Tempat Wisata

Pantai Paragendog Gunung Kidul – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

Nikmati pesona indahnya Pantai Paragendog Gunung Kidul dengan bebatuan karang eksotik yang memukau serta deburan ombak yang menciptakan keindahan alam yang memikat hati.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Parang Reja, Kecamatan Girijati. Purwosari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Sangat populer di kalangan tua dan muda, Pantai Paragendog terkenal dengan lautnya yang jernih dan tenang. Fragmen karang terlihat jelas di area berbentuk telur. Banyak bebatuan berserakan di kawasan pasir putih tersebut. Pengunjung bisa bermain pasir dan duduk di atas bebatuan sambil beraktivitas di sekitar objek wisata cantik ini.

Bebatuannya yang terlihat kokoh menjadi salah satu tempat paralayang. Wisatawan pecinta olahraga pasti akan senang karena bisa melihat pantai dari atas. Selalu banyak hal yang terjadi di Paragendog, apalagi kawasan ini sering dijadikan sebagai tempat menunggu matahari terbenam atau terbit.

Para tamu yang berkunjung juga dapat menemukan tempat berkemah, piknik, dan memancing. Pantai ini menawarkan banyak ruang bagi siapa saja yang ingin beraktivitas. Jadi ketika anda datang ke pantai ini pasti akan betah.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Paragendog

Shutterstock Daya tarik Pantai ParagendogFoto: Shutterstock/Sumini Warso Utomo

batu karang

Yang membedakan Pantai Paragendog dengan destinasi lainnya adalah bebatuan karangnya. Bahkan bebatuan disekitarnya berbentuk seperti burung hantu atau telur. Sejak dahulu kala, banyak orang yang menemukan batu telur di sepanjang pantai. Batuan tersebut berukuran cukup besar dan sering difoto oleh pengunjung karena bentuknya yang unik. Anda juga bisa duduk di atas batu saja.

Di sepanjang batu karang itu dikelilingi perbukitan hijau yang memanjakan mata. Jika traveler suka berjalan-jalan santai di kawasan wisata alam, pastinya akan terkesima melihat luasnya bebatuan karang. Selain itu, sinar matahari yang cerah diarahkan ke batu tersebut. Pengunjung pasti akan menikmati menjelajahi kawasan sambil mencari tempat bersantai dan melihat beberapa bebatuan yang tersebar.

Ombaknya

Objek wisata populer ini terkenal dengan ombaknya yang relatif tenang. Pantai Paragendog dikelilingi air laut yang jernih dan kaya akan biota. Para tamu sering berenang di laut karena terasa sejuk dan ombaknya yang tenang dapat menunjang aktivitas mereka. Air laut juga memiliki warna biru tua hingga biru muda yang sangat indah.

Anda bisa menikmati pasir putih dan bebatuan karang pecah di dekat laut. Biasanya pengunjung yang tidak ingin bermain air memilih duduk di atas pasir. Menikmati liburan sambil memandang langsung jernihnya air laut bercampur pasir pasti membuat pikiran menjadi rileks. Anda juga bisa mengambil foto ombaknya yang indah.

Panorama sekitar

Pantai Paragendog tentunya dikelilingi panorama alam. Wisatawan bisa melihat bebatuan karang berbentuk telur, pasir lembut, laut biru, dan deretan perbukitan. Lokasi lainnya menyuguhkan pemandangan tebing Watugupit yang cukup tinggi. Ragam pesona alam yang terpancar membuat pantai ini menjadi destinasi wisata alam yang digemari para tamu.

Wisatawan bisa berlibur saat cuaca bagus dan menikmati seluruh panorama yang ditawarkan. Anda juga bisa mengunjunginya pada pagi hingga sore hari untuk menjelajah sambil berkemah. Panorama yang dihasilkan tentu tak membuat Anda ingin cepat pulang. Selain itu, liontin ini terlihat semakin indah saat langit cerah.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Shutterstock ParagendogFoto: Shutterstock/Muhana Syafiquddary

Pantai Paragendog terletak di Desa Parang Reja, Gunung Kidul, Yogyakarta. Rute perjalanan pemudik dari wilayah Yogyakarta tergolong singkat karena hanya memakan waktu 1 jam saja. Anda bisa berangkat dari Terminal Giwangan jika ingin menggunakan angkutan umum yang banyak tersebar. Beberapa sambungan jalan terkenal yang memadai dapat memberikan perasaan nyaman bagi para tamu.

Kendaraan pribadi yang Anda bawa bisa langsung menuju Jalan Beji dekat pusat kota. Belok hingga menemukan Jalan Brigjen Katamso lalu tetap di poros Jalan Parangtritis. Sesampainya di sana, pengunjung bisa melihat beberapa pantai yang berjejer satu demi satu. Anda bisa memilih jalur paralayang dan menuju ke Jalan Gua Langse.

Mobil dan sepeda motor bisa dibawa ke sana karena kawasan wisata ini memiliki jalan yang lebar. Wisatawan yang mengikuti tur juga akan menemukan papan selamat datang. Pada hari Sabtu hingga Minggu Anda bisa berkunjung pada pagi hari untuk menghindari kemacetan di jalan. Selain itu, wisatawan dapat menelusuri rute sambil mempersiapkan navigasi.

Biaya masuk wisata bahari

Meski Pantai Paragendog merupakan destinasi dengan panorama alam yang beragam, namun harganya tetap terjangkau. Anak-anak dan orang dewasa yang ingin memasuki kawasan pantai dapat membayar tiket sebesar Rp 5.000. Biaya berlaku setiap hari selama tur dibuka. Wisatawan tidak akan kecewa dengan pesona kawasan tersebut.

Setiap objek wisata juga memiliki warung makan yang banyak digemari para tamu. Mulai dari makanan laut, teh, kopi, hingga makanan ringan, semuanya tentu saja ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Biasanya dealer yang menjual menawarkan harga mulai dari Rp 5.000. Budget yang hemat akan membuat traveler kenyang dengan makanan lezat.

Biaya parkir sepeda motor kini pun tak kalah terjangkau. Tiket sepeda motor seharga Rp 2.000 dan mobil seharga Rp 5.000. Kemudian menyewa pelampung, tenda dan tikar yang belum tersedia di sekitar wisata alam tersebut. Para tamu perlu membawa seluruh perlengkapannya dari rumah dan tidak perlu khawatir dompet kosong di lokasi karena biayanya terjangkau.

Aktivitas yang menyenangkan

Shutterstock Aktivitas Pantai ParagendogFoto: Shutterstock/Sumini Warso Utomo

1. Berenang

Ombaknya tidak cukup tinggi untuk menarik wisatawan berenang. Air lautnya bersih banget karena pihak pengelola menjaga lingkungan di pinggir pantai. Wisatawan yang sudah mempunyai kemampuan berenang bisa langsung bermain air di pinggirnya. Para pejabat juga menyarankan untuk tidak pergi ke pusat tersebut selama kunjungan Anda karena alasan keamanan.

2. Memancing

Pantai Paragendog sama seperti destinasi lain yang menawarkan biota laut. Para tamu sering menangkap ikan dan duduk di pecahan karang. Anda bisa menikmati ikan hasil tangkapan langsung di area tersebut dengan menyiapkan kayu bakar. Wisatawan juga boleh memancing bersama keluarga, namun tidak membawa peralatan memancing yang berbahaya.

3. Ambil foto

Keindahan langit dan laut yang serasi memang menjadi subjek foto yang bagus. Siapapun yang melangkah ke atas pasir bisa berpose sesukanya. Biasanya banyak traveler yang memotret alam, seperti keindahan bukit, tebing, hingga pecahan bebatuan. Kegiatan menarik ini tidak boleh dilupakan oleh seluruh pengunjung.

4. Bermain paralayang di Pantai Paragendog

Pantai Paragendog dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini cocok bagi wisatawan yang menyukai paralayang. Angin di sekitar objek wisata populer ini juga mendukung aktivitas paralayang yang ingin dilakukan wisatawan. Jika ingin bermain, Anda harus menyewa peralatan di dekat pantai dan didampingi oleh petugas yang profesional.

5. Berkemah

Tenda yang dibawa wisatawan bisa dijadikan akomodasi di Pantai Paragendog. Berkemah menawarkan para tamu kesempatan untuk menikmati suasana dari matahari terbit hingga terbenam. Suara deburan ombak ditambah dengan hembusan angin semakin menambah minat para pelancong yang berkemah. Bagi Anda yang sedang berkemah, disarankan untuk berkemah hanya di akhir pekan saja.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Shutterstock Fasilitas pantai ParagendogFoto: Shutterstock/Muhana Syafiquddary

Pantai Paragendog dinilai menyediakan fasilitas penunjang lengkap yang selalu dirawat dan diperbaiki secara berkala. Tamu yang ingin mencuci tidak akan kesulitan menemukan toilet umum yang luas. Fasilitas ini memiliki sekat khusus untuk perempuan dan laki-laki. Tersedia tempat jogging dan paralayang dengan persewaan peralatan.

Mushola terlihat di kawasan itu untuk menunjang aktivitas ibadah. Wisatawan yang mencari opsi ini bisa mampir ke sudut destinasi. Tempat parkir masih mudah dijangkau wisatawan karena letaknya yang cukup dekat dengan kawasan pantai. Kendaraan parkir di sana setiap hari karena ruangan ini tidak pernah kosong dan areanya terkesan luas.

Destinasi bahari ini juga tidak lupa menyediakan tempat perkemahan. Bagi pengunjung yang ingin berkemah tentunya bisa mendirikan tenda di kawasan ini. Kuliner lezat yang dijajakan warga bisa dibeli di warung-warung yang berjejer. Biasanya juga ada pedagang yang menawarkan makanan ringan dan es krim kelapa yang bisa memanjakan perut Anda.

Hal inilah yang menjadi alasan Pantai Paragendog bisa dipilih sebagai tempat berlibur. Diapit oleh tebing dan perbukitan hijau, wisata ini tentu menawarkan pesona yang indah. Selain itu, laut di dalam pantai ini terkenal sangat bersih dan memiliki gradasi warna yang indah. Berkunjung ke kawasan pantai ini semakin seru jika Anda berkumpul bersama teman dan keluarga.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button