Tempat Wisata

Pantai Pasir Setumpuk: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Aceh Selatan merupakan salah satu daerah penghasil pala terbesar di Indonesia, namun selain itu kabupaten di Provinsi Aceh ini juga mempunyai berbagai wisata alam yang luar biasa. Pantai Pasir Setumpuk adalah salah satunya. Menawarkan panorama yang eksotik dan belum banyak dikunjungi wisatawan, membuat pantai ini menjadi surga dunia.

Pantai Pasir Setumpuk dianggap sebagai salah satu tempat wisata andalan di Kabupaten Aceh Selatan. Keindahan panorama alam yang ada di pantai ini sudah tidak diragukan lagi, pasir pantainya yang putih bersih dikelilingi pepohonan yang rimbun serta birunya air laut menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap mata yang melihatnya.

Pantai Pasir Setumpuk

Secara administratif pantai ini terletak di Gampong Lhok Reukam, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Untuk mencapai Pantai Pasir Setumpuk, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 8 kilometer atau hanya 15 menit dari Kota Tapak Tuan.

Sebelum sampai di pantai, wisatawan harus terlebih dahulu menuju Gampong Lhok Reukam, titik awal pemberangkatan menuju pantai. Desa ini tidak jauh dari jalan raya nasional namun sulit dijangkau wisatawan karena letaknya yang terpencil. Pantai Pasir Setumpuk hanya berjarak sekitar satu kilometer dari Gampong Lhok Reukam.

Ada dua jalur yang bisa ditempuh wisatawan untuk mencapai Pantai Pasir Setumpuk. Yang pertama adalah jalur pendakian melewati perbukitan. Jalur ini cukup ekstrim karena wisatawan menjumpai jalanan yang cukup terjal dan berkelok-kelok. Jalur kedua adalah menggunakan jalur laut dengan speedboat atau perahu. Rute ini lebih efisien karena hanya memakan waktu sekitar 15 menit.

Pesona Pantai Pasir Setumuk

Pantai Pasir Setumpuk merupakan pantai yang dikelilingi pepohonan hutan sehingga terlihat asri dan rindang. Selain itu banyaknya pepohonan di sekitar pantai membuat udara di tempat ini sangat sejuk, bersih dan alami. Pantai ini memiliki garis pantai hingga 400 meter dan luas mencapai satu hektar.

Nama Pasir Setumuk muncul ketika para nelayan melihat suatu tempat yang penuh dengan tumpukan pasir putih. Sebelum menjadi tempat wisata, pantai ini merupakan tempat persinggahan para nelayan yang mencari ikan. Selain itu, masyarakat juga percaya bahwa pantai ini merupakan tempat bermain para bidadari cantik.

Pantai Pasir Setumpuk

Meski letak Pantai Pasir Setumpuk terpencil, warga desa yang tergabung dalam organisasi sadar wisata tak segan-segan memandu wisatawan mengunjungi pantai eksotik tersebut. Wisatawan mempunyai pilihan antara jalur darat dan laut. Jika menggunakan jalur darat, pengunjung harus berkendara melewati perbukitan selama kurang lebih 45 menit melalui jalan yang cukup terjal dan menantang.

Jalur ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai tantangan. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan alam berupa pepohonan hijau yang rindang. Udara sejuk dan segar selalu menemani wisatawan saat mendaki. Pemilihan jalur laut juga menjamin pengalaman istimewa bagi pengunjung.

Di perjalanan, wisatawan dapat melihat beberapa artefak berupa batu-batu berbentuk binatang. Batuan ini masih dapat ditemukan di pantai terdekat dan diyakini terkait dengan legenda setempat Sang Tuan Tapa. Batu artifak ini berbentuk binatang buas menyerupai harimau, rusa, tupai dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ketika wisatawan sampai di Pantai Pasir Setumpuk, mereka disuguhkan dengan panorama pantai kecil yang dikelilingi pepohonan hijau sehingga terlihat hijau dan asri. Di sini wisatawan bisa leluasa bermain pasir putih lembut di sepanjang pantai. Air lautnya yang jernih dan tenang menggoda semua orang untuk segera menceburkan diri ke dalam air laut.

Pantai Pasir Setumpuk memang sungguh mempesona, pantai ini mampu membuat siapapun terpesona dengan keindahannya. Tempat wisata ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menyegarkan diri sejenak dan melepaskan diri dari hiruk pikuk kota. Berlibur ke pantai kecil nan eksotik tentunya menjadi sebuah pengalaman tersendiri dan tetap terjaga kelestariannya dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Fasilitas pantai Pasir Setumpuk

Meski lokasinya terpencil, namun fasilitas di Pantai Pasir Setumpuk sudah sangat memadai. Pasalnya, warga sekitar sudah sadar akan potensi wisata pantai ini. Selain itu, pemerintah Aceh Selatan juga sedang gencar memperbaiki fasilitas yang ada untuk menarik wisatawan dari luar kota maupun luar negeri.

Pengunjung yang ingin berkunjung ke Pantai Pasir Setumpuk dapat menggunakan fasilitas yang ada di Gampong Lhok Reukam. Di desa ini wisatawan bisa memarkir kendaraannya di pekarangan rumah warga dan juga menggunakan toilet dan kamar mandi warga.

Baca juga: Pantai Air Dingin, Pantai Eksotis dan Air Terjun di Aceh Selatan

Wisatawan muslim dapat salat di masjid dan musala yang ada di Gampong Lhok Reukam. Selain itu, jika wisatawan ingin bermalam, warga setempat dengan senang hati membukakan pintu rumahnya untuk dijadikan homestay. Tentunya wisatawan harus mendapat izin terlebih dahulu dari pemilik rumah.

Wisatawan juga bisa mencicipi berbagai masakan khas Aceh yang dijual di warung sederhana di Gampong Lhok Reukam. Pengunjung bisa mencicipi kuliner seperti Sambal Gunuang, Sambal Batokok, Sambal Sunti, Sambal Taruang dan masih banyak lagi.

Kelompok sadar wisata yang didirikan oleh Gampong Lhok Reukam juga memberikan panduan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai untuk mencari petunjuk. Selain itu, fasilitas perjalanan juga tersedia, selalu siap menjemput dan menjemput wisatawan. Dua pondok wisata juga telah dibangun di pinggir pantai untuk tempat istirahat wisatawan.

Pemerintah setempat berencana memperbaiki fasilitas yang ada di pantai tersebut dengan menambah armada empat speedboat dan juga membangun dermaga. Sayangnya, rencana tersebut belum terlaksana karena belum ada anggarannya.

Berwisata ke Pantai Pasir Setumpuk memang menjadi pilihan menarik saat berlibur ke Aceh. Berikut berbagai aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di pantai.

Menikmati keindahan pantai

Jika Anda pecinta pantai maka tempat ini layak menjadi destinasi liburan Anda selanjutnya. Pantai Pasir Setumpuk menawarkan panorama alam yang luar biasa dengan pasir putihnya dan air laut biru jernih. Anda juga bisa menikmati udara segar di sekitar Anda yang dikelilingi pepohonan hijau rindang.

Di pantai ini Anda bisa bermain pasir atau bermain dan berenang air sepuasnya. Ombaknya cukup tenang sehingga wisatawan bisa dengan aman menikmati segarnya air laut di pantai ini. Anda juga bisa bersantai dengan menikmati semilir angin pantai ditemani deburan ombak yang sesekali menyapa tepian pantai.

Snorkeling dan menyelam

Pantai Pasir Setumpuk juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang masih alami. Terdapat beberapa spot di dekat pantai dimana Anda bisa menikmati aktivitas seperti snorkeling atau diving. Namun, Anda harus selalu didampingi oleh pemandu warga setempat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Sembari snorkeling atau diving, Anda bisa mengamati beragam biota bawah laut seperti terumbu karang dan ikan warna-warni yang masih alami dan terjaga kelestariannya. Tentunya akan menjadi pengalaman menarik jika berlibur ke pantai eksotik ini.

Berburu foto dan berkemah

Di tempat wisata ini Anda juga diperbolehkan bermalam dengan mendirikan tenda di pinggir pantai. Pastinya Anda akan menciptakan momen-momen yang tidak akan pernah Anda lupakan seumur hidup saat bermalam di pantai yang eksotis ditemani api unggun dan bintang-bintang yang bertebaran di langit. Jangan lupa membawa gitar agar malam semakin sempurna.

Bersenang-senang berfoto selfie sepertinya menjadi hal yang wajib dilakukan saat berada di Pantai Pasir Setumpuk. Ada beberapa objek menarik yang bisa Anda jadikan background fotografi. Selain itu, Anda juga bisa berfoto di bawah air dan berenang bersama ikan-ikan kecil yang lucu. Jangan lupa membawa kamera yang bagus agar hasil fotomu bisa maksimal.

Baca juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Jam buka dan tarif masuk Pantai Pasir Setupuk

Anda yang ingin mengunjungi objek wisata Pantai Pasir Setumpuk bisa datang kapan saja karena pantai ini buka 24 jam sehari. Saat ini belum ada informasi spesifik mengenai HTM atau biaya masuk.

Tips Menuju Pantai Pasir Setumpuk

  • Berhati-hatilah dalam memilih jalur darat karena medannya cukup ekstrim dan menantang.
  • Bawalah perbekalan secukupnya saat menuju pantai dari Gampong Lhok Reukam.
  • Disarankan untuk menggunakan jasa pemandu lokal.
  • Selalu jaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Selalu menjaga alam dan tidak merusak tempat wisata.

Galeri Foto Pantai Pasir Setumpuk

Potret Pantai Pasir Setumpuk

Berkemah di pantai
Makan bersama di pantai
Potret pengunjung di pantai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button