Tempat Wisata

Keajaiban pantai berpasir timbul di Pulau Siburu, surga laut tersembunyi yang eksotis

Keajaiban Pulau Pasir Timbul Siburu, surga laut yang tersembunyi dan eksotis, menawarkan keunikan tersendiri dengan pasirnya yang timbul, menambah daya tarik bagi pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan alam bawah laut yang menakjubkan.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Tuapejat, Kec. Sipora Utara, Cab. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat; Map: Periksa lokasinya

Dari sekian banyak kepulauan yang ada di Kepulauan Mentawai, Pulau Siburu menjadi pusat perhatian. Tak heran keindahan di sana tak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Ada objek wisata dengan pesona alam yang indah dan unik: Pasir Timbul di Pulau Siburu. Nama ini dipilih karena pasir sebagai keunikan utamanya terkadang terlihat dan terkadang hilang, itulah sebabnya istilah “tercetak” diberikan padanya.

Pulau Siburu secara geografis terletak di perairan terbuka Samudera Hindia dan sangat dekat dengan Pulau Sumatera, menghadap ke arah barat. Siburu sendiri dalam bahasa setempat berarti “sudah lama ditemukan”.

Ada dua versi arti kata ini. Yang pertama mengatakan bahwa itu ditemukan sejak lama tetapi tidak terlalu diperhatikan. Alasan kedua adalah butuh waktu lama untuk menemukan pulau tersebut.

Terlepas dari arti nama yang digunakan, objek wisata cantik ini nyatanya menawarkan panorama alam yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Secara keseluruhan, pulau ini dihiasi pepohonan tinggi yang didominasi pohon kelapa. Selain itu, terdapat semak belukar hampir di setiap titik di pulau ini.

Daya Tarik Pasir Timbul di Pulau Siburu

Daya tarik pasir timbul Pulau SiburuFoto oleh Darto Dart0 di Google Maps

Perlu diketahui, Pulau Siburu merupakan salah satu pulau di Sumatera Barat yang saat ini tidak berpenghuni. Oleh karena itu pulau ini masih alami dan memiliki kesan eksotik. Bentuknya memanjang dengan pantai landai dihiasi pasir putih lembut. Secara keseluruhan, berikut beberapa tempat wisata Pasir Timbul di Pulau Siburu yang perlu Anda ketahui!

Keunikan pasir timbul Pulau Siburu

Salah satu alasan pengunjung mengunjungi tempat wisata pantai ini adalah karena ingin melihat keunikan pasir putihnya yang terkadang terlihat dan terkadang tidak terlihat.

Keunikan ini didapat ketika aktivitas air laut naik atau turun. Saat permukaan air laut sedang tinggi, pasirnya tidak terlihat. Sebaliknya, saat air laut surut, pasir perlahan muncul dan menampakkan keindahannya.

Sinar matahari semakin mempercantik tampilan pasir putihnya yang lembut. Bagaimana tidak, dalam cahaya terang, Anda bisa melihat kilauan yang menyerupai glitter. Fenomena ini terjadi karena kandungan garam pada air laut masih menempel di pasir.

Air laut yang jernih

Bukan hanya pasirnya saja yang menarik banyak pengunjung ke Pasir Timbul di Pulau Siburu, tapi juga jernihnya airnya. Bahkan, saking jelasnya, Anda bisa melihat dasar laut yang dihuni bebatuan dan terumbu karang. Beberapa ikan berenang di sekitar terumbu karang dan juga terlihat jelas.

Ada dua jenis cat air di objek wisata cantik ini. Air jernih pertama berwarna biru kehijauan sedangkan yang kedua berwarna biru tua. Kedua warna tersebut menunjukkan kedalaman air yang berbeda, berikut yang perlu Anda ketahui. Air laut yang berwarna biru kehijauan berarti datar sedangkan biru tua berarti sebaliknya.

Pemandangan indah di sekitar lokasi

Daya tarik Pasir Timbul di Pulau Siburu selanjutnya adalah pemandangan alamnya yang sangat mempesona. Saat cuaca cerah, birunya air laut dan pasir putihnya seolah berpadu dengan birunya langit. Sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah laut lepas, sedangkan kepulauan tampak kecil dan tidak begitu jelas.

Berbagai pepohonan dan semak tumbuh di sekitar lokasi, yang selalu membuat pemandangan menjadi sejuk. Pohon kelapa yang mendominasi pepohonan di lokasi terlihat semakin indah jika tertiup angin. Topografinya yang berkelok-kelok tak beraturan membuatnya semakin indah dan eksotis.

Salah satu pulau yang masih alami

Tidak ada seorang pun yang mendiami Pulau Siburu. Hal ini sebenarnya menjadi daya tarik tersendiri karena tetap terlihat alami meski tanpa campur tangan manusia. Hampir tidak ada bangunan di pulau ini, bahkan telapak kaki Anda pun tidak meninggalkan kesan di pasir putih saat meninggi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat: Pasir Timbul, Pulau SibuluFoto oleh Darto Dart0 di Google Maps

Secara administratif, Pulau Pasir Timbul Siburu terletak di Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Karena merupakan sebuah pulau di Samudera Hindia, Anda harus datang ke Sipora terlebih dahulu untuk bisa sampai ke objek wisata ini.

Dari Sipora Anda perlu menggunakan angkutan laut untuk sampai ke pertigaan tersebut. Ada beberapa pelabuhan dengan perahu yang bisa membawa Anda ke pulau itu.

Jika anda berangkat dari Pelabuhan Teluk Bungus waktu yang dibutuhkan kurang lebih 11 jam. Sedangkan jika berangkat dari Pelabuhan Muaro, Anda akan sampai di lokasi hanya dalam waktu 3 jam karena menggunakan speedboat.

Biaya masuk dan jam buka

Pulau Siburu tidak berpenghuni, artinya tidak ada yang mengelola wilayah tersebut, setidaknya sejauh ini. Oleh karena itu, tidak ada tiket masuk yang berlaku jika ingin menikmati keindahan Pasir Timbul di Pulau Siburu. Namun untuk mencapainya tetap memerlukan biaya.

Biaya tersebut tidak berbeda dengan saat bepergian dengan kapal laut sebagai alat transportasi transit. Harganya bervariasi tergantung jenis kapal yang Anda tumpangi. Faktor perbedaan harga juga tergantung pada kelas yang Anda pilih. Hadiah termahal adalah speedboat yang hanya memakan waktu 3 jam saja.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pasir Timbul, Pulau SiburuFoto oleh Darto Dart0 di Google Maps

Tentu saja, jika dilihat dari aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pasir Timbul di Pulau Siburu, tidak jauh berbeda dengan aktivitas yang bisa Anda lakukan di pinggir pantai.

Pada dasarnya objek wisata yang kita bicarakan kali ini adalah pantai yang memiliki potensi keindahan. Buat kamu yang belum pernah ke pantai, berikut aktivitas yang bisa kamu lakukan!

1. Menikmati keindahan Pulau Siburu

Tak ada salahnya jika Anda datang karena ingin menikmati keindahan objek wisata bahari ini. Apalagi saat ini banyak hal menarik yang bisa dilihat dan menyejukkan mata.

Perpaduan air jernih, langit biru, dan pasir putih pasti terlihat mempesona. Jangan lupa hijaunya pepohonan yang mengelilinginya membuat pulau ini semakin indah.

2. Berenang

Arus Pasir Timbul di Pulau Siburu tidak terlalu deras sehingga cocok dijadikan tempat wisata tepi laut. Kegiatan ini sepertinya menjadi hal yang wajib dilakukan ketika mengunjungi tempat wisata berupa pantai. Tentu saja berbeda ketika berenang di kolam renang. Ada perasaan yang didapat saat berenang di laut.

Ombaknya tidak terlalu besar dan angin sepoi-sepoi. Namun harap berhati-hati karena pada titik tertentu kedalaman air laut dapat mengakibatkan tenggelam. Bagi yang tidak bisa berenang dengan baik, sebaiknya berada di pinggir dan jangan terlalu jauh di tengah.

3. Bermain dengan pasir

Apakah Anda takut berenang karena tidak bisa, atau takut tenggelam? Silakan bermain di pasir luas yang membentang di sepanjang Pasir Timbul di Pulau Siburu.

Kegiatan ini biasanya menjadi favorit anak-anak, dimana mereka membangun sebuah gedung atau sekedar tenggelam ke dalam pasir. Namun karena anak kecil jarang berkunjung, Anda bisa menjadi penggantinya.

4. Snorkeling

Airnya yang jernih tidak hanya bisa dinikmati keindahannya saja, tapi juga bisa digunakan untuk snorkeling. Tidak diperlukan peralatan tambahan untuk melihat dasar laut karena cukup jernih karena kejernihan airnya. Yang Anda perlukan hanyalah kacamata renang agar mata tidak sakit saat menyelam.

Sungguh menarik melihat indahnya terumbu karang dengan ikan-ikan kecil yang berenang disekitarnya. Pasir Timbul di Pulau Siburu hampir tidak memiliki batuan karang sehingga aktivitas Anda aman dan tidak terganggu. Kalaupun demikian, ukurannya tidak terlalu besar dan biasanya berada di tengah.

5. Kegiatan foto

Fotografi merupakan kegiatan yang tidak boleh Anda lewatkan saat berlibur. Tujuan utamanya adalah untuk mendedikasikan momen, namun ada juga yang digunakan untuk konten media sosial. Selain foto, video juga cocok dan biasanya melengkapi fotografi.

Hampir semua titik menawarkan pemandangan indah sebagai latar belakang foto dan video. Sebut saja laut lepas yang indah dengan panorama air laut yang biru dan terkadang ombak terlihat dari jauh.

Spot foto lain yang perlu diperhatikan adalah pasir putihnya yang terkadang menimbulkan gradasi warna jika disentuh birunya air laut.

6. Memancing

Aktivitas menarik lainnya saat berkunjung ke Pasir Timbul di Pulau Siburu adalah memancing. Tidak banyak ikan-ikan besar di pinggir pantai saat ini.

Anda dapat menemukan ikan besar jika Anda berada sedikit di tengah. Namun, jika Anda hanya ingin menikmati suasana dan bersantai, aktivitas memancing tidak ada salahnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pasir Timbul di Pulau SiburuFoto oleh Darto Dart0 di Google Maps

Tidak berpenghuni, tidak ada yang mengelola, kedua hal tersebut secara tidak langsung menyebabkan fasilitas di Pasir Timbul di Pulau Siburu kurang memadai.

Tidak ada musala atau toilet di tempat wisata eksotik ini. Warung-warung yang biasa dibutuhkan di setiap objek wisata juga tidak ditemukan. Hanya ada satu perahu yang akan membawa Anda ke tujuan.

Oleh karena itu ada baiknya mempersiapkan segala sesuatunya dari rumah, seperti perlengkapan makanan dan minuman, perlengkapan memancing dan juga perlengkapan menyelam.

Namun keindahan yang ditawarkan Pasir Timbul di Pulau Siburu tidak bisa dipandang sebelah mata dan dianggap remeh hanya karena minimnya fasilitas yang memadai.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button