Tempat Wisata

Biaya masuk dan kegiatan CIHERANG CURUG

Air Terjun Curug Ciherang

  • Biaya masuk: Rp40.000
  • Jam buka: 07.00 – 18.00
  • Nomor telepon: 0821-1785-2996 – 085710691261
  • Alamat Lokasi: Sirnajaya, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16830

Air Terjun Ciherang merupakan salah satu wisata air terjun yang paling populer di kalangan wisatawan. Wisata ini tidak hanya menyuguhkan air terjun tiga tingkat yang sangat menarik. Namun kawasan tersebut juga memiliki fasilitas wisata modern. Beberapa di antaranya adalah kolam renang dengan tempat unik dan berbagai wahana menarik.

Air terjun ini terletak di kawasan hutan lindung Kecamatan Sukamakmur, Bogor. Objek wisata alam ini terus berkembang dalam program pengembangan Jalur Puncak II. Dari tempat ini wisatawan bisa menikmati pemandangan keindahan alam Bogor.

Biaya masuk Air Terjun Ciherang

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan air terjun ini harus membayar tiket masuk yang relatif murah. Biaya masuk berlaku setiap hari, baik hari kerja maupun akhir pekan. Kemudian harga tiket masuk Air Terjun Ciherang sebesar Rp 40.000. Juga dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Bagi yang ingin mengunjungi air terjun ini, disini anda bisa menemukan bBeberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Anak-anak hingga usia 5 tahun dapat masuk gratis.
  • Semua perjalanan sudah termasuk dalam harga tiket masuk.
  • Tidak ada batasan umur untuk mengunjungi Curug Ciherang.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Curug Leuwi Hejo Bogor

Jam buka Curug Ciherang

Air terjun ini buka setiap hari. Buka dari pagi hingga sore hari mulai pukul 07.00 pagi dan tutup pada pukul 06.00 sore.

Aktivitas dan wahana di Curug Ciherang

Foto dengan latar belakang air terjunFoto dengan latar belakang air terjunBuat foto menawan dengan mudah dengan latar belakang air terjun. Foto: Google Maps/Fadli Afrian

Perjalanan menuju objek wisata Air Terjun Ciherang sangat cocok untuk semua kalangan. Wisatawan juga bisa menikmati air terjun alami bertingkat tiga yang menyuguhkan panorama keindahan alam Bogor dari ketinggian. Selain itu, kawasan danau air terjun dan kolam renangnya juga sangat menarik, sayang untuk dilewatkan.

Selain itu, keberadaan rumah pohon dan jembatan gantung membuat kawasan ini populer di kalangan wisatawan milenial. Dengan latar belakang pemandangan yang luar biasa, banyak juga orang yang datang ke sini untuk mengambil foto.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Curug Bidadari Bogor

Trekking Jalur Batu

Di kawasan wisata Curug Ciherang, wisatawan tidak perlu khawatir harus menempuh rute Trekking apa yang jauh. Wisatawan hanya perlu berjalan kaki sekitar lima menit dari tempat parkir untuk sampai ke air terjun.

Sekalipun perjalanannya cukup singkat, ikutilah nasihat pengelola untuk berhati-hati. Pasalnya, jalur menuju air terjun sebagian besar menanjak dan melewati jalur cairn. Namun pemandangan di kedua sisi jalan sangat indah dan terlihat asri dengan pepohonan hijau.

Baca: 29 TEMPAT WISATA BOGOR Paling Spektakuler

Menikmati keindahan air terjun

Curug Ciherang Bogor dengan air terjun tiga lantai yang sejuk dan menyegarkanCurug Ciherang Bogor dengan air terjun tiga lantai yang sejuk dan menyegarkanCurug Ciherang Bogor dengan air terjun tiga lantai yang sejuk dan menyegarkan.
Foto: Instagram/ridwan_taufik

Ketika sampai di depan air terjun, keindahannya sangat memanjakan mata. Suara aliran airnya kencang dengan air terjun tiga tingkat dan kedua sisinya ditumbuhi pepohonan hijau.

Curug artinya air terjun dan “ciherang” artinya air jernih. Kata Ciherang digunakan karena air terjun ini sangat jernih dan dasarnya terlihat jelas. Tak sedikit wisatawan yang langsung memotret berbagai sisi Curug Ciherang. Setiap tingkat air terjunnya indah dan juga bisa dijadikan backdrop untuk berfoto.

Keistimewaan air terjun ini sangat menarik. Salah satunya adalah lokasinya yang berada di tengah hutan dan sekitarnya masih hijau dengan tanaman dan pepohonan. Hal ini membuat kawasan sekitar air terjun terlihat asri. Belum lagi air terjunnya yang sangat segar dan sejuk.

Baca : Tiket Masuk Air Terjun Pangeran Bogor dan Aktivitas Wisata

Kolam renang air terjun ciherang

Kolam renang air terjun ciherangKolam renang air terjun ciherangKolam renang yang tidak biasa dengan pemandangan perbukitan dan jurang Curug Ciherang. Foto: Google Maps/Lenny Risandi21

Indahnya suasana Air Terjun Ciherang membuat wisatawan tertarik untuk berbasah-basahan. Airnya sangat jernih dan dingin serta menyegarkan badan. Udara disekitarnya juga terasa sejuk.

Manajemen membangun kolam renang tanpa batas (Kolam tanpa batas) dengan wahana di dekat air terjun. Berenang di tempat ini lebih aman karena lebih mirip taman air. Kolam renang ini juga dilengkapi dengan ember pengumpul, air mancur dan perosotan kecil.

Wisatawan bisa mandi di kolam yang berada di bawah arus air terjun ini dan berhati-hati. Di sini wisatawan bisa menikmati kesegaran air dan pemandangan alam.

Melihat panorama dari ketinggian

pemandangan berbukitpemandangan berbukitIndahnya pemandangan perbukitan di sekitar Air Terjun Ciherang. Foto: Google Maps/Galih Tri Lestari

Lokasi air terjun ini berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut dengan udara alami pegunungan yang sejuk. Dari tempat ini wisatawan bisa dengan jelas menikmati pemandangan alam seperti hutan dan pegunungan. Panorama alam terlihat sangat indah dari atas.

Beberapa tempat populer di kalangan wisatawan untuk menikmati panorama alam terbuka ini. Pasalnya, suasana alami dan memikat menjadi daya tarik utama objek wisata ini.

Rumah Pohon Air Terjun Ciherang

Rumah pohon yang dibangun di dekat air terjun membuat objek wisata Curug Ciherang Bogor sangat populerRumah pohon yang dibangun di dekat air terjun membuat objek wisata Curug Ciherang Bogor sangat populerRumah pohon yang dibangun di dekat air terjun membuat objek wisata Curug Ciherang Bogor sangat populer. Foto: Instagram/curug_ciherang

Lanskap Curug Ciherang yang tinggi menawarkan panorama alam yang sangat indah. Hal ini menginspirasi sang pengelola untuk membangun rumah kayu di atas pohon besar.

Di rumah pohon ini wisatawan bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian. Rumah pohon ini terbuat dari kayu yang dicat merah dan terlihat unik. Kesan eksotis semakin terlihat jelas saat kabut tipis mulai turun.

Rumah pohon menjadi tempat yang membuat air terjun ini sangat populer di kalangan wisatawan. Tempat ini merupakan tempat yang populer bagi wisatawan untuk mengambil foto di ketinggian dengan pemandangan. Dengan latar perbukitan dan pepohonan hijau, foto tersebut terlihat sangat indah Instagramable.

Jembatan Gantung di Curug Ciherang

Jembatan gantung di kawasan wisata Curug Ciherang Bogor menjadi salah satu spot foto yang paling populerJembatan gantung di kawasan wisata Curug Ciherang Bogor menjadi salah satu spot foto yang paling populerJembatan gantung di kawasan wisata Curug Ciherang Bogor menjadi salah satu spot foto yang paling populer. Foto: Instagram/boyhakihakim

Di samping rumah pohon juga terdapat jembatan gantung fotogenik. Jembatan ini juga menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk berfoto. Di akhir pekan dan hari libur, tidak jarang kita harus mengantri sebelum bisa mengambil foto.

Penyewaan kostum Hanbok

Penyewaan pakaian tradisional Korea sangat populer di kalangan wisatawan sebagai kostum untuk berfoto di Curug Ciherang Bogor.Penyewaan pakaian tradisional Korea sangat populer di kalangan wisatawan sebagai kostum untuk berfoto di Curug Ciherang Bogor.Wisatawan sangat tertarik untuk menyewa pakaian tradisional Korea sebagai kostum untuk fotografi. Foto: Instagram/curug_ciherang

Mengikuti tren milenial, pengelola air terjun juga menawarkan persewaan hanbok. Pakaian tradisional Korea ini sangat populer di kalangan wisatawan sebagai kostum foto. Dengan latar belakang wisata air terjun, kostum ini akan menambah nilai estetika foto wisata.

Akomodasi di Air Terjun Ciherang

Tersedia tempat perkemahan bagi wisatawan yang tertarik untuk menikmati alam terbuka di wisata air terjun Ciherang BogorTersedia tempat perkemahan bagi wisatawan yang tertarik untuk menikmati alam terbuka di wisata air terjun Ciherang BogorTersedia tempat perkemahan bagi wisatawan yang tertarik untuk menikmati alam terbuka di wisata air terjun Ciherang Bogor. Foto: Instagram/liamartinda

Kawasan wisata Curug Ciherang tergolong cukup luas. Bagi wisatawan yang ingin bermalam, tersedia akomodasi dengan kapasitas cukup besar. Jika Anda suka bertualang, Anda bisa bermalam di tenda di lapangan terbuka. tempat perkemahan (tempat perkemahan) tersedia untuk wisatawan.

Sedangkan akomodasi seperti hotel, villa atau resort kurang dekat dengan kawasan air terjun. Penginapan terdekat dari Curug Ciherang berada di kawasan Puncak, Cipanas atau Kota Kembang.

Wisatawan dapat memfokuskan pencarian akomodasinya di kawasan tersebut. Jarak dari properti ke air terjun kurang lebih 11 km.

Wisata Air Terjun Ciherang Bogor berada di jalur alternatif Puncak, Sukamakmur, Kota Bunga Cipanas. Dari Jakarta, objek wisata ini bisa ditempuh sekitar tiga jam dengan mobil. Akses jalan sebagian besar lancar. Karena tidak ada angkutan umum langsung ke sini, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa.

Meski harus menggunakan angkutan umum, Anda tidak akan bisa mencapai air terjun dan harus berganti kereta beberapa kali. Misalnya dari Stasiun Bogor ke Curug Ciherang Dapat ditempuh dengan angkutan 01 Cipinang Gading.

Turun di halte Jl. Sukasari – Toko Sepatu Milano kemudian naik angkutan umum 02A menuju Cisarua. Angkutan umum terakhir untuk mencapai Cisarua hanya melanjutkan perjalanan menuju air terjun pilihan Anda dengan menggunakan kendaraan sewa atau ojek. Dari Cisarua jarak menuju air terjun sekitar 35 km.

Perabot

Fasilitas yang ada di kawasan air terjun cukup lengkap. Tersedia kamar kecil, ruang ganti, toilet, dan warung makan. Jika Anda tidak membawa bekal, jangan khawatir karena banyak sekali penjual makanan dan minuman di kawasan ini.

Kontak dan Lokasi Air Terjun Ciherang

Wisata air terjun ini berlangsung di Sirnajaya, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kab.Bogor, Jawa Barat 16830. Jarak tempuh sekitar 3 jam perjalanan dari Jakarta dan sekitar 2 jam dari kota Bogor.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button