Berita Wisata

Gumas memiliki tiga potensi wisata

KUALA KURUUN – Kabupaten Gunung Mas (Gumas) yang luasnya 10.804 kilometer persegi, memiliki potensi sumber daya alam dan daya tarik wisata yang menjanjikan.

Berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Gumas, sumber daya alam Gumas memiliki tiga potensi wisata yang pengembangannya dinilai sangat layak.

Sekretaris Disbudpar Gumas Elkewirke mewakili Bupati Gumas mengatakan, ada beberapa potensi kawasan strategis di negara Habangkalan Penyang Karuhei Tatau. Diantaranya terdiri dari tiga titik wilayah, seperti di utara, timur dan barat. Mulai dari wisata alam, budaya hingga wisata buatan.

“Ada tiga sektor potensial di kawasan strategis ini, seperti sektor wisata alam di utara yaitu kecamatan Damang Batu dan Tewah, wilayah barat di Kurun dan Mihing Raya, dan wilayah timur di Rungan, Barat. Rungan dan Manuhing. Raya,” ujarnya. Elkewirke disebutkan pada Kamis (6/10).

Ia mengatakan, wisata alam seperti di Kabupaten Damang Batu, terletak di Riam Hiran, Bamburing, Sambajad, Hantipan, Bukit Raya, Bukit Keminting, Tatan Samatuan, Puruk Sandukii atau Telunjuk di Hulu Sei Kahayan, di Kecamatan Tewah yaitu Batu Suli dan Kurun adalah Desa Wisata Hurung Bunut, Air Terjun Bawi Kameloh Batu Mahasur.

“Untuk Mihing Raya ada Bukit Tambak Raja, Rungan ada Punggungan Guhung Rawai, Hutan Ulin di Desa Parempei, Batu Bagalang, Batu Bajaung di Rungan Barat dan Gohong Karahan, Bukit Suling di Manuhing Raya,” ujarnya.

Sementara itu, lanjutnya, untuk wisata budaya di Betang Damang Batu, Desa Tumbang Anoi, Makam Damang Pijar di Mahuroi, Kecamatan Damang Batu, di Miri Manasa ada Betang Singa Kenting, Betang Jaga Kamis. Situs Tamangung Amai Rawang, Tambun Bungai, Batu Bulan, Bukit Ngalangkang dan Sandung Nyai Balau, Kecamatan Tewah.

Kemudian di Sepang ada Kaleka Betang Siwung, Sandung Dambung Tahunjung Danau Dai, Sandung Basir Loting Mihing Raya, Betang Toyoi Rungan, Kaleka Betang, Kuta Hantapang, Kuta Mapot, Sandung Ongko Gerek di Rungan Hulu, jelasnya.

Ia menambahkan, tur mandiri diselenggarakan ke Bendungan Sakata Juri Tewah, Desa Wisata Hurung Bunut, Sakata Juri Kurun, Taman Kota, Taman Patung Tambun Bungai, Bundaran Monumen Selamat Datang dan di Jembatan Kahayan di Kabupaten Kurun. (miliknya)

Source: pedigital.id

Related Articles

Back to top button