Tempat Wisata

Pulau Penyu Jambi – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Tempat & Biaya Wisata

Pemandangan, aktivitas liburan, tempat & biaya perjalanan – pulau penyu salah satu pulau eksotis kecil tak berpenghuni di Tanjung Jabung Timur, Jambi. Pulau dengan pantai berpasir putih dan laguna yang memukau mampu memanjakan mata para pengunjung.

Biaya Tur: Rp80.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Daerah. Sadu, Kab.Tanjung Jabung Timur, Jambi; map: Cek lokasi

Pulau Penyu Jambi atau yang juga dikenal dengan Pulau Telur merupakan kawasan yang tidak berpenghuni. Dalam arti, tidak ada orang yang tinggal di sini. Penduduk tempat itu hanya menggunakannya untuk mencari kayu bakar. Disebut pulau penyu karena menyesuaikan dengan fakta dan situasi yang ada.

Tempat ini merupakan salah satu tempat pemberhentian penyu di Provinsi Jambi. Pulau kecil tapi estetis dan instagenic. Anda dapat menemukan kawanan penyu yang mendekati pantai untuk bertelur ratusan.

Selain daerah yang tidak berpenghuni, pulau ini juga cukup sulit untuk diakses. Anda harus melewati jalur darat dan laut satu demi satu. Namun, ketika Anda tiba di tempat tujuan, rasa lelah apa pun yang mungkin timbul akan menghemat uang Anda.

Memiliki atraksi di Pulau Penyu

Atraksi Pulau PenyuKredit foto: Google Maps Youngky Xie

1. Alam yang indah khas pulau tak berpenghuni

Layaknya sebuah kawasan yang tidak berpenghuni manusia, lingkungan di tempat ini terbilang cukup terawat. Tidak ada sampah, sampah rumah tangga atau barang lain yang berpotensi merusak lingkungan. Tentu saja, ini adalah salah satu hal terpenting yang akan membuat Anda betah.

Padahal, lingkungan di pulau ini asri dan nyaman. Jika Anda menemukan sampah, itu hanya jenis organik yang mudah terurai. Misalnya sisa-sisa kayu yang membusuk, daun dan ranting yang tumbang.

Kebersihan ekologis Pulau Penyu dibuktikan dengan perairannya yang jernih dan berwarna kehijauan. Anda bisa melihat ke dasar laut. Selain itu, tumbuh pohon yang rindang dan kokoh, yang daunnya berwarna hijau dengan kejenuhan yang berbeda.

Konsisten dengan keindahan yang ditawarkan, tidak lengkap rasanya jika melewatkan pesona pasirnya. Warnanya putih bersih dengan tekstur halus. Anda akan mendapatkan perasaan lembut saat berjalan di area tepi laut. Butiran pasir seolah menggelitik kaki Anda.

Tidak berhenti di situ, masih ada Pekerjaan menarik lainnya. Jangan lupakan dinding batu yang curam. Jika biasanya bebatuan di pantai agak curam dan keras, maka sedikit berbeda dengan potret bebatuan di Pulau Penyu.

Anda akan menemukan bebatuan dengan berbagai ukuran yang tersebar di sekitar area ini. Ada yang besar tersebar di sudut-sudut pulau, dekat laguna, ada juga yang tersebar di dalam laguna. Yang unik adalah tekstur bebatuannya yang cukup halus. Hampir tidak ditemukan sesuatu yang tajam dan kasar. Ini memungkinkan Anda untuk bersantai di atasnya.

2. Tempat berteduh penyu

Penyu termasuk dalam kelompok reptil. Keberadaannya meluas ke seluruh pelosok lautan kecuali daerah kutub. Kura-kura bisa disebut hewan legendaris karena mereka hidup selama jutaan tahun.

Penyu menghabiskan sebagian besar hidupnya di laut lepas. Namun, penyu betina akan pindah ke wilayah pesisir ketika tiba saatnya bertelur. Telur-telur tersebut kemudian diletakkan di dalam lubang oleh induknya. Sarangnya cukup sulit ditemukan karena tertutup lapisan pasir.

Hanya saja saat berkunjung ke Pulau Penyu, peluang melihat segerombolan reptil bertelur ini cukup besar. Hal ini karena masyarakat setempat mengakui penyu sering mampir ke kawasan ini.

Tidak jelas berapa banyak penyu yang mampir setiap musim. Berdasarkan informasi masyarakat, telah ditentukan bahwa setidaknya 5 hingga 6 ekor penyu betina turun setiap musim pemijahan. Kabar baiknya adalah jika Anda beruntung, Anda bahkan mungkin bisa menyaksikan proses bertelur secara langsung.

3. Laguna yang Tenang

Laguna adalah kolam air asin, mirip dengan danau, yang sering terjadi di dekat pantai. Terbentuk oleh adanya pembatas seperti koral, pasir, bebatuan dan sejenisnya. Laguna umumnya terpisah dari hamparan laut. Selain itu, ukurannya relatif kecil dan rata.

Meskipun laguna dikelilingi oleh penghalang, biasanya ada celah sempit yang menghubungkannya langsung ke laut. Air akan mengalir melalui celah-celah. Situasi seperti itu memungkinkan untuk menahan gelombang. Akibatnya, air di kawasan laguna ini relatif lebih tenang.

Anda akan menemukan laguna ketika Anda datang ke Pulau Penyu Jambi. Pekerjaan yang cocok untuk permainan air seperti berenang, menyelam atau sekedar berendam. Keadaan relatif aman karena tidak ada ombak. Anda bahkan tidak perlu takut jika mengajak anak kecil bermain di sini.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Penyu

Alamat Pulau PenyuKredit foto: Google Maps Youngky Xie

Pulau cantik ini terletak di Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Dari Kota Jambi, Anda perlu menempuh jalur darat menuju Pelabuhan Nipah Panjang. Biasanya perjalanan memakan waktu sekitar 3-4 jam. Biaya sewa mobil wisata sekitar Rp 60.000.

Sesampainya di Pelabuhan Nipah Panjang, Anda perlu melanjutkan perjalanan laut menuju Pulau Berhala dengan kapal motor selama kurang lebih 1 jam. Dari sini, dibutuhkan 10 menit perjalanan dengan pompong penduduk setempat ke Pulau Penyu. Harga yang ditetapkan untuk menyewa pompong adalah Rp 20.000 dengan layanan antar jemput.

Perkiraan biaya perjalanan ke Pulau Penyu Jambi

Perkiraan biaya perjalanan ke Pulau Penyu JambiKredit foto: Google Maps Youngky Xie

Mengunjungi objek wisata yang satu ini tidak akan memungut biaya tiket masuk. Pemerintah setempat berencana menjadikan pulau eksotis ini sebagai tujuan utama di Jambi. Iklan media sosial telah intens, tetapi sedikit yang terdengar sekarang.

Namun, karena akses perjalanan tidak mudah, sepertinya Anda harus membayar ekstra untuk akomodasi. Berangkat dari Kota Jambi menuju Pelabuhan Nipah Panjang melewati Pulau Berhala hingga tiba di tempat tujuan.

Jika Anda tidak ingin repot mempersiapkan segala kebutuhan Anda, baik pilihan transportasi maupun logistik, menyewa jasa adalah ide yang bagus. wisata dan perjalanan.

Aktivitas seru di Pulau Penyu

Aktivitas seru di Pulau PenyuKredit foto: Google Maps Youngky Xie

1. Berkemah untuk melihat bintang

Jika biasanya hutan dan gunung dijadikan sebagai tempat camping, kini saatnya Anda mencoba suasana baru. Sebelum Anda pergi, pastikan semua kebutuhan Anda terpenuhi. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat kondisi medis tertentu.

Kegiatan camping menjadi lebih seru jika mengajak orang-orang terdekat. Jangan mencoba pergi sendiri karena posisi pulau ini cukup terpencil. Ada baiknya jika Anda menyiapkan alat musik seperti gitar untuk menambah keseruan.

Bernyanyi diiringi api unggun, di tengah keterbatasan fasilitas, merupakan kegiatan yang patut dicoba. Juga, Anda berada di sebuah pulau kecil yang dikelilingi oleh lautan. Saat malam tiba, Anda dan kelompok Anda dapat melihat bintang-bintang di langit. Kemungkinan besar, suasana langit akan ramai dan megah karena bebas dari polusi.

Hindari berkunjung saat musim hujan. Pasalnya, gelombang laut bisa sangat tinggi. Lagi pula, tentu saja, tidak ada pompong yang berani menyeberangi lautan.

2. Fitur air

Kondisi laguna di Pulau Penyu cukup tenang untuk dijadikan area berenang. Jika lelah berenang, Anda bisa berhenti sejenak di bebatuan. Bersandarlah dan nikmati keheningan alam. Anda juga bisa menyelam untuk melihat kondisi bawah laut. Airnya yang jernih tidak akan mengganggu Anda.

3. Bermain pasir

Aktivitas ini paling baik dilakukan pada pagi hari saat matahari tidak terlalu tinggi. Anda bisa berbaring di pasir dan melihat langit biru. Jika memungkinkan, Anda dapat mencoba mengubur setengah tubuh Anda di pasir. Rasakan kelembutan dan kehalusan setiap butirnya.

Anda juga bisa memanjat bebatuan saat malam menjelang. Duduklah dengan tenang sambil menunggu matahari terbenam. Lereng oranye yang membentang di antara pantai dan pepohonan pasti sangat mempesona.

Akomodasi murah terdekat dari Pulau Penyu

hotel fantasiSumber gambar: Twitter pasangan_fantasi

1. Akomodasi bersama kami

Mengingat lokasi Pulau Penyu yang tidak berpenghuni, maka akomodasi terdekat tersedia di area lain, lebih spesifiknya di sekitar Pelabuhan Nipah Panjang. Salah satunya adalah Our Together Inn. Jaraknya sekitar 2 kilometer dari pelabuhan atau sekitar 10 menit perjalanan.

Harga sewa sangat murah, hanya berkisar Rp50.000-70.000 per malam. Cocok sebagai referensi untuk istirahat sejenak, terutama untuk Anda backpacker. Layanan ini ramah.

2. Tempat perlindungan permata Ranta Rasau

Sekitar 20 kilometer melewati pelabuhan Nipah Panjang. Anda bisa mengabadikan penginapan ini dalam waktu kurang dari 1 jam. Desainnya didominasi warna cerah seperti kuning dan oranye.

Permata Rantau Rasu menawarkan fasilitas yang cukup lengkap. Tempat parkirnya luas dan aman karena dikelilingi pagar beton. Sebuah reservoir tersedia sebagai reservoir air. Selain itu, kamarnya luas dan bersih. Fasilitas penunjang lainnya antara lain kipas angin, kasur busa, toilet, dan lain sebagainya.

4. Hotel fantasi

Selain itu, Fantasy Hotel berjarak 30 kilometer dari pelabuhan Nipah Panjang. Anda akan perlu mengendarai kendaraan bermotor selama kurang lebih 1 jam. Suasana di sini cukup bagus. Dalam hal peralatan juga, ketersediaannya praktis standar. Ada kasur, toilet, tempat parkir dan lain-lain.

Fasilitas di Pulau Penyu Jambi

Fasilitas di Pulau Penyu JambiKredit foto: Google Maps Youngky Xie

Tidak ada fasilitas umum yang tersedia di sini. Seperti di daerah tak berpenghuni, Anda perlu menyeberang ke Pulau Berhala untuk mencari kebutuhan pokok. Oleh karena itu, disarankan untuk mempersiapkan peralatan sebaik mungkin sebelum memutuskan untuk bertamasya.

Padahal, Pulau Penyu memiliki potensi yang besar. Ada banyak keindahan di sana. Alangkah baiknya jika semua pihak bersinergi untuk menciptakan wisata bahari yang baik.

Sekian informasi mengenai Pulau Penyu di Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi yang menarik untuk dijelajahi saat liburan. Meski harus menempuh jarak yang jauh, keindahan alamnya akan memukau Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button