Tempat Wisata

Pantai Sancang Garut – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Terletak di Garut, Pantai Sancang mempesona dengan keindahan pantainya yang indah dan panorama alam yang mempesona, sedangkan keberagaman hutan di sekitarnya memberikan sentuhan keaslian pada destinasi ini.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Sancang, Kec. Cibalong, Kab.Garut, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Pantai Sancang Garut merupakan salah satu pantai yang keindahannya mempesona dan terletak di kota Garut. Awalnya tempat wisata ini merupakan hutan lindung yang terdiri dari kawasan pantai dan hutan. Siapapun yang ingin mengunjungi pantai ini harus berjalan melewati hutan yang kaya akan fauna dan flora.

Pemandangan sekitar pantai tidak boleh Anda lewatkan. Apalagi saat memasuki kawasan hutan, Anda akan dibuat takjub dengan banyaknya tanaman hijau dan pepohonan yang tinggi. Udara sejuk tanpa polusi membuat semua orang betah berada di Pantai Sancang.

Jadi bagi yang berasal dari perkotaan jangan sampai melewatkan liburannya dan segera pergi ke pantai indah di Garut ini. Kami yakin Anda dan keluarga akan mendapatkan kesenangan yang tidak bisa Anda alami di pantai lain.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Sancang

Daya Tarik Pantai SancangFoto: Google Maps/Ian Sotheran

Pantai yang masih alami

Pantai-pantai di kawasan Garut Selatan sebenarnya sangat bagus dan kondisinya masih sangat bagus. Anda yang biasa tinggal di tengah kota bisa mencoba menghabiskan waktu di kawasan pantai ini saat berlibur.

Pantai Sancang belum banyak dikunjungi pengunjung sehingga pantai ini terlihat sangat alami. Udaranya segar dan alam terlihat begitu bersih, seolah tak tersentuh sampah.

Bagi Anda yang menyukai aktivitas alam, kondisi kawasan pantai yang masih sangat alami perlu diabadikan dalam cuplikan kamera. Kawasan sekitar pantai merupakan tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi.

Perlu anda ketahui bahwa Pantai Sancang Timur dan Sancang Garut merupakan bagian dari cagar alam yang terdiri dari hutan, laut dan sungai dengan keanekaragamannya. Cagar alam di tempat ini lebih dikenal dengan nama Leuweung Sancang. Kata Leuweung sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti hutan.

Hutan Sancang memang menjadi favorit meski belum banyak orang di sini yang mengetahui pesona tempat ini. Hutan ini terlihat sangat indah dan mempunyai kondisi yang sangat unik. Terlebih lagi, keanekaragaman alam tempat ini dan pemandangannya yang eksotik menambah keindahannya.

Keanekaragaman hutan

Secara umum tipikal hutan di kawasan ini adalah hutan tropis dan kondisinya masih sangat lebat. Pemandangan alam membagi kawasan menjadi tiga kategori.

Selain itu, di tempat ini Anda akan menemukan sungai, hutan bakau dan berbagai jenis hewan dan tumbuhan serta bebatuan bertebaran yang membuat panoramanya serasa berada di belahan dunia lain.

Ingatlah bahwa Anda perlu berhati-hati saat berada di dekat cagar alam. Karena banyak sekali hewan liar di sana. Pengunjung kawasan Pantai Sancang Garut dan Hutan Sancang sebagian besar adalah peneliti atau mahasiswa yang ingin mempelajari topografi alam.

Karena keunikan keanekaragaman hayati di lokasi ini yang sangat terjaga, hal ini pada akhirnya menjadikan kawasan ini sebagai kawasan lindung yang perlu dilindungi.

Keindahan alam Pantai Sancang

Banyak faktor yang melatarbelakangi pesona pantai ini yang akhirnya membuat tempat ini dikenal masyarakat luas dan semakin banyak pengunjung yang datang kesana.

Saat wisatawan mulai memasuki kawasan hutan yang mewakili akses menuju pantai, panorama tanaman pakis, pakis, dan juga undian semakin mempermanis perjalanan. Anda juga bisa menemukan berbagai jenis hewan yang hidup di kawasan hutan.

Meski banyak satwa yang punah, misalnya kerbau putih dan satwa lainnya yang sudah tidak ada lagi saat ini, namun secara keseluruhan hutan masih lebat dan asri. Banyak tanaman besar dan rindang yang membatasi pandangan, sehingga yang terdengar hanyalah suara deburan ombak.

Setelah melintasi kawasan hutan, Anda akan disambut dengan panorama pantai yang begitu anggun dan megah. Surga dunia akan terasa sungguh sangat indah ketika anda berada di kawasan Pantai Sancang.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai SancangFoto: Google Maps/Darajat Aje

Pantai Sancang terletak sekitar 118 km dari pusat kota Garut di Jawa Barat. Jika ingin menuju pantai ini dari Kota Bandung setidaknya harus menempuh jarak sekitar 176 km. Jaraknya pun akan jauh lebih pendek, hanya sekitar 2 kilometer jika berangkat dari sini dari Kecamatan Pameungpeuk.

Untuk menuju pantai ini Anda dapat menggunakan angkutan umum dari terminal Garut. Biaya dari pusat kota Garut ke Pameungpeuk hanya Rp 13.000 per orang.

Selanjutnya perjalanan bisa dilanjutkan menuju Pantai Sancang. Anda bisa naik bus dari Pameungpeuk ke Kawasan Perkebunan Mira Mare. Bus hanya melewati tempat ini beberapa kali dan tarif tiap orangnya Rp 3.000.

Selain menggunakan bus, nantinya juga bisa menggunakan angkutan kota dengan biaya Rp 40.000 per orang. Seperti halnya bus angkutan umum lokal, sangat jarang ditemukan di sini. Waktu tempuh yang bisa anda habiskan pada perjalanan ini adalah sekitar 5 jam dari Kota Garut.

Jika keluar kota Bandung waktu tempuhnya pun lebih lama, sekitar 6 hingga 7 jam perjalanan. Pantai Sancang dekat dengan Pantai Cijeruk Indah. Nantinya Anda bisa menggunakan ojek dari Pantai Cijeruk menuju pantai dengan harga yang jauh lebih murah.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan untuk berwisata ke kawasan wisata. Selain biaya yang jauh lebih murah, Anda juga bisa menikmati keindahan lingkungan sekitar dengan lebih nyaman dalam perjalanan menuju destinasi pantai.

Biaya masuk wisata bahari

Bagi yang berminat mengunjungi Pantai Sancang Garut, tidak dipungut biaya masuk untuk berkunjung. Tarif yang dikenakan hanya sebatas biaya parkir saja dan juga cukup terjangkau hanya Rp 10.000 per kendaraan.

Bagi Anda yang berencana menginap, pihak pengelola parkir akan bisa mencarikan akomodasi nyaman yang tepat untuk Anda.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pantai SancangFoto: Google Maps/Glanet Jaya

1. Menikmati keanekaragaman hutan

Secara umum Pantai Sancang terbagi menjadi beberapa cagar alam antara lain kawasan hutan dataran rendah, kawasan hutan pantai, dan kawasan hutan mangrove. Luas total cagar alam ini diperkirakan mencapai 2.913 hektar.

Luas pantai resor wisata ini cukup luas, mencapai 150 hektar. Bisa dikatakan semua tempat ini masih sangat alami dan belum terjamah. Seluruh ekosistem fauna dan flora, termasuk air dan udara, masih sangat terjaga.

Jika Anda berada di kawasan hutan, Anda bahkan tidak bisa melihat laut dari kejauhan. Hal ini wajar saja karena Hutan Sancang menghalangi pandangan Anda dengan pepohonan yang tinggi dan lebat. Oleh karena itu, untuk melihat keindahan pantai ini, Anda harus segera meninggalkan kawasan hutan.

Vegetasi di kawasan tersebut sesuai dengan kondisi tanah setempat, yaitu gambut dan pasir. Oleh karena itu di tempat ini terdapat hutan bakau yang sangat cocok untuk kawasan pesisir pantai.

Di dalam hutan juga bisa ditemui pohon-pohon yang termasuk dalam kategori sangat langka yaitu Pohon Meranti Merah dan Pohon Kaboa. Oleh karena itu kawasan hutan ini sangat dijaga dan dilindungi.

2. Santai

Aktivitas lain yang tidak boleh dilewatkan di pantai adalah bersantai. Pantai Sancang terkenal dengan udaranya yang sejuk dan tidak ada polusi sehingga siapapun yang datang ke tempat ini akan betah. Suasana tenang akan Anda rasakan saat melangkah ke bibir pantai.

Suara deburan ombak membuat semuanya semakin menyenangkan. Hamparan pasir putihnya begitu landai dan lebar hingga membentuk lengkungan yang mempesona. Luas kawasan cagar alam ini hampir 3.000 hektar kawasan hutan, luas pantainya sendiri mencapai 200 hektar.

Ada banyak hal yang bisa Anda nikmati di pantai. Kawasan ini merupakan situs warisan budaya dengan kekayaan fauna dan flora yang sangat kaya, sebagian besar merupakan satwa yang dilindungi.

Umumnya tempat wisata pantai lainnya hanya berupa kawasan pantai saja. Namun berbeda dengan pantai populer di Garut karena Anda bisa menikmati kawasan hutan dengan vegetasi yang lebat.

3. Snorkeling di Pantai Sancang

Anda tidak boleh melewatkan snorkeling selama Anda tinggal di sini. Kondisi Pantai Sancang memungkinkan Anda menikmati aktivitas snorkeling dan diving.

Tidak banyak terumbu karang yang dapat mengganggu aktivitas selama Anda berada di tempat wisata ini. Jika tidak, kedalaman pantai dianggap cukup.

4. Memancing

Di pantai ini terdapat muara dengan air yang jernih dan berbatu. Tak jarang pengunjung datang ke sini untuk melakukan aktivitas memancing. Ada banyak ikan di daerah muara. Bagi Anda yang memang hobi memancing, tidak ada salahnya untuk segera menuju ke muara ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai SancangFoto: Google Maps/Nita 2023

Pantai Sancang merupakan salah satu destinasi pantai yang belum terlalu populer dan terkenal di kalangan banyak wisatawan. Oleh karena itu, proses pembangunan pesisir belum dilakukan secara maksimal. Fasilitas yang tersedia di sana cukup terbatas.

Namun, Anda tidak akan kesulitan menemukan pendirian. Dengan stand Anda tidak perlu membawa makanan dari rumah. Tersedia juga tempat parkir yang cukup luas dan aman.

Jadi jika Anda membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir. Karena kawasan tersebut masih relatif kosong, fasilitas pembuangan sampah hanya tersedia di tribun samping.

Pantai Sancang merupakan pantai yang sangat direkomendasikan bagi anda yang mencari tempat tenang di Kabupaten Garut. Saat hari libur tiba, jangan sampai terlewatkan untuk mengajak keluarga Anda berlibur di tempat ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button