Tempat Wisata

Pantai Tanjung Tinggi Belitung – atraksi, aktivitas liburan, tempat dan harga tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Tempat & Harga Tiket – Pantai Tanjung Tinggi salah satu pantai yang mempesona di Pulau Belitung, diapit oleh tanjung Kelayang dan tanjung Pendam. Pantai yang indah dihiasi dengan deretan batu-batu granit besar, pasir putih dan pemandangan yang menakjubkan di sekitar pantai.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Desa Ciput, Kec. Sijuk, Kab Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; map: Cek lokasi

Hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang Pantai Tanjung Tinggi menambah keindahan alam wisata ini. Laut biru dan langit mendung yang cerah akan memukau semua orang. Tak hanya itu, panorama bawah lautnya patut diacungi jempol.

Terletak di antara dua semenanjung, pantai ini tidak terlalu luas. Namun meski hanya memiliki luas sekitar 80 hektar, pantai ini banyak dikunjungi wisatawan dari luar kota setiap harinya.

Pantai yang dulunya menjadi pelabuhan para nelayan ini kini menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi wisatawan di Bangka Belitung. Fasilitas pengunjung sepenuhnya tersedia di kawasan Pantai Tanjung Tinggi.

Atraksi Pantai Tanjung Tinggi

Atraksi di Pantai Tanjung TinggiSumber gambar: Google Maps Albert Setiajo

1. Batuan granit di sekitar pantai

Ada batu-batu besar granit di pantai ini. Didominasi warna putih dan abu-abu, batu karang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang.

Batuan granit yang terdapat di pantai ini terbentuk karena aktivitas gunung berapi. Material dari gunung berapi tersebut kemudian terbawa arus dan mencapai pantai. Ukuran batuan ini bervariasi, ada yang kecil hingga setinggi 5 meter.

2. Matahari terbenam yang menakjubkan

Bukan rahasia lagi kalau pesona sunset menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang untuk berwisata pantai. Tak terkecuali pesona sunset yang disuguhkan di Pantai Tanjung Tinggi.

Matahari mulai terbenam di barat, menampakkan siluet bebatuan dan pepohonan yang mengelilingi pantai. Suasana ini sangat menenangkan, ditambah dengan suara deburan ombak yang lembut.

Pengunjung bisa duduk-duduk di bebatuan granit atau di pinggir pantai untuk melihat momen-momen indah tersebut.

3. Banyak spot foto

Berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi akan terasa kurang jika tidak berfoto. Pemandangan alam yang indah di sekitar pantai berasal dari bebatuan granit besar dan latar belakang laut yang biru.

Pengunjung bisa menggunakan latar belakang lautan luas atau bebatuan berukuran jumbo. Hasil akhir dari foto ini dijamin akan berbeda dengan pemandangan yang terdapat di pantai-pantai lainnya. Karena itu, pantai pasir putih ini menjadi spot foto yang populer.

Untuk mendapatkan foto yang sempurna, pengunjung bisa mengambil foto di siang hari. Jangan khawatir dengan panasnya terik matahari, semilir angin pantai yang berhembus akan membuat tubuh anda semakin sejuk.

Alamat, Rute, Lokasi dan Harga Tiket Pantai Tanjung Tinggi

Alamat Pantai Tanjung TinggiKredit foto: Google Maps Andini Maheswari

Pantai yang terletak di Kecamatan Sijuk ini berjarak 37 km dari pusat kota terdekat. Ada beberapa rute yang akan Anda ambil saat menuju Pantai Tanjung Tinggi.

Jika Anda menggunakan jalur penerbangan saat tiba di Bangka Belitung, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum. Setelah itu, pengemudi kendaraan akan mengantar Anda ke kawasan wisata. Jarak tempuh 1 jam itu akan membuat Anda sedikit lelah.

Kemudian ketika Anda melewati jalur perahu seperti kapal atau perahu. Sesampainya di pelabuhan dalam kota, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan tetap menggunakan kapal menuju pelabuhan di Desa Keciput.

Perjalanan dari pelabuhan kota ke pelabuhan kecil desa tidak memakan waktu lama. Setelah sampai di pelabuhan desa ini, carilah angkutan umum untuk menuju pantai.

Pada saat pertama kali dibuka untuk umum, pantai eksotis ini dapat diakses secara bebas oleh semua orang tanpa harus membayar tiket. Namun setelah berjalan jauh, masyarakat setempat memberikan hadiah sebesar Rp 10.000 per orang untuk tiket masuk wisata pantai.

Hasil penjualan tiket nantinya akan digunakan sebagai dana untuk perbaikan kawasan pesisir dan juga untuk pembangunan fasilitas tambahan. Selain tiket masuk yang harus dibayar, ada biaya parkir kendaraan pribadi mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 5.000.

Aktivitas Seru di Pantai Tanjung Tinggi

Aktivitas seru di Pantai Tanjung TinggiKredit foto: Google Maps Lukasz Oio

1. Berenang

Anda bisa merasakan kesegaran air laut saat berenang di Pantai Tanjung Tinggi. Pengunjung pantai ini diberikan izin untuk melakukan kegiatan tersebut.

Namun satu hal yang perlu diingat saat mandi di pantai ini. Ada musim ketika ubur-ubur berenang di perairan pantai. Hewan ini terkenal dengan kekuatan menusuknya yang cukup berbahaya.

Oleh karena itu, pengunjung yang hendak berenang harus tetap memperhatikan kondisi airnya. Untuk menghindari tersengat ubur-ubur, pengunjung bisa memilih perairan dangkal di pantai.

2. Jalan-jalan di perairan pantai

Mencoba mengarungi perairan pantai dengan perahu karet adalah pilihan aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di Pantai Tanjung Tinggi. Masyarakat sekitar pantai menyediakan perahu karet untuk mendukung kegiatan ini.

Setelah bisa menggunakan perahu dengan sistem sewa, Anda akan diajak menjelajahi birunya air pantai. Aktivitas ini menjadi pilihan yang tepat jika ingin merasakan kesegaran air namun takut berenang.

Perjalanan menyusuri pantai memungkinkan tangan Anda bermain sambil bermain air, yang dekat dengan tempat duduk Anda. Namun, perhatikan posisi duduk Anda, cipratan air bisa membuat pakaian Anda basah jika pilihan tempat duduk Anda terlalu miring.

3. Memancing

Memancing merupakan kegiatan yang membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi. Wisata pantai ini memungkinkan pengunjung mencoba merentangkan alat pancingnya untuk menangkap ikan.

Pancing yang digunakan pun tidak sembarangan, karena menghadap langsung ke laut, Anda perlu menyiapkan joran khusus terlebih dahulu. Ikan kecil yang memiliki bau amis yang menyengat juga harus dijadikan umpan.

Daerah yang tidak memiliki ombak adalah tempat yang bagus untuk memancing di pantai yang indah ini. Ikan lebih memilih perairan yang tenang untuk bersembunyi dan ini menjadi kesempatan bagi para pemancing yang ingin mencoba aktivitas seru ini.

4. Nikmati keindahan dunia bawah laut

Kegiatan rekreasi di Pantai Tanjung TinggiKredit foto: Google Maps NeniEka Laura

Jangan lewatkan keindahan alam bawah laut saat Anda berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi di Belitung. Anda bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling atau diving untuk melihat surga bawah laut ini.

Anda dapat menemukan peralatan untuk mendukung kegiatan ini dengan menyewanya dari masyarakat setempat yang akan menyediakannya. Setelah keamanan terpenuhi, Anda bisa memulai aktivitas seru ini.

5. Berjemur

Saat Anda mengunjungi wisata pantai ini, tidak ada salahnya untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi. Selain dapat menggelapkan kulit, Anda juga mendapat manfaat dari sinar matahari yang mengenai permukaan kulit.

Vitamin D, yang diperoleh dari sinar matahari langsung, membantu menjaga kesehatan yang baik, yang dapat mencegah terjadinya kanker kulit. Untuk hasil maksimal, jam 7 pagi hingga 11 pagi adalah waktu terbaik untuk berjemur.

Akomodasi hemat terdekat ke Pantai Tanjung Tinggi

Akomodasi Pantai Tanjung TinggiSumber Gambar: Google Maps Baron Sudharta

1. Rumah Besar Lor di Tanjung Tinggi

Penginapan yang satu ini terletak di dekat Pantai Tanjung Tinggi. Pengunjung pantai dapat mencapai vila dengan kolam renang hanya dalam 3 menit.

Lokasinya yang strategis membuat penginapan ini menjadi pilihan bagi para pengunjung luar kota maupun mancanegara. Pemandangan yang disuguhkan dari arah villa ini adalah pantai dengan pasir putih yang indah.

2. Resor Pantai Lorin

Berjarak 2,3 km dari pantai, penginapan ini hanya membutuhkan waktu 4 menit untuk sampai ke tempat wisata tepi pantai yang menawan ini. Fasilitas parkir yang luas, menampung beberapa kendaraan roda 4 para pengunjung.

3. Pelangi Lake Resort Belitung

Memiliki desain kamar modern-minimalis, membuat beberapa kamar di resort ini terlihat simpel dan bersih. Berjarak 2,5 km dari pantai, penginapan ini memiliki suasana yang tenang. Pengunjung bisa beristirahat dengan nyaman di penginapan pilihan.

Fasilitas Wisata di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Fasilitas Pantai Tanjung Tinggi di BelitungSumber Gambar: Google Maps Syafira Putri Dewi

Pengunjung yang datang ke Pantai Tanjung Tinggi mendapatkan beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Misalnya di kawasan pantai banyak terdapat rumah makan, berbagai menu terutama seafood bisa dicicipi oleh pengunjung.

Selain fasilitas penyediaan amunisi untuk mengisi perut, fasilitas seperti perahu karet untuk pengunjung juga disediakan oleh masyarakat setempat. Jika ada pengunjung yang ingin mengelilingi pantai, bisa menyewa perahu karet ini dengan ditemani pendamping.

Untuk toiletnya sendiri, pantai ini menawarkan beberapa yang ditempatkan di sudut. Cukup dengan membayar Rp 2000, pengunjung sudah bisa menggunakan fasilitas sanitasi.

Demikian informasi mengenai Pantai Tanjung Tinggi di Kabupaten Belitung. Anda bisa menikmati keindahan surga di daerah terpencil ini bersama keluarga atau teman. Biaya yang dikeluarkan untuk mengunjungi pantai ini pun tidak terlalu murah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button