Tempat Wisata

10 tempat wisata populer di Dieng

Dataran Tinggi Dieng adalah daerah pegunungan di Jawa Tengah. Meski banyak dari Anda yang belum mengetahui kekhasan kehidupan dan pariwisata di Dieng, ternyata banyak fenomena aneh, unik dan menarik di sekitar Dieng. Selain itu, Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif, sehingga banyak wisata Dieng yang terkait dengannya.

Kawasan Dieng tidak hanya terkenal dengan pemandangannya yang unik, tetapi juga produksi pertanian dan wisata alamnya. Contoh produk pertanian yang terkenal dari Dieng antara lain kentang, purwaceng dan buah carica. Bagi yang belum tahu, carica merupakan buah endemik Dieng yang mirip dengan pepaya namun lebih keras. Yuk, simak rekomendasi wisata Dieng terbaik tahun 2018!

Ini adalah wisata Dieng yang paling populer

Bukit Sikunir dan Danau Cebong

Wisata Bukit Dieng SikunirBukit Sikunir (c) @xspheriksx

Destinasi wisata Bukit Sikunir terletak di desa Sembungan, sebuah bukit dengan pemandangan yang indah. Pemandangan paling indah di sini adalah matahari terbit. Lebih baik lagi jika Anda mengunjungi bukit ini pada bulan Juli-Agustus saat tidak banyak hujan dan langit terlihat lebih cerah.

Karena pemandangan paling indah terlihat saat matahari terbit, maka bersiaplah untuk bangun pagi untuk menuju ke tempat tersebut. Namun Anda tidak perlu khawatir karena di sekitar Dieng banyak terdapat homestay dan hotel.

Danau CebongDanau Cebong (c) @sitiumaerah_han

Usai menikmati pemandangan di Bukit Sikunir, wisatawan biasanya melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi Danau Cebong karena letaknya tidak jauh dari Bukit Sikunir. Di tempat ini, Anda bisa melihat areal perkebunan milik warga sekitar yang juga menambah keindahan lokasi Danau Cebong. Pada 2.300 meter di atas permukaan laut, Danau Cebong disebut oleh banyak orang sebagai “danau di atas awan”.

Danau Telaga Varna

Danau Telaga VarnaTelaga Varna (c) @pigijoo

Destinasi yang tak kalah indah di Dieng adalah Telaga Varna. Danau ini berada sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut dan pemandangannya jelas sangat indah. Danau ini sangat unik karena memiliki warna yang berbeda dengan danau lainnya.

Terkadang warna air di sini bisa merah, hijau, biru, putih atau bahkan ungu. Fenomena alam yang menarik ini bisa terjadi karena airnya mengandung belerang. Saat terkena sinar matahari, belerang ini mungkin tampak berubah warna. Wisata di Dieng Telaga Varna sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata alam.

Danau Pengilon

Danau PengilonDanau Pengilon (c) @naazz08

Perjalanan Anda ke Dieng tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Danau Pengilon. Selain Telaga Warna, Telaga Pengilon juga menjadi destinasi wisata yang layak masuk dalam daftar kunjungan Anda. Meskipun Danau Pengilon berdampingan dengan Danau Varna, namun memiliki karakteristik yang berbeda dengan Danau Varna.

Air Danau Pengilon terlihat jernih tidak seperti Danau Warna. Namun jangan salah, bukan berarti Danau Pengilon terlihat biasa saja. Tentunya jika Anda menyukai pemandangan alam dan fotografi, Anda akan menyukai pemandangan di sekitar Danau Pengilon yang dipenuhi perbukitan yang hijau dan asri.

Danau Merdada

Danau MerdadaDanau Merdada (c) @nuryandiabdur

Keindahan Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah sepertinya tidak ada bandingannya. Buktinya adalah banyaknya wisata alam yang bisa dinikmati wisatawan setiap saat. Selain Telaga Warna dan Telaga Pengilon, ada juga telaga terbesar di Dieng yaitu Telaga Merdada. Yang menarik dari Danau Merdada adalah bentuknya. Jika dilihat, bentuk Danau Merdada terlihat seperti kaldera yang terbentuk dari letusan gunung berapi berisi air. Bentuk ini terlihat sangat jelas dari ketinggian.

Kawah Sikidang

Kawah SikidangKawah Sikidang (c) @aa12ya

Seperti diketahui, kawasan Dieng sebenarnya merupakan gunung berapi yang masih aktif. Salah satu tanda aktivitas vulkanik ini adalah adanya beberapa kawah berukuran sedang hingga besar. Contohnya adalah kawah Sikidang. Kawah ini berukuran sekitar 200 meter persegi. Itu di tanah datar sehingga wisatawan dapat melihat asap yang keluar darinya.

Namun, jika paket wisata Dieng Anda termasuk berkunjung ke kawah ini, ingatlah untuk selalu berhati-hati karena udara di sekitarnya secara alami mengandung belerang dalam jumlah besar. Untuk menjamin keamanan wisatawan, pihak pengelola kawasan wisata ini telah memasang pengamanan di sekitar lokasi.

Mendaki Gunung Prau

Gunung PrauGunung Prau (c) @muhammadsidik99

Mendaki Gunung Prau merupakan destinasi wisata di Dieng yang lebih cocok bagi para pecinta alam atau yang memiliki hobi mendaki gunung. Seperti bentuk pendakian lainnya, mendaki Gunung Prau membutuhkan persiapan. Mungkin Gunung Prau bukanlah jalur yang sangat terkenal seperti Sumbing, Sindoro dan Merapi, namun mendaki gunung ini memiliki kelebihan tersendiri dan juga pemandangan yang ditawarkan tidak kalah indahnya. Jalur pendakian bisa diakses dari Kendal atau Dieng.

Dengan ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut, ketinggian Gunung Prau lebih rendah dari gunung lainnya. Hal menarik di sini yang bisa Anda temukan di berbagai gambar wisata Dieng adalah bukit Teletubbies. Bahkan, ada bagian Gunung Prau yang terlihat seperti perbukitan di film Teletubbies.

Candi Arjuna

Candi ArjunaCandi Arjuna (c) @yogiahmad94

Dataran Tinggi Dieng tidak hanya menawarkan wisata alam yang indah, tetapi juga dapat dijadikan sebagai tujuan wisata budaya karena banyaknya pura. Salah satu candi yang ada di Dieng adalah Candi Arjuna. Selain itu, masih banyak candi lainnya seperti Candi Semar, Candi Puntadewa, Candi Srikandi dan Candi Sembadra. Menurut kitab suci yang ditemukan di dalam Candi Arjuna, Candi Arjuna kemungkinan besar dibangun pada awal abad ke-9.

Teater Dataran Tinggi Dieng

Teater Dataran Tinggi DiengTeater Dataran Tinggi Dieng

Keberadaan teater ini merupakan bentuk kepedulian Pemprov Dieng untuk memajukan kawasan ini dan menjadikan statusnya sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di Jawa Tengah. Lokasi di mana Teater Dieng dibangun pernah digunakan sebagai lokasi syuting film dokumenter tentang Dataran Tinggi Dieng berjudul “Bumi Khayangan Dieng”. Teaternya sendiri berkapasitas 60 orang. Jika Anda tertarik, jangan lupa untuk mengunjunginya karena perjalanan Anda ke Dieng tidak lengkap tanpa mengunjungi teater ini.

Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan AnginBatu Ratapan Angin

Destinasi wisata dengan nama unik ini adalah sebuah tebing tinggi yang terletak di sebelah Telaga Varna. Tempat ini juga menjadi salah satu tujuan wisata yang paling populer, karena wisatawan bisa melihat Telaga Varna dan Danau Pengilon dari atas dari sini.

Anda bisa membayangkan keindahan yang bisa diamati dari atas sana. Namun karena letaknya yang begitu tinggi, tentunya harus mengeluarkan tenaga tambahan untuk mencapainya. Jangan takut, usaha Anda akan terbayar begitu Anda berada di sana.

Jalatunda bagus

Objek wisata ini merupakan fenomena alam yang sangat menarik untuk diteliti. Sumur ini berdiameter sekitar 90 meter, yang menurut para ahli merupakan hasil letusan gunung berapi jutaan tahun yang lalu. Meski tersembunyi dan membutuhkan perjalanan panjang untuk mencapainya, Anda bisa menyebut ini sebagai salah satu wisata Dieng 2018 yang harus dikunjungi karena keunikan dan nilai sejarahnya.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button