Berita Wisata

5 Destinasi Wisata Temanggung Terpopuler

Wisata Embung Kledung Temanggung (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar – Menjadi kota yang dikenal sebagai Negeri Tembakau, Temanggung memiliki hamparan persawahan yang hijau dan asri. Hamparannya semakin mempesona karena diapit oleh dua gunung besar, yaitu Gunung Sumbing dan Sindoro. Selain menampilkan hamparan sawah dengan lanskap pegunungan, Temanggung juga menawarkan hamparan perkebunan, salah satunya adalah perkebunan kopi. Berikut adalah destinasi wisata Kota Temanggung:

1. Kosong

Temanggung.jpg” style=”width: 612px;”>

Foto: instagram.com/aberifai

Wisata Alam Posong merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di lereng Gunung Sindoro, tepatnya di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Temanggung. Untuk menuju destinasi wisata ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 3,5 km dari jalan raya Temanggung – Wonosobo.

Pasalnya, wisata alam Posong berada di atas 1.000 meter di atas permukaan laut (MDPL). Di sini, pengunjung bisa melihat matahari terbit (sunrise), Watu Mlongso (sungai purba) dan Bima Sakti (gugusan galaksi Bima Sakti) yang bisa dilihat dengan mata telanjang.

Untuk memasuki kawasan wisata ini pengunjung hanya perlu membayar tiket seharga Rp 10.000, sedangkan jika pengunjung ingin masuk ke kawasan Taman Wisata Posong akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 20.000. Namun harga tempat wisata ini belum termasuk biaya parkir kendaraan pengunjung.

2.Botorono

Foto: kompas.com

Botorono adalah sebuah bukit yang terletak di kaki Gunung Sumbing. Puncak bukit ini terletak di Petarangan 2, Petarangan, Kledung, Kabupaten Temanggung. Tempat indah ini berjarak 8,1 kilometer dari Wisata Alam Posong dengan waktu tempuh hampir 30 menit.

Di sini pengunjung bisa melihat panorama kota Temanggung dari ketinggian dengan pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing. Selain itu, pengelola lokasi wisata Botorono juga menyediakan spot foto agar pengunjung bisa mengabadikan momen kekinian di tempat ini bersama-sama.

Sedangkan untuk akses ke puncak Botorono, pengunjung hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang. Tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam.

3. Embung Kledung

foto: kanvas

Wisata alam Embung Kledung menyuguhkan panorama alam yang tak kalah indah. Tempat wisata ini terletak di Jalan Raya Parakan-Wonosobo No. Km 12, Kawasan Persawahan, Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Sindoro dengan danau buatan yang berukuran besar. Danau merupakan tempat berbagai ikan hias air tawar, sehingga wisatawan dapat memberi makan ikan sambil menikmati pemandangan alam tempat tersebut.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan Embung Kledung adalah berkemah. Area ini menawarkan area camping yang luas dan tempat untuk menyewa peralatan camping.

Menurut situs Temanggung Media Center, biaya pendaftaran bagi pengunjung yang ingin berkemah di area tersebut adalah Rp 15.000/orang. Pengelola juga menawarkan sewa tenda dengan harga Rp 40.000-Rp. 60.000 tergantung kapasitas tenda.

4. Ngarai Hijau Sibajag

Foto:

Lokasi wisata Sibajag, Green Canyon merupakan destinasi wisata baru di kota Temanggung. Tempat ini menawarkan keindahan jembatan bambu terpanjang di Temanggung yang bisa dilintasi dan dijadikan spot foto. Sibajag, Green Canyon terletak di lembah Bukit Sikendil, tepatnya di Desa Sibajag, Canggal, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung.

Pengunjung bisa menyusuri jembatan bambu sejauh kurang lebih 1 km dengan pemandangan yang menarik. Selain itu, setiap sudut tempat wisata ini juga bisa menjadi spot foto.

Untuk memasuki kawasan wisata ini, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000/orang. Namun, harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan operator lokal.

5. Candi Pringape

Sesuai dengan namanya, candi ini terletak di Desa Pringapus, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, sekitar 17 km dari Wisata Alam Posong. Candi Pringapus berbentuk seperti altar dengan pintu candi di kanan dan kiri. Pada dinding candi terdapat relief yang menggambarkan sepasang dewa langit.

Relief candi masih tampak utuh. Selain menampilkan pesona alam pedesaan, pengunjung juga dapat belajar tentang sejarah pembangunan candi dari Pusat Informasi Candi Pringapus.

Tempat wisata ini beroperasi setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 15:30 WIB. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk mulai dari Rp 3.000/orang.

Source: celebesmedia.id

Related Articles

Back to top button