Tempat Wisata

Pantai Depok: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pantai Depok merupakan salah satu tempat wisata di wilayah Yogyakarta. Berbeda dengan tempat wisata pantai lain di Jogja, pantai ini lebih mengedepankan wisata kuliner dibandingkan keindahan pantainya. Wisatawan disuguhi berbagai kuliner seafood yang merupakan hasil laut yang dihasilkan oleh para nelayan di pesisir pantai.

Secara geografis Pantai Depok terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi pantai ini sangat dekat dengan pantai Parangtriris dan Parangkusumo. Jika Anda datang dari pusat kota Jogja, Anda harus menempuh jarak sekitar 30 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan.

Meski fokus pada wisata kuliner, bukan berarti pantai ini tidak menawarkan pemandangan indah. Pantai Depok tak kalah indahnya dengan Pantai Parangtriris dan Pantai Parangkusumo. Sesampainya di lokasi, wisatawan akan disambut dengan deretan warung seafood dan hamparan pasir pantai yang terhampar di sepanjang bibir pantai. Wisatawan bisa menikmati aneka kuliner seafood ditemani panorama alam pantai yang mempesona.

Lokasi Pantai Depok sendiri cukup mudah untuk dijangkau, wisatawan hanya perlu mengikuti jalan setapak yang menuju ke Pantai Parangtritis. Begitu Anda memasuki titik drop off Pantai Parangtritis, Anda harus berbelok ke kanan. Selanjutnya ikuti saja petunjuk arah menuju pantai ini yang berjarak kurang lebih hanya 1,5 kilometer dari pos tol Pantai Parangtritis.

Sejarah Pantai Depok

Ada cerita yang menjadi cikal bakal berkembangnya tempat wisata di Kabupaten Bantul ini dan menjadi salah satu pusat kuliner seafood di Jogja. Sebelumnya, sebagian besar warga sekitar Pantai Depok bermata pencaharian sebagai petani di lahan berpasir. Semuanya berubah ketika pada tahun 1997 sekelompok nelayan daerah Cilacap mendarat di pantai ini setelah mencari ikan di laut.

Para nelayan membawa serta hasil laut dalam jumlah besar, yang pada akhirnya membuat warga sekitar pantai tergoda untuk beralih profesi dan menjadi nelayan. Profesi nelayan sendiri sering disebut “Tekong” oleh penduduk setempat. Nelayan melakukan aktivitas penangkapan ikan hampir sepanjang tahun.

Kecuali pada hari-hari tertentu yang dianggap suci yaitu Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon. Namun ternyata hasil laut yang diperoleh nelayan tidak selalu melimpah sepanjang tahun. Ada juga periode kekurangan ikan yang terjadi antara bulan Juni dan September. Hal ini disebabkan cuaca ekstrem yang membuat nelayan tidak berani melaut.

Seiring meningkatnya jumlah tangkapan nelayan, warga sekitar akhirnya mendirikan Tempat Pendaratan Ikan (PPI) dan kemudian Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Tak hanya menerima hasil laut dari Pantai Depok, tempat pelelangan ikan di pantai ini juga menerima titipan ikan dari para nelayan dari berbagai wilayah sekitar.

Lambat laun, tempat ini berkembang pesat. Karena banyaknya wisatawan yang datang ke pantai ini, maka didirikanlah warung-warung yang menyajikan olahan makanan laut di sekitar pantai. Melimpahnya hasil tangkapan ikan rupanya menjadi faktor pendukung berkembangnya Pantai Depok menjadi salah satu destinasi wisata kuliner seafood terbesar di Jogja.

Pesona Pantai Depok

Pantai yang berdekatan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusomo ini memiliki daya tarik yang berbeda dibandingkan yang lain. Selain panorama pantainya yang indah, pantai ini juga mengedepankan wisata kuliner. Terdapat deretan warung tradisional di pinggir pantai dimana wisatawan dapat memilih berbagai macam hidangan seafood.

Wisatawan dapat memilih berbagai jenis makanan laut antara lain kakap, bawal, tuna, layur, bonito, kepiting, cumi, udang dan masih banyak lagi. Harga yang dipatok bervariasi dan cukup terjangkau. Rata-rata olahan hasil laut tersebut masih segar karena diperoleh langsung dari para nelayan yang pulang melaut pada pagi hari.

Warung-warung yang berada di pinggir Pantai Depok ini didesain agar wisatawan dapat dengan mudah menikmati kuliner sambil menikmati pemandangan laut dari tepi pantai. Warung-warung ini terbuat dari kayu beratap alang-alang dan berbentuk lesehan menghadap ke selatan. Hal ini memudahkan wisatawan untuk melihat luasnya lautan dari stand tersebut.

Setelah puas dengan sajian kuliner seafood, Anda bisa menikmati keindahan Pantai Depok lebih dekat. Pantai ini memiliki pasir berwarna kecoklatan mirip dengan Pantai Parangtritis. Ombaknya cukup besar sehingga wisatawan tidak disarankan untuk berenang. Meski demikian, wisatawan tetap bisa bermain air di pinggir pantai sambil menikmati hembusan angin kencang dari laut.

Wisatawan juga melihat perahu nelayan yang diparkir di pinggir pantai. Kapal-kapal yang berwarna-warni dan berjejer rapi seolah menambah keindahan pantai ini. Jika kurang puas bermain di pantainya, Anda bisa menuju ke Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo.

Baca juga: Pantai Sadeng, pantai indah penuh sejarah

Di tempat ini wisatawan disuguhi pemandangan yang sangat langka yaitu bukit pasir Parangkusumo. Bukit pasir ini merupakan area pasir yang sangat luas, sehingga Anda bisa leluasa bermain pasir. Yang lebih menakjubkan lagi, Gumuk merupakan satu-satunya gurun pasir kecil di Asia Tenggara.

Fasilitas di Pantai Depok

Fasilitas di tempat wisata yang juga dijadikan tempat pelelangan ikan ini cukup lengkap. Terdapat berbagai fasilitas penunjang seperti toilet umum, tempat parkir yang luas dan mushola untuk beribadah. Selain itu, penjaga pantai dikerahkan untuk mencegah terjadinya kecelakaan di lokasi pantai dan memperingatkan wisatawan akan bahaya gelombang besar.

Baca juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Bagi wisatawan yang ingin bermalam, terdapat juga hotel dan akomodasi di sekitar tempat wisata dengan harga berbeda-beda. Selain itu juga terdapat warung ikan dimana wisatawan dapat menikmati olahan ikan sambil menikmati pemandangan pantai.

Menikmati keindahan pantai

Pantai Depok mempunyai panorama alam yang indah tak kalah dengan pantai-pantai lain di Jogja. Tempat wisata ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin merencanakan liburan ke Jogja. Selain pasir kecoklatannya yang eksotis, Anda juga akan disuguhi pemandangan laut luas disertai deburan ombak khas laut selatan.

Anda juga bisa bermain pasir dan bermain air di pinggir pantai. Namun berenang di sini tidak disarankan karena ombaknya tinggi. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo yang terletak tidak jauh dari pantai ini.

Wisata kuliner

Jika Anda penggemar wisata kuliner, pantai ini wajib Anda kunjungi. Menawarkan berbagai macam makanan lezat, terutama makanan laut, dan Anda akan dimanjakan dengan pilihan ikan seperti kakap, kerapu, cakalang, cumi-cumi dan lain-lain. Di TPI Anda bisa memilih ikan segar dan mengolahnya sesuai selera.

Harga yang ditawarkan juga masih dalam kisaran terjangkau. Anda bisa menikmati hidangan seafood di warung yang disediakan. Warung ini menghadap ke selatan sehingga Anda bisa menikmati lezatnya seafood dengan pemandangan pantai yang indah.

Perburuan Foto

Pantai ini juga menjadi pilihan menarik jika Anda sedang mencari tempat untuk mencari subjek fotografi. Pantai Depok menawarkan keindahan pantai dengan pasir berwarna coklat yang eksotis. Selain itu, perahu-perahu nelayan yang berjejer rapi, bisa Anda abadikan dalam sebuah foto.

Selain itu, Anda juga bisa berfoto di Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo yang letaknya tidak jauh dari pantai ini. Anda juga bisa mengabadikan aktivitas para nelayan dan tempat pelelangan ikan yang tidak pernah sepi wisatawan.

Jam buka dan tarif masuk Pantai Depok

Bagi yang ingin mengunjungi tempat ini bisa datang pada pukul 6 pagi hingga 5 sore. Untuk masuk ke tempat wisata Pantai Depok, setiap wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk wisatawan domestik dan mancanegara. Sedangkan tarif parkir sepeda motor sebesar Rp 4.000 dan mobil sebesar Rp 5.000.

Peta lokasi Pantai Depok

Tips Menuju Pantai Depok

  • Datanglah pada pagi hari jika ingin membeli ikan segar di tempat pelelangan ikan.
  • Berhati-hatilah saat bermain air di pantai ini karena ombak di Pantai Depok cukup besar.
  • Pengunjung tidak disarankan untuk berenang di pantai karena dapat tersapu ombak.
  • Jangan datang pada hari Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon karena nelayan tidak melaut sehingga pantai ini sepi.

Galeri foto Pantai Depok

Pantai depok di jogja
Tempat foto
Beragam sajian kuliner di Pantai Depok
Bermain di pantai
Sunset di Pantai Depok

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button