Berita Wisata

Karnaval Malam Wayang Jogja diadakan minggu ini, menargetkan 20.000 wisatawan: Okezone Travel

JUDUL Karnaval Malam Wayang Jogja ketujuh akan digelar pada puncak peringatan HUT Kota Yogyakarta ke-266 pada Jumat, 7 Oktober 2022. Acara ini bertujuan untuk menarik 20.000 wisatawan yang menikmati karnaval dengan konsep street art.

“Karena bisa digelar secara tatap muka lagi, kami berharap ada sekitar 20.000 wisatawan yang hadir. Acara terakhir yang digelar secara live pada 2019 ini dihadiri sekitar 15.000 wisatawan,” kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Andrini Wiramawati. di Yogyakarta pada Senin (10/3/2022).

Menurutnya, kemeriahan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) tahun ini hampir sama dengan digelarnya acara pada 2019 atau sebelum pandemi COVID-19.

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Populer di Tapanuli Utara yang Diguncang Gempa M6

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta juga mengundang sejumlah tamu luar kota atau luar kota bekerjasama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk datang dan menyaksikan kemeriahan karnaval dalam ‘Street art’.

“Kami hanya mengundang beberapa pejabat dari masing-masing daerah, tetapi mereka yang mengatakan ada di sana melebihi undangan,” katanya, seperti dikutip Antara. DI ANTARA.

Sementara itu, pemesanan hotel di sekitar lokasi kegiatan, lanjut Andrini, juga mulai meningkat. WJNC #7 akan digelar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Tugu dan akan berakhir di Jalan Margo Utomo.

Pada tahun 2022, WJNC juga berpartisipasi dalam Kharisma Event Nusantara untuk kedua kalinya sebagai acara reguler favorit.

“Masuk dalam agenda KEN sangat membantu kami untuk mempromosikan acara ini lebih luas. “Saya berharap lebih banyak wisatawan bisa datang,” katanya.

BACA JUGA:Ajak Pengusaha Singapura Investasi Pariwisata, Sandiaga: Kekuatan Indonesia Ada di wisata kesehatan

Promosi juga dilakukan melalui Tourism Promotion Organization (TPO) yang memiliki sekretariat di Busan, Korea Selatan, dengan harapan acara tersebut juga dikenal secara internasional.

Tahun ini, WJNC #7 mengambil tema Lokananta Arjuna Anugraha. Penampil berasal dari seniman profesional dan penampil dari masing-masing kecamatan di Kota Yogyakarta, 14 kecamatan dengan total peserta 500 orang.

Setiap kecamatan mengusung penokohan wayang yang berbeda namun tetap mendukung tema karnaval secara keseluruhan.

“Semua sudah kita cek. Semua persiapan berjalan dengan baik. Bisa dikatakan 80-90%,” ujarnya.

Sementara itu, Tim Kreatif WJNC No 7 Bima Setyanugraha mengatakan karnaval tetap berjalan dengan protokol kesehatan. Semua penampil diharuskan telah menerima vaksinasi booster dosis dan tetap menjaga kesehatan mereka sebelum acara.

“Kami juga membatasi jumlah peserta dari masing-masing kecamatan. Maksimal 30 seniman, kecuali kecamatan Danurejan dan Mantrijeron yang sangat antusias,” ujarnya.

Menggambar

Selama kegiatan berlangsung, jalan yang akan dilalui karnaval akan ditutup agar masyarakat dapat mengambil jalur alternatif agar tidak terjebak kemacetan.

“Pertunjukan seniman dari masing-masing kecamatan akan dipusatkan di Tugu Yogyakarta. Tidak ada tambahan langkah di jalan yang dilalui karena kita masih dalam masa transisi pandemi,” katanya.

Ia juga berharap masyarakat tidak berkumpul di tugu Yogyakarta tetapi bisa menikmati WJNC di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga simpang Jalan Gowongan.


Source: travel.okezone.com

Related Articles

Back to top button