Tempat Wisata

Tiket dan Aktivitas MARON RIVER Januari 2024

Sungai Maron

  • Biaya masuk: 5.000 hingga 100.000 Rp
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Maron, Dersono, Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia, 63552

Sungai Maron merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di Pacitan, Jawa Timur. Selama berlayar menyusuri sungai, wisatawan menyusuri jalur sungai hingga sepanjang 4,5 km. Menghadap ke hutan tropis yang rindang, sungai ini memberikan sensasi petualangan ala Amazon.

Sejak dibuka pada tahun 2012, objek wisata ini menawarkan pemandangan indah di kedua sisi sungai. Warna air sungai hijau kebiruan akibat pantulan cahaya dari pepohonan lebat. Pengelola juga membangun spot foto di jalur sungai tersebut.

Biaya Masuk Wisata Sungai Maron

Untuk memasuki kawasan wisata ini tiket masuknya tergolong murah, hanya Rp 5.000 saja. Tiket masuk hanya harus dibayar oleh orang dewasa, anak-anak tetap bebas masuk.

Jenis tiket Harga tiket
Tiket masuk Rp5.000
Penyewaan perahu (maksimal 4 orang) Rp100.000

Biaya masuk Sungai Maron

Baca: Tiket Masuk Pantai Srau Pacitan dan Berbagai Aktivitasnya

Jam Buka Sungai Maron

Kawasan wisata sungai ini beroperasi setiap hari. Buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

Berbagai aktivitas wisata di Sungai Maron

Ada berbagai aktivitas wisata yang bisa dipilih di tempat wisata ini. Salah satu yang paling populer adalah hiking sungai. Tentu masih banyak aktivitas lain yang bisa Anda coba. Misalnya saja memancing, berenang, dan singgah di pantai.

Baca: 6 Tempat Wisata Terbaik di Pacitan

Memasuki wilayah sungai

Dermaga Sungai Maron merupakan titik awal wisata sungaiDermaga Sungai Maron merupakan titik awal wisata sungaiDi dermaga, wisatawan bisa naik perahu sebelum menyusuri Sungai Maron – Foto: Instagram/aurora_yrg

Saat Anda memasuki kawasan objek wisata ini, Anda bisa merasakan suasana yang sangat alami tentu saja. Sesampainya di tempat parkir, Anda langsung merasakan nuansa alam yang khas. Dari pintu masuk, wisatawan hanya perlu berjalan kaki sekitar 20 meter hingga mencapai tepian sungai.

Di sini wisatawan melihat pemandangan tepian sungai dan warga yang memanfaatkan aktivitasnya. Sederet perahu bersandar di tepi sungai di sebuah dermaga kecil. Di sinilah petualangan dimulai.

Baca: Tiket Masuk Gua Gong Pacitan dan Pesona Wisata

Menjelajahi Amazon Indonesia

keindahan alam sekitarnya seperti Amazonkeindahan alam sekitarnya seperti AmazonNikmati petualangan menyusuri Sungai Maron dengan perahu – Foto: Instagram/nugrohopgst_

Untuk menikmati pesona kawasan wisata sungai ini, wisatawan wajib mencoba petualangan melintasi sungai. Wisatawan bisa menyewa perahu milik warga dan berkapasitas maksimal 6 orang. Perjalanan sungai menempuh panjang 4,5 km dan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

Menyusuri sungai ini, wisatawan dipandu menuju sungai yang membelah kawasan hutan. Tak heran jika destinasi ini dijuluki “Amazon”-nya Indonesia. Pasalnya, tepian kanan dan kiri sungai dipagari hutan tropis yang rindang.

Bagi wisatawan yang menyukai petualangan alam terbuka, perjalanan ini akan menjadi luar biasa. Suara gemericik air sungai terdengar dan mengiringi pengalaman menjelajahi sungainya dengan santai. Kecepatan perahu tidak terlalu kencang, sehingga angin terasa seperti angin sepoi-sepoi yang membelai wajah.

Baca: Tiket Masuk Pantai Klayar Pacitan dan Berbagai Aktivitasnya

Menikmati nuansa Green Canyon Pacitan

Wisatawan melakukan perjalanan dengan perahu menyusuri sungaiWisatawan melakukan perjalanan dengan perahu menyusuri sungaiTebing dan suasana hijau subur di tepian Sungai Maron – Foto: Instagram/aankhosihan

Air Sungai Maron jernih dan memiliki pantulan warna hijau kebiruan dari tumbuhan di sekitarnya. Di kanan dan kiri tepian sungai tampak pepohonan yang lebat dan hijau. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang memberinya julukan baru, “Green Canyon” Pacitan.

Demi keamanan, wisatawan dilengkapi dengan jaket pelampung sebelum menaiki perahu. Sungai yang kedalamannya mencapai 20 meter ini merupakan surga tersembunyi. Sejauh mata memandang, indra penglihatan dimanjakan dengan pemandangan alam yang alami, tenang, dan rindang.

Baca: Tiket Masuk Pantai Buyutan Pacitan dan 5 Aktivitas Serunya

Bukit karang

letak sungai di bawah bebatuanletak sungai di bawah bebatuanPertemuan dengan Bukit Karang di ujung jalur wisata Sungai Maron – Foto: Instagram/callmeandre

Di ujung jalur wisata sungai, wisatawan dipandu menuju bukit karang di dekat pantai. Bukit-bukit karang yang menghiasi kedua sisi sungai memberikan suasana mengingatkan kita pada wisata di Phuket, Thailand. Rasanya seperti Anda menjelajahi berbagai belahan dunia hanya di satu tempat.

Ayunan unik di Sungai Maron

Bermain ayunan di tepi sungaiBermain ayunan di tepi sungaiBersantai di ayunan menjadi spot selfie yang digemari wisatawan – Foto: Instagram/rulywinda

Sembari menyusuri sungai, wisatawan juga bisa menikmati beberapa spot foto menarik. Titik-titik dengan latar belakang pesona alam Instagramable disiapkan oleh manajer. Di sini kepopuleran destinasi wisata Sungai Maron terpampang di media sosial.

Ada spot foto yang banyak digemari wisatawan. Itu adalah ayunan yang dipasang pada batang kayu besar di atas sungai. Wisatawan bisa duduk santai di ayunan dan menyentuh permukaan sungai dengan kaki.

Namun tempat terbaik untuk mengambil foto tentu saja adalah tempat duduk yang berada di ujung kapal. Berlatar belakang pepohonan rimbun dan sungai mengalir dengan pemandangan indah di semua sisi.

Pemotretan sebelum pernikahan

Keindahan objek wisata ini tidak hanya menjadi magnet wisata sungai saja. Sungai ini juga sering dijadikan lokasi sesi foto prewedding. Beberapa pasangan memilih Sungai Maron sebagai tempat prewedding karena pesona alamnya yang memukau.

Baca: Tiket Masuk Pantai WATU KARUNG Pacitan dan Berbagai Aktivitasnya

Kunjungi Pantai Ngiroboyo

Pantai Ngiroboyo di muara Sungai MaronPantai Ngiroboyo di muara Sungai MaronDi penghujung jalur sungai wisata, wisatawan dapat singgah di Pantai Ngiroboyo sebelum kembali ke dermaga – Foto: Instagram/indoflashlight

Wisata sungai sepanjang 4,5 km berakhir di Pantai Ngiroboyo. Wisatawan biasanya datang ke sini sejenak dan menikmati suasana pantai yang tidak bertahan lama. Pelaut akan menunggu maksimal dua jam sebelum kembali ke dermaga.

Pantai Ngiroboyo memiliki keunikan karena menjadi pertemuan pasir besi hitam dan pasir putih. Wisatawan bisa beraktivitas di pantai ini berselancarBerenang atau sekedar berjemur.

penangkapan ikan

Sungai Maron Pacitan Jawa Timur - asrul_ashadiSungai Maron Pacitan Jawa Timur - asrul_ashadiSungai Maron Pacitan Jawa Timur – asrul_ashadi

Meski disebut miniatur Amazon, namun tidak ada hewan liar seperti buaya atau piranha di perairannya. Sungai Maron sebenarnya merupakan habitat berbagai ikan air tawar yang lezat.

Tak heran jika sungai ini menjadi tempat terbaik untuk memancing. Wisatawan bisa menjumpai hasil tangkapan berbagai jenis ikan seperti belut, nila, dan bawal.

Sungai ini sangat penting sebagai sumber air bagi warga. Oleh karena itulah sungai ini selalu dijaga agar selalu bersih dan indah.

Berenang

Sungai Maron memiliki aliran yang tenang. Beberapa wisatawan menanggapi panggilan alam untuk menyelam ke arus dan berenang di dalamnya. Beberapa lokasi yang relatif datar mungkin cocok untuk kegiatan ini.

Di kalangan wisatawan ada yang memutuskan menyusuri sungai dengan perahu karet.

Wisatawan bisa bersantai di atas ban yang mengalir mengikuti arus sungai dengan mengenakan rompi keselamatan. Dengan begitu, wisatawan bisa merasakan segarnya air Sungai Maron tanpa takut terbawa arus.

Tempat wisata di Sungai Maron

Objek wisata sungai ini terletak di Dersono, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552. Wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak tersedia angkutan umum untuk menuju lokasi. Jarak tempuh dari Alun-Alun Pacitan sekitar 40 kilometer dan waktu tempuh sekitar satu jam.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button