Tempat Wisata

Biaya masuk dan aktivitas Pantai Cemara Puger Januari 2024

Pantai Cemara Puger

  • Biaya masuk: Gratis – Rp15.000
  • Jam buka: 6 pagi hingga 6 sore
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Jalan Lintas Selatan, Dusun Kalimalang, Desa Mojomulyo, Puger, Jember, Jawa Timur, Indonesia, 68164

Pantai Cemara Puger Jember itu cukup unik. Biasanya pantai identik dengan pohon kelapa, lain halnya dengan pantai ini. Faktanya, pohon pinus mendominasi kawasan tersebut. Terletak di pesisir selatan Pulau Jawa, pantai ini mempunyai kekhasan tersendiri.

Sesuai dengan namanya, pantai ini banyak ditumbuhi pohon pinus yang menjulang tinggi. Bahkan, hutan pinus di tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Di sini wisatawan bisa menikmati keindahan hutan pinus dan pantai dengan harga terjangkau.

Biaya masuk Pantai Cemara Puger

Tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi Pantai Cemara Puger. Wisatawan yang datang ke tempat ini hanya perlu membayar biaya parkir. Tiket masuknya gratis, namun wahana di pantai ini tidak gratis. Kemudian harga makanan dan minuman terjangkau.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Bebas
PARKIR MOTOR Rp5.000
area parkir Rp.15.000

Biaya masuk Pantai Cemara Puger

Baca: Tiket Masuk dan Wahana DIRA PARK Jember

Jam buka Pinus Puger

Kawasan pantai ini dibuka untuk wisatawan setiap hari. Dengan jam operasional dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore. Wisatawan biasanya datang mulai pukul 10 pagi.

Pesona Pantai Cemara Puger

Pantai Cemara Puger merupakan tempat wisata yang baru dibuka pada tahun 2020 ini. Suasana di sekitar pantai terasa sejuk dan asri karena rimbunnya pepohonan pinus. Tak hanya itu, pemandangan pantai dan lautnya pun tak kalah menarik.

Hutan pinus yang rindang di tepi pantai

hutan pinushutan pinusKawasan sekitar pantai teduh bahkan pada siang hari dan dilindungi oleh pepohonan pinus yang lebat. Foto: Google Maps/Herdiana Ardiyanti

Pantai Cemara Puger memiliki hutan pinus yang tumbuh di sekitar kawasan pantai. Hutan pinus ini ibarat pintu masuk kawasan pantai. Wisatawan akan berjalan melewati hutan ini untuk sampai ke pantai. Selain itu pohon ini juga tumbuh di sekitar pasir pantai.

Hutan pinus ini menjadi tempat yang populer bagi para wisatawan. Hutan ini bisa menjadi tempat berteduh dari sinar matahari. Suasananya yang sejuk ditambah dengan hembusan angin membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Hutan pinus ini sering menjadi spot foto. Foto dengan latar belakang pohon pinus pasti menghasilkan gambar yang indah. Sebenarnya sesuai dengan namanya Pantai Cemara Puger. Nama “Cemara” berasal dari pohon pinus yang ada di tempat ini, sedangkan nama “Puger” berasal dari lokasi pantai ini yang berada di kawasan Puger.

Baca: Tiket dan Perjalanan ke Kebun Raya Sukorambi Jember

Pasir hitam yang eksotis

Laut dan pasir Pantai Cemara PugerLaut dan pasir Pantai Cemara PugerPantai Cemara Puger memiliki ombak besar dan pasir berwarna hitam kecokelatan. Foto: Google Maps/ Bhekti_ Seni

Kawasan pantai ini berada di pesisir selatan Pulau Jawa. Tak heran jika ombaknya cukup tinggi. Wisatawan dilarang berenang atau mandi di laut. Bahkan, terdapat tanda yang menunjukkan bahwa pantai ini merupakan zona tsunami.

Meski Pantai Cemara Puger memiliki ciri ombak khas pantai selatan Jawa, namun warna pasir pantainya berbeda. Pasir yang ada di pantai ini memiliki ciri khas pasir pantai di pantai utara pulau jawa yaitu berwarna hitam kecoklatan dengan tekstur yang lembut.

Tidak ada tempat berlindung di pantai. Hanya sedikit pohon pinus yang tumbuh, tetapi hanya sedikit. Jadi suasananya cukup panas ditambah dengan pasir pantainya yang hitam. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana pantai.

Baca: Tiket Masuk dan Pesona Kebun Teh Gunung Gambir Jember

Menunggang kuda dan berperahu

Menunggang kuda di Pantai Cemara PugerMenunggang kuda di Pantai Cemara PugerWisatawan menunggang kuda untuk berkeliling Pantai Cemara Puger. Foto: Google Maps/Heru Suyitno

Wisatawan yang merasa lelah namun tetap ingin menikmati pantai bisa alternatif menyewa berbagai wahana. Di sekitar pantai, wisatawan bisa mencoba menunggang kuda atau berperahu.

Berjalan-jalan di sepanjang pantai dengan menunggang kuda. Terdapat petugas yang tugasnya menemani wisatawan saat berkendara. Jadi keamanannya terjamin. Selanjutnya ada persewaan perahu. Rute perjalanan perahu ini tidak melintasi laut, melainkan di genangan air di sisi kanan pantai yang sangat cocok untuk berenang.

Baca: Tiket dan Aktivitas TELUK LOVE Jember

Piknik di pantai

Wisatawan piknik di Pantai Cemara PutihWisatawan piknik di Pantai Cemara PutihPiknik merupakan salah satu kegiatan rekreasi yang menarik di pantai ini. Foto: Google Maps/Heru Suyitno

Pantai Cemara Puger bisa menjadi alternatif tempat piknik. Di sini wisatawan bisa menggelar tikar untuk duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati bekal yang dibawanya. Apalagi diiringi segarnya angin pantai, menunjang suasana piknik.

Anda tidak akan kecewa dengan piknik Anda. Selain pemandangan pepohonan pinus yang berjejer rapi, masih ada pemandangan lain yang tak kalah menarik bagi wisatawan. Ini adalah bagian rawa di sisi kiri pantai. Lalu ada kolam renang dan taman bermain air di sisi kanan pantai. Selain itu, wisatawan juga akan menjumpai pemandangan perahu-perahu yang bersandar di sisi kiri pantai.

Baca: Tiket Masuk PANTAI PAPUMA Jember dan Berbagai Pesona Menariknya

Tempat perkemahan

Tenda berada di Pantai Cemara PugerTenda berada di Pantai Cemara PugerUntuk menikmati keindahan pantai lebih lama, pengunjung bisa berkemah. Foto: Google Maps/Abela Ridmaoktavia

Kawasan pantai ini tidak hanya cocok untuk tempat piknik, tetapi juga untuk berkemah. Pantai ini menawarkan tempat perkemahan. Perkemahan ini terletak di bawah hutan pinus.

Saat berkemah, wisatawan bisa menikmati pemandangan matahari terbit di pagi hari. Di sore hari Anda juga bisa menikmati pemandangan langit senja. Di pantai ini, langit menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah. Pada malam hari wisatawan dapat menikmati suasana pantai dengan suara deburan ombak dan suara binatang yang tenang.

Perabot

Saat ini fasilitas yang tersedia masih sangat terbatas. Namun fasilitas yang diperlukan seperti toilet, musala, serta warung makan dan minum sudah tersedia.

Alamat Pantai Cemara Puger

Objek wisata pantai ini terletak di pinggir jalur selatan Jawa. Lokasi ini tepatnya di Jalan Lintas Selatan, Dusun Kalimalang, Desa Mojomulyo, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68164.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button