Tempat Wisata

Pantai Sidem Tulungagung – atraksi, aktivitas liburan, tempat dan harga tiket

Pantai Sidem salah satu tempat wisata paling populer di Tulungagung, Jawa Timur menarik untuk dijelajahi. Pantai berpasir di kaki bukit ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan fasilitas yang masuk akal.

harga tiket: Rp3.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Popoh, Besole, Kec. Besuki, Kab.Tulungagung, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Pantai Sidem, juga dikenal sebagai Bendungan Niama, adalah bendungan yang mewakili ujung sebuah sungai di bagian selatan Tulungagung. Di dekat PLTA Niama, wisatawan akan menemukan kawasan perkampungan yang dihuni oleh nelayan setempat. Selain itu, ia juga menawarkan pemandangan unik ketika arus sungai dan air laut terhubung.

Lebih tepatnya terletak di sebelah barat Teluk Popoh. Wilayah administrasinya berada di Desa Besole, Kecamatan Besuki. Menawarkan panorama yang mencakup area yang cukup luas. Sejauh mata memandang Anda disuguhi deretan perbukitan yang menghadap ke laut, Pantai Gemah di sisi barat dan Dermaga Popoh di sisi timur.

Pantai Sidem memiliki hamparan pasir coklat, bukan karena kotor, tapi memang kotor. Serpihan cangkang tersebar hampir secara acak di sepanjang pantai. Diiringi suara ombak yang relatif kecil, sebagaimana layaknya pantai yang diapit teluk. Meski luas areanya sangat luas, pengunjung tetap merasa sejuk karena banyaknya pepohonan.

Atraksi Pantai Sidem

Atraksi pantai SidemKredit foto: Google Maps Sri Anik

1. Keren karena banyak pepohonan

Saat pertama kali menginjakkan kaki di sini Anda disuguhi deretan pohon kelapa di tepi pantai, penataannya terlihat begitu cantik. Sebelumnya, dalam perjalanan menuju kawasan target, banyak sekali pohon jati yang terlihat seperti hutan jati di sepanjang jalan. Oleh karena itu, meskipun dalam cuaca panas, udara tetap terasa sejuk karena rimbunnya pepohonan.

Udara sejuk seolah mengalir perlahan ke dalam paru-paru. Tentu saja, situasi seperti itu dapat memberikan kesan relaksasi yang lengkap, di mana Anda dapat menyegarkan pikiran dan hati Anda sepuasnya. Belum lagi panorama pasir putih halus yang juga memberikan efek menenangkan.

2. Air biru jernih membawa ketenangan pikiran

Pantai Sidem memiliki hamparan air laut yang biru dan jernih yang membawa rasa tenang bagi setiap orang yang memandangnya. Lingkungan di sini sangat bersih. Bahkan jika Anda menemukan sampah, Anda bisa yakin itu adalah serpihan kerang di pasir, yang sudah umum di pantai.

Disertai dengan ombak bergolak yang relatif tenang dan tidak terlalu berdebar seperti kondisi laut lainnya di kawasan Samudera Hindia. Sejauh mata memandang Anda juga akan menemukan deretan perahu nelayan baik yang sedang berlayar maupun yang sedang berlabuh di lepas pantai. Semua elemen ini menghasilkan perpaduan panorama yang harmonis.

Dikelilingi hembusan angin yang seolah membelai wajah, setiap pengunjung bisa merasakan sensasi seperti meditasi. Hampir di setiap sudut pantai, pengunjung disuguhi sejumlah industri rumahan.

3. Batuan yang terlihat kokoh

Mengingat luasnya kawasan Pantai Sidem, dibutuhkan sedikit usaha untuk menjelajahi semua keindahan yang ada di luar sana. Sedikit di dekat hamparan air yang aneh Anda dapat melihat pemandangan bebatuan yang indah. Terlihat begitu berornamen dan ikonik sehingga sering menggoda pengunjung untuk berfoto di atasnya.

Tak hanya bebatuan keras dan kokoh, di sekitarnya tumbuh gugusan pulau tak berpenghuni dengan deretan pepohonan hijau di kejauhan. Kabar baiknya kamu bisa mendaki bukit yang dipenuhi pepohonan berbeda jika tertarik melihat pemandangan lengkap dari destinasi yang satu ini. Anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri jika mengalihkan pandangan ke laut.

4. Serpihan kerang terlihat seperti kilau mutiara

Tempat Wisata di Pantai SidemSumber gambar: Google Maps Bumi Bupolo

Memang jika Anda berani melihatnya dari sudut yang berbeda, serpihan kulit kerang yang bertebaran di pasir memberikan kesan eksotis. Cangkang bagian dalam berwarna putih mengkilat terlihat begitu kontras dengan dominasi warna pasir coklat.

Selain itu, ketika sinar matahari terpantul pada pecahannya, kombinasi yang dihasilkan sungguh memanjakan mata. Jika Anda merasa membutuhkan aktivitas yang tidak biasa saat jalan-jalan, mengoleksi kerang bisa menjadi referensi.

Tidak perlu khawatir atau malu, tamu lain terlalu sibuk bersenang-senang untuk memperhatikan orang asing. Bayangkan saja, momen di Pantai Sidem sudah menyenangkan.

5. Banyak spot foto menarik

Pengelola tidak hanya menyuguhkan panorama yang mempesona, namun juga berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada pengunjung. Salah satunya diwujudkan dalam ketentuan Pekerjaan foto buatan dengan berbagai bentuk seperti jantung, tengara pantai dan sejenisnya.

Bagi pecinta fotografi atau sekedar iseng berfoto untuk dibagikan di media sosial, tempat ini bisa memenuhi hasrat narsis Anda. Abadikan setiap momen agar tidak cepat terlupakan. Baik itu di spot-spot foto yang muncul secara alami seperti bebatuan, atau yang didesain oleh pengelola, meski terkesan sederhana.

Alamat, Rute, Lokasi dan Harga Tiket Pantai Sidem

Alamat Pantai SidemKredit foto: Google Maps mencari Karimul

Tepat di tempat 2 km dari Pantai Popoh yang sudah banyak dikenal membentang kawasan Pantai Sidem. Pantai ini berada dalam barisan yang sama dan terbentang di balik dasar bukit. Ini termasuk salah satu pantai di Samudera Hindia. Mengingat situasi seperti itu, cukup sulit untuk menggambarkan cara yang tepat di sini.

Pada umumnya pengunjung dapat mengendarai kendaraan pribadi berupa sepeda motor dan juga kendaraan umum seperti ojek. Dari Tulungagung, Jawa Timur, ambil jalur menuju Boyolangu dan lanjutkan perjalanan hingga mencapai Campurdarat. Dari sini Anda bisa mengikuti petunjuk arah ke tujuan Anda.

Namun, pastikan Google Maps tetap aktif. Ikuti setiap arah pengisi suara terbaik untuk tidak tersesat. Rute alternatif lainnya adalah Pantai Popoh. Cara pertama adalah menyeberangi jembatan di atas tebing, tepat di sisi barat Pantai Popoh. Ambil jalur kedua searah dengan pintu keluar Pantai Popoh.

Beroperasi 24 jam setiap hari, Anda hanya akan dikenakan satu tiket masuk seharga Rp 3.000. Jika membawa sepeda motor, biaya parkirnya Rp 1000, sedangkan mobil Rp 2.000.

Aktivitas seru di pantai Sidem

Kegiatan rekreasi di pantai SidemKredit foto: Google Maps Trio Santoso

1. Berjemur di pantai

Sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang menghabiskan kehidupan sehari-hari mereka di kantor, di mana ada terlalu banyak waktu untuk dihabiskan di bawah hembusan AC. Saatnya melepaskan diri dari rutinitas dan mengembalikan kebutuhan berjemur Anda di Pantai Sidem. Di antara hiruk pikuk orang, di bawah bayang-bayang langit biru, Anda bisa menggelar tikar di atas hamparan pasir.

Berbaringlah tanpa membebani hatimu. Nikmati setiap detik yang mungkin langka dalam hidup Anda karena tuntutan pekerjaan yang padat. Barang wajib yang perlu disiapkan adalah krim matahari dan kacamata hitam, Anda juga bisa menambahkan topi lebar. Area pantainya cukup luas sehingga Anda dapat menemukan area berjemur lain jika Anda keberatan berbaring di atas pasir.

2. Berenang atau hanya berendam

Meski turbulensi ombaknya tidak terlalu ganas, Anda tetap perlu waspada. Namun, Pantai Sidem adalah bagian dari Samudera Hindia. Jadi jika ingin bermain air, sebaiknya ambil arena di dekat pantai. Jangan bergerak terlalu jauh di tengah karena ini bisa berbahaya.

Jika Anda datang dengan anak kecil, aktivitas air tidak disarankan, Anda harus mencari yang lain. Apalagi jika Anda merasa kesulitan mengatur mobilisasi anak Anda. Tentu Anda ingin bersenang-senang di sini dan tidak pusing.

3. Memancing

Aktivitas seru di pantai SidemSumber gambar: Google Maps Maz Iriil

Meski memancing dianggap terlalu membosankan bagi kebanyakan orang, ada juga yang menikmati aktivitas tersebut. Buat kamu yang suka menunggu ikan makan umpan, coba minati nelayan lokal yang mengantarkan ke tengah laut. Anda bisa menyewa perahu milik warga dan menanyakan di mana tempat yang tepat untuk mendapatkan ikan.

Jika Anda berhasil membawa pulang ikan, makan bersama di area pantai semakin menyenangkan. Cara penyajiannya bisa dibakar untuk kenyamanan. Jika Anda berniat melakukannya, berarti Anda perlu menyiapkan peralatan yang tepat dari rumah.

4. Jelajahi pantai sampai bosan

Khusus bagi pecinta petualangan, Pantai Sidem merupakan arena yang cukup menantang. Baik dalam ukuran, sejarah, budaya lokal bahkan keberadaannya Pekerjaan menarik untuk dijelajahi. Tebing, gugusan pulau tak berpenghuni, deretan perbukitan hijau, lautan luas dan masih banyak lagi. Sesuaikan saja dengan selera.

Akomodasi Murah Terdekat Dari Lokasi Pantai Sidem

Akomodasi Murah Terdekat Dari Lokasi Pantai SidemKredit foto: Google Maps Wisma Mina Popoh

1. Penginapan Agbil

Properti ini menawarkan fasilitas umum berupa tempat parkir dan akses WiFi. Anda hanya perlu membayar Rp 97.000 per malam.

2. Hotel Karanggoso Indah

Menginap di Karanggoso Indah dikenakan biaya Rp 100.000 per malam. Fasilitasnya meliputi WiFi, AC, tempat parkir, dan bagian penerima tamu 24 jam.

3. Hotel Mahkota Victoria

Hotel dengan harga terjangkau dengan fasilitas yang memadai seperti lift, WiFi, resepsionis 24 jam, kolam renang, parkir, restoran, dan AC. Harga per malamnya sekitar Rp 560.000.

Sebagai catatan, Anda dapat memesan rekomendasi akomodasi apa pun melalui situs atau aplikasi perjalanan.

Fasilitas Wisata di Pantai Sidem Tulungagung

Fasilitas pantai Sidem TulungagungKredit foto: Google Maps Aufa Alfarikhi

Pantai ini didukung dengan fasilitas yang memadai sebagai objek wisata. Toilet, tempat istirahat, warung makan dan mushola tersedia. Kebutuhan dasar pengunjung dapat terpenuhi. Makanan dan minuman yang ditawarkan berupa olahan seafood dan harganya sangat ramah di kantong.

Dalam perjalanan menuju Pantai Sidem di Tulungagung, Anda akan merasa dekat dengan alam, terutama setelah memasuki kawasan hutan jati. Untuk aktivitas berkendara yang lebih menyenangkan, pastikan Anda tidak datang sendiri. Ajak orang-orang terdekat seperti pasangan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button