Tempat Wisata

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, aktivitas, lokasi & harga tiket Pantai Ngrenehan Salah satu wisata laut terindah di Girisubo, Gunung Kidul, Jogja yang dihiasi perbukitan kapur yang hijau. Pantai berupa teluk yang indah ini memiliki pasir putih, air yang jernih dan tempat berlabuh untuk perahu nelayan.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kanigoro, Kec. Sapto Sari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Pantai Ngrenehan terletak di Saptosari, daerah yang terkenal dengan perbukitan karstnya yang mempesona. Selain itu, tempat ini juga menyajikan berbagai makanan khas seafood. Saat pertama kali datang ke sini Anda akan disambut oleh sejumlah perahu milik nelayan setempat. Belum lagi pantai pasir putih yang paling memesona.

Tekstur pasirnya begitu lembut saat Anda menginjaknya sehingga Anda bisa betah berjalan tanpa alas kaki. Kabar baiknya, Pantai Ngrenehan masih tenang dan terjaga. Hal ini cukup wajar mengingat pamornya memang tidak sepopuler properti wisata bahari lainnya di Jogja. Namun, keadaan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang mencintai kedamaian.

Di sekitar sini banyak terdapat tebing-tebing yang menjulang tinggi yang semakin estetis saat deburan ombak menghempas bebatuan. Airnya cukup jernih, meskipun Anda tidak bisa melihat dasar lautnya. Didominasi warna hijau dengan aliran air yang deras di antara perbukitan keras dan terjal. Secara keseluruhan cukup adil untuk mengatakan bahwa pantai yang satu ini indah, meskipun luasnya tidak banyak.

Atraksi Pantai Ngrenehan

Atraksi Pantai NgrenehanKredit Foto: Google Maps Reza Rahman

1. Sajikan seafood yang menggugah selera

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Pantai Ngrenehan adalah desa nelayan di Saptosari. Pasalnya, di sini Anda bisa menemukan berbagai jenis ikan segar. Biasanya para nelayan membawa hasil tangkapannya ke sejumlah warung dan TPI agar pengunjung bisa memilih jenis masakan yang diinginkan sesuai selera.

Menariknya, pantai ini memiliki menu paling populer dan khas, yaitu ikan goreng sambal hijau. Rasanya sangat enak, apalagi disantap dengan nasi putih hangat. Anda mungkin tidak akan berpikir dua kali untuk menambah porsi begitu Anda mencicipi hidangannya.

Menawarkan rasa yang unik dengan berbagai macam ikan seperti nila, gurame, kakap. Tidak hanya jenis ikan, Anda juga bisa menemukan kepiting, udang, dan cumi-cumi. Ada juga campuran berupa saus asam manis dimana varian ini begitu nikmat. Bagi Anda yang mungkin memiliki alergi makanan laut, menu umum seperti nasi goreng telah disediakan.

Kabar baiknya, semua harga dipatok murah sehingga Anda tidak perlu khawatir mengosongkan dompet. Saat Anda mencari makanan laut yang lezat, Anda akan disuguhi panorama lepas pantai.

Warung-warung makanan tersebut ditata mengarah langsung ke kawasan perairan sehingga pengunjung dapat merasakan kepuasan yang maksimal. Tidak hanya dari segi rasa, tetapi juga secara visual. Rugi rasanya jika datang ke sini tanpa mencoba satu menu pun.

2. Panorama alam yang menakjubkan dari berbagai sudut

Perairan di kawasan ini dikelilingi oleh tebing-tebing terjal, sehingga bentuknya terlihat seperti lekukan teluk. Di setiap sisi kiri dan kanannya terdapat bebatuan karst yang menjulang tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau, menyisakan laut lepas dan kawasan pesisir. Perahu-perahu, sebagian besar berwarna cerah dan cerah, berbaris berurutan dari ujung ke ujung di atas pasir.

Rasanya belum cukup, di satu titik terdapat gundukan karang yang sangat unik. Bentuknya seperti tempurung kura-kura dan dihuni oleh berbagai cangkang kecil. Sebagai Pekerjaan berpikir, yang secara otomatis akan menarik perhatian setiap pasang mata. Di bawahnya terhampar lautan hijau yang tampak seperti permata zamrud.

Berkat tebingnya yang kokoh, turbulensi ombak di sini tidak terlalu menakutkan dan cukup bersahabat bagi pengunjung. Anda bisa bermain air dengan santai, baik itu berenang, menyelam atau sekedar menikmati sentuhan air asin. Ukuran pantainya relatif kecil, namun sangat landai di bagian tepinya, sehingga cocok sebagai arena lari untuk anak-anak.

Semua keindahan menjadi lebih sempurna jika dilihat dari atas. Oleh karena itu sangat disarankan untuk membawa perlengkapan fotografi yang memadai dan tidak hanya mengandalkan kamera ponsel. Bahkan jika perlu, persiapkan diri Anda drone untuk menangkap lanskap memesona dari sudut yang sulit dijangkau manusia secara manual.

3. Menawarkan pesona wisata budaya di pantai tetangga

Tidak jauh dari sini, Anda bisa menikmati wisata budaya yang tak lekang oleh waktu di Pantai Ngobaran. Jaraknya sekitar 1 km dari Pantai Ngrenehan, masih perairan bahkan bertetangga. Oleh karena itu, wisatawan sering mengunjungi kedua objek wisata laut ini secara bersamaan. Kabar baiknya adalah Anda akan dimintai tiket masuk satu kali.

Wisata budaya biasanya bisa dinikmati saat bulan purnama bertepatan dengan hari raya Nyepi. Menggabungkan keindahan suasana masa lalu dalam penampilan yang sempurna. Tradisi ini sudah ada sejak lama dan dipertahankan dari waktu ke waktu. Namun, sebagian besar pengunjung mengakui bahwa pertunjukan budaya ini sarat dengan suasana mistis.

Karena itu, Anda harus selalu berhati-hati dan menghormati norma kesopanan jika Anda tertarik menjadi penonton. Tujuannya tentu saja untuk menghormati adat-istiadat masyarakat setempat. Kendalikan diri Anda agar tidak berbicara sembarangan. Oleh karena itu, pastikan untuk mempersiapkan hati dan pikiran sebelum benar-benar masuk ke momen perayaan. Yang terbaik adalah tidak berpartisipasi jika itu bertentangan dengan hati Anda.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Ngrenehan

Alamat Pantai NgrenehanSumber gambar: Google Maps Sarwono

Terletak di Kabupaten Gunung Kidul, untuk menuju Pantai Ngrenehan cukup mudah namun agak sulit untuk menuju ke sana dengan kendaraan umum. Pasalnya, transportasi umum yang tersedia tidak mencukupi, sehingga Anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Mulai dari kota Yogyakarta, Anda bisa melewati Wonosari untuk mencapai desa Kanigoro, Saptosari.

Saat melintasi Wonosari, Anda tinggal mengikuti jalan tersebut hingga sampai di kawasan pasar Trowono. Kemudian menuju Pantai Selatan menuju Kanigoro. Selanjutnya, belok kiri segera setelah Anda menemukan pertigaan di jalur Wonogiri – Imogiri. Anda akan mencapai tujuan Anda tidak jauh dari sini.

Rute lain bisa menuju Gading ke Playen lalu masuk ke pasar Trowono. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di desa Kanigoro dan tak lama lagi tujuan Anda akan terbentang di depan mata. Gunakan Google Maps untuk kenyamanan jika ini adalah kunjungan pertama Anda. Hindari bepergian sendirian demi keamanan dan kesenangan.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan Jogja

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan JogjaKredit foto: Google Maps Imam 120975

Di balik keindahannya yang mempesona, ternyata pengelola wisata pantai mematok tarif yang relatif murah sebagai kompensasi pengunjung. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 dan tambahan Rp 3.000 akan dikenakan jika membawa sepeda motor sedangkan mobil dikenakan biaya Rp 5.000. Di sisi lain, jika Anda datang dalam kelompok dan naik bus, biaya parkirnya adalah Rp 15.000.

Setelah itu, Anda bebas menikmati setiap jengkal panorama pantai sesuka Anda. Jadwal operasional selama 24 jam sehari, Anda bisa datang kapan saja. Wisatawan diberikan kebebasan untuk memilih ayunan terbaik sesuai dengan waktu luangnya. Namun, disarankan untuk datang pada sore atau malam hari karena cuaca sudah bersahabat.

Aktivitas Seru di Pantai Ngrenehan

Aktivitas seru di Pantai NgrenehanSumber gambar: Google Maps Dodi Dodi

1. Berkemah di area pantai

Jam operasional yang berlangsung 24 jam setiap hari memungkinkan wisatawan bermalam di Pantai Ngrenehan. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berkemah bersama orang-orang terdekat Anda, baik itu teman bermain Anda, pasangan Anda atau keluarga Anda. Ada arena berkemah disiapkan oleh pengelola sehingga tidak perlu mencari lagi.

Jika ingin berhemat, urus kebutuhan camping dari rumah. Namun, bagi Anda yang malas bekerja keras, tidak apa-apa untuk mendongkrak fasilitas dan pelayanan di sini. Persiapkan saja diri Anda dan rombongan untuk memeriahkan suasana perkemahan dengan berbagai keseruan.

2. Eksplorasi Laut dan Memancing

Mengingat banyaknya kapal nelayan yang berlabuh di pantai, tak ada salahnya segera bergerak dengan kendaraan tersebut. Beritahu pemilik kapal niat Anda, jangan lupa untuk menegosiasikan harga. Jika memungkinkan, Anda bahkan dapat meminta untuk ditampilkan Pekerjaan penangkapan ikan yang akurat.

Namun siapkan alat pancing dan umpan yang mumpuni terlebih dahulu. Anda mungkin cukup beruntung untuk menangkap yang besar dan kemudian memprosesnya sendiri.

3. Pendakian di bebatuan karst

Ditujukan untuk wisatawan yang menyukai aktivitas ekstrim. Bebatuan di sekitar Pantai Ngrenehan cukup menantang untuk ditaklukkan. Pastikan untuk waspada saat melakukan ini.

Akomodasi anggaran terdekat ke pantai

Akomodasi anggaran terdekat ke pantaiKredit foto: Google Maps Ayu Wijayadi

1. Hotel yang cukup bagus

Akomodasi kelas melati menawarkan berbagai kamar dengan harga per malam yang terjangkau. Ada family room seharga Rp 200.000, kamar standar double dengan kipas angin seharga Rp 100.000 dan family room dengan shower seharga Rp 300.000 per malam. Fasilitasnya antara lain ruang keluarga, tempat parkir, perlengkapan mandi gratis, tempat jemuran dan tempat tidur yang nyaman.

2. Winahyu Resort Kukupo

Fasilitas yang tersedia antara lain kipas angin, tempat tidur, kamar mandi, meja dan tempat parkir. Cocok sebagai tempat menginap bersama keluarga atau pasangan. Berbagai tipe kamar ditawarkan, yaitu eco room, smart room, dan value room. Harga per malam termurah mulai Rp 185.000, paling mahal Rp 518.000.

3. Rumah kaca

Mungkin ini penginapan termurah di sekitar Pantai Ngrenehan, di mana biaya malamnya hanya Rp 150.000. Fasilitas yang ditawarkan antara lain kipas angin dan ranjang ganda. Pihak manajemen tampaknya secara sadar mengusung konsep kesederhanaan. Namun demikian, Anda dapat menyewa mobil di sini, menggunakan tempat parkir gratis, dan ada bagian penerima tamu 24 jam.

Harap dicatat bahwa harga di atas dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai kebijakan manajer. Cara pemesanannya bisa langsung datang ke lokasi sekaligus memeriksa di. Selain harganya yang murah, semua penginapan ini cukup aman untuk dijadikan tempat penginapan sementara.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Ngrenehan Gunung KidulKredit foto: Google Maps Andika Setyawan

Pantai yang indah ini menawarkan berbagai fasilitas yang dapat memenuhi segala kebutuhan para wisatawan. Menggabungkan kerjasama antara warga dan pemerintah daerah menyediakan fasilitas berupa toilet umum, mushola, tempat parkir, warung makan dan minum, balai pelelangan ikan dan area berkemah. Lainnya tidak termasuk Pekerjaan foto yang indah dan menawan.

Meski namanya belum banyak diketahui, Pantai Ngrenehan sebenarnya memiliki potensi yang tak terbatas. Jika pengelolaan objek wisata ini terus dipertahankan dan ditingkatkan secara bertahap, tidak menutup kemungkinan ke depan posisinya akan menggeser destinasi serupa ke Gunung Kidul.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button