Tempat Wisata

10 Foto Wisata Alam Kalibiru Jogja, Harga Tiket, Wahana, Fasilitas

wisata kalibiru jogja – Jogja, kota sejuta cerita lucu. Jogja memiliki sejuta pesona yang tidak akan pernah habis. Jogja sangat kaya, kaya akan budaya, pendidikan, gastronomi, tempat-tempat indah hingga objek wisata yang terkenal di dunia.

Ada banyak tempat wisata di Yogyakarta yang wajib kita kunjungi. Salah satu yang sedang booming akhir-akhir ini karena keuntungan yang berlebihan adalah wisata Kalibiru Kulon Progo. Selama ini Kulon Progo mungkin belum begitu terkenal dengan tempat wisatanya.

Terima kasih kepada seorang senimanmengunggah Foto saat liburan di tempat wisata Kalibiru Jogja Di akun Instagram pribadinya, tempat wisata Kalibiru Kulon Progo kini menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Selain karena keindahan alamnya yang mempesona, juga karena berbagai fasilitas yang telah disediakan.

Kali ini Wisataseru.com mengajak anda berlibur di tempat wisata alam kalibiru jogja yang tidak boleh anda lewatkan.

desa wisata kalibiru jogja dan hutan

Hutan Kalibiru terletak di kawasan Perbukitan Menoreh. Karena terletak di daerah perbukitan dengan ketinggian sekitar 450 meter di atas permukaan laut, kawasan Kalibiru Kulon Progo memiliki udara yang sejuk dan segar karena belum tercemar polusi udara.

Hutan negara ini kini dikelola oleh masyarakat sekitar dan dijadikan sebagai properti wisata alam dan wisata edukasi. Bagi anda yang tertarik untuk menikmati keindahan tempat wisata alam Kalianget Kulon Progo sebaiknya mempersiapkan tubuh terlebih dahulu. Karena belum lengkap jika ke Kalibiru, jangan mencoba jalur trekking.

Lokasi Obyek Wisata Alam Kalibiru Jogja

Lokasi tempat wisata alam kalibiru ini berada di Desa Hargowilis Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo. Hutan wisata ini hanya berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Jogja. Objek wisata ini terletak di dekat waduk Sermo. Karena perjalanan yang kita lalui menanjak, kami sarankan menggunakan kendaraan cc besar.

Lokasi tepatnya Hutan Kalibiru ada di Jl. Sermo-Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

desa wisata kalibirudesa wisata kalibiru

Rute Wisata Alam Kalibiru Jogja

Untuk menuju lokasi, berkendara dari kota Jogja memakan waktu sekitar 1-1,5 jam atau sekitar 45 km. Berikut beberapa rute yang bisa Anda ambil untuk menuju Kalibiru Kulon Progo:

Rute Sermo ke Kalibiru Kulon Progo

Rute pertama merupakan rute populer yang sering dilalui wisatawan, yaitu rute Sermo. Jalur ini menjadi favorit karena wisatawan juga bisa melihat pemandangan Bendungan Sermo yang menawarkan pemandangan alam yang indah.

Rute Sermo dari Jogja lebih cepat dicapai melalui Sentolo – Pengasih – Alun-Alun Wates – Rumah Sakit Wates – Beji – Sermo – Kalibiru. Caranya dari kota Jogja, setelah melewati jembatan Bantar (3 jembatan panjang berturut-turut), sekitar 3 km dari stasiun Sentolo, ikuti rambu ke kanan menuju Pengasih – Wates.

Rute Clereng ke Kalibiru Kulon Progo

Selain jalur Sermo, Anda juga bisa melewati jalur Clereng untuk menuju Kalibitu. Rute ini relatif lebih mudah dan cepat karena jalan yang kita lalui tidak sesulit rute Sermo.

Untuk jalur yang kita ambil dari kota Jogja ambil jalur yang sama dengan Sentolo – Pengasih, bedanya di pertigaan ambil arah kanan menuju Clereng – Kalibiru. Berhati-hatilah untuk tidak pergi terlalu jauh.

Sesampainya di pasar (kecil) Clereng, sekitar 300 meter, ada jembatan di tikungan. Setelah jembatan, sekitar 20 meter, ada papan petunjuk kecil (petunjuk) untuk berbelok ke kiri menuju Kalibiru.

Tentang Malioboro

Wisatawan juga bisa berkendara melalui Malioboro, lalu ambil jalur yang mengarah ke Purworejo, lalu ikuti saja jalan menuju terminal Wates. Begitu sampai di terminal, lihatlah plang atau rambu yang mengarah ke Waduk Sermo. Kemudian ikuti rute seperti di atas.

Tiket Masuk Kalibiru Jogja

Untuk menikmati fasilitas dan wahana di Hutan Kalibiru Kulon Progo, kita hanya perlu membayar tiket masuk untuk hari libur (weekend), Rp 10.000/orang; Hari biasa (weekdays): Rp 5.000/orang dan Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Obyek Wisata Alam Kalibiru Jogja

Tersedia berbagai fasilitas penunjang liburan seru, antara lain tempat parkir mobil yang luas, warung makan, fasilitas toilet, pendopo, homestay, campsite dan fasilitas tamasya.

Untuk menikmati pemandangan terbaik, kita harus memanjat menara pengintai di atas pohon. Setiap pengunjung yang ingin berfoto di lokasi dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati pengunjung adalah titik pandang di berbagai lokasi untuk menikmati pemandangan utama Waduk Sermo. Di pagi hari, wisatawan dapat melihat Sermo diselimuti kabut, sedangkan saat senja, pemandangan matahari terbenam ke barat adalah cara sempurna untuk mengakhiri hari.

Terdapat 6 homestay atau pondok wisata dan masing-masing dapat menampung 10-15 orang. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 120.000 per malam untuk cottage. Karena itu, tempat ini sering dijadikan sebagai tempat berkumpul, kumpul-kumpul, bahkan retret.

Fasilitas lain seperti cottage dan paviliun juga tersedia untuk disewa. Misalkan harga cottage sekitar Rp 120-125 ribu. Paviliun Rp 150.000, makan Rp 10.000/makan

Gardu Pandang Wisata Kalibiru KulonprogoGardu Pandang Wisata Kalibiru Kulonprogo

Nikmatnya Kuliner di Tempat Wisata Kalibiru Jogja

Jika anda berlibur ke Kalibiru Kulon Progo tidak perlu khawatir kelaparan, karena sudah banyak penjual makanan baik makanan ringan maupun berat yang bisa anda santap.

Di sekitar objek wisata Kalibiru sudah terdapat warung-warung, mulai dari kafe di pintu masuk setelah parkir hingga warung lesehan di pertigaan setelah sudut pandang pertama di atas bukit, dan setiap 50 meter Anda dapat dengan mudah menemukan pedagang mulai dari jajanan hingga sayur mayur dan nasi, samping masakan dan Mie Ayam Pangsit. Soal harga, Anda tidak perlu khawatir karena sangat terjangkau.

Foto-foto kegiatan santai di Kalibiru Jogja

Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di tempat wisata alam Kalibiru Kulon Progo:

wisata alam kalibiru kulonprogowisata alam kalibiru kulonprogo
objek wisata alam kalibiru kulonprogoobjek wisata alam kalibiru kulonprogo
wisata alam kalibiruwisata alam kalibiru

Olahraga rubah terbang

Tidak ada salahnya untuk menguji adrenalin anda disini, silahkan dicoba rubah terbang, dengan pilihan 50 meter dan 85 meter. Wisatawan dikenakan biaya Rp untuk seluncuran. 10.000 untuk dewasa dan Rp 5 ribu untuk anak-anak. Saat ini, fasilitas Flying Fox hanya dapat dibuka setiap hari Minggu dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

rubah terbang rubah terbang

kegiatan trekking

Aktivitas trekking merupakan salah satu aktivitas seru yang tidak boleh Anda lewatkan. Berbagai rute dan medan ditawarkan di sini, ada yang sepanjang 1,5 km, 3 km, 5 km, dan 7 km. Apalagi di jalur 7 km Anda bisa melihat Waduk Sremo dari dekat.

Berjalan melalui jalan setapak, Anda dapat melihat berbagai hewan langka seperti Elang Jawa, Ayam Alas, Landak, Babi Hutan, bahkan Harimau Jawa dan Harimau Kumbang kapan saja.

Aktivitas trekking di KalibiruAktivitas trekking di Kalibiru

Jembatan Monyet Kalibiru

Wahana lain yang harus Anda coba adalah Monkey Bridge.

Jembatan Monyet Kalibiru JogjaJembatan Monyet Kalibiru

Akomodasi di sekitar Kalibiru Jogja

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu menikmati sunset dengan menginap di kawasan dan di dekat tempat tersebut juga terdapat losmen dan homestay yang dikelola oleh warga sekitar. Harga homestay sekitar Rp 250.000 menurut salah satu penjaga yang dihubungi Admin.

hubungi manajer

Untuk informasi lebih jelas dan lebih lengkap sebaiknya menghubungi pengelola khususnya yang menginap silahkan hubungi Parjan di nomor hp 081392023122.

Menyimpulkan

Sebagai? Anda tertarik liburan bersama orang tersayang ke tempat wisata alam Kalibiru Jogja? Juga jangan lewatkan: 41 tempat makan enak di jogja.

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button