-tebingnya yang kokoh.

Kejernihan air

Air Terjun Luweng Sampang dilengkapi dengan kolam di bagian bawahnya. Air yang mengalir mengarah ke kolam dan melewati tebing. Target cantik ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter dan arus yang sangat bersih. Drainase air juga dipengaruhi oleh cuaca, karena saat hujan air terlihat deras dan pada musim kemarau lebih sedikit.

Para tamu dapat bermain di kolam air terjun berwarna biru kehijauan. Wisatawan bahkan bisa berburu foto di bawah air terjun. Keindahannya yang luar biasa selalu memikat hati, apalagi saat cuaca sedang cerah, warna air terjunnya pasti akan semakin indah. Anda juga bisa menjelajahi sudut lainnya karena sudah ada 2 aliran di sana.

➥ Jogja Day Tour: Arung Jeram Sungai Oya, Sri Getuk dan Lintang Sewu

Alamat dan rute menuju lokasi air terjun

Alamat Air Terjun Luweng SampangFoto oleh Dhimas Satriaa / Shutterstock

Air Terjun Luweng Sampang terletak di Jalan Juminahan, Sampang, Yogyakarta. Wisatawan yang berwisata ke destinasi populer ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama dari Jogja. Letak air terjun yang berada di tengah perkampungan juga memerlukan tenaga tambahan. Selain itu, Anda memerlukan kendaraan pribadi yang aman untuk melintasi berbagai rute.

Wisatawan akan menemukan Jalan Mas Suharto Jambu di pusat kota Jogja. Jalan lurus hingga mencapai Jalan Tukangan yang jaraknya tidak jauh. Setelah itu belok saja ke arah Jalan Krasak Timur dan terus lurus hingga menemukan Jalan Munggur. Pengunjung bisa menuju Jalan Laksda Adisucipto yang dekat dengan jalur terdekat, Jalan Somopuro.

Wisatawan yang mulai mengunjungi kawasan desa akan disambut dengan konektivitas jalan yang mudah. Tenang saja, aspal jalan terlihat mulus dan hampir tidak ada jalan yang belum beraspal. Bahkan jalur menuju air terjun ini diketahui cukup mudah jika diakses melalui Google Maps. Jadi tak perlu takut meski baru pertama kali berlibur ke air terjun cantik ini.

➥ Hotel murah di Gunung Kidul

Biaya masuk wisata alam

Air Terjun Luweng Sampang dibuka secara gratis oleh pengelola setempat. Pengunjung lokal maupun mancanegara tak perlu membawa bujet besar saat berlibur. Tiket masuknya memang membuat semua orang senang memilih destinasi alam ini sebagai tempat bersantai. Properti yang luas juga cocok dijadikan tempat bersantai bersama beberapa kerabat.

Saat jam makan siang, biasanya para pelancong mencari kuliner yang nikmat. Makanan utama, minuman, dan makanan ringan berharga antara Rp 5.000 hingga Rp 30.000. Bahkan porsi makanannya banyak dan tersedia dengan harga terjangkau dan murah. Sedangkan jika bermain air, sewa pelampung atau ban tidak dipungut biaya karena tidak ada di kawasan tersebut.

Pemerintah juga telah menetapkan biaya parkir untuk kendaraan. Harga mobil Rp 5.000 dan bus biasanya sedikit lebih mahal, sekitar Rp 10.000. Namun pengendara sepeda motor hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 saja. Jika Anda ingin naik ojek dari pusat kota menuju tempat wisata alam juga bisa karena biaya transportasinya tidak terlalu mahal.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Air Terjun Luweng SampangFoto oleh Gambar Naufal / Shutterstock

1. Santai

Air Terjun Luweng Sampang memiliki tebing bebatuan yang menarik untuk disaksikan. Wisatawan bisa bersantai sambil memandangi tebing-tebing yang mengalir dari air terjun yang menyerupai ngarai di Arizona. Duduk saja di atas batu besar dan rasakan ketenangan disana.

2. Berburu foto keren di Air Terjun Luweng Sampang

Jika Anda selalu berfoto saat liburan, tidak akan sulit mencari tempat yang bagus. Air terjun yang mengalir begitu jernih dan memiliki kolam berwarna biru kehijauan pasti bisa dipilih sebagai latar belakang. Selain itu, bebatuan yang cukup besar untuk dijadikan spot berpose juga terlihat di kawasan tersebut.

3. Berenang di kolam alami

Kolam air terjun Luweng Sampang tidak begitu dalam dan deras. Para tamu bisa berenang untuk merasakan sejuknya air. Bagi Anda yang kurang pandai bermain air, siapkan saja pelampung atau ring. Wisatawan juga bisa mengajak teman dekat atau keluarga untuk berenang di bawah air terjun.

4. Menikmati kuliner yang nikmat

Air terjun sering dijadikan destinasi kuliner. Beragam menu yang ditawarkan masih kaya akan bumbu khas Jogja. Pengunjung bisa memanjakan perut sejenak setelah puas bermain air dan menikmati keindahan alam sekitar. Makanan lezat pasti membuat semua orang senang.

Fasilitas wisata yang tersedia

Fasilitas Air Terjun Luweng SampangFoto oleh Gambar Naufal / Shutterstock

Air Terjun Luweng Sampang mempunyai fasilitas pendukung yang cukup terbatas. Kendaraan yang diparkir seperti mobil dan sepeda motor berada di dekat pintu masuk. Namun tempat parkir ini tidak memiliki lahan yang luas. Maka tidak akan terlalu sulit bagi pengunjung mana pun untuk menemukan toilet umum, meski jumlahnya tidak terlalu banyak.

Wisatawan yang merayakan ibadah keagamaan bisa mencari musala di kawasan desa sebelum menuju ke air terjun. Belum ada tempat duduk, namun wisatawan bisa bersantai di bebatuan. Kemudian setiap traveler pasti menemukan objek foto yang bertemakan alam. Objek pengabadian momen ini menjadi sebuah perlengkapan yang diincar pengunjung.

Di kawasan wisata juga terdapat warung makan yang berada di kawasan air terjun. Namun, masih ada beberapa warung makan yang pilihan menunya minim. Belum ada tempat perkemahan di sana, namun jika ingin bermalam bisa mendirikan tenda di area berumput. Saat ini tidak ada loker penyimpanan bagasi di area tersebut.

Air Terjun Luweng Sampang bisa Anda pilih sebagai salah satu tempat liburan Anda di Jogja. Pengunjung bisa membawa perlengkapan ke sana untuk bermain air. Keindahannya yang tiada duanya membuat para tamu betah. Selain itu, latar belakang fotonya cukup luas dan menarik jika diabadikan oleh para traveller dengan kamera.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button