Tempat Wisata

Taman Kencana, Taman Bersejarah untuk Nongkrong dan Makan di Kota Bogor

Taman Kencana adalah salah satu taman paling keren di Babakan, Kota Bogor, Jawa Barat. Taman budaya Belanda ini menjadi tujuan warga untuk bersantai sambil menikmati kelezatan kuliner dalam suasana hijau yang menyejukkan.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 07.00-22.00 WIB, Alamat: JL.Lodaya Blok Metal No.40, Babakan, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Taman Kencana mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda warga luar Bogor, namun bagi warga Bogor pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat yang satu ini. Taman ini merupakan salah satu destinasi yang menawarkan suasana pepohonan yang asri, tenang dan rimbun.

Merupakan fakta yang mengejutkan bahwa taman ini pernah menjadi proyek pembangunan yang akan dibangun pada masa Belanda. Taman ini dibangun bersamaan dengan proses pembangunan kota Bogor saat itu. Fakta ini sendiri mungkin tidak diketahui warga Bogor, karena jarang diketahui.

Terlepas dari sejarah sejarah Belanda, taman ini cocok sebagai tempat bersantai atau mengajak anak-anak bermain. Karena memiliki ukuran yang besar dan lingkungan yang hijau membuat Anda merasa nyaman.

Tempat Wisata Taman Bogor Kencana

Daya tarik Taman EmasSumber gambar: Facebook @kusmayadi.buitenz

Taman ini sebenarnya memiliki daya tarik yang bisa membuat tempat ini lebih dikenal pengunjung dan membuat pengunjung datang. Di bawah ini adalah beberapa tempat wisata di Taman Kencana.

1. Taman bersih dan suasana tenang

Taman ini tidak jauh dari Kebun Raya Bogor dan kawasan Taman Sempur yang biasa digunakan warga untuk berolahraga. Lokasi tempat ini sebenarnya dekat dengan keramaian dan berada di dalam kawasan perkotaan, namun sayangnya taman ini jarang dijamah oleh masyarakat sekitar.

Padahal taman ini memiliki banyak pepohonan yang menambah sejuk dan rindangnya suasana, sekaligus surga saat terik matahari. Tempat ini memiliki lingkungan yang bersih, asri dan tentunya nyaman, namun anehnya orang jarang datang kesini. Taman ini juga nyaris terlupakan karena jarang dikunjungi.

Hingga akhirnya pada tahun 2015 dilakukan revitalisasi dan menjadikan tempat ini penuh kembali. Bahkan, kebanyakan pengunjung yang datang ke sini hanya untuk mencari wisata kuliner tidak berkunjung. Tempat ini harus direvitalisasi agar lebih banyak pengunjung datang ke sini.

2. Asal Usul dan Sejarah Taman Kencana

Kaitannya dengan masa penjajahan Belanda di jaman dahulu membuat tempat ini unik. Kawasan ini awalnya dikembangkan dengan tujuan untuk dihuni oleh para bangsawan Eropa atau masyarakat kelas atas. Oleh karena itu, ketika Anda mengunjungi tempat ini, Anda akan terkesan dengan gaya bangunan Indo-Eropa dan kemiringan atapnya 35 derajat.

Tujuan pembangunan atap miring adalah untuk mengantisipasi tingginya curah hujan di kota ini. Perencana rancang bangun ini merencanakan untuk merancang taman sebagai tempat rekreasi dan ruang terbuka hijau. Akhirnya rencana pembangunan kawasan ini disetujui oleh pemerintah Belanda pada waktu itu dan pembangunannya dilakukan antara tahun 1926 dan 1930.

Setelah taman ini dibangun dinamakan Von Imhoff Plein atau Von Imhoff Square, nama ini diambil dari pendiri Istana Bogor atau sebelumnya Buitenzorg. Pada masa pasca kemerdekaan Indonesia, kawasan ini dialihkan oleh pemerintah Indonesia dan nama taman ini diubah menjadi Taman Kencana.

3. Tempat berlatih

Dengan luas tanah sekitar 5.000 meter persegi, taman ini cocok untuk olahraga outdoor. Di area hijau ini juga dibangun lintasan lari yang berfungsi untuk berolahraga.

4. Tempat yang menyegarkan

Objek wisata aman Kencana BogorKredit foto: Instagram Dicky Pratama

Dengan suasana yang tenang dan asri, tempat ini cocok untuk bersantai atau sekedar menikmati kendaraan yang berlalu lalang. Bagi Anda yang menginginkan suasana santai di tengah kota Bogor, tempat ini menjadi salah satu rekomendasinya.

Taman ini memiliki suasana dan lingkungan yang mendukung bagi Anda yang membutuhkan suasana santai untuk diri sendiri. Atau duduk di bangku taman bersama teman atau pasangan dan mengobrol tentang kegiatan hari itu.

5. Wisata kuliner

Jika Anda datang ke sini maka perut Anda akan lapar, ada beberapa penjual yang menjual berbagai jenis makanan seperti: B. Acar, Bakso, Kupat, Gentong, makanan khas Bogor. Di sekitar tempat ini juga terdapat restoran dan kafe, namun semuanya tetap dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Beberapa makanan yang dijual di sini memiliki cita rasa khas londo, kata pengunjung yang pernah mencoba masakan di sini. Ada beberapa makanan ikonik di sekitar tempat ini seperti roti gulung lasagna, pie apel Pia, rumah cupcake dan makaroni panggang yang diburu pengunjung.

6. Pohon hijau

Banyaknya ekosistem pohon di taman ini berkontribusi terhadap masalah penghijauan di Kota Bogor. Pepohonan hijau di taman ini juga menjadi daya tarik yang menarik pengunjung untuk mencari tempat berteduh atau sekadar datang dengan maksud untuk menyerap suasana di sini.

Alamat dan rute menuju lokasi Taman Kencana

Alamat Taman EmasSumber gambar: Twitter Yudha Dharma Putra

Lokasi taman bersejarah ini berada di Kecamatan Bogor Tengah, Jalan Taman Kencana 1, RT 03/RW 03 Babakan, Kota Bogor, Jawa Barat. Lokasi taman ini merupakan pertemuan beberapa ruas jalan seperti Jalan Ceremai Ujung, Jalan Tangkuban Perahu dan Jalan Salak.

Karena merupakan pertemuan beberapa jalan, Anda dapat dengan mudah mencapai taman ini, pengunjung juga dapat menggunakan transportasi umum untuk sampai ke sana. Bagi Anda pengunjung yang tinggal di wilayah Jakarta, Anda dapat mengaksesnya dengan mudah. Pertama, berkendara ke Tol Jagorawi dan keluar di Gerbang Tol Bogor.

Dari sana, belok kanan di pertigaan setelah pintu tol, lalu lurus sepanjang jalan utama melewati Kebun Raya Bogor. Pilih arah dari Jalan Raya Pajajaran dan masuk ke Jalan Salak. Atau lebih mudahnya anda bisa melihat akses disana di google maps.

Pengunjung tidak dikenakan biaya apapun untuk mengunjungi dan memasuki taman, artinya gratis. Taman ini buka setiap hari dari pukul 08:00 hingga 22:00, sehingga Anda dapat mengunjunginya setiap hari hingga malam hari. Hanya saja ada biaya parkir bagi Anda yang datang ke sini dengan kendaraan.

Aktivitas menarik di Taman Kencana

Aktivitas di Taman EmasKredit foto: Google Maps Muhamad Ridwan

1. Berolahraga

Tempat ini cocok untuk Anda sebagai lapangan olahraga karena Taman Kencana luas sehingga cocok untuk kegiatan olahraga outdoor. Bagi Anda yang mencari lapangan olahraga, taman ini bisa menjadi tempat yang direkomendasikan untuk olahraga. Pada Minggu pagi, beberapa warga juga melakukan kegiatan olahraga di sini.

2. Tempat nongkrong santai

Dengan suasana yang tenang dan asri, tempat ini cocok bagi anda yang ingin bersantai dan menikmati keadaan kota Bogor. Biasanya, pengunjung datang untuk sekedar hang out bersama teman-teman sambil duduk-duduk dan mengobrol. Suasana di taman ini memang kondusif untuk relaksasi banyak pengunjung yang betah dan nyaman di sini.

3. Nikmati kelezatan kuliner

Ada banyak penjual makanan, warung makan dan kafe yang menjual makanan khas Bogor. Bagi Anda yang bukan penduduk lokal atau pengunjung dari luar kota Bogor, Anda wajib membeli makanan ini dan mencoba mencicipinya. Makanan khas daerah ini juga bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke kota Bogor.

4. Abadikan momen

Aktivitas di Taman EmasSumber Gambar: Google Maps Aries Yuda

Saat anda berkunjung ke Taman Kencana Bogor pasti anda mengabadikan momen tersebut terutama bagi anda yang datang bersama teman, keluarga ataupun sahabat. Ada beberapa spot foto menarik di sini, jadi jangan lupa untuk mengabadikan momennya.

5. Piknik keluarga

Anda juga bisa datang bersama keluarga dan anak-anak untuk piknik atau sekedar mengajak anak bermain. Di tempat ini juga terdapat arena bermain untuk anak-anak yang akan membuat anak-anak senang berada disini. Karena berada di area jalan yang sibuk, Anda juga perlu mengawasinya.

Beberapa pengunjung yang datang ke sini untuk membawa keluarganya ke sini untuk berlibur atau piknik juga datang ke sini. Pasalnya, suasana di taman asri ini nyaman dan asri, ditambah dengan rimbunnya pepohonan.

Fasilitas yang tersedia di Taman Kencana Bogor

Taman EmasKredit foto: Google Maps Rifki Syahputra

Mengenai fasilitas di Taman Kencana, sudah banyak fasilitas yang memadai. Misalnya, adanya penghalang tabrakan di pintu gerbang, yang mencegah sepeda motor masuk sembarangan. Selain itu, terdapat fasilitas lain seperti tempat duduk, tempat parkir yang nyaman dan aman, pos satpam, kamar mandi, mushola.

Tersedia juga WiFi di area taman ini bagi Anda yang ingin mengakses internet secara gratis. Selain itu, tersedia juga jogging track bagi Anda yang sengaja datang ke taman untuk berolahraga.

Taman Kencana sebenarnya tidak kalah dengan taman-taman lain yang ada di Kota Bogor. Mungkin warga masih kurang daya tarik dan fasilitasnya, membuat taman ini kurang menarik. Jika pemerintah bisa memberikan update terhadap fasilitas yang ada, kemungkinan besar taman ini akan laris dan ramai dikunjungi pengunjung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button