Tempat Wisata

Keindahan telaga warna, panorama alam eksotis yang mistis di Bogor

harga tiket: Rp7.500, Waktu aktif: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kab.Bogor, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Telaga Varna Bogor merupakan salah satu destinasi wisata alam yang memiliki berbagai keindahan yang belum pernah tergores oleh waktu. Meski banyak bermunculan destinasi wisata baru dengan konsep yang sangat kekinian, namun danau yang satu ini tetap memiliki tempat tersendiri di hati para wisatawan.

Wisatawan yang datang tidak hanya dari dalam negeri saja, namun banyak juga wisatawan yang rela datang jauh-jauh dari luar negeri hanya untuk menghabiskan waktu liburannya di destinasi wisata yang satu ini. Tak heran jika danau yang satu ini juga menjadi andalan pariwisata dan kebanggaan kota Bogor.

Jadi sayang sekali jika tidak mampir ke destinasi wisata di kota Bogor yang satu ini. Namun, sebelum Anda mengunjungi danau, alangkah baiknya jika Anda membicarakan beberapa hal yang berkaitan dengan tempat tersebut. Oleh karena itu, berikut beberapa hal terkait destinasi wisata Telaga Varna.

Atraksi Telaga Varna

Atraksi Danau WarnaKredit foto: Google Maps Dd Lab

1. Hutan hujan tropis

Ketika Anda datang ke danau ini Anda akan melihat sebuah danau besar di tengah kawasan hutan yang sangat eksotis. Pasalnya, Telaga Varna sebenarnya dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih terjaga dengan baik. Maka tak heran jika nuansa alam yang hadir di tempat wisata yang satu ini benar-benar terpancar.

Hutan hujan tropis di sana bukanlah dataran, melainkan pegunungan tinggi tropis. Jadi Anda bisa melihat keindahan hutan sampai ke atas. Hal ini akan jarang Anda temui saat mengunjungi tempat wisata lainnya.

2. Kekayaan flora

Flora di resor wisata ini tidak bisa dianggap remeh. Hal ini karena berbagai jenis tanaman tumbuh di daerah tersebut. Misalnya seperti Paku Tihang, Rotan, Kihiur, Puspa dan masih banyak lainnya. Flora yang tumbuh di sana tidak hanya sedikit, tetapi tak terhitung banyaknya. Tak heran jika kawasan tersebut terlihat sangat rimbun.

Udaranya tentu saja sangat segar dan asri, yang membuat Anda semakin betah menghabiskan waktu di destinasi wisata yang satu ini. Mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang dipadukan dengan warna hijau pepohonan. Ini sangat cocok untuk Anda yang ingin sejenak melepaskan diri dari hiruk pikuk suasana kota besar.

3. Berbagai jenis fauna

Objek wisata yang dimiliki oleh Color LakeKredit Foto: Instagram Andi Almira Cr

Karena ada hutan dengan pepohonan yang sangat lebat, banyak hewan yang secara alami hidup di dalamnya. Bahkan, ada juga hewan seperti babi hutan, macan tutul, hingga jenis burung liar. Jika beruntung, Anda mungkin bisa melihat hewan-hewan ini menampakkan diri kepada para turis yang datang.

Namun, semua pengunjung danau ini tidak boleh merusak atau merusak habitat hewan yang hidup di sana. Pasalnya, satwa yang hidup di sana sangat dilindungi agar jumlahnya tidak berkurang.

4. Warna air yang unik

Seperti namanya, tempat wisata di Telaga Varna Bogor ini memiliki kekhasan pada airnya yaitu memiliki warna yang unik. Hal ini dikarenakan warna air di danau yang satu ini sering berubah-ubah tidak menentu.

Perubahan warna tersebut disebabkan oleh adanya alga yang hidup di air danau. Jadi saat matahari bersinar, danau itu bergradasi hingga airnya tak lagi berada di tempat yang sama di sana.

Alamat dan rute ke Telaga Varna

Alamat Danau WarnaSumber gambar: Google Maps Fadly Alkahfi

Lokasi tempat wisata dengan danau ini berada di antara Hutan Hambalang dan Hutan Gunung Megamending. Alamat danau ini berada di Desa Tugu, Kecamatan Cisarua, Bogor. Lebih tepatnya, terletak di kawasan Perkebunan Gunung Mas. Danau yang satu ini cukup dekat dengan pusat Kota Bogor karena perjalanannya memakan waktu kurang dari satu jam.

Jalur akses menuju objek wisata ini juga dapat diakses dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Untuk menuju Telaga Varna Bogor, cukup arahkan kendaraan Anda ke Masjid Atta’awun yang paling dekat dengan gerbang masuk tempat wisata ini.

Kemudian di sisi kiri masjid terdapat jalan berupa batu bulat yang merupakan pintu masuk ke tempat wisata danau. Hal ini juga berlaku jika Anda memutuskan untuk menggunakan transportasi umum. Cukup naik bus jurusan Cianjur lalu turun saja di pinggir Jalan Raya Puncak. Dibutuhkan sekitar 10 menit berjalan kaki ke danau.

Namun jika anda sedang berlibur di tempat wisata Cimory Riverside Bogor ini merupakan salah satu wisata kuliner yang menawarkan berbagai menu dengan olahan susu yoghurt. Jadi jarak dari danau yang satu ini hanya sekitar 15 km dan bisa kamu tempuh hanya dalam waktu sekitar 40 menit saja. Juga, gunakan grafik navigasi untuk membuat perjalanan Anda lebih mudah.

Tiket Masuk Danau Warna Bogor

Harga tiket Telaga VarnaKredit foto: Google Maps Lidia Y Tarck

Agar waktu liburan Anda menyenangkan di danau yang satu ini, Anda perlu membayar tiket masuk terlebih dahulu. Jika Anda datang ke sini pada hari biasa, Anda akan dikenakan harga tiket sebesar 5.000 rupiah untuk satu orang. Namun, jika Anda datang ke sini pada akhir pekan, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar 7.500 rupiah untuk satu orang.

Sementara itu, wisatawan asing akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp100.000 pada hari biasa dan Rp150.000 pada akhir pekan. Jangan lupa cek juga jam bukanya, yaitu buka dari jam 8 pagi dan tutup jam 5 sore. Karena Telaga Varna buka setiap hari, tidak ada alasan untuk tidak berkunjung ke sini karena tempat wisata tutup.

Hal menarik yang dapat dilakukan di Telaga Varna

Kegiatan Danau WarnaSumber gambar: Google Maps Ita Marita

1. Beri makan monyet

Aktivitas menarik pertama di tempat wisata ini adalah memberi makan monyet-monyet liar yang hidup di sana. Banyak monyet liar berkeliaran hampir di mana-mana di daerah itu. Namun kera-kera yang ada di sana bukanlah peliharaan pengelola, melainkan berasal dari hutan.

Sejak kerang di Telaga Varna Bogor berinteraksi dengan turis, monyet-monyet di sana sudah terbiasa berkerumun di sekitar turis untuk meminta makanan. Jadi berhati-hatilah saat membawa makanan ke danau. Alasannya adalah jika Anda tidak memberinya makanan, monyet bisa menjadi gila dan menjadi sedikit menakutkan.

2. Rubah terbang

Karena ada banyak pohon berukuran sangat besar, ada juga taman bermain berupa rubah terbang di titik ini. Tentu saja, banyak turis seperti itu. Dengan flying fox ini Anda akan merasakan sensasi menikmati hamparan alam yang luas dan menyegarkan. Panjang lintasannya sendiri mencapai 100 meter.

3. Berkano

Selain Flying Fox, Anda juga bisa naik kano ke tengah danau dan dipandu langsung oleh perusahaan rental kano. Namun, Anda tentu harus membayar biaya sewa kano. Harganya mulai dari hanya 30.000 rupiah hingga 50.000 rupiah. Aktivitas menarik ini juga bisa menjadi pengalaman yang luar biasa saat Anda berkunjung ke danau ini.

4. Ambil foto Ria

Kegiatan lain dari Color LakeSumber gambar: Google Maps Arif Rachman

Fotografi merupakan kegiatan menarik yang tidak boleh Anda lewatkan selama liburan di Telaga Varna. Sehingga Anda dapat mengingat setiap momen berharga yang terjadi di tempat wisata yang satu itu. Selain itu juga karena banyak sekali spot foto keren dan keren dengan pemandangan alam yang mempesona.

Dengan begitu, hasil rekaman Anda dijamin tidak akan mengecewakan. Untuk spot foto yang sangat digemari wisatawan yaitu air danau. Anda bisa berfoto selfie dengan background air laut yang terus berubah warna.

5. Bersepeda

Siapa sangka Anda bisa bersepeda di kawasan wisata alam yang satu ini. Pasalnya di sana ada jasa sewa sepeda untuk semua wisatawan. Anda hanya perlu membayar 10.000 rupiah untuk menyewa sepeda. Jadi Anda dapat menjelajahi distrik danau tanpa berjalan kaki.

Fasilitas yang tersedia di Telaga Varna Bogor

Fasilitas Telaga Varna BogorKredit foto: Google Maps Telaga Varna Resort & Resto

1. Penjaga

Sebuah pos penjagaan telah didirikan di Telaga Varna di mana Anda dapat mengadu jika terjadi sesuatu. Anda dapat segera melaporkan sesuatu kepada pengelola di pos jaga. Selain itu, pos jaga ini juga dapat digunakan untuk mencari informasi mengenai tempat wisata ini.

2. Masjid

Sebuah mushola telah disediakan untuk wisatawan muslim sebagai tempat beribadah. Mushola di sana juga dalam kondisi sangat rapi dan bersih. Dengan demikian, kegiatan ibadah dapat dilakukan dengan nyaman.

3. Restoran

Di tempat wisata ini sudah terdapat beberapa restoran dengan berbagai menu yang lezat. Restoran Rindu Alam menjadi restoran yang banyak dipilih wisatawan karena menawarkan menu khas Sunda. Lokasinya tidak jauh dari gerbang masuk wisata ini.

4. Toilet umum

Toilet merupakan fasilitas penting yang harus ada di kawasan wisata. Pengelola tempat wisata ini juga telah menyediakan beberapa toilet umum untuk wisatawan.

4. Menara Pengawal

Menara observasi yang cukup tinggi telah disediakan bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas bird watching. Dari menara Anda dapat dengan bebas mengamati atau bahkan memotret berbagai jenis burung. Hal ini tentunya sangat lucu bagi anda yang menyukai binatang khususnya burung.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan eksotisme alam Telaga Varna di Bogor. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini saat waktu liburan tiba. Ajak teman dan keluarga agar liburan Anda semakin menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button