Berita Wisata

Menikmati keindahan Bukit Lentera Cempaka di tengah kota Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Alternatif wisata perbukitan yang mudah diakses oleh penduduk kota Banjarbaru adalah Bukit Lentera. Tempat wisata ini berada di kawasan Cempaka, di Jalan Bumi Berkat 5, berseberangan dengan Gardu Induk PLN Cempaka.

Kemudian, melalui jalan tanah merah yang cukup curam, dalam beberapa menit Anda akan menemukan Bukit Lentera yang terletak tidak jauh dari kompleks Villa Ratu Asri Cempaka.

Lokasinya yang mudah dijangkau membuat tempat ini banyak dikunjungi wisatawan untuk menikmati udara segar atau sekedar mengabadikan momen untuk berfoto.

Meski berbentuk bukit, pengunjung tidak membutuhkan banyak tenaga. Karena jalannya mudah dinavigasi dengan sepeda motor dan dari tempat parkir di atas hanya beberapa meter berjalan kaki.

Baca juga: Pawai Ribuan Santri Ponpes Rakha Amuntai Abad 1, Satu Santri Dapat Umroh

Dari atas Bukit Lentera, pengunjung bisa menikmati hamparan hijaunya gedung-gedung perumahan dan perkantoran, bahkan bisa melihat beberapa tempat wisata Banjarbaru.

Selain disebut Bukit Lentera, bukit ini juga mendapat julukan Bukit Bintang karena pada malam hari menawarkan pemandangan kerlap-kerlip lampu kota yang terlihat seperti bintang.

Bukit Lentera menjadi salah satu alternatif pengunjung untuk menikmati keindahan sunset dan sunrise meski dengan gemerlap malam di kota Banjarbaru.

Tidak perlu merogoh kocek dan tenaga yang banyak untuk menikmati keindahan bukit Lentera ini.

Baca juga: TRAGEDI KANJURUHAN: Kematian terbesar kedua dalam perhelatan sepakbola di dunia

Bagi pengunjung yang ingin melihat pemandangan dari tempat yang tinggi, di Bukit Lentera juga terdapat menara pengawas setinggi sekitar 20 meter yang terbuat dari kayu besi sebagai tiang dan papan sebagai tanah.

Di Bukit Lentera juga terdapat 4 tempat dimana pengunjung bisa mendirikan tenda, jika ada yang ingin bermalam.

“Kemarilah (Bukit Lentera) untuk menikmati pemandangan,” kata Ria saat mengunjungi Bukit Lentera, Minggu (10/2/2022)

Menurutnya, dahulu banyak ikon yang ada di Bukit Lentera seperti bangku pohon, menara pandang dan lain-lain. Namun kini hanya tersisa menara observasi, tidak terawat lagi.

Baca juga: Korban tewas dalam tragedi Stadion Kanjuruhan meningkat menjadi 174

Pemandangan yang dulunya dipenuhi pepohonan, Ria menyayangkan kini Bukit Lentera diapit oleh Galian C yang mengelilingi Bukit Lentera.

“Dulu bentang alamnya masih hijau, sekarang Bukit Lentera hanya memiliki sedikit lahan yang tersisa,” ujarnya.

Ia berharap, tanah Bukit Lentera bisa dipertahankan meski hanya sedikit.

“Kalau bisa dirawat dan dijadikan tempat wisata,” harapnya.(Kanalkalimantan.com/ibnu)

Wartawan: ibnu
Penerbit: sel

Terlihat 6

Source: www.kanalkalimantan.com

Related Articles

Back to top button