Tempat Wisata

Telaga Genang Gedong: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Telaga Genang Gedong merupakan salah satu objek wisata di Aceh Barat dan terletak di Gampong Kaway. Objek wisata tepi danau yang meliputi tiga desa atau luas sekitar 7 hektar ini menjadikan Danau Genang Gedong sebagai salah satu destinasi wisata di Aceh Barat.

Telaga Genang Gedong merupakan salah satu tempat wisata alam di Gampong Putim, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat. Bentuk Genang Gedong adalah sebuah telaga yang dikelilingi pepohonan. Jarak menuju Situs Genang-Gedong ± 20 km dari kota Meulaboh
ke Banda Aceh melalui Geumpang. Luas genangan ini meliputi 3 desa atau sekitar 7 hektar.

Keistimewaan dan Keindahan Telaga Genang Gedong

Danau Genang Gedong yang ditumbuhi pepohonan rimbun menjadikannya tempat yang cocok untuk memanjakan paru-paru Anda. Apalagi tempatnya dikelilingi perbukitan. Anda juga bisa memancing di sini sepuasnya.

Awalnya bukan danau, melainkan genangan air, dan hingga saat ini airnya tidak pernah surut, namun cekungannya semakin lebar. Itu sebabnya genangan air yang kini menjadi telaga ini dinamakan Genang Gedong yang artinya genangan besar.

Jika ingin bersantai di tempat yang asri datanglah ke Genang-Gedong atau jika anda suka memancing, Telaga Genang-Gedong menjadi tempat memancing sambil menikmati minuman ringan dan musik jazz atau R&B bersantai bersama keluarga tercinta.

Beberapa kafe telah didirikan di sekitar lokasi Genang-Gedong yang dikelola oleh Pemerintah Kota Gampong Putim. Menu yang disajikan masih sederhana dan tidak banyak pilihan seperti nasi goreng, snack, dan minuman ringan.

Di sekitar Danau Genang Gedong terdapat arena balap sepeda motor lintas rumput untuk para penggemar olahraga motor. Belum banyak yang mengetahui keindahan Telaga Genang Gedong, tidak banyak pula yang mau datang kesana, kenapa?

Hal ini menjadi “pekerjaan rumah” bagi pemerintah setempat agar Danau Genang Gedong bisa menjadi objek wisata yang benar-benar bisa berkontribusi bagi wilayah Aceh Barat. Mungkin salah satunya mengadakan kompetisi motorcross rutin yang bisa menarik pengunjung.

Wisata alam di Danau Genang Gedong

Jika ingin menikmati Telaga Genang Gedong lebih indah lagi, Anda bisa berjalan kaki ke atas bukit dan menikmati makan siang sambil menikmati luasnya Telaga Genang Gedong, sebuah telaga alami yang menyelimuti ketiga desa ini.

Dari sini terlihat perbukitan yang ditumbuhi rerumputan hijau, beberapa pohon bergoyang tertiup angin sepoi-sepoi, dan permukaan danau yang tenang. Meski dengan menu yang sederhana, makan siang Anda bersama keluarga akan terasa lebih intim dan nikmat. Piknik di objek wisata Telaga Genang Gedong menjadi salah satu cara Anda menikmati piknik tradisional jika melewatkan liburan alam.

Dahulu objek wisata Telaga Genang Gedong sangat ramai dan ramai, banyak orang yang piknik, memancing dan bermain perahu bebek di telaga ini, namun kini tidak lagi. Pasalnya, beredar rumor bahwa ada ikan berukuran sangat besar yang hidup di Danau Genang Gedong sehingga membuat takut pengunjung.

Sangat disayangkan sepinya pengunjung mengakibatkan beberapa fasilitas seperti mushola, toilet dan cafe yang ada di kawasan Telaga Genang Gedong terkesan tidak terurus, padahal objek wisata ini terus direvitalisasi dan dikelola, namun Danau Genang Gedong juga ikut tertimbun. menjadi lebih terkenal, lebih maju dan lebih maju secara ekonomi. Masyarakat pasti akan berkembang dan masyarakat akan memiliki kehidupan yang lebih baik.

Wisata kuliner dan akomodasi

Saat berkunjung ke Danau Genang Gedong, jangan lewatkan kuliner khas Aceh Barat yang akan menggugah selera. Aceh Barat kaya akan beragam makanan unik dan lezat, terutama berbagai jenis gulai. Pliek U Gulai, Jruek Gulai, On Paku Gulai, BohPana Gulai, Boh Labuh Gulai. Masakan gulai ini terasa lebih nikmat Bu Kulah, yaitu nasi yang dibungkus dengan daun pisang berbentuk limas. Aroma nasi bungkus daun pisang ini sangat nikmat. Cukup untuk membangkitkan selera makan Anda.

Karena Telaga Genang Gedong menjadi andalan Kota Meulaboh dan terletak di Kawai XVI, Kabupaten Aceh Barat, biasanya banyak penginapan yang bisa Anda temukan di kawasan ini. Di bawah ini rekomendasi penginapan murah bagi Anda yang memiliki budget minim:

  • Stopover Inn, Jalan Pasar Lammo Aceh Barat Telp. +6265195045
  • Penginapan Simeulue, Jalan Nasional No. 134 Aceh Barat, Telp. +6265021037
  • Selang Jaya Inn, Jalan Nasional Sinabang No Telp +625021037 Penginapan Sari Jaya, Alamat Ds. Sentosa Calang Telp +6265421049

Jam buka dan biaya masuk Genang Gedong

Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini bisa datang kapan saja karena Anda bisa berkunjung kapan saja. Namun, akan lebih baik jika Anda mengunjunginya pada pagi hari. Saat ini juga belum ada informasi konkrit mengenai biaya masuknya.

Danau Genang Gedong

Danau Genang Gedong di Aceh Barat

Perbukitan berumput di tepi danau

Potret di tepi danau
Keindahan Bukit Rumpu di dekat danau
Bersepeda ke Danau Genang Gedong
Potret Danau dari Grass Hill

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button