Tempat Wisata

Taman Kencana Bogor: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Sejarah Taman Kencana

Taman ini awalnya dikenal dengan nama Van Imhoff Plein atau Van Imhoff Square. Pembangunan taman ini bertepatan dengan perkembangan kota Bogor atau kemudian disebut Buitenzorg dan perencanaannya dimulai pada tahun 1917.

Kawasan di sekitar taman ini awalnya ditujukan untuk warga Eropa kelas atas. Berbagai bangunan di kawasan ini mempunyai bentuk yang disebut Indo-Eropa, yaitu perpaduan gaya arsitektur Eropa yang disesuaikan dengan kondisi Indonesia. Gedung ini juga memiliki kemiringan atap 35 derajat untuk mencegah hujan deras di Bogor.

Karsten, seorang perencana bangunan di kawasan tersebut, berencana membuat taman sebagai sarana rekreasi dan ruang hijau. Rencana ini kemudian dilaksanakan oleh pemerintah Belanda saat itu dan membuahkan hasil antara tahun 1926 hingga 1930. Kemudian taman ini diberi nama sesuai dengan pendiri Buitenzorg (Istana Bogor) yaitu Baron von Imhoff, karena inilah nama taman ini: Von Imhoff Plein atau Von Imhoff Square.

Setelah Indonesia merdeka, pemerintah mengambil alih kawasan ini dan mengganti namanya menjadi Taman Kencan. Lokasi Taman Kencana saat ini bisa dikatakan masih banyak menyimpan peninggalan masa tersebut, seperti bangunan-bangunan berarsitektur Indo-Eropa. Namun sejak berkembangnya kawasan Bogor, Taman Kencana banyak mengalami perubahan yang cukup drastis. Karena penggunaan bangunan sebagai tempat usaha, tipikal struktur bangunan telah berubah secara signifikan.

Fasilitas Taman Kencana

Lokasi taman yang tidak jauh dari Kebun Raya Bogor dan Lapangan Sempur ini merupakan taman hijau yang menarik. Taman Kencana merupakan tempat yang ideal untuk nongkrong atau sekedar bersantai bersama teman, sahabat atau keluarga. Taman di Bogor ini menawarkan suasana sejuk dan nyaman karena dikelilingi pepohonan rindang.

Taman hijau terbuka ini menawarkan beberapa fasilitas menarik untuk dinikmati pengunjung. Salah satunya dengan hadirnya berbagai area tempat duduk di beberapa tempat untuk bercengkrama atau sekedar menikmati udara segar di Taman Kencana. Terdapat pagar pembatas di setiap pintu masuk yang menghalangi kendaraan bermotor memasuki area parkir, membuat taman ini terbilang terbebas dari knalpot kendaraan bermotor.

Seperti di taman lainnya, tempat ini kerap dipenuhi kerumunan orang yang saling mengobrol. Selain itu, pada hari libur atau Minggu, Anda juga bisa menjumpai Car Free Day yang biasanya dimulai di Istana Bogor dan berakhir di Taman Kencana. Ada pula pedagang yang memenuhi area parkir.

Taman Kencana tidak hanya sekedar tempat menginap, namun juga terkenal dengan kulinernya. Bahkan, tidak hanya warga Bogor saja, banyak juga masyarakat luar Bogor yang sudah mengetahui tempat ini. Tentunya pengunjung yang datang ke tempat ini tidak hanya melihat patung rusa atau bangunan kuno bergaya kolonial yang masih cukup banyak terdapat di tempat ini. Kebanyakan pengunjung datang kesini untuk mengisi perut atau sekedar mencicipi berbagai kuliner yang ditawarkan tempat ini.

Baca Juga: Menikmati Indahnya Taman Bunga Pelangi di Taman Bunga Nusantara, Cianjur, Jawa Barat

Berbagai jenis makanan yang dijual di taman ini cenderung memiliki cita rasa “Londo” seperti yang dikatakan sebagian besar pengunjung di sini. Beberapa nama makanan yang menjadi ikon taman ini dihadirkan, yaitu

  • Makaroni panggang. Bahkan bangunan yang digunakan restoran ini mencerminkan bangunan bergaya kolonial kuno
  • Rumah Cupcake
  • Klappertaart Huize
  • Pai apel pia
  • Toko kami. Dilihat dari namanya yang berasal dari bahasa Indonesia, tempat ini menyajikan pizza panggang yang menjadi kelebihan dari tempat ini, dan pizza sendiri merupakan makanan yang berasal dari Italia.
  • Lasagna gulung
  • Kematian karena coklat dan spageti

Tempat-tempat tersebut menjadi maskot kuliner Taman Kencana, bahkan pada hari Minggu atau hari libur lainnya, pengunjung rela mengantri untuk mendapatkan tempat duduk di restoran tersebut. Di lokasi ini kita tidak hanya menemukan restoran bergaya “Londo”, tetapi juga berbagai restoran yang menyajikan masakan khas Indonesia. Beberapa diantaranya adalah “Waroeng Taman”, “Saung Pak Ewok” dan “Agri Park”. Ada juga beberapa stand tenda yang berjejer di belakang Taman Kencana.

Lokasi Taman Kencana

Lokasi Taman Kencana adalah Jl. Taman Kencana, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Lokasi Taman Kencana tidak jauh dari Kebun Raya Bogor dan Lapangan Sempur.

Jam buka dan biaya masuk Taman Kencana

Bagi yang ingin mengunjungi Taman Kencana di Bogor bisa datang mulai pukul 07.00 hingga 22.00. Kemudian HTM atau harga tiket masuknya gratis.

Tips berlibur di Taman Kencana

  • Jika anda ingin mengunjungi tempat ini, usahakan dilakukan di luar akhir pekan karena pengunjung tempat ini cukup banyak pada hari-hari tersebut.
  • Salah satu cara menjaga alam di tempat ini adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button