Tempat Wisata

Air Terjun Dlundung Mojokerto – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

Benamkan diri Anda dalam keindahan alam eksotis Air Terjun Dlundung Mojokerto yang memukau, dengan tambahan daya tarik area bermain dan rumah kelinci akan membuat liburan Anda semakin seru.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Ketapanrame, Kec. Trawas, Cab.Mojokerto, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Dlundung Trawas terletak di ketinggian 50 meter dari permukaan tanah di Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.

Julukan “Sepotong Surga” diberikan oleh penduduk setempat karena pesona alamnya yang menakjubkan dan mempesona. Keberagaman keindahan alam membuat pengunjung betah dan bisa tinggal di sini.

Air Terjun Dlundung menyuguhkan keindahan alam berupa kabut yang menyelimuti kawasan tersebut, sedangkan pemandangan alam yang tercipta jauh lebih mempesona di sore hari.

Panorama alam dan alami di sini menjadi keunikan tersendiri. Arus airnya tidak terlalu deras dan tidak terlalu dalam sehingga banyak pengunjung yang berenang atau sekedar bermain air.

Untuk menuju lokasi air terjun indah ini kita harus melewati jalan setapak yang terbuat dari batu-batu bercampur pasir dan semen berbentuk tembok dan beberapa batu paving.

Jalur dengan warna berbeda ini semakin mempercantik pemandangan alam yang tercipta. Spot foto menarik yang bisa dibagikan kepada orang lain ketika Anda mengunjungi tempat ini dan akan memanjakan mata.

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Dlundung

Daya Tarik Air Terjun DlundungSumber gambar: Google Maps Nanang Soendarijanto

Keindahan air terjun

Pesona air terjun ini sungguh menakjubkan. Letaknya di Gunung Penanggungan, tepatnya 50 meter di atas permukaan tanah. Air yang jatuh dari ketinggian ini sungguh mempesona. Kejernihan air terjun, arus yang tidak terlalu deras dan tidak terlalu dalam membuat Air Terjun Dlundung menarik banyak pengunjung.

Pemandangan alam dengan kabut pagi terlihat begitu natural dan natural. Jalur menuju lokasi air terjun ini semakin menonjolkan pesona alamnya.

Udaranya begitu sejuk berpadu dengan derasnya air terjun. Hutan dengan pepohonan rindang turut menyumbang kesejukan alam.

Suara kicauan binatang menambah eksotisme objek wisata air ini dan menciptakan suasana damai yang akan menenangkan setiap orang yang berada di air terjun indah ini. Kejernihan air terjun dan arus air yang tidak terlalu deras menambah pesonanya.

Spot foto yang menawan

Pesona alamnya yang mempesona akan memikat pengunjung untuk mengabadikan momen liburannya. Air Terjun Dlundung yang indah dan mempesona menjadi tujuan para fotografer yang selalu mencari foto-foto indah.

Pemandangan alam di sekitar air terjun pun tak kalah indahnya. Pepohonan rindang dan jalan setapak berwarna-warni juga menjadi spot foto menarik yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk menambah koleksi foto pribadinya.

Tempat perkemahan

Bagi pengunjung yang ingin merasakan keindahan alam dan suasana air terjun di malam hari, di sekitar Air Terjun Dlundung Trawas tersedia tempat yang bisa digunakan untuk berkemah.

Pengunjung dapat membawa perlengkapan berkemah sendiri dari rumah. Namun jika tidak membawa, Anda bisa menyewa tenda di tempat ini.

Tentu saja para camper juga perlu mempersiapkan perlengkapan logistik lainnya untuk menemani aktivitas campingnya, namun disini juga terdapat stand-stand sederhana yang menyediakan makanan dan minuman ringan. Menikmati keindahan alam dan suasana sejuk di malam hari merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan.

Taman bermain dan rumah kelinci

Air Terjun Dlundung berada di dekatnya dan memiliki area berumput yang cukup luas yang disediakan oleh pemerintah. Pengunjung dapat memanfaatkan kawasan ini sebagai tempat bermain bersama keluarga, bersantai dan jalan-jalan.

Terdapat rumah kelinci yang berfungsi sebagai wahana belajar anak, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran anak terhadap lingkungan. Anak-anak pasti betah berada di kawasan ini.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun DlundungKredit foto: Google Maps Wisata alam di Air Terjun Dlundung

Air terjun Dlundung Trawas terletak di Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Ada dua pilihan rute yang bisa dipilih pengunjung untuk menuju lokasi. Jarak yang akan ditempuh sekitar 38 kilometer dari pusat kota. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

1. Penggunaan angkutan umum

Jika menggunakan angkutan umum, Anda perlu menuju Terminal Pandaan. Selanjutnya naik bus menuju Trawas lalu turun di halte Trawas. Setelahnya, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan ojek untuk mencapai lokasi air terjun indah ini.

2. Penggunaan kendaraan pribadi

Perjalanan memakan waktu kurang lebih 45 menit. Jika rutenya dimulai dari Sidoarjo, Anda akan sampai di Pandaan, lalu masuk ke Jalan Raya Tawas lalu berbelok ke arah Dlundung. Setelah itu lanjutkan perjalanan hingga menemukan petunjuk arah menuju air terjun cantik ini.

Pengunjung harus berjalan kaki sekitar 2 kilometer dari jalan utama hingga pintu masuk utama objek wisata ini. Koneksi transportasi baik dan dapat digunakan oleh kendaraan. Tak heran jika tempat ini ramai dan tidak pernah sepi.

Tersedia tempat parkir yang luas. Harga kendaraan roda dua Rp 2.000 dan kendaraan roda empat Rp 3.000. Jam operasional wisata air ini adalah setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Pihak pengelola telah menyiapkan waktu 8 jam bagi para pengunjung untuk menikmati keindahan alam seutuhnya.

Biaya masuk wisata alam

Untuk menikmati keindahan dan pesona alam air terjun ini, pihak pengelola mengenakan tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang untuk dewasa dan Rp7.500 untuk anak-anak pada hari biasa.

Harga tiket berbeda berlaku pada hari libur nasional dan akhir pekan. Untuk anak-anak harganya Rp 10.000 per orang dan untuk dewasa Rp 12.500 per orang.

Bagi pengunjung yang melakukan aktivitas berkemah di lokasi ini, pihak pengelola mengenakan harga tiket sebesar Rp 18.000 per orang. Harganya cukup terjangkau dan sebanding dengan pesona yang Anda harapkan saat berkemah di tempat ini.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Air Terjun DlundungKredit foto: Google Maps Darma Ramadhani

1. Bersantai dan berlibur di Air Terjun Dlundung

Pesona alam yang dihadirkan membuat kaget setiap orang yang mengunjunginya. Air terjun ini berada pada ketinggian 50 meter dan mempunyai suasana yang sangat sejuk.

Derasnya air terjun berpadu dengan suara panggilan binatang menambah eksotismenya. Keindahan hutan yang mengelilinginya menambah kesegaran air terjun ini.

Duduk bersantai sambil menikmati air terjun yang jatuh dari ketinggian memang sangat menenangkan dan menyegarkan pikiran. Kejernihan air terjun ini pun memikat pengunjung untuk merasakan kesejukan airnya.

2. Dokumentasi

Ada berbagai spot foto menarik di air terjun Dlundung Trawas. Bagi pengunjung, anak-anak bisa berfoto di taman kelinci yang sangat mendidik dan menghibur. Di titik ini terdapat patung kelinci putih berukuran besar yang dapat dijadikan sebagai latar belakang fotografi.

Di titik ini terdapat sebuah tangga yang sangat Instagrammable, dindingnya didekorasi dengan berbagai warna dan tangganya sendiri terbuat dari semen dengan lapisan kayu di atasnya. Pengunjung dapat mengambil foto di tangga ini, sehingga menghasilkan foto instan.

Spot foto lainnya adalah jembatan bambu yang begitu memukau dan menggoda pengunjung untuk dijadikan backdrop. Jembatan ini juga dihiasi dengan berbagai bunga yang membuat jembatan ini semakin indah.

3. Berkemah

Terdapat sebuah tempat perkemahan yang sangat luas terletak di dekat Air Terjun Dlundung yang indah. Bagi pengunjung yang menyukai aktivitas luar ruangan, menginap di tempat ini tentu akan memberikan kenangan tersendiri. Biaya sewa perlengkapan camping sebesar Rp 50.000 dan biaya per orang sebesar Rp 5.000 per orang.

Jarak lokasi perkemahan yang tidak terlalu jauh membuat kegiatan berkemah ini sangat menyenangkan. Sembari berkemah, pengunjung juga bisa menikmati keindahan air terjun cantik ini. Suasana malam hari diiringi dengan suara air terjun dan suara binatang malam.

Di pagi hari para camping tentunya bisa langsung menikmati pemandangan air terjun yang diselimuti kabut tebal sehingga suasananya sangat sejuk. Para camper juga bisa berjalan-jalan mengelilingi lokasi perkemahan sambil menikmati keindahan alam yang begitu indah tersaji.

4. Bermain air

Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih. Pada ketinggian, air ini meluncur dengan indah menuju kolam di bawahnya.

Bagi pengunjung dewasa, menikmati kesegaran airnya sungguh mengasyikkan. Pengunjung tidak hanya bisa bermain air saja, namun juga berfoto dengan latar belakang air terjun ini.

5. Kuliner

Di sekitar Air Terjun Dlundung terdapat beragam kuliner. Makanan dan minuman non-alkohol tersedia dengan harga terjangkau dan ramah kantong.

Mie instan dan gorengan sangat cocok untuk mengisi perut kosong di cuaca dingin di sekitar air terjun. Minuman hangat seperti kopi, teh, dan susu juga tersedia di sini, melengkapi sajian camilannya.

Piknik sambil menikmati kuliner merupakan sebuah kenikmatan tersendiri bagi siapapun yang pernah mengunjungi air terjun cantik ini.

6. Bermain di taman dan taman bermain

Karena luasnya kawasan wisata ini, pihak pengelola menyediakan area outbond bagi pengunjung yang ingin menggunakan area tersebut untuk acara kampus atau sekolah yang menarik banyak orang. Tentunya pihak manajemen telah menyiapkan harga khusus untuk kegiatan outband ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas Air Terjun DlundungKredit foto: Google Maps Winegku Sasmito

Air terjun Dlundung Trawas kini terkenal dan menjadi tujuan para pelancong. Pihak pengelola juga telah menyiapkan berbagai fasilitas agar pengunjung semakin nyaman bersantai di sini.

Berbagai fasilitas tersebut antara lain toilet dan kamar mandi, musala, pendopo dan tempat duduk, warung basic serta lahan parkir yang luas.

Pihak pengelola juga telah menyiapkan musala sehingga pengunjung tidak perlu bingung jika ingin melanjutkan salat. Terdapat pula pendopo yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai. Warung makan sederhana menawarkan menu makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Air Terjun Dlundung di Mojokerto memiliki keunikan dan membuat setiap pengunjung terpesona. Letaknya yang cukup strategis dan mudah dijangkau membuat tempat ini selalu dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri. Pijakan kaki yang menarik juga tersedia dan mengajak Anda untuk mengabadikan momen liburan Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button