Berita Wisata

Gubernur Sumbar Tanam 1.400 Batang Cemara di Pantai Nagari Nyiur Melambai

RINGKASAN LOG | Pesisir Selatan – Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar serta aparatur dan masyarakat desa, secara simbolis menanam 1.400 bibit cemara laut di Pantai Nagari Nyiur Melambai, Desa Sumedang, Pesisir Selatan Kabupaten, Selasa (4/4/2020). 10/2022).

Gubernur mengatakan, penanaman pinus maritim sangat membantu dalam mencegah abrasi pantai dan mengurangi tekanan air laut sehingga kawasan pantai bebas dari abrasi.

Apalagi Nagari Nyiur Melambai memiliki potensi wisata yang sangat bagus, sehingga diharapkan gubernur, masyarakat akan menjaga dan mengenali potensi wisata di kawasan pesisir dan danau.

Gubernur juga mengajak masyarakat untuk memelihara dan merawat pohon cemara hingga tumbuh dengan baik.

“Bagusnya pohon yang sudah ditanam itu ada bapak angkat dan ibu angkatnya. Siapa yang pohonnya paling subur akan mendapat hadiah, jadi saya jamin kalau kita gotong royong merawatnya, pohon itu akan tumbuh subur. diamankan, dirawat dan dipelihara dengan baik,” kata gubernur.

Lebih lanjut, Gubernur berharap pengembangan wisata pantai di Nagari Nyiur Melambai juga semakin berkembang sejalan dengan upaya pemantauan abrasi, erosi dan aktivitas manusia yang dapat merusak pantai.

“Saya lihat di ujung pantai ada danau sepanjang 180 meter yang bisa digunakan untuk atraksi jet ski,” kata gubernur.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar Desniarti mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan merawat tanaman pinus agar dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam jangka panjang.

Untuk mendukung hal tersebut, Wali Nagari Nyiur Melambai, Sofiyan mengakui bahwa efek dari keberadaan cemara ini dapat meminimalkan kecepatan angin dan mendinginkan kawasan yang ditanami pepohonan.

“Alhamdulillah kita sangat merasakan manfaat pohon pinus ini, tidak lagi merasakan adanya angin kencang atau puting beliung, sudah berkurang,” ujarnya. (Oleh/MMC)

Discominfotik Sumatera Barat

Source: jurnalsumbar.com

Related Articles

Back to top button