Tempat Wisata

Goa Jomblang, Goa Vertikal Eksotis di Gunung Kidul Jogja

Gua Jomblang adalah salah satu destinasi yang menantang dan indah di Gunung Kidul, Jogja, cocok untuk pecinta aktivitas ekstrim. Gua vertikal yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan gua yang menarik untuk dijelajahi.

harga tiket: Rp450.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Jetis, Pacadejo, Kec. Semanu, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Destinasi Gua Jomblang sering disebut sebagai Gua Vertikal oleh orang-orang di sekitarnya. Hal ini karena gua ini memiliki bukaan di lantai. Oleh karena itu, untuk memasukinya Anda harus bisa “memainkan” tali untuk sampai ke dasar goa.

Gua ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai tantangan atau memiliki adrenalin yang tinggi. Di sana, pengunjung disuguhkan panorama yang akan membuat mata terbelalak dengan panorama tersebut. Tak heran jika banyak orang yang mengatakan bahwa Goa merupakan salah satu tempat wisata yang unik.

Pengunjungnya tidak hanya orang Indonesia. Namun banyak pengunjung asing yang datang karena penasaran dengan tempat wisata yang satu ini. Bahkan, beberapa artis mancanegara juga telah mengisi liburan dengan jalan-jalan ke Goa. Untuk lebih jelasnya, yuk simak berbagai informasi mengenai tempat tersebut di bawah ini.

Atraksi Gua Jomblang

Daya Tarik Gua JomblangSumber gambar: Twitter @fnuhaq

1. Kedalaman bervariasi

Kedalaman gua ini diberkahi dengan kedalaman yang sangat bervariasi. Bahkan, tidak tanggung-tanggung karena bisa mencapai antara 15 hingga 80 meter. Ini adalah salah satu daya tarik yang jarang dimiliki oleh gua-gua lain. Namun, dengan kedalaman yang begitu dalam, Anda harus berhati-hati agar tidak jatuh.

2. Banyak jalur petualangan tersedia

Selama wisata gua ini, pengunjung dapat dengan aman menikmati serunya petualangan menyusuri kawasan gua. Tetapi untuk ini Anda perlu menentukan paket akses yang berbeda dalam bentuk A, B, C dan VIP.

Akses A memungkinkan pengunjung untuk berjalan dan turun dari ketinggian 80 meter, Paket B ketinggian 60 meter, Paket C ketinggian 40 meter dan paket VIP ketinggian 20 meter. Ada juga koridor sepanjang sekitar 300 meter yang dihiasi stalagmit, stalaktit, dan kristal.

3. Keajaiban hutan di Goa

Siapa sangka ada hutan rimbun di goa jomblang ini. Orang-orang yang ada di sana menyebut hutan rimba. Alasannya karena tanaman yang ada berukuran seperti tanaman tua.

Hutan berasal dari tumbuhan yang hidup di atas, namun karena runtuhnya tanah, tumbuhan tersebut tumbang dan berkembang biak di dalam gua.

4. Sinar matahari menembus Goa

Pemandangan Gua JomblangSumber gambar: Twitter mongie karet

Tidak hanya hutan purba, tetapi juga sinar matahari yang masuk ke dalam gua melalui berbagai celah hutan menciptakan pemandangan yang indah ke bawah. Momen tersebut sering disebut sebagai “cahaya dari surga” oleh pengunjung yang menyaksikannya. Sinar matahari juga membuat gua terasa sedikit hangat.

5. Udara segar

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah tempat wisata memiliki alam yang luas. Oleh karena itu, udara yang akan Anda hirup di tempat ini tentunya masih sangat segar.

Hal ini tentunya dapat membuat liburan atau perjalanan Anda semakin nyaman dan menyenangkan. Apalagi jika Anda adalah masyarakat perkotaan yang kemungkinan besar dekat dengan polusi udara.

Alamat dan rute menuju lokasi

Tiket Gua JomblangKredit foto: Google Maps Muhammad Lutfi

Tempat wisata Gua Jomblang alamat lengkap terletak di Desa Jetis Wetan, Paddyjo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Treknya sendiri cukup mudah dikuasai, tetapi hanya memiliki banyak tikungan.

Mulai dari pusat kota Yogyakarta nol kilometer, kendaraan Anda harus diarahkan ke timur melalui Jl. Panembahan Senopati, lalu lurus setelah Jl. Kusumanegara. Setelah sampai di perempatan, belok ke selatan melalui Jl. gedong kuning. Ketika Anda kembali ke persimpangan, pergi ke timur melalui Jl. Wonosari, langsung ke Jl. RTE Nasional 3 dan Jl. Jogja Wonosari.

Lurus terus sampai ketemu pertigaan lalu belok ke Jl. Kyai Legi. Setelah melewati Jl. KRT Judodingrat, ikuti jalan tersebut sampai melihat papan petunjuk bertuliskan Goa Jomlang. Dengan cara ini, berarti Anda telah tiba di daerah yang dekat dengan tempat wisata.

Waktu yang dibutuhkan dari nol kilometer Yogyakarta menuju kawasan wisata ini sekitar 1 jam 40 menit dengan jarak tempuh sekitar 49 kilometer. Jangan khawatir jika Anda tersesat karena ada banyak orang untuk bertanya di sepanjang jalan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi peta yang disediakan oleh smartphone.

Tiket Masuk Jomblang Cave Extreme Tour

Harga Tiket Goa JomblangKredit foto: Google Maps Andrew Fisher

Untuk mengunjungi tempat wisata Goa Jomblang ini, pengunjung perlu menyiapkan sejumlah uang dengan nominal yang tidak sedikit. Biaya yang bisa dikeluarkan juga bervariasi, mulai dari 450.000 hingga 1 juta rupiah untuk satu orang.

Bedanya nanti yang penting fasilitas apa yang bisa didapatkan. Misalnya, jika Anda menggunakan jasa operator dan pemandu wisata, maka akan sedikit mahal.

Meski biayanya cukup tinggi, Anda tidak perlu khawatir dengan pengalaman tak terlupakan yang akan Anda dapatkan saat memasuki Gua Jamblang. Hal ini tentunya sangat proporsional dengan nominal uang yang perlu dikeluarkan.

Namun, ada biaya lain yang harus dibayar berupa parkir jika pengunjung membawa kendaraan. Biaya parkirnya murah, hanya 3.000 untuk sepeda motor.

Aktivitas Seru di Gua Jomblang

Aktivitas di Gua JomblangKredit foto: Instagram Teja Wisata

1. Jelajahi Goa

Hingga saat ini, caving masih menjadi salah satu kegiatan outdoor yang paling berbahaya atau ekstrim. Meski demikian, pengalaman memacu adrenalin juga merupakan sesuatu yang dinikmati banyak orang. Menariknya, saat menjelajahi gua ini, telah disediakan berbagai jenis pintu masuk seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

2. Fotografi

Fotografi merupakan kegiatan yang menarik, sayang jika dilewatkan saat liburan di Goa Jomblang. Pasalnya, keindahan alam di sekitar gua bersejarah ini bisa membuat pemotretan menjadi lebih baik. Tak hanya itu, tebing-tebing dan berbagai pemandangan di bawah goa pun layak diabadikan dalam bentuk foto.

Anda dijamin tidak akan kehabisan spot foto atau objek saat memotret di tempat wisata yang satu ini. Bahkan, tempat wisata yang satu ini diketahui pernah meraih predikat Best Photo di The Weather Channel.

Pengunjung bisa berfoto di atas stalagmit yang berdiri kokoh di dasar gua. Hutan rimbun dengan banyak tanaman tinggi di dalam gua juga cocok sebagai subjek utama untuk memotret. Foto juga bisa menjadi lebih estetis jika cahaya yang tepat menyinari bagian atas stalagmit.

3. Seluncur

Aktivitas Seru di Gua JomblangSumber gambar: Twitter majalah perjalanan dunia

Abseiling merupakan aktivitas yang harus dilalui untuk menuju Goa Jomblang. Kegiatan yang satu ini tentu bisa menguji keberanian para pengunjung. Meski begitu menakutkan, namun jika dilakukan dengan fokus, tidak gugup, dan dengan rasa tenang, bisa menjadi kegiatan yang sangat menarik.

Kegiatan ini menggunakan tali panjang yang digantungkan dari tanah pada ketinggian di dalam goa. Anda tidak perlu khawatir dan bingung karena semuanya dijamin.

4. SRT (teknik tali tunggal)

Tentunya selain abseiling, ada juga kegiatan menarik yang disebut SRT. SRT atau Single Rope Tehnique adalah kegiatan yang dilakukan untuk keluar atau keluar dari gua. Pengunjung tentunya juga akan mengikuti jalur yang sama seperti pada saat rappel sebelumnya.

Alat yang digunakan juga masih sama yaitu berupa tali yang akan kamu panjat hingga ke pintu masuk goa. Jika jumlah pengunjung banyak, operator akan menggunakan teknik penarik yang dimaksudkan untuk menarik beberapa pengunjung ke puncak.

Fasilitas yang tersedia di Goa Jomlang Jogja

Fasilitas Gua JomblangSumber Gambar: Google Maps Owenn Kesanasini

1. Layanan Kepemimpinan

Seperti halnya destinasi wisata lainnya, Goa Jomblang juga telah menyediakan jasa pemandu wisata bagi pengunjung. Dengan wisata alam yang tergolong ekstrim tersebut, jasa pemandu wisata sangat dibutuhkan.

Hal ini tentunya bertujuan untuk memandu para pengunjung yang ingin memasuki goa tersebut. Pengunjung juga menjadi kurang khawatir akan kemungkinan tersesat di dalam gua. Selain itu, sangat berbahaya jika pengunjung tidak sempat turun ke bawah goa. Para pemandu juga telah dibekali dengan keahlian dalam mengarungi medan gua.

kamar mandi ke-2

Toilet merupakan fasilitas penting yang sangat diperlukan bagi pengunjung suatu tempat wisata. Sama halnya dengan destinasi wisata, toilet juga ada di sini. Jadi pengunjung tidak perlu bingung mau buang air besar atau yang lainnya. Dengan begitu, aktivitas liburan bisa dilakukan dengan nyaman.

3. Tempat parkir

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan berupa sepeda motor dapat memarkirnya di tempat parkir yang telah ditentukan. Jadi anda tidak perlu khawatir dengan keamanan kendaraan anda. Namun, fasilitas parkir dapat digunakan dengan pembayaran sejumlah uang tertentu.

4. Akomodasi

Anda juga dapat menemukan akomodasi yang aman dan nyaman di dekat tempat wisata. Penginapan tersebut sangat bermanfaat bagi pengunjung yang ingin menginap agar dapat menghabiskan waktu lebih lama untuk berlibur. Tergantung pada akomodasi yang Anda pilih, Anda juga dapat menikmati berbagai fasilitas menarik.

5. Masjid

Jarang sekali ditemukan lokasi wisata goa yang memiliki fasilitas berupa mushola. Namun, jika Anda berkunjung ke Goa Jomblang, terdapat mushola yang bisa digunakan oleh pengunjung muslim. Sehingga pengunjung dapat tetap melakukan pelayanan walaupun bergerak di bidang wisata alam.

6. Penyimpanan

Saat liburan kita sering dibebani dengan banyak hal. Ini sering merepotkan dan menjadi tidak fleksibel saat bepergian. Oleh karena itu, saat berkunjung ke goa ini, pengunjung bisa menitipkan barang-barangnya di rumah kepala Dukuh.

Padahal, pemilik rumah tidak menetapkan harga khusus untuk menyimpan barang, tetapi pengunjung bisa dengan ikhlas membayarnya.

Itulah sekian banyak informasi menarik seputar wisata alam di Gua Jomblang Gunung Kidul Yogyakarta. Tempat wisata yang wajib dikunjungi untuk mengisi waktu liburan bersama teman-teman. Berbagai keseruan siap membuat para pengunjung ketagihan untuk berwisata lagi di tempat ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button