Tempat Wisata

Pulau Panambungan, Pesona Pulau Kecil Eksotis yang Indah di Pangkep

Biaya Tur: Mulai dari Rp 200.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Matiro, distrik. Liukang Tupabbiring, Kab.Kepulauan Pangkajene, Sulawesi Selatan; map: Cek lokasi

Pulau Panambungan merupakan salah satu dari 121 pulau yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Pulau ini memiliki panorama yang indah yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Keunikan tempat wisata yang satu ini membuatnya semakin dikenal hingga mancanegara. Bahkan, pulau ini menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di Sulawesi Selatan.

Wisatawan yang datang ke tempat ini juga beragam, mulai dari anak kecil, remaja hingga dewasa. Tidak hanya turis yang datang dari Indonesia, tetapi juga banyak turis asing yang menikmati liburan mereka di pulau itu. Kesan yang Anda dapatkan saat mengunjungi tempat wisata ini tentunya tidak akan bertahan lama.

Oleh karena itu, bisa lebih seru lagi saat berlibur bersama rombongan teman dan keluarga di Pulau Panambungan. Tentu tidak lengkap rasanya jika tidak merasakan kenikmatan dan keseruan melakukan berbagai aktivitas di tempat ini. Namun, sebelum Anda berniat untuk pergi berlibur ke sana, galilah berbagai informasi tentang pulau cantik ini.

Pemandangan Pulau Panambungan

Pemandangan Pulau PanambunganKredit foto: Facebook Alhul Saputra

1. Ada pantai dengan pasir putih

Tempat wisata alam ini memiliki pantai yang bisa memukau siapa saja. Panorama bahari yang disajikan di sana juga dilengkapi dengan hamparan pasir putih bersih. Pantai berpasir putih ini sangat indah karena berpadu dengan air laut yang biru jernih. Hal ini membuat kawasan di sekitar pulau terlihat sangat bersih dan asri.

2. Banyak pohon pinus berjejer untuk berteduh

Salah satu hal yang dimiliki Pulau Panambungan yang berbeda dengan tempat wisata lainnya adalah banyaknya pohon pinus yang berjejer di sana. Kehadiran pohon pinus membuat tempat ini semakin rindang dan rindang. Hal ini cukup unik karena tanaman yang satu ini sering tumbuh di dataran tinggi pada umumnya.

Bedanya, pohon pinus yang tumbuh subur di pulau ini tidak ditumbuhi lumut pada batangnya. Tak heran jika banyak mahasiswa dari universitas ternama datang ke sini untuk meneliti fenomena ini. Di sisi lain, pinus ini juga membuat tempat tersebut tampak lebih hijau dan alami.

3. Lokasi perkemahan yang seru

Daya Tarik Pulau PanambunganKredit foto: Instagram Muaidil yusuf

Pulau ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk kegiatan berkemah. Banyak wisatawan memilih untuk berkemah di tempat ini karena tidak ingin melewatkan pemandangan matahari terbit dan terbenam di Pulau Panambungan. Selain itu, momen camping malam di sini juga cukup nyaman dan tenang.

4. Panorama terumbu karang yang indah

Gugusan terumbu karang di bawah laut juga menarik perhatian banyak pengunjung. Terumbu karang di lokasi ini memang sangat terawat. semua pengunjung juga boleh menikmatinya, tetapi tidak boleh merusaknya. Yang terpenting jangan meninggalkan sampah di dekat terumbu karang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau PenambunganSumber Gambar: Google Maps David Cesar

Pulau Panambungan sendiri terletak di Kabupaten Pangkep (Kepulauan Pangkajene), Provinsi Sulawesi Selatan. Lokasi tepatnya berada di Desa Mattiro Sompe, Kecamatan Liukang Tupabiring. Lokasinya sendiri sangat strategis karena Anda dapat menempuh perjalanan dari Pelabuhan Kayu Bangkok dan Pelabuhan Paotere Makassar dalam waktu sekitar 30 hingga 60 menit.

Pengunjung dapat mengendarai atau menyewa perahu motor, yang sering disebut sebagai Jolloro. Bagi Anda yang datang ke sini, Anda harus meninggalkan Dermaga Popsa pada pukul 6 pagi. Dengan cara ini nantinya Anda bisa tiba di Dermaga Pulau Panambungan sekitar pukul 7 pagi. Nah, setelah melakukan berbagai aktivitas menarik di sana, Anda bisa memulai perjalanan pulang sekitar jam 12 siang atau jam 1 siang.

Jangan biarkan diri Anda pulang dari pulau larut malam atau bahkan malam hari. Pasalnya, saat menjelang pukul 2 siang, ombak di sana biasanya kurang bersahabat. Jadi jika Anda memang ingin berlama-lama di tempat wisata ini, lebih baik menginap saja.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pulau PenambunganKredit foto: Facebook Mentari Sulawesi

Biaya liburan ke Pulau Panambungan masih tergolong murah. Pertama Anda harus membayar biaya sewa perahu atau boat yang bervariasi dari 1,5 juta rupiah hingga 3 juta rupiah untuk menampung hingga 20 orang pada saat pulang dan berangkat.

Jika menggunakan paket wisata untuk perjalanan maka akan dikenakan biaya sekitar 200.000 rupiah per orang dan dengan rombongan minimal 20 orang. Paket termasuk makan siang dan transportasi perahu pulang pergi. Setelah itu, untuk memasuki kawasan pulau, setiap pengunjung harus membayar tiket masuk sekitar 50.000 rupiah untuk satu orang.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Panambungan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau PanambunganKredit foto: Facebook M Zakaria Al-Anshori

1. Snorkeling

Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Pulau Panambungan adalah snorkeling. Anda dijamin tergoda untuk snorkeling melihat keindahan alam bawah laut secara jelas dan langsung. Tenang saja karena aktivitas snorkeling dijamin aman di sini dengan ombak yang tidak terlalu besar.

2. Piknik

Suasana yang tenang ditambah dengan semilir angin yang sepoi-sepoi membuat kegiatan piknik sangat cocok dilakukan di sana. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa tikar seperti tikar dan beberapa perlengkapan makan untuk bisa piknik. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan Anda untuk mengobrol dengan teman atau keluarga.

3. Menikmati sunset dan sunrise

Hal yang Dapat Dilakukan di Pulau PanambunganKredit foto: Instagram Aleaanatasha Lea

Pemandangan matahari terbenam atau sunset di Pulau Panambungan merupakan sesuatu yang sangat mempesona dan sayang untuk dilewatkan. Begitu juga dengan pemandangan sunrise atau matahari terbit. Namun, untuk bisa melihat pemandangan, sebaiknya pilih bermalam di tempat ini.

4. Potret Diri

Semua keindahan yang ditawarkan tempat wisata ini sangat menggoda untuk diabadikan oleh pengunjung. Hasil jepretan atau selfie yang diambil di pulau eksotis ini dijamin akan sangat bagus karena bertemakan pemandangan alam. Spot selfie andalan pulau ini terletak di antara pepohonan pinus yang rindang.

Akomodasi murah terdekat dari pulau

Akomodasi selanjutnya di Pulau PanambunganSumber Gambar: Google Maps Dena Mulyana

1. Hotel The One

Hotel ini terletak tepat di Jalan Gunung Latimojong di Kota Makassar. Harga menginap di hotel ini untuk satu malam cukup murah yaitu sekitar 250.000 rupiah. Fasilitas yang Anda dapatkan adalah free breakfast, wifi, parkir, AC dan lain-lain. Hotel ini juga dinilai aman dan ramah bila pengunjung membawa anak kecil.

2. Homestay yang lucu

Penginapan bisa menjadi pilihan tepat bagi pengunjung yang ingin berhemat. Pasalnya, tarif per malam yang ditawarkan hanya berkisar 200.000 rupiah untuk satu malam. Selain itu, fasilitas yang disediakan juga cukup baik. Misalnya WiFi gratis, tempat parkir yang luas, dapur dan masih banyak lagi. Lokasinya di Jalan S. Poso, Kota Makassar.

3. Hotel yang menyenangkan

Lokasi hotel ini berada di Jalan Buru, Kota Makassar. Fasilitas yang tersedia di happy hotel ini misalnya seperti AC, free breakfast, service room, wifi dan lain-lain. Namun, pengunjung tidak diperbolehkan membawa hewan peliharaan ke dalam area hotel. Di sisi lain, hotel ini sangat ramah dan aman jika Anda membawa anak kecil untuk menginap di sana.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai PanambunganKredit Foto: Akun Baru Instagram

Fasilitas di Pulau Panambungan sangat memadai. Oleh karena itu, tidak heran jika pengunjung yang datang ke sana setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan yang signifikan. Di sini Anda tidak perlu lagi khawatir ke toilet saat liburan. Hal ini dikarenakan fasilitas berupa toilet disediakan untuk pengunjung serta bersih dan nyaman.

Kemudian ada juga beberapa warung dan toko yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Harga juga bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Karena itu, Anda tidak perlu repot membawa terlalu banyak makanan dari rumah.

Selain itu juga terdapat beberapa jasa penyewaan alat snorkeling bagi anda yang ingin melakukan aktivitas tersebut. Harga sewa yang harus dibayar juga relatif ramah di kantong. Jadi Anda bisa snorkeling dengan peralatan yang dijamin nyaman dan aman.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mengunjungi tempat wisata Pulau Panambungan yang terletak di Sulawesi Selatan. Waktu liburan yang Anda habiskan di pulau ini dijamin tidak sia-sia. Pasalnya, banyak pengalaman baru yang bisa didapat setelah berlibur di tempat wisata alam tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button