Tempat Wisata

Sungai Landak, sungai yang indah dan jenuh di Langkat

Sungai Landak merupakan salah satu wisata alam yang mempesona di tengah hutan tropis Bahorok, Langkat. Pemandian alami dengan air yang jernih, pesona batu namo samsah dan pemandangan hijau di sekitarnya.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Bukit Lawang, Kec. Bohorok, Kab.Langkat, Sumatera Utara; map: Cek lokasi

Sebuah sungai yang mengalir di Langkat, Provinsi Sumatera Utara, menarik perhatian banyak orang. Air yang mengalir di sana sangat jernih sehingga menimbulkan efek hijau kebiruan saat dipantulkan oleh sinar matahari. Tempat bernama Sungai Landak ini rajin dijadikan tujuan wisata bagi beberapa orang.

Selain itu, kebersihan yang dijaga oleh pengelola tempat wisata tersebut membuat cukup banyak orang yang senang berada di sana. Berbagai kegiatan yang dilakukan juga menjadi lebih seru karena tidak terhalang oleh sampah atau kotoran di sekitarnya. Bahkan, wisatawan juga bisa menyantap hidangan dari tengah sungai tepat di atas sungainya.

Perjalanan ke sana memang akan menyampaikan perasaan relaksasi yang alami dan cukup mengasyikkan. Tas yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar sehingga aman bagi siapa saja yang ingin ke sana. Rute untuk mengaksesnya juga tidak terlalu sulit, melalui beberapa kota terdekat.

Daya Tarik Sungai Landak

Daya Tarik Sungai LandakKredit foto: saluran Facebook Gapskin

1. Kejernihan air sungai

Hal ini membuat Sungai Landak menjadi tujuan wisata bagi sebagian orang yang berniat menghabiskan waktu di Sumatera Utara. Air sungai yang mengalir di sana cukup jernih, sehingga pengunjung bisa melakukan aktivitas apa saja untuk menambah keseruan momen liburan.

Pantulan cahaya saat mengenai air sungai juga menarik perhatian banyak orang. Gradien antara hijau dan biru muda terlihat begitu halus. Tidak jarang orang menggunakannya sebagai latar belakang untuk foto mereka.

Selain itu, saat air sungai menyentuh kulit tangan atau kaki, rasanya cukup segar. Hal ini meningkatkan minat masyarakat untuk lebih lama menjelajahi sungai. Tidak jarang mereka yang melakukan aktivitas mandi mulai berenang. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyemarakkan waktu liburan Anda di tempat ini.

2. Vegetasi hijau di sekitarnya

Banyak pohon tumbuh di sekitar Sungai Landak. Hal ini tentunya menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk datang ke sana dan menghabiskan waktu liburannya. Kehadiran vegetasi alami sangat berpengaruh dalam menciptakan suasana yang menyenangkan dan teduh saat berkunjung.

Tak jarang, warga yang singgah di situ sekadar mencari perlindungan di bawah semak-semak tanaman yang mengelilinginya. Di bawah pohon yang cukup tinggi, memang cukup nyaman. Tentu saja, udara segar yang segar dihirup oleh orang-orang yang berada di sana.

Hal ini juga membuat perasaan berada di objek wisata menjadi lebih sejuk. Bahkan jika terik matahari membakar kulit banyak di siang hari, tempat ini cukup untuk mendapatkan efek penetralisir. Beberapa orang juga merasakan suasana damai dan tenteram karena vegetasi alami yang tumbuh dengan indah.

Orang juga dapat menjadikannya latar belakang yang sempurna untuk foto yang mereka ambil. Aliran sungai yang jernih berpadu dengan rimbunnya pepohonan yang rindang, serta dedaunan hijau yang sangat halus untuk diabadikan. Oleh karena itu, banyak orang datang ke tempat yang cukup menawan.

3. Gundukan pasir di tepi Sungai Hedgehog

Atraksi Sungai LandakSumber gambar: Google Maps Nurie’s Shobakh

Ini bisa menjadi daya tarik lain dari Sungai Landak karena dengan gundukan pasirnya terlihat seperti pantai kecil di tepi laut. Hanya saja areanya tidak besar, ditambah aliran sungai yang hanya memiliki outlet yang tidak terlalu besar sehingga tidak memiliki ombak seperti pantai sungguhan.

Tempat ini dapat digunakan oleh pengunjung tempat untuk berbagai kegiatan menarik. Bahkan, beberapa orang menggunakannya sebagai tempat untuk mendirikan tenda agar bisa bermalam di sana. Tidak jarang terlihat beberapa tenda didirikan di area tersebut.

4. Kebun dekat sungai

Tidak jauh dari tempat wisata terdapat perkebunan yang ditanami berbagai macam buah-buahan, termasuk durian. Sangat menarik untuk mengeksplorasi ini lebih jauh, yang membuat pengalaman perjalanan menjadi lebih menarik.

Para wisatawan bisa langsung melihat pohon durian yang menjulang tinggi di tempat ini. Selain itu, mencoba buahnya secara langsung juga sangat menyenangkan. Beberapa jenis durian yang rasanya enak bisa dicicipi dan dibeli sebagai aksesoris perjalanan atau oleh-oleh.

Alamat dan rute ke Sungai Landak Lokasi

Alamat Alamat Sungai LandakSumber Gambar: Google Maps Suwondo Ng

Objek wisata di Sungai Landak ini terletak di provinsi Sumatera Utara tepatnya di Kabupaten Langkat. Tempatnya tidak jauh dari Bukit Lawang di distrik Bohorok. Ini adalah bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) kawasan Timbang Lawan.

Jika Anda ingin ke tempat ini, dibutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan dari Medan. Pengunjung harus melewati kawasan Binjai sesaat setelah keluar dari kawasan Kota Medan. Setelah itu, lanjutkan perjalanan melalui kawasan Namu Mbelin dan terus menuju Bukit Lawang.

Setibanya di Bukit Lawang, rute yang ditempuh adalah sisi kiri tepat setelah melewati jembatan penyeberangan. Kendaraan yang digunakan hanya perlu mengikuti jalan setapak dan akhirnya sampai di lokasi tempat wisata.

Biaya masuk Sungai Landak

Harga tiket Sungai LandakSumber gambar: Google Maps Taras Nadtoka

Anda tidak perlu merogoh kocek untuk mengakses tempat wisata ini. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk mendapatkan tiket masuk. Ini sangat terjangkau mengingat banyak sekali hal yang bisa wisatawan dapatkan di sana.

Sementara itu, biaya parkir bagi pengunjung kawasan wisata ini juga tidak terlalu mahal. Anda hanya membayar sekitar biaya masuk per kendaraan. Setiap kendaraan bermotor hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 5.000 untuk parkir di tempat yang telah disediakan.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Sungai Landak, Anda juga perlu memperhatikan waktu berkunjung. Pengunjung bisa datang ke sana kapan saja, namun tidak ada petugas pengelola yang bertugas di malam hari, apalagi dini hari. Oleh karena itu, disarankan untuk sampai di sana setidaknya antara jam 8 pagi dan waktu yang sama di malam hari.

Kegiatan menarik di Sungai Hedgehog

Aktivitas di Sungai HedgehogKredit foto: Google Maps Sohar Mingal

1. Cobalah tur taman

Jika ditelusuri lebih jauh, tempat wisata yang satu ini menawarkan aktivitas menjelajahi perkebunan di sekitarnya. Pengunjung bisa langsung melihat hasil kebun di sana. Aneka buah-buahan seperti cempedak, durian dan sebagainya diproduksi.

Melewati areal penanaman buah sebenarnya merupakan kegiatan alternatif yang sangat-sangat menarik. Selain bisa dinikmati buah segar karena langsung dari tempat tumbuhnya, juga bisa digunakan untuk menyegarkan pikiran dari penatnya aktivitas sehari-hari.

2. Sensasi makan di tengah sungai

Mungkin inilah daya tarik terbesar Sungai Hedgehog. Ada ruang makan yang sangat berbeda dan unik untuk tamu lapar. Tempatnya tidak biasa karena berada di tengah sungai yang mengalir.

Sensasi menyantap hidangan pun semakin menyenangkan saat bisa merasakan air tepat di bawahnya. Selain itu, suara gemericik air bisa langsung terdengar, menciptakan suasana yang pas untuk menikmati berbagai hidangan yang bisa dipesan di tempat.

Tempat ini menawarkan pengalaman bagi setiap orang yang datang ke sana untuk lebih dekat dengan alam. Perasaan air yang mengalir di kaki Anda saat Anda makan tidak dapat ditemukan di mana pun selain di Sungai Hedgehog.

3. Nikmati Aliran Sungai yang Jernih

Air yang mengalir di sungai ini sangat jernih dan memberikan rasa kesegaran yang tidak mudah dilupakan. Pengunjung bisa menikmatinya dengan berbagai cara. Misalnya dengan hanya mandi untuk menyegarkan tubuh dan merilekskan tubuh.

Beberapa wisatawan juga berenang menyusuri sungai dan menemukan kesenangan mereka sendiri. Bebatuan di bagian bawah terlihat dari atas dan dapat digunakan sebagai tendangan. Saluran yang tidak terlalu besar membuat air di Sungai Landak mengalir dengan lancar dan tidak terasa deras.

4. Mendirikan tenda di area

Kegiatan menarik di Sungai HedgehogKredit foto: Google Maps Dhedi Zawa

Tempat wisata ini juga menawarkan aktivitas yang jarang bisa dilakukan di tempat lain. Ada area berpasir yang kecil tetapi bisa digunakan untuk berkemah di tepi sungai. Suasana di tempat ini terasa sejuk dan nyaman bagi yang suka berkemah bersama kerabat atau teman.

5. Coba akomodasi unik

Tidak jauh dari lokasi objek terdapat beberapa penginapan unik berupa rumah-rumah kecil bagi wisatawan yang ingin bermalam di kawasan tersebut. Desain di tempat ini terlihat etnik seperti suku-suku primitif di dalamnya.

Lebih dari satu cottage tersedia untuk disewa oleh pengunjung yang ingin merasakan sesuatu yang berbeda. Fasilitas venue tentunya juga lengkap dan memadai untuk memenuhi kebutuhan para tamu yang hadir. Selama menginap, tamu yang menginap juga bisa merasakan suasana asri di lingkungan alam.

6. Bersantai di tepi sungai

Berbagai spot bisa ditemukan wisatawan untuk sekedar beristirahat sejenak di tempat yang sangat menyegarkan pikiran. Pengunjung bisa menikmati sejuknya suasana di sekitar sungai dan merasakan sejuknya air yang menerpa kulit kaki.

7. Ambil foto untuk mengabadikan momen

Ini adalah suatu keharusan ketika mengunjungi tempat wisata alam menarik yang menawarkan perpaduan aliran sungai dan vegetasi alami di lingkungan yang indah. Dengan keindahan kombinasi ini, pengunjung dapat menemukan berbagai titik yang cocok untuk fotografi, dan hasilnya akan sangat mengesankan untuk mengabadikan momen liburan.

Fasilitas yang tersedia di Landak River Langkat

Fasilitas Sungai LandakKredit foto: Google Maps Habib Arianto

Mengunjungi tempat tersebut, pengunjung tidak perlu khawatir karena fasilitas yang disediakan pengelola cukup lengkap untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Toilet umum dan mushola juga tersedia. Selain itu, terdapat juga tempat parkir mobil yang cukup untuk menampung kendaraan pengunjung.

Berkunjung ke Sumatera Utara memang merupakan pengalaman wisata yang menyenangkan. Selain Danau Toba, Sungai Landak juga bisa menjadi tujuan wisata yang sangat cocok, apalagi jika Anda pergi bersama keluarga atau teman. Berbagai pesona bisa dinikmati dengan berbagai aktivitas menarik.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button