Tempat Wisata

Harga tiket, atraksi, aktivitas menyenangkan

Air Terjun Cinulang – Banyak orang yang tertarik dengan wisata air terjun. Air terjun tidak hanya menyediakan spot foto alam yang indah, namun juga memberikan suasana sejuk dan dilengkapi dengan sumber mata air yang segar. Di beberapa tempat, air terjun mempunyai nama tersendiri.

Misalnya di daerah Malang dan sekitarnya, air terjunnya disebut Coban. Ada banyak Coban-Coban yang terkenal di wilayah Malang dan sekitarnya, seperti Coban Sewu, Coban Rondo, Coban Rais, Coban Pelangi dan lain sebagainya.

Di Jawa Barat misalnya di wilayah Bandung dan sekitarnya, air terjun disebut Curug. Apapun namanya, air terjun ini tetap memiliki keindahan alam yang menenangkan. Suara air yang jatuh dari atas menimbulkan suara tersendiri yang menenangkan jiwa. Begitu pula dengan Curug Cinulang.

Foto melalui instagram.com @wisatakabupatenbandungFoto melalui instagram.com @wisatakabupatenbandung

Informasi Umum

alamat: Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang
Biaya masuk: Rp.15.000
Jam operasional: 08.00 – 17.00
Nomor telepon:
peta: Google Peta

Air Terjun Cinulang merupakan air terjun yang berada di perbatasan Bandung dan Sumedang. Banyak orang yang menyebutnya Wisata Air Terjun Cinulang Bandung atau Wisata Air Terjun Cinulang Sumedang.

Lebih spesifiknya, Air Terjun Cinulang terletak di kawasan hutan lindung Gunung Masigit Kareumbi, sekitar 38 km sebelah timur Kota Bandung, tepatnya di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung.

Curug Cinulang memiliki dua air terjun. Air terjun besar tersebut dinamakan “Utama” dan memiliki arus air yang sangat deras. Namun aliran air di air terjun lainnya tidak secepat di air terjun utama.

Foto melalui instagram.com @atang_08Foto melalui instagram.com @atang_08

Ketinggian kedua air terjun ini sekitar 50 m, Curug Cinulang tidak hanya memiliki pemandangan yang begitu indah, tetapi juga sejarah yang mistis.

Berbeda dengan lagu Curug Cinulang yang pernah dinyanyikan oleh artis legendaris Sunda bernama Darso yang liriknya menyatakan bahwa Curug Cinulang adalah tempat yang cocok untuk bermesraan.

Mitos yang sebenarnya beredar adalah jika pasangan yang ingin berumah tangga datang ke Curug Cinulang maka hubungannya akan gagal dan sebaliknya jika yang datang masih lajang maka akan menemukan jodoh. Dan itu hanya mitos saja, jadi jangan khawatir guys.

Uniknya lagi kita bisa melihat uap air yang dihasilkan oleh air terjun di Sumedang ini. Oleh karena itu, di Air Terjun Cinulang sering dijumpai pelangi bersilangan di atasnya. Jika beruntung, Anda pasti bisa melihat pelangi.

Oh ya, jika anda ingin berkunjung ke Curug Cinulang jangan lupa membawa baju ganti karena baik bermain air atau tidak, badan anda akan tetap basah akibat uap air yang ada dimana-mana.

Rute menuju lokasi air terjun

Foto melalui instagram.com @milamaemunFoto melalui instagram.com @milamaemun

Jalur menuju Curug Cinulang bisa diakses lewat Kota Bandung atau Sumedang nih gaes. Namun dari kedua jalur tersebut, jalur dari Kota Bandung merupakan jalur yang paling umum dan mudah dijangkau. Rute dari Kota Bandung selain lebih cepat juga lebih aman karena dilengkapi dengan rambu lalu lintas.

Sebagai perbandingan, akses ke Curug Cinulang dari Kota Bandung diperkirakan memakan waktu 1,5 jam melalui Tol Cileunyi, lalu berlanjut ke Nagrek dan kemudian ke Cicalengka. Lalu lintas di jalan ini cukup padat, jadi kita tidak perlu khawatir.

Berbeda dengan jalur Bandung, jalur Sumedang mengharuskan kita melewati Jalan Cadas Pangeran yang relatif sering terjadi kemacetan, kemudian mengambil jalan menuju Simpang Pamulihan dan menuju ke Kecamatan Cimanggung. Dari Kecamatan Cimanggung juga ada dua jalur untuk menuju Curug Cinulang.

Baik dari arah Nagrek seperti dari jalur Bandung ute maupun jalur Tegalmanggung yang kondisi jalannya lebih sempit, menanjak dan banyak tikungan, apalagi pada jalur ini tidak ada rambu-rambu jalan dan jarang penduduknya.

Air terjun Cinulang Sumedang di atas Harapan RakyatAir terjun Cinulang Sumedang di atas Harapan Rakyat

Biaya masuk

Wisatawan yang ingin menikmati pesona keindahan air terjun dikenakan biaya masuk. Setelah membayar biaya masuk, wisatawan mendapat tiket masuk sebagai bukti bahwa wisatawan telah membayar.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp.15.000

Selain tiket masuk, wisatawan juga harus membayar biaya parkir, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 2000 untuk memarkir kendaraan anda.

Perabot

Air terjun ini telah dikelola secara mandiri dan cukup memadai serta memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Wisatawan dapat memanfaatkan fasilitas umum berupa musala, tempat parkir, warung makan, dan toilet. Dan juga bagi wisatawan yang ingin menginap di dekat air terjun, terdapat villa atau hotel di sekitar air terjun.

Menawarkan pesona alam yang indah, air terjun ini sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga tercinta.

Keindahan Air Terjun Cinulang Sumedang

Foto melalui instagram.com @rahdiatna_sandiFoto melalui instagram.com @rahdiatna_sandi

Saat pertama kali memasuki tempat wisata di Sumedang ini, hal pertama yang akan Anda rasakan adalah udara segar dan kesan alami dari air terjun ini.

Anda akan merasakan percikan air berupa cipratan yang mengenai wajah dan tubuh Anda. Pastinya akan terasa sangat segar, badan anda menjadi lebih segar.

Air Terjun Cinulang menawarkan udara sejuk khas daerah pegunungan dan airnya yang dingin membuat kita betah berlama-lama bermain air di sini.

Foto melalui instagram.com @info.seputar.bandungFoto melalui instagram.com @info.seputar.bandung

Air terjun ini sendiri terletak di lereng gunung, lebih tepatnya di kawasan Gunung Masigit Kareumbi yaitu Taman Bulu. Jadi sumber air air terjun ini berasal langsung dari pegunungan.

Air terjun kembar ini mengalir sepanjang tahun, baik saat musim kemarau apalagi saat musim penghujan, namun tentunya jika kita datang saat musim penghujan debit airnya akan semakin besar.

Agar lebih seru, wisatawan bisa menjajal pengalaman terapi dengan mandi di bawah air terjun. Anda akan merasakan pijatan alami air yang jatuh dari ketinggian sekitar 50 meter.

daya tarik

Air terjun ini menampilkan dua air terjun yang bersebelahan melalui Google Maps @IMRONAir terjun ini menampilkan dua air terjun yang bersebelahan melalui Google Maps @IMRON

Pesona air terjun alami ini terletak pada keindahan alam sekitarnya yang masih terjaga. Hijaunya hutan membuat sejuknya udara di sini semakin terasa kaya dan dipenuhi oksigen untuk menyehatkan paru-paru kita.

Daya tarik air terjun ini semakin memukau karena menghadirkan dua buah air terjun yang mengalir berdampingan.

Dimana air terjun ini mempunyai debit air yang tinggi dan arus yang deras. Sedangkan air terjun lainnya memiliki aliran air yang lebih rendah.

Dinding di belakang air terjun terdiri dari dinding batu alam berwarna hitam. Selain itu, terdapat beberapa area hijau akibat tanaman merambat dan lumut yang menutupinya.

Mandi di kolam alami

Mandi di kolam alami di bawah Air Terjun Cinulang melalui Google Maps @Muhammad YusufMandi di kolam alami di bawah Air Terjun Cinulang melalui Google Maps @Muhammad Yusuf

Jika berlibur ke Air Terjun Cinulang, jangan membawa baju ganti karena tidak akan tahan untuk tidak terjun ke kolam yang merupakan tempat berenang yang sangat asyik.

Karena airnya yang sangat jernih dan sejuk, berenang di sini menjadi semakin seru. Di dasar kolam kita bisa melihat dengan jelas bebatuan alam yang bentuknya tidak beraturan.

Wisatawan diperbolehkan mandi di kolam alami ini, apalagi Anda yang pandai berenang bisa menjelajahi kolam ini dengan lebih nikmat.

Jangan lupa abadikan momen saat sedang mandi. Berpose di kolam di antara bebatuan ini pun tak kalah keren, tentunya dengan latar belakang air terjun.

Anda akan melihat air terjun mengalir melalui celah-celah bebatuan menuju sungai. Jadi wisatawan yang tidak bisa berenang bisa bermain air di sungai di bawahnya dan membasuh kaki di air sejuk tersebut.

Nikmati air terjun di jembatan bambu

Spot foto di jembatan bambu tepat di depan air terjun melalui Google Maps Tuty HerawatySpot foto di jembatan bambu tepat di depan air terjun melalui Google Maps Tuty Herawaty

Jembatan bambu ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan air terjun dari dekat dan juga salah satu spot Instagramable yang wajib Anda abadikan.

Namun tentunya harus berhati-hati agar tidak terlalu banyak hal yang terjadi di jembatan bambu ini. Anda bisa mencapai kawasan air terjun melalui jembatan yang terletak di depan air terjun.

Berpose di atas jembatan menjadi pilihan karena Anda tidak akan terkena cipratan air terjun. Artinya, Anda bisa mengambil foto sebanyak-banyaknya tanpa terganggu cipratan air yang bisa membasahi pakaian Anda.

Terdapat warung makan di sekitar air terjun

Foto melalui instagram.com @wisatakabupatenbandungFoto melalui instagram.com @wisatakabupatenbandung

Setelah seharian bermain air tentunya kita akan merasa lelah dan lapar, sehingga warung makan di sekitar air terjun ini bisa menjadi pelepas perut yang keroncongan.

Warung makan berperan penting dalam membantu tempat wisata menarik wisatawan, apalagi jika menawarkan harga yang murah.

Di warung jajanan ini wisatawan bisa membeli makanan atau minuman untuk melepas dahaga, namun jika tidak ingin mengeluarkan uang lebih tentunya sebaiknya membawa bekal dari rumah, nantinya bekal tersebut bisa dinikmati di sekitar air terjun.

Jangan lewatkan juga: 16 restoran di Sumedang

Keunikan Air Terjun Cinulang diabadikan dalam lagu-lagu

Foto melalui instagram.com @gilang__28Foto melalui instagram.com @gilang__28

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keindahan Air Terjun Cinulang membuat salah satu artis ternama Indonesia ini mengabadikannya dalam sebuah lirik lagu.

Banyak artis yang menyanyikan lagu tentang air terjun ini mulai dari Iis Tanjung, Yana Kermit dan Yayan Jatnika yang mempunyai vokal yang luar biasa.

* * * * *

Demikian ulasan Air Terjun Cinulang yang bisa kami sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi liburan bagi anda dan orang tercinta. Jangan lupa abadikan setiap momen berlibur lalu posting di media sosial anda agar objek wisata yang anda kunjungi semakin terkenal.

Kunjungi juga: 10 Destinasi Wisata Alam Terbaik di Sumedang

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button