Tempat Wisata

Rasakan keindahan Curug Ciangin, air terjun menakjubkan di Subang

Curug Ciangin merupakan air terjun menakjubkan di Subang yang menawarkan keindahan alam yang mempesona dengan aliran airnya yang jernih dan pemandangan hijau subur.

Harga tiket: Rp 15.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Desa Neglasari Kecamatan Cibeusi. Ciater, Cab.Subang, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Curug Ciangin merupakan destinasi alam berupa air terjun atau Curug yang terkenal dengan aliran airnya yang deras sehingga menimbulkan angin yang membuat udara disekitarnya lembab dan segar.

Sering kali ada banyak hal yang terjadi di sini, terutama di akhir pekan. Kawasan wisata ini terkenal dengan airnya yang dingin dan menyegarkan serta berukuran cukup luas dengan luas sekitar 2 hektar.

Dengan luasnya yang luas, tempat ini menawarkan variasi yang tidak akan membuat Anda bosan, namun justru membuat Anda ingin tinggal lebih lama. Ingin tahu lebih banyak tentang wisata air terjun ini? Untuk pembahasan lebih lanjut, simak ulasannya di bawah ini!

Objek wisata yang ditawarkan Curug Ciangin

Daya Tarik Air Terjun Ciangin SubangFoto: Google Maps/Ilman Seni

1. Kolam air terjun

Daya tarik Curug Ciangin Subang yang paling terkenal adalah cekungan air terjunnya yang cukup luas dan hijau. Curug Curug mempunyai identitas yang sangat istimewa.

Kolam ini memiliki dua air terjun dengan ketinggian berbeda. Keduanya memiliki pemandangan yang sangat menarik dengan kucuran air yang terlihat berwarna putih. Kedua air terjun ini mengalir langsung menyatu dan membentuk sebuah kolam di bawahnya.

2. Sejarah air terjun

Air Terjun Ciangin Subang ditemukan sekitar 8 tahun lalu, tepatnya pada bulan Juli 2015. Tempat wisata alam ini ditemukan oleh Mang Nana yang diajar oleh mahasiswa Institut Teknologi Bandung.

Perjalanan dari penemuan hingga peresmian memakan waktu sekitar 6 bulan, tepatnya pada tanggal 23 Desember 2015. Wisata ini masih mengandalkan kealamian dengan fasilitas yang minim.

Dengan berkembangnya pariwisata ini, sejarah air terjun memberikan peluang untuk lebih mengubahnya menjadi objek wisata.

3. Air Terjun Nangka Bangkok

Air Terjun Nangka Bangkok terletak di sekitar Air Terjun Ciangin yang sangat unik. Terdapat tumpukan batu atau biasa disebut menara batu bundar dengan aliran air di tengahnya.

Istimewanya, batu-batu tersebut masih bisa berdiri tegak dan stabil. Tempat ini sering dijadikan daya tarik lain dari objek wisata alam ini.

Namun bedanya Anda tidak bisa berenang atau mendekati air terjun di titik ini. Selain derasnya air, terdapat palung yang cukup dalam dan berbahaya.

4. Tempat perkemahan

Yang paling menarik dari kawasan wisata ini adalah lokasi perkemahan. Di lokasi perkemahan ini anda bisa melihat sebuah lapangan dengan rumput yang sangat hijau dikelilingi pepohonan rindang.

Di sini Anda bisa memilih paket-paket yang disediakan untuk berkemah mulai dari tenda, hammock, kompor dan masih banyak lagi. Anda bisa bersantai di tenda, dalam suasana yang mendukung, ditemani kopi panas di pagi hari.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun Ciangin SubangFoto: Google Maps/Sutan Tri Rabbani

Kawasan Wisata Air Terjun Ciangin terletak di Desa Cibeusi, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tempat wisata ini letaknya cukup strategis dan mudah dijangkau. Dari Kabupaten Subang jarak yang ditempuh sekitar 57 km lebih tepatnya sekitar 1 jam 37 menit.

Jika Anda berada di Jakarta, jarak yang ditempuh untuk mengunjungi tempat ini melalui jalur darat sekitar 150 km dengan waktu tempuh 3 jam. Tak perlu khawatir karena Anda bisa mencapai tempat ini menggunakan kendaraan umum.

Karena transportasi umum tidak menjangkau dekat tempat tersebut, Anda memerlukan kendaraan pribadi atau menggunakan tumpangan untuk mencapai destinasi ini. Jalan terdekat menuju tempat wisata ini cukup sempit dan jika menggunakan mobil harus mengambil jalur pengalihan.

Biaya masuk wisata alam

Air Terjun Ciangin Subang wajib Anda kunjungi karena objek wisata ini tidak hanya menghabiskan uang tanpa menguras dompet, namun juga buka selama 24 jam.

Anda bisa berkemah di lokasi perkemahan pada sore hari dan merasakan kesejukan pagi hari yang tiada tara.

Tiket masuk wisata Curug ini dibanderol dengan harga 15.000 rupiah per orang. Namun ada fasilitas lain seperti kolam renang yang harus mengeluarkan biaya lebih jika ingin menikmatinya yaitu 15.000 rupiah.

Untuk menikmati air terjun ini tidak akan asyik jika tidak bermain air dan merasakan kesegarannya. Agar lebih aman, Anda bisa menyewa ban apung dengan harga 10.000 rupiah per unit.

Jangan lupa membayar parkir. Jika menggunakan kendaraan roda dua cukup membayar 3.000 rupiah saja. Untuk kendaraan roda empat sekarang 5.000 rupiah.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas Air Terjun Ciangin SubangFoto: Google Maps/Budi Santosa

Berenang

Berenang merupakan kegiatan yang paling menarik dan wajib dilakukan. Air di Air Terjun Ciangin sangat memikat mata dan membuat Anda terpesona untuk membenamkan diri di dalamnya. Apalagi saat Anda berenang di dekat air terjun, sensasi yang didapat sangat berbeda dan menyenangkan.

Kalau soal berenang, ada pilihan bagi Anda yaitu berenang di Curug atau di Muara Bambu. Keduanya menampilkan air yang menyegarkan dengan pemandangan pepohonan hijau. Bedanya, Curug membuat Anda merasa lebih alami.

Bermain air di Kolam Air Terjun Ciangin

Alternatif lain jika tidak ingin seluruh tubuh basah adalah bermain air. Aktivitas ini bisa dilakukan dengan cara membasahi kaki atau dengan tangan. Setidaknya Anda merasakan kesegaran air di Air Terjun Ciangin.

Sebagai objek wisata alam berupa air, pengunjung tergiur dengan aliran airnya. Apalagi saat melihat air terjun Curug. Anda bisa merasakan hembusan air terjun yang jatuh ke dalam kolam, sejuk, tidak terlalu basah dan sangat memuaskan.

Tubuh melompat

Body jumping merupakan salah satu aktivitas yang mampu memicu adrenalin. Body jumping melibatkan lompatan dari ketinggian ke kolam di bawah air terjun. Caranya dengan membiarkan tubuh Anda melompati tebing saat air terjun mengalir.

Saat body jumping, Anda berada di ketinggian sekitar 30 kaki lalu melompat ke kolam di bawahnya. Kegiatan ini hanya cocok untuk orang berpengalaman yang tidak takut melompat.

Karena jika Anda masih takut dan ragu untuk terjun ke Air Terjun Ciangin Subang, sebaiknya jangan mencobanya. Ini sangat berbahaya, apalagi jika Anda tidak bisa berenang dengan baik.

berkemah

Tempat perkemahan yang disediakan cukup luas dan mungkin bisa menjadi kegiatan yang patut untuk dicoba. Nuansa kealamian dengan suara gemericik air serta fasilitas pendukungnya membuat lokasi perkemahan Anda semakin berkesan.

Anda tidak perlu khawatir karena tidak ada penjaga karena tempat ini dijaga selama 24 jam. Anda dapat menikmati semua fasilitas yang ditawarkan berkemah lebih lama. Bahkan, untuk perkemahan ini Anda bisa memilih paket mulai dari sewa tenda saja, tenda dengan kompor gas dan masih banyak lagi.

Fasilitas wisata yang tersedia

Fasilitas air terjun Ciangin SubangFoto: Google Maps/Iman Fauzi

Wisata Air Terjun Ciangin mempunyai berbagai fasilitas yang memadai dan bisa disejajarkan dengan sajian wisata alam lainnya. Pada wisata ini terdapat tempat parkir yang sangat luas di depan objek wisata.

Selain itu, terdapat toilet dan kamar mandi terpisah untuk pria dan wanita. Fasilitas populer lainnya adalah perkemahan, yang juga berfungsi sebagai area outdoor untuk bermain.

Anda tidak perlu khawatir kelaparan karena terdapat warung makan di tempat ini. Jika Anda sedang salat, terdapat juga musala yang cukup bersih dan dilengkapi perlengkapan salat seperti mukena.

Dari uraian di atas, Anda bisa menyimpulkan apakah yang Anda sampaikan itu layak atau tidak. Anda bisa berlibur lebih lama di Curug Ciangin.

Tentu saja ada homestay dan hotel yang bisa Anda pilih. Jangan lupa membawa pakaian hangat jika Anda berencana untuk pergi berkemah di waktu yang bersamaan. Pastikan Anda tidak datang pada akhir pekan karena cukup sibuk. Selamat bersenang-senang!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button