Berita Wisata

Harga Tiket Masuk TWA Berganda di Bondowoso Naik

Salah satu TWA Bondowoso yang mengalami kenaikan harga tiket adalah Wisata Kawah Wurung.

Bondowoso, Bhirawa

Harga tiket di sejumlah tempat wisata di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur sudah mulai naik sejak bulan lalu. Kenaikan tersebut berdasarkan kesepakatan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Bondowoso dengan Perum Perhutani.

Karena Perum Perhutani merupakan pemain di wilayah tersebut, maka tiket masuk Taman Wisata Alam Kawah Wurung (TWA) Kabupaten Ijen dinaikkan dari harga semula Rp 5.000 menjadi Rp 8.000 untuk wisatawan domestik.

Sedangkan untuk wisatawan asing, tiket masuk ke tempat yang juga dikenal dengan Bukit Teletubies ini dipatok Rp25.000 per orang.

Kepala Dinas Pariwisata, Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Bondowoso, Yuni Dwi Sri Handayani menjelaskan, selain Kawah Wurung, kenaikan tiket juga berlaku untuk Batu So’ di TWA, Kecamatan Cermee.

“Ada prosentase, ada penyaluran, ada basisnya,” ujarnya saat membenarkan pembagian pendapatan retribusi dengan Perhutani, Kamis (13/10/2022).

Sedangkan kenaikan tiket wisata sendiri disebut Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2022 yang telah ditetapkan.

Namun, kenaikan tiket wisata tersebut belum diterapkan di destinasi wisata lainnya.”Kita harus mematuhi peraturan daerah (Perda),” pungkasnya.

Pemerintah setempat sendiri sedang berusaha melakukan peremajaan dan pemeliharaan di beberapa kawasan wisata, untuk menjaga tingkat kunjungan wisatawan.

Namun, kata dia, perlu diajukan usulan kepada tim anggaran, yang sumber dananya dari APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah).

Menghadapi musim hujan, pemerintah setempat mengantisipasi bencana alam yang sewaktu-waktu akan melanda tempat wisata. Untuk itu, Disparbudpora setempat telah menyiapkan penjaga wisata di setiap tempat, terutama di kawasan wisata alam. [san.dre]

Source: www.harianbhirawa.co.id

Related Articles

Back to top button