Berita Wisata

9 Tempat Wisata Kerajaan Kutai Kartanegara Purba Ing Martapura Di Kalimantan : Okezone Travel

ADA Ada beberapa tempat wisata peninggalan Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur yang bisa menjadi pilihan liburan. Lokasi-lokasi tersebut mungkin bisa menjadi pilihan bagi Anda yang suka berwisata sejarah.

Kerajaan Kutai Martapura merupakan kerajaan Hindu tertua di Nusantara yang berdiri pada abad ke-4 Masehi. Pusat kerajaan adalah Muara Kaman, yang sekarang termasuk dalam wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur.

Pada abad ke-16, kerajaan Kutai Martapura ditaklukkan oleh pasukan kerajaan Kutai Kartanegara. Raja yang berkuasa kemudian mengubah nama Kerajaan Kutai Kartanegara menjadi Ing Martapura.

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Terbaik di Banda Neira, Potongan Surga di Indonesia Timur

Seiring berjalannya waktu, kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martapura akhirnya berganti gaya dari Hindu ke Islam dan pemerintahannya menggunakan sistem kesultanan.

Nah, berikut ini rekomendasi tempat wisata sejarah di Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martapura di Kukar.

1. Desa Brubus

Tempat ini merupakan pusat wisata bekas pemerintahan Kerajaan Kutai, tepatnya pada masa Raja Mulawarman. Saat mengunjungi desa Brubus, Anda akan menemukan peninggalan kerajaan Hindu tertua di Indonesia.

2. Gua Batu Gelap

Gua Batu Gelap memang identik dengan legenda rakyat yang masih dipercaya masyarakat hingga saat ini. Terletak di Desa Sukamaju, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, tempat ini bisa menjadi pilihan untuk berlibur.

3. Kutai Lama

Kutai Lama digunakan sebagai tempat wisata religi, budaya dan sejarah di Kutai. Pengunjung bisa berziarah ke makam Sultan Aji, Raja Mahkota dan Sultan Aji Dilanggar.

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Tersuci di Asia, Nomor 5 Ada di Indonesia

4. Lamin Mancong

Lamin Mancong merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi. Selain wisata sejarah, pengunjung juga bisa berfoto bersama. Lamin Mancong terletak di Desa Mancong, Kecamatan Jempang, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

5. Museum Mulawarman

Museum Mulawarman adalah salah satu tempat wisata yang paling populer. Di tempat ini terdapat 5.373 koleksi artefak sejarah, mulai dari mebel antik, patung, kamar tidur, dan artefak lainnya dari Dinasti Ming, Qing, dan Yuan.

Terletak di Jl.Tepian Pandan, Panji, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, tempat ini bisa menjadi pilihan untuk menikmati sejarah.

Baca juga: Utamakan kesehatan Anda dan keluarga

6. Monumen Pancasila

Monumen Pancasila terletak di pusat Kota Tenggarong, persis di seberang Istana Sultan Kutai. Di tempat ini terdapat banyak relief yang menggambarkan sejarah panjang perjalanan Kutai Kartanegara dari zaman kerajaan hingga zaman pembangunan.

7. Pulau Kumala

Rekomendasi wisata Kerajaan Kutai selanjutnya adalah Pulau Kumala. Tempat ini menawarkan berbagai keindahan alam yang luar biasa.

Menggambar

8. Tanjung Isuy

Di Tanjung Isuy, banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Anda juga bisa melihat proses pembuatan doyo ulap, yaitu kain tenun yang dibuat oleh masyarakat Dayak Benuaq.

9. Desa Kedang Ipil

Dan yang terakhir, Desa Kedang Ipil saat ini masih memiliki adat yang kuat yaitu Kutai Adat Lawas. Di desa tersebut masih terdapat ritual adat seperti Nyepi yaitu tidak keluar rumah selama beberapa hari, tidak menyakiti atau membunuh hewan, dan melarang memakan makhluk hidup.

Selain itu, ada pula adat-istiadat lain seperti tradisi kematian, adat perkawinan dan ritual Belian untuk pengobatan.


Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button