Tempat Wisata

Air Terjun Pengantin Ngawi – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket – Air Terjun Pengantin merupakan salah satu tempat wisata alam di Ngawi Jawa Timur yang memesona dan menarik untuk dijelajahi. Air terjun yang indah dan romantis di lereng Gunung Lawu ini sarat dengan mitos.

harga tiket: Rp6.000; map: Cek lokasi
Alamat: Sabrang, Besek, Hargomulyo, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

Indonesia tidak pernah kehabisan daya tarik yang luar biasa. Hal ini dibuktikan dengan puluhan tempat wisata yang tidak pernah habis untuk dijelajahi. Keindahan Indonesia juga bisa ditemukan di Ngawi dimana Air Terjun Pengantin berada. Bahkan, air terjun ini sering menjadi tempat wisata yang diincar untuk menghabiskan waktu liburan.

Namun, lokasinya yang masih berada di pedesaan membuat udaranya sangat sejuk. Jangan lupa lokasinya yang berada tepat di lereng Gunung Lawu memberikan rasa sejuk. Air terjun ini juga menarik karena adanya dua air terjun dalam satu tempat. Itu juga yang membuat tempat ini dikelilingi oleh legenda keabadian.

Daya pikat air terjun yang mempesona di Ngawi ini rupanya mampu mencuri perhatian semua orang. Tak heran jika jumlah pengunjung ke tempat wisata ini semakin meningkat setiap tahunnya. Berbagai hal tentang air terjun akan dibahas lebih detail. Mulai dari aktivitas, fasilitas hingga akses menuju kesana.

Daya tarik air terjun pengantin

Atraksi Air Terjun PengantinKredit foto: Google Maps Rifqi Bahtiar

1. Mitos seputar lokasi air terjun

Air Terjun Pengantin memiliki beragam atraksi. Namun di balik semua itu, tempat ini juga menyimpan mitos menarik yang layak untuk dieksplorasi. Mitos tersebut berkaitan dengan adanya dua aliran yang berjajar seperti pasangan.

Ada kepercayaan jika Anda mengunjungi air terjun ini bersama pasangan, maka hubungan keduanya akan lebih langgeng. Wajar saja, mitos ini membuat beberapa pasangan berniat mengunjungi air terjun populer di Ngawi ini.

Mitos ini juga dilatarbelakangi oleh peristiwa beberapa tahun lalu. Bahwa ada banyak cerita propaganda dari mulut ke mulut, pernah ada sepasang kekasih yang datang ke sini. Usai air terjun, hubungan keduanya semakin langgeng hingga pelaminan. Tak heran jika pengunjung wisata alam ini semakin meningkat setiap tahunnya.

2. Sepasang air terjun yang indah

Air Terjun Pengantin memiliki daya tarik yang berbeda dari yang lain. Di tempat ini Anda bisa melihat dua air terjun sekaligus. Pasalnya tempat ini memiliki dua air terjun yang bersebelahan. Jadi terlihat seperti pasangan.

Apalagi dulunya air terjun ini sering menjadi tempat ritual prewedding bagi warga sekitar. Maka pernah ada seorang keturunan Adipati Gendingan yang bernama Eyang Galiman. Ia adalah sosok yang turut menyebarkan agama Islam di tanah Besek tempat air terjun ini berada.

Sebelum Islam menyebar luas seperti saat ini, warga melakukan ritual unik di sekitar air terjun ini. Dimana ritual tersebut berkaitan dengan daun mantu. Namun, di hadapan nenek Galiman, ia menunjukkan bahwa ritual pernikahan harus sesuai dengan aturan Islam.

Sejak saat itu, nenek dianggap sebagai pemimpin ketika ada yang diminta untuk melangsungkan pernikahan. Menurut Nenek Galiman sendiri, air terjun pengantin merupakan simbol dari dua orang yang berbeda jenis kelamin. Sehingga ia meminum mata air dari kedua mata air terjun tersebut untuk masing-masing pengantin.

3. Keindahan pemandangan

Wisata air yang populer ini berada di pedesaan, sehingga suasananya masih asri. Meski akses jalan tidak memadai. Pemandangan sekitar pasti akan membuat Anda menikmati bertamasya ke lokasi air terjun. Jadi rasanya keren. Selain itu, lokasinya yang jauh dari pusat kota membuat udara semakin segar.

Sawah hijau berpadu dengan pepohonan yang tampak seperti payung dari alam menawarkan kenyamanan tersendiri. Lokasinya juga sangat cocok sebagai jalur bersepeda santai. Nikmati angin sepoi-sepoi yang langsung merilekskan tubuh.

4. Kesan romantis di lereng Gunung Lawu

Gunung Lawu merupakan kawasan pegunungan di Ngawi dengan sejuta pesona. Nah, Air Terjun Pengantin sendiri berada tepat di lereng Gunung Lawu yang mempesona. Air terjun ini mengalir dari tebing setinggi 12 meter yang pasti memukau pengunjung.

Karena berasal dari mata air pegunungan, maka tak heran jika air di sini masih sangat jernih dan segar. Di sekitar air terjun Anda akan menemukan pakis dan rerumputan yang rimbun.

Air terjun ini sering dianggap sebagai tempat yang romantis. Meski begitu, pesona dua air terjun yang saling berdekatan rupanya memiliki makna tersendiri. Sudah banyak berita yang memberitakan bahwa air terjun di sebelah kanan ini bernama Air Terjun Kakung.

Nama ini disematkan untuk menunjukkan bahwa dia adalah perwujudan seorang pria. Dimana airnya mengalir deras, seolah memberikan kesan kokoh yang harus dimiliki seorang pria.

Air terjun di sebelah kiri memiliki peruntukan air yang tidak begitu sulit. Wo dibandingkan dengan sikap lembut seorang wanita.

Di bawah kedua air terjun ini, pengunjung juga akan menemukan kolam kecil untuk permainan air. Bisa juga digunakan untuk berenang atau sekedar merendam kaki untuk merasakan segarnya air.

Alamat dan Rute Menuju Air Terjun Pengantin

Alamat Air Terjun PengantinSumber gambar: Google Maps Alvian CB

Dengan berbagai pesona dan mitos keabadian yang dimiliki Air Terjun Pengantin. Wisata ini sering dikunjungi oleh sepasang kekasih yang ingin hubungan mereka langgeng. Air terjun yang terletak di Besek, Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur ini memiliki kekuatan magis yang sangat kuat.

Untuk sampai ke tempat ini, pengunjung harus melalui beberapa jalur. Dimana rute tersebut membawa anda ke lokasi Air Terjun Pengantin yang terkenal dan indah. Untuk akses lebih cepat, Anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Ada beberapa titik wisata yang bisa menjadi alternatif. Yang pertama jika Anda berasal dari Sragen dan Surabaya. Anda dapat mengambil rute dari SPBU Tunjungan ke daerah Winong. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju Sine hingga tiba di Pasar Ngrambe.

Dari sini Anda bisa mengambil rute menuju SDN Hargomulyo. Ikuti saja petunjuknya dan Anda akan sampai di tempat wisata air terjun ini.

Baris kedua dimulai dari Madiun. Bagi yang datang dari arah Madiun bisa langsung mengambil jalur Ngawi hingga tiba di pasar Ngrambe. Dari lokasi pasar, Anda bisa langsung mengendarai kendaraan hingga tiba di desa Hargomulyo. Ikuti jalan sampai Anda mencapai Air Terjun Pengantin.

Harga tiket masuk Air Terjun Pengantin

Tiket Masuk Air Terjun PengantinKredit foto: Google Maps Aprilel San Carlo

Air Terjun Sejuta Mantra yang dimiliki Ngawi sebenarnya telah berhasil memikat setiap pengunjung. Selain itu, dengan pesona air terjun kembar serta pemandangan yang indah, seolah menjadi perpaduan alam yang hampir sempurna.

Seperti tempat wisata pada umumnya, pengelola Air Terjun Pengantin juga menetapkan harga khusus untuk setiap pengunjungnya. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena harganya masih cukup ramah di kantong.

Untuk menikmati keindahan air terjun ini secara utuh kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 6000 saja. Dan ternyata biaya itu sudah termasuk parkir kendaraan. Sudah ada penjaga untuk lapangan itu sendiri. Anda dapat memarkir kendaraan di area parkir yang ditentukan dengan tenang.

Kegiatan Seru di Air Terjun Pengantin

Aktivitas Menarik Air Terjun PengantinKredit foto: Google Maps Tiah Tiah

1. Berenang dan bermain air

Berwisata ke kawasan air terjun tentu tidak akan terasa nikmat jika belum mencicipi kesegaran air pegunungan. Namun ada aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sini, yaitu berenang. Berenang merilekskan tubuh dan menenangkan pikiran.

Ditambah lagi dengan udara pegunungan yang begitu asri. Lokasinya juga jauh dari kebisingan, sehingga cocok untuk anda yang mendambakan suasana damai di alam. Berenang di salah satu kolam di sana. Atau Anda bisa mencoba kedua kolam tersebut secara bergantian. Tentunya bagi Anda yang membawa rombongan, kunjungannya akan lebih seru.

2. Menikmati keindahan alam pegunungan

Karena letaknya yang berada di dalam hutan, Air Terjun Pengantin diapit oleh pepohonan yang rindang. Maka menikmati keindahan alam di sini bisa menjadi aktivitas yang tepat. Sejauh mata memandang terdapat tebing-tebing tinggi yang diciptakan oleh alam. Tak ketinggalan kicauan burung yang seolah memiliki harmoni tersendiri.

Suara air yang jatuh ke danau juga menjadi musik yang indah. Hal ini tentu membuat pikiran lebih rileks. Tentunya, apalagi saat sedang bersama pasangan, suasana menjadi lebih romantis. Belum lagi hal-hal lain seperti mitos keabadian yang melingkupi objek wisata ini.

3. Bersepeda santai

Anda punya hobi trekking di jalan terjal? Kemudian tempat menuju air terjun memiliki jalan yang cocok yang bisa dijadikan area sepeda. Anda dapat menyewa atau meminjam alat ini dari penduduk setempat.

Tenang saja, penduduk di sini sangat ramah turis. Jadi Anda bisa meminjam sepeda dari mereka untuk berkeliling air terjun pengantin.

Anda bisa melihat sawah dengan padi yang menguning, perkebunan dan beberapa pemandangan alam yang indah di sini. Anda juga bisa mencoba hiking ke puncak Gunung Lawu agar liburan Anda semakin berkesan. Air terjun dengan sejuta pesona memastikan semua orang betah berlama-lama di sini.

Fasilitas di Air Terjun Pengantin Ngawi

Fasilitas Air Terjun Pengantin NgawiSumber gambar: Saluran Google Maps Ghaida

Untuk tempat wisata populer di Ngawi sudah sepatutnya memiliki fasilitas penunjang aktivitas pengunjung. Di air terjun pengantin sendiri terdapat fasilitas umum yang cukup memadai.

Mulai dari tempat parkir, toilet dan fasilitas makan sudah tersedia. Bahkan akses menuju lokasi air terjun sendiri sudah tersedia melalui kumpulan anak tangga yang berjumlah 300 buah.

Tangga ini digunakan oleh pengunjung untuk menuju lokasi air terjun. Jadi setelah parkir mobil Anda harus menaiki 300 anak tangga yang difasilitasi oleh pengelola tempat. Saat pulang, Anda bisa membeli oleh-oleh di toko oleh-oleh di dekat air terjun.

Ada berbagai benda yang berhubungan dengan air terjun, seperti peniti, kalung dan aksesoris lainnya. Setelah mengunjungi wisata air ini, Anda bisa bersantap di beberapa restoran dan menikmati menu khas Jawa Timur yang terkenal dengan kelezatannya.

Berbagai hal di Air Terjun Pengantin di Ngawi membuat kita semakin mencintai alam Indonesia. Dimana pesonanya tak lekang oleh waktu. Nikmati liburan di air terjun yang memberikan kesan menyatu kembali dengan alam.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button