Tempat Wisata

Permata tersembunyi di Kulon Progo

Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona. Destinasi yang menarik perhatian adalah Tumpeng Menoreh, tempat wisata yang menawarkan perpaduan unik antara kuliner dan pemandangan alam yang mempesona.

Tumpeng Menoreh YogyakartaTumpeng Menoreh Yogyakarta

Rute Menuju Tumpeng Menoreh

Tumpeng Menoreh terletak sekitar 37 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu jam 15 menit. Rute terbaik menuju destinasi ini adalah melalui Kulon Progo.

Dari Tugu Jogja pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menuju Jalan Lingkar Barat kemudian mengikuti petunjuk arah menuju perbukitan dengan jalan berkelok-kelok yang menyuguhkan pemandangan hijau yang menyejukkan.

Jam operasional dan harga tiket

Tumpeng Menoreh buka 24 jam sehari, memungkinkan pengunjung menikmati keindahan matahari terbit atau terbenam.

Biaya masuknya cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 50.000,- sudah termasuk voucher makan senilai Rp 25.000.

Daya tarik Tumpeng Menoreh

Uniknya, Tumpeng Menoreh tidak hanya sekedar restoran namun juga menjadi destinasi wisata yang memanjakan mata. Bangunan berbentuk heksagonal dengan atap terbuka memungkinkan pengunjung melihat pemandangan alam dari atas.

Tempat ini menawarkan beragam kuliner khas Yogyakarta yang akan mengagetkan lidah, seperti Gudeg, Rawon, dan Nasi Pecel.

Tumpeng Menoreh YogyakartaTumpeng Menoreh Yogyakarta

Nikmati alam dari sudut pandang

Tumpeng Menoreh memiliki beberapa tingkat dengan sudut pandang pada setiap tingkatnya. Pengunjung dapat menikmati panorama alam dari berbagai ketinggian. Saat malam hari, suasana semakin romantis dengan perpaduan lampu dan jembatan kayu sehingga memberikan kesan estetik.

Tempat wisata disekitar Tumpeng Menoreh

Lokasi Tumpeng Menoreh yang strategis juga memudahkan pengunjung untuk mengunjungi tempat wisata lain di kawasan tersebut seperti Kebun Teh Nglinggo, Puncak Widosari dan Pule Payung yang semuanya menawarkan keindahan alam dan spot foto yang instagenic.

Tips berkunjung ke Tumpeng Menoreh

  • Kunjungi pada hari kerja untuk menghindari keramaian.
  • Kenakan pakaian hangat karena lokasinya berada di daerah perbukitan.
  • Cuaca terbaik adalah antara bulan Juli dan Oktober.
  • Untuk konten estetika, bawalah drone, namun pastikan Anda tahu cara menggunakannya.
  • Tetap aman, terutama di dekat tebing.

Tumpeng Menoreh tidak hanya sekedar restoran tetapi juga destinasi wisata yang menawarkan pengalaman unik menikmati kuliner sambil terkagum-kagum dengan keindahan alam. Tempat ini menjanjikan pengalaman tak terlupakan bagi pecinta alam dan kuliner. Jadi jika Anda berencana berkunjung ke Yogyakarta, pastikan Tumpeng Menoreh ada dalam daftar kunjungan Anda!

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button