Tempat Wisata

Air Terjun Langkuik Tinggi Agam – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Air Terjun Langkuik Tinggi, salah satu objek wisata alam di Agam yang memukau, membuat pengunjung terpesona dengan tiga buah air terjun sebelum mencapai air terjun utama yang menakjubkan.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 08.00-15.00 WIB, Alamat: Malalak Barat, Kecamatan. Malalak, Kab.Agam, Sumatera Barat; Map: Periksa lokasinya

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai potensi wisata yang besar karena banyaknya tempat wisata dengan konsep yang berbeda-beda.

Wisatawan dapat menemukan tempat wisata di Indonesia dari timur hingga barat, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata kekinian. Salah satunya Air Terjun Langkuik Tinggi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Banyak wisatawan yang belum mengetahui nama tempat wisata ini. Namun ternyata kawasan air terjun ini memiliki keindahan yang tiada duanya direkomendasikan mengunjungi.

Wisatawan yang suka menjelajah berbagai tempat wisata berkonsep alam bisa mencoba mengunjungi kawasan air terjun ini karena tidak akan mengecewakan Anda.

Sumatera Barat sendiri memiliki beragam tempat wisata yang masing-masing mempunyai daya tarik tersendiri. Setiap objek wisata mempunyai daya tarik yang berbeda dengan tempat wisata lainnya.

Air terjun tersebut merupakan salah satu dari total 17 air terjun yang ada di wilayah Sumatera Barat. Karena air terjun ini berada di dalam hutan, rasanya berbeda dengan air terjun lainnya.

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Langkuik Tinggi

Daya Tarik Air Terjun Langkuik TinggiFoto: Google Maps/Rzalpagantuaksianghari Rizal

1. Memiliki tiga buah air terjun sebelum mencapai air terjun utama

Daya tarik tempat wisata ini adalah adanya tiga air terjun yang ditemui wisatawan sebelum mencapai air terjun utama. Wisatawan yang datang ke sana pasti akan menjumpai ketiga air terjun tersebut karena berada di jalur yang sama. Air terjun yang pertama adalah Air Karak Pipiak.

Lokasi perairan Karak Pipiak berjarak sekitar 700 meter dari pintu masuk. Untuk mencapai air terjun ini, wisatawan harus melakukan perjalanan selama 30 hingga 45 menit melalui medan terjal.

Suasana di perairan Karak Pipiak sebelum sampai di Air Terjun Langkuik Tinggi begitu tenang sehingga wisatawan dapat beristirahat sejenak di kawasan ini.

Air terjun kedua adalah Air Lubuk Bara Angin yang berjarak sekitar 200 meter dari Air Karak Pipiak. Wisatawan harus melalui medan trekking yang lebih menantang karena banyak lereng berbatu. Di sana wisatawan bisa bermain air untuk memberikan sensasi segar pada tubuhnya. Untuk menuju air terjun ketiga, wisatawan harus menyeberangi sungai.

Sesampainya di air terjun ketiga, wisatawan akan menjumpai air sungai berarus deras dengan debit air terjun yang tinggi. Jarak lokasi air terjun ini dengan perairan Lubuk Bara Angin hanya sekitar 100 meter. Dari air terjun ketiga hingga air terjun utama, wisatawan harus menyusuri aliran sungai dengan menggunakan tali.

2. Mempunyai ciri khas yang berbeda dengan air terjun lainnya

Untuk mencapai lokasi utama Air Terjun Langkuik Tinggi memerlukan usaha yang tidak sedikit karena harus melintasi medan yang tidak rata. Namun sesampainya di lokasi utama air terjun, wisatawan akan melihat air terjun yang karakteristiknya berbeda dengan air terjun lainnya.

Air Terjun Langkuik Tinggi mempunyai ketinggian sekitar 100 meter dan tebing yang sangat tinggi. Saking tingginya, wisatawan yang berada dalam jarak sekitar 15 meter dari lokasi akan basah kuyup karena tersiram air dan derasnya aliran air.

Ketinggian air terjun utama merupakan yang tertinggi dibandingkan ketiga air terjun sebelumnya seperti Air Karak Pipiak, Air Lubuk Bara Angin dan Air Terjun Angin Ketiga. Aliran air di air terjun utama cukup deras sehingga suaranya terdengar sangat kencang.

Wisatawan yang ingin berkunjung disarankan berkunjung hanya pada musim kemarau atau musim panas. Hal ini dikarenakan aliran air terjun dan sungai yang sangat deras serta jalan menuju ke tempat ini sangat licin di awal musim hujan.

3. Mempunyai asal usul nama yang menarik

Di Sumatera terdapat beberapa air terjun dengan nama menarik seperti air terjun Aek Sijorni, Mursala, Sipiso-piso dan lain sebagainya. Air Terjun Langkuik Tinggi merupakan salah satu air terjun yang ada di wilayah Sumatera Barat yang asal usul namanya tidak kalah menarik dengan air terjun lain di Sumatera.

Dalam bahasa setempat, kata “Langkuik” diartikan sebagai “air terjun”. Jadi arti dari “Langkuik Tinggi” adalah “air terjun yang sangat tinggi”. Menurut poin kedua, ketinggian air terjun mencapai sekitar 100 meter. Wisatawan harus melintasi medan berbatu, licin, dan terjal selama berkunjung.

Karena jalur pendakian menuju air terjun ini tidak datar, maka wisatawan yang ingin berkunjung ke air terjun harus memastikan kondisi fisik yang kuat dan sehat. Selain itu, alas kaki yang digunakan harus berbahan dasar alas kaki khusus.

Panorama air terjun dengan nama unik ini dilengkapi dengan keberadaan pepohonan hijau dan lumut yang menutupi tebing-tebing tinggi yang mengelilingi air terjun serta bebatuan terjal yang tersebar di air sungai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Langkuik TinggiFoto: Google Maps/Dafitrah Utama

Air Terjun Langkuik Tinggi terletak di Kecamatan Malalak Selatan tepatnya di Jorong Nyiur. Letaknya tepat di kaki Gunung Tandikek dan Singgalang.

Terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, air terjun ini dikelola oleh masyarakat secara swasembada. Dapat dicapai dengan kendaraan roda dua dan empat.

Jarak dari kota Bukittinggi ke lokasi sekitar 40 km, waktu tempuh sekitar 1 jam. Jalur yang bisa ditempuh adalah melalui simpang Padang Luar lalu belok kanan menuju simpang Malalak. Perjalanan kemudian dilanjutkan menuju Jorong Nyiur.

Bila wisatawan berangkat dari Kota Padang, bisa menuju Terminal Sicincin. Sesampainya di terminal, wisatawan akan menemukan perempatan dan harus belok kiri menuju Koto Mambang.

Sesampainya di sana, perjalanan dilanjutkan menuju Tandikek hingga bertemu dengan Balai Akiak. Kemudian belok kanan hingga sampai di Jorong Nyiur.

Setibanya di pos Jorong Nyiur, wisatawan harus berkendara selama kurang lebih 1,5 jam melewati hutan, persawahan, sungai, dll.

Selain itu wisatawan juga melewati kawasan perkebunan dengan kemiringan 70 derajat. Perjalanan menuju air terjun melalui tali dan tangga yang telah disiapkan oleh pihak pengelola.

Biaya masuk wisata alam

Setiap wisatawan yang datang berkunjung harus melakukan registrasi terlebih dahulu di pintu masuk. Objek wisata ini buka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 08.00 hingga 15.00. Biaya masuknya Rp 5.000 per orang.

Kemudian biaya parkir sebesar Rp 5.000 per kendaraan. Biaya pemandu sebesar Rp 10.000 per orang.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Air Terjun Langkuik TinggiFoto: Google Maps/4NC Explorer

Ikuti sungai

Wisatawan bisa melakukan aktivitas melintasi sungai di beberapa tempat. Tempat melakukan kegiatan ini berada di antara air Karak Pipiak dan air Lubuk Bara Angin dan sebelum sampai di air terjun utama. Kegiatan ini dapat dilakukan bila aliran air dan cuaca mendukung.

Dalam kegiatan melintasi sungai ini wisatawan didampingi oleh pemandu yang berpengalaman. Pemandu wisata merupakan warga lokal dan menjamin keselamatan wisatawan selama melintasi sungai.

Hunting foto di air terjun Langkuik Tinggi

Kegiatan wajib bagi wisatawan saat berkunjung ke Air Terjun Langkuik Tinggi adalah berburu foto dengan latar belakang air terjun yang dikelilingi tebing tinggi dengan pepohonan hijau dan berlumut, gambar demi gambar. Bahkan, wisatawan bisa melihat latar belakang tiga air terjun sekaligus.

Bermain di air

Dalam satu tempat, wisatawan bisa memilih empat air terjun dengan karakteristik berbeda. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri di mata wisatawan. Kegiatan bermain air dapat dilakukan dengan berenang atau sekedar mencelupkan kaki ke dalam air.

Wisatawan bisa memilih ke Air Karak Pipiak, Air Lubuk Bara Angin, air terjun ketiga, atau air terjun utama yang memiliki debit air paling tinggi dibandingkan ketiga air terjun sebelumnya. Yang perlu diperhatikan adalah waktu berkunjung karena berkunjung saat musim hujan tidak disarankan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas Menuju Air Terjun Langkuik TinggiFoto: Google Maps/Rzalpagantuaksianghari Rizal

Sedangkan untuk fasilitasnya, pihak pengelola Air Terjun Langkuik Tinggi telah menyediakan tali dan tangga yang dapat digunakan wisatawan saat menuju air terjun utama melalui hutan dan sungai. Pihak pengelola juga memberikan arahan agar wisatawan tidak salah mengambil jalur.

Karena tempat wisata ini terletak di kawasan hutan, maka tidak banyak warung makan di sana. Pasalnya pihak pengelola ingin lingkungan hutan selalu terjaga keasriannya.

Di sana juga tersedia tempat parkir yang cocok untuk kendaraan roda dua dan empat. Toilet umum tidak terbengkalai. Namun, terdapat toilet umum di area pintu masuk dan tidak ada toilet umum di lantai dasar.

Air Terjun Langkuik Tinggi merupakan objek wisata yang cocok bagi pecinta alam. Karena medan jalan yang sulit dilalui justru menjadi tantangan bagi wisatawan yang gemar menjelajah alam.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button