Tempat Wisata

Pantai Bebas Parapat, destinasi pantai Danau Toba dengan pesona Pulau Samosir

Pantai Bebas Parapat, destinasi pantai di tepi Danau Toba yang menawarkan keindahan alam dengan pemandangan Pulau Samosir yang menakjubkan.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: J L. Sisingamangaraja, Kec. Girsang Sipangan Bolon, Cab.Simalungun, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasinya

Pantai Bebas Parapat Simalungun menjadi salah satu hal menarik yang bisa Anda temukan di Danau Toba. Pantai, tapi di danau? Ya, itulah yang membuat tempat ini menarik. Di pinggir Danau Toba terdapat pasir yang seolah berkilauan diterpa sinar matahari di siang hari.

Keistimewaannya adalah pasir ini terbentuk secara alami. Itu sebabnya penduduk setempat menyebutnya pantai, padahal sebenarnya berada di danau dan bukan laut.

Selain unik, pasir putih seperti pantai ini membuat pemandangan Danau Toba semakin indah.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Bebas Parapat

Daya Tarik Pantai Bebas ParapatFoto: Google Maps/Adrian Prasetia Asmara

1. Pantai berpasir unik di danau

Jika biasanya Anda melihat pantai berpasir putih di dekat laut, di sini Anda melihatnya di sebelah danau. Berbeda dengan Pantai Parangtritis atau Pantai Kuta yang lembut, pasir di Danau Toba tampak mengandung kaca dengan tekstur kasar.

Pasirnya tampak berkilau jika terkena sinar matahari di siang hari. Perbatasan antara daratan berpasir dan danau cukup terjal, oleh karena itu pemerintah membangun dermaga di sana. Pengunjung bisa menyaksikannya dari atas dermaga.

Uniknya, hamparan pasir ini tidak diimpor melainkan sudah ada secara alami. Karena menurut pemerintah kota, segala sesuatu yang pantainya berpasir sering dianggap sebagai pantai, itulah sebabnya tanah berpasir di sebelah Danau Toba disebut Pantai Bebas Parapat.

2. Keindahan Pulau Samosir

Dari dermaga pantai ini pengunjung tidak hanya bisa melihat keindahan Danau Toba saja. Namun ada juga panorama keindahan Pulau Samosir dari kejauhan.

Keindahan pulau yang berada di tengah danau ini ibarat lukisan alam yang indah sangat memanjakan mata. Keindahannya tidak hanya bisa Anda saksikan dari kejauhan, bahkan bisa menyeberang hingga ke Pulau Samosir.

Perahu biasanya mudik ke Pulau Samosir di Dermaga Pantai Bebas Parapat Simalungun. Pulau vulkanik dengan luas 630 kilometer ini juga sangat menarik untuk dijelajahi.

Jika Anda punya banyak waktu, Anda bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pulau Samosir. Ada banyak destinasi wisata menarik di sana. Seperti Bukit Holbung, Kursi Batu Raja Siallagan, Museum Batak Huta Bolon Simanindo, Air Terjun Efrata dan masih banyak lagi.

3. Taman dan taman bermain

Di Dermaga Pantai Bebas Parapat Anda tidak hanya bisa mengagumi keindahan Danau Toba atau Pulau Samosir saja. Bisa dikatakan area sekitar dermaga cukup luas, disini dibuatkan taman dan arena terbuka yang digunakan sebagai lapangan skateboard.

Bahkan terdapat taman bermain dan arena olah raga yang dapat digunakan pengunjung. Tak heran jika banyak keluarga datang ke sini untuk menghabiskan waktu di sore hari dan akhir pekan.

Ada juga stand di ruang terbuka publik. Di tengahnya terdapat panggung yang dikelilingi tribun bertingkat.

Berbagai acara hiburan biasanya berlangsung di sini pada waktu-waktu tertentu. Jika beruntung, Anda juga bisa melihatnya selain pemandangannya.

4. Patung selamat datang yang ikonik

Sesampainya di kawasan wisata Pantai Bebas Parapat, Anda akan disambut dengan patung selamat datang yang ikonik. Patung tersebut berbentuk dua ekor burung perkutut yang melambai-lambaikan tangan seolah menyapa wisatawan.

Patung dua ekor burung perkutut ini menjadi simbol kota Parapat karena mereka mengenakan pakaian adat setempat. Jadi ketika berkunjung jangan lupa menyempatkan diri untuk berfoto dengan latar belakang simbol patung tersebut. Selain itu, jika mengatur sudut yang tepat, Anda juga bisa mendapatkan backdrop Danau Toba.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat pantai gratis di ParapatFoto: Google Maps/Andri Mustafa Pane

Kawasan wisata Pantai Bebas Parapat terletak di Danau Toba, di pinggir Jalan Raya Sumatera. Secara administratif alamatnya adalah Jalan Sisingamangaraja, Desa Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Sumatera Utara.

Dari Kecamatan Raya, ibu kota Kabupaten Simalungun, jarak yang ditempuh sekitar 68 kilometer atau perjalanan memakan waktu sekitar 1-2 jam. Karena berada di jalan utama, maka tidak sulit menemukan lokasinya.

Jika berangkat dari Medan bisa melalui tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Perkiraan waktu tempuh dari Kota Medan melalui jalur darat kurang lebih 3,5 jam. Sambungan jalan bagus dan dapat digunakan oleh berbagai jenis kendaraan.

Biaya masuk wisata bahari

Karena merupakan kawasan yang terbuka untuk umum, maka tidak ada biaya masuk yang harus dibayar untuk menikmati Pantai Bebas Parapat di Simalungin.

Jika Anda membawa kendaraan, Anda tinggal datang dan membayar biaya parkir. Biaya parkir sebesar Rp 1.000 untuk sepeda motor dan Rp 2.000 untuk mobil.

Tentunya Anda juga harus membayar sewa jika ingin menyeberang ke Pulau Samosir. Harga sewa perahu bervariasi tergantung jumlah orang yang bepergian dalam waktu bersamaan dan seberapa terampil Anda dalam menegosiasikan harga.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas pantai gratis di ParapatFoto: Google Maps/Patbom

1. Latihan

Wisata Pantai Bebas Parapat merupakan tempat yang populer untuk berolahraga pagi atau sore hari. Biasanya kawasan ini ramai pengunjung pada sore hari kerja dan lebih ramai pada pagi hari akhir pekan. Taman ini memiliki jalur yang ideal untuk jogging.

Jika Anda suka bermain skateboard, terdapat juga area khusus di salah satu sisi taman, seperti lapangan skateboard. Bentuknya menyerupai telaga tak beraturan dengan bukit berhuruf C di tengah lapangannya, cukup menantang bukan untuk bermain skateboard?

2. Bermain di Taman Pantai Bebas Parapat

Bagi Anda yang memiliki anak kecil, taman di samping dermaga adalah tempat yang tepat untuk nongkrong. Tak harus mengeluarkan banyak biaya, Anda bisa membahagiakan anak Anda dengan mengajaknya bermain di sini.

Karena di dalam taman terdapat taman bermain dengan berbagai wahana. Mulai dari ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, dan aneka acar. Bahkan ada sewa mobil dan skuter remote control yang pasti akan menghibur si kecil.

3. Lihat atraksi

Selain berbagai event yang kerap berlangsung di grandstand Parapat Simalungun Free Beach, ada atraksi unik yang bisa disaksikan di sini setiap harinya. Ini adalah atraksi yang dioperasikan dengan koin dan sering dijalankan oleh anak-anak setempat.

Jadi wisatawan bisa melempar koin ke danau dekat pantai, lalu anak-anak menyelam untuk mengambil koin tersebut. Tentu saja uang logam yang dilempar menjadi milik anak. Biasanya banyak wisatawan berkumpul di satu titik untuk mengunjungi objek wisata ini dengan berbekal kearifan lokal.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas pantai gratis di ParapatFoto: Google Maps/Wahyu Hagono

Sebagai ruang terbuka publik yang bahkan tidak memungut biaya masuk, Pantai Bebas Parapat Simalungun dinilai memiliki fasilitas yang memadai.

Sudah tersedia tempat parkir yang luas, toilet, musala, taman dengan arena bermain dan lapangan skateboard, serta grandstand untuk menyelenggarakan berbagai acara.

Anda bahkan bisa mencari tempat di taman untuk mengisi baterai menggunakan colokan USB, praktis sekali bukan? Anda tidak perlu khawatir baterai smartphone Anda habis saat sedang mencari foto.

Di sekitar dermaga juga terdapat warung makan dan warung makan berat untuk memuaskan perut Anda. Jika Anda membutuhkan oleh-oleh untuk dibawa pulang, ada juga toko oleh-oleh yang menawarkan berbagai barang menarik.

Ayo masukkan Pantai Bebas Parapat ke dalam daftar liburanmu. Berbeda dengan pantai pada umumnya, kawasan berpasir ini terletak di Danau Toba sehingga membuatnya unik. Menariknya lagi, banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di sekitar pantai.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button