Berita Wisata

Sedekah Laut Pantai Baron dibanjiri ribuan turis asing

tanpa judul

Krjogja.com – WONOSARI – Warga dan nelayan pesisir selatan Kabupaten Gunungkidul menggelar ritual sedekah laut di Pantai Baron, Tanjungsari, Rabu (10/05/2022). Sejumlah gunung berisi sesajen seperti kepala kambing, dua ekor ayam, nasi uduk, ingkung dan ramp ubo lainnya dibawa ke Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul. Prosesi berdodo yang diiringi enam wanita bermahkota turut memeriahkan karnaval gunung yang dihadiri ribuan orang dan wisatawan.

“Sedekah dari laut ini merupakan ungkapan rasa syukur masyarakat pesisir kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sudah berlangsung ratusan tahun,” kata Panewu Tanjungsari, Edy Sedono.

Upacara pemberian sedekah laut dan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dilakukan dengan berdoa bersama agar masyarakat pesisir, nelayan dan wisatawan selamat. Kegiatan ini rutin dilakukan menjelang puncak panen ikan yang biasanya terjadi di Pantai Baron pada akhir tahun.

Upacara budaya ini juga mensyukuri anugerah laut yang saat ini menjadi salah satu sumber pendapatan penduduk, terutama sebagai tempat memancing dan mengunjungi wisatawan.

Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto juga menyaksikan prosesi sedekah laut ini dari awal hingga akhir. Ia pun ikut melarung atau melepas sesaji dan sesajen yang telah disiapkan. Bupati Heri Susanto berharap ada sinergi lintas sektor agar tradisi ini dapat dipertahankan dan ditetapkan sebagai daya tarik wisata. Apalagi tradisi ini sudah menjadi kearifan lokal.

“Tradisi ini merupakan bagian dari keistimewaan kita yang harus terus kita lestarikan,” pungkasnya.(Bmp)

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Back to top button