Tempat Wisata

Tiket GUNUNG PUTANG & 7 Atraksi

Harga Tiket Masuk Gunung Puntang: Rp 25.000 – Rp 300.000 Jam: 24 jam Telp: +62 812-8086-4366 Alamat: Mekarjaya, Banjaran, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, –

Gunung Puntang adalah sebuah gunung di wilayah Kabupaten Bandung. Lokasi tepatnya berada di Desa Gamblok, Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran. Jaraknya sekitar 30 kilometer jika berkendara ke arah selatan dari kota Bandung.

Reputasi Gunung Puntang sebagai destinasi wisata memang tak terbantahkan. Gunung ini sudah populer sebagai tujuan panjat tebing, berkemah, dan rekreasi alam lainnya. Keindahan alamnya mampu memukau setiap pengunjung. Berbagai wahana alam juga sangat cocok untuk liburan solo atau keluarga.

Tiket Masuk Gunung Puntang

Sistem tiket masuk Gunung Puntang berbeda untuk pengunjung lokal dan asing. Tiket masuk bagi pengunjung yang ingin berkemah juga dibedakan. Sementara itu, tiket masuk ini tidak berlaku untuk kegiatan khusus seperti syuting atau pre-wedding.

Tiket Masuk Gunung Puntang
Tiket masuk wisata nusantara Rp25.000
Tiket Masuk Wisatawan Internasional Rp 55.000
tiket berkemah Rp 35.000
Tiket Masuk Sepeda Rp25.000
Tiket masuk Mega Peak Climbing Rp 30.000
Penutupan area berkemah Rp 300.000
Tiket masuk Goa Trail Rp7.500
Saung Talabah (2 jam) Rp25.000
sebelum pernikahan Rp 500.000
Pendaftaran kendaraan
2 roda Rp 7.000
4 roda Rp 12.000
roda ke-6 Rp 30.000
berkemah roda 2 Rp 8.000
berkemah roda 4 Rp 17.000
Berkemah di atas 6 roda Rp 35.000

Baca: Tiket Masuk Taman Wisata Bougenville Bandung dan Beragam Kegiatannya

jam buka

Gunung Puntang dibuka untuk umum setiap hari. Selain hari biasa dan akhir pekan, Gunung Puntang juga buka pada hari libur nasional. Musim kemarau biasanya merupakan musim tersibuk untuk kegiatan camping atau mendaki di sini.

jam operasional
Setiap hari 24 jam

Wisata Gunung Puntang

Pemandangan matahari terbit yang indah dari puncak Gunung PuntangGunung Puntang adalah salah satu tempat wisata alam terpopuler di Kabupaten Bandung – Foto: Google Maps/DM Hanif

Gunung Puntang merupakan salah satu gunung yang ada di Kabupaten Bandung. Gunung ini sering menjadi referensi bagi anak muda pecinta alam di sekitar Bandung Raya. Tempatnya mudah dijangkau karena tidak terlalu jauh. Terletak di Desa Cimaung Kecamatan Banjaran.

Gunung yang memiliki ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut ini masih merupakan turunan dari rangkaian pegunungan Malabar. Suasananya masih sangat asri dan alami. Selain itu, gunung ini juga menawarkan sejumlah tempat wisata alam terpadu untuk segala usia. Aktivitas di gunung ini antara lain:

Baca: GUNUNG PAPANDAYA: Tiket Masuk dan Aktivitas

Kenaikan

Lekukan Mega Peak yang menakjubkan dilihat dari Gunung PuntangPemandangan mendekati Mega Peak – Foto: Google Maps/Dyah Lestari

Tentunya berbicara tentang gunung tidak terlepas dari kegiatan mendaki atau climbing kenaikan. Gunung Puntang pun tak luput dari daftar destinasi pendakian bagi penikmat aktivitas ini. Puncak tertinggi, Mega Peak, menawarkan panorama dari ketinggian 2.223 meter di atas permukaan laut. Puncak Dragon’s Spine juga menjadi tempat populer untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Mendaki Gunung Puntang tidak terlalu sulit. Medannya cukup menantang dengan berbagai tanjakan dan turunan. Rute dimulai pada ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, sehingga rutenya cukup pendek. Bagi pemula, gunung ini menjadi salah satu rekomendasi sebagai tempat berlatih atau beradaptasi kenaikan.

Waktu tempuh menuju puncak kurang lebih 4 jam. Keindahan pemandangan hingga Mega Peak membuat Anda terkesima sejenak. Sejauh mata memandang, lekukan elegan Pegunungan Malabar terlihat hijau. Bahkan kaki yang lelah dan sakit tampaknya terbayar.

Baca Juga : Tiket Masuk GUNUNG HALIMUN SALAK dan Wahananya

Berkemah di Gunung Puntang

Tenda di area Love PoolAda banyak perkemahan di Gunung Puntang dengan nuansa dan suasana yang berbeda – Foto: Google Maps/Anissa Yuliani

Selama ini kawasan wisata alam di Gunung Puntang merupakan salah satu yang tertata di kawasan Bandung Raya. Penataan ini selaras dengan lingkungan alam tanpa merusaknya. Hal ini terlihat dari tersedianya sejumlah tempat perkemahan yang terawat baik.

Ya, kawasan pegunungan ini memang surganya para pecinta camping. Lokasi ini memiliki beberapa tempat perkemahan yang dibagi menjadi blok-blok terpisah. Setiap tempat menawarkan suasana dan pemandangan yang berbeda.

Selain itu, beberapa tempat perkemahan bahkan memiliki akses jalan. Hal ini tentu memudahkan keluarga yang membawa anak. Fasilitas penunjang seperti toilet dan peralatan camping juga tersedia lengkap. Berkemah di sini bisa menjadi pengalaman menarik bagi si kecil.

Baca Juga: Tiket Masuk GUNUNG PUTRI Lembang dan Aktivitasnya

pendidikan kopi

Warga sekitar Gunung Puntang telah dilatih untuk menanam kopi Puntang. Kopi asli lokal ini merupakan varietas kopi dari Indonesia yang sudah tersebar luas di seluruh dunia. Rasanya memiliki ciri sedikit manis dan sedikit asam. Rasa yang unik ini menjadikannya tempat yang spesial bagi para pecinta kopi.

Wisatawan dari Gunung Puntang juga bisa menikmati kopi ini. Ada wisata edukasi tentang budidaya dan pengolahan kopi Puntang. Peserta akan diperkenalkan dengan pengolahan kopi dari kebun menjadi kopi siap minum. Jenis wisata ini tentu sayang jika dilewatkan, apalagi jika dikaitkan langsung dengan produk kopi premium.

Baca Juga: Tiket Masuk dan Atraksi Wisata Gunung Tangkuban Parahu

berbagai air terjun

Aliran Air Terjun SiliwangiKeindahan Curug Siliwangi, Salah Satu Air Terjun di Gunung Puntang – Foto: Google Maps/Rival Ahsanudin

Gunung Puntang juga memiliki sejumlah air terjun cantik yang agak tersembunyi. Beberapa lokasi air terjun hanya dapat dicapai dengan bantuan seorang pemandu. Namun secara keseluruhan, rute ini sangat cocok untuk trekking.

Air terjun yang paling terkenal adalah Curug Siliwangi. Salah satu air terjun tertinggi di Jawa ini memiliki ketinggian hingga 150 meter. Bentuknya berupa air terjun bertingkat seperti hiasan taman buatan. Airnya jernih dan bisa dijadikan tempat bermain atau berendam.

Baca Juga: Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Aktivitasnya

rumah owa

Ekosistem di Gunung Puntang merupakan rumah yang nyaman bagi spesies siamang. Satwa primata ini sangat dilindungi oleh para pengelola dan warga sekitar Gunung Puntang. Tentu saja karena hewan ini termasuk hewan langka.

Jika beruntung, pengunjung yang beraktivitas di kawasan pegunungan ini bisa menemukannya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pengunjung tetap dapat melihatnya melalui layar langkah demi langkah. Pengelola menyediakan wahana bertajuk Natural Gibbon Cinema.

Wisatawan diajak untuk melihat pertunjukan tentang owa. Demonstrasi ini hanya berlangsung di sebuah bilik kayu dengan sistem kasa pasak. Staf pemandu akan dengan senang hati menjelaskan dan menjawab pertanyaan tentang owa. Ada juga berbagai oleh-oleh bertema owa, lho.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Bandung: 49 Destinasi Wisata Terlengkap

Halaman Sejarah

Puing-puing dari stasiun MalabarJejak kemegahan Stasiun Malabar masih bisa dilihat melalui sisa-sisa reruntuhannya – Foto: Google Maps/Budi Surya Nugraha

Tidak banyak gunung yang juga menjadi situs situs sejarah. Gunung Puntang cukup erat kaitannya dengan zaman penjajahan Belanda. Gunung ini pernah menjadi lokasi fasilitas penting, Stasiun Radio Malabar.

Reruntuhan bangunan berada di kaki gunung. Meski di reruntuhan, kemegahan masa lalu masih ada. Stasiun radio ini dianggap sebagai salah satu radio tercanggih pada masanya. Radio ini bisa menjadi media komunikasi menjangkau Belanda.

Di bagian depan sisa bangunan terdapat bekas kolam yang disebut dengan Kolam Cinta. Dinamakan demikian karena bentuknya yang menyerupai bentuk hati. Meskipun kolam ini sebenarnya berbentuk panah yang mengarah ke Belanda. Kompleks stasiun kereta api ini berdiri dikelilingi pegunungan sehingga terlihat memukau.

Situs bersejarah lain yang terletak di sini adalah Gua Belanda. Pengunjung dapat menjelajahi salah satu peninggalan masa perang ini. Tempat ini mengalami transformasi alami menjadi sarang kelelawar.

wisata kaki gunung

Pemandangan di sekitar Taman Wisata Villa BougenvilleVilla yang dibangun tidak jauh dari sungai ini menghadirkan suasana alam yang menenangkan – Foto: Google Maps/Irma Suryania

Banyak tempat wisata yang bisa dijajal tanpa harus mendaki ke puncak Puntang. Di kaki gunung terdapat sejumlah tempat wisata yang menarik. Misalnya Taman Wisata Bougenville dan Puncak Bukit Harapan.

Bougenville Tourist Park adalah tempat rekreasi eksklusif bagi pecinta kenyamanan. Daya tarik utama adalah fasilitas villa yang bermain di sekitar suasana hutan alam. Taman ini memiliki kolam renang dan berbagai wahana hiburan lainnya. Berbagai kegiatan seperti yoga juga sering diadakan di sini.

Puncak Bukit Harapan masih menjadi bagian dari kawasan wisata Gunung Puntang. Tempat ini awalnya hanya sebuah taman selfie karena pemandangannya yang indah. Saat ini, jalur sepeda khusus telah dibuka bagi mereka yang ingin merasakan sensasi bersepeda gunung yang menantang.

Fasilitas Gunung Puntang

Sarana dan prasarana penunjang wisata Gunung Puntang sangat lengkap. Tempat parkir, toilet, kamar mandi, mushola dan warung makan sangat mudah ditemukan disini. Pengelola juga menawarkan penyewaan peralatan camping dan akomodasi berupa villa. Layanan pemandu diperlukan bagi pengunjung yang ingin mengunjungi lokasi tertentu dengan akses jalan yang sulit.

Lokasi Gunung Puntang

Gunung Puntang terletak di Desa Gamblok, Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung. Cara termudah menuju ke sini dari Kota Bandung adalah melalui Tol Buah Batu atau Tol Soreang. Jalan menuju lokasi agak sempit, namun kondisinya sudah beraspal dan sangat bagus.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button