Tempat Wisata

Curug Nangka, Wisata Air Terjun Menakjubkan di Bogor

Curug Nangka adalah salah satu air terjun dengan pesona alam yang menakjubkan di Bogor. Objek wisata di tengah hutan yang bisa dijadikan sebagai petualangan liburan seru.

harga tiket: Rp20.000, Waktu aktif: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Kecamatan Sukajadi. Tamansari, Kab.Bogor, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Curug Nangka merupakan tempat wisata yang layak dikunjungi di Bogor. Nama nangka sendiri berasal dari nama pohon nangka yang terdapat di kawasan objek wisata tersebut. Berada di kaki Gunung Salak, panorama alam yang ditawarkan oleh air terjun ini sungguh mempesona.

Kawasan objek wisata ini memiliki drainase yang deras dan kelembapan yang tinggi akibat curah hujan yang mengalir pada 3.500-5.600 mm/tahun. Letaknya yang berada di antara dua tebing dan dikelilingi hutan pinus membuat air terjun ini tampil mempesona.

Air terjun dengan air yang jernih dan udara sekitar yang sejuk memberikan ketenangan bagi setiap orang yang datang. Banyak hal menarik yang bisa wisatawan temukan di air terjun ini. Di kawasan wisata ini, wisatawan dapat bersantai dan beristirahat. Sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Curug Nangka dan menikmati pemandangan yang ditawarkannya.

Daya Tarik Curug Nangka

Atraksi Air Terjun NangkaKredit foto: Instagram Bella Calistha

Karena letaknya yang berada di ketinggian 750 meter di atas permukaan laut, air terjun ini menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Ketinggian air terjun ini kurang lebih 20 meter dan merupakan bagian dari Taman Nasional Halimun Salak. Di sekelilingnya ada tebing dan di bawahnya ada bebatuan.

Selain panorama air terjun yang mempesona dan hutan pinus di sekitarnya, wisatawan juga dapat menemukan sekelompok hewan di objek wisata ini.

1. Air terjun yang indah

Air terjun ini menawarkan suasana damai dengan aliran air yang indah dari atas ke bawah dan suara gemericik air menghantam bebatuan. Udara yang masih segar, suasana yang damai, dan kesejukan akan membuat wisatawan lebih banyak menghabiskan waktu di tempat wisata ini.

2. Panorama alam sekitar yang menakjubkan

Lingkungan sekitar objek wisata ini masih terjaga dengan baik. Pepohonan pinus yang hijau dan asri yang mengelilingi kawasan wisata ini akan menyambut para wisatawan yang datang. Selain pinus, berbagai tanaman lain seperti nangka, putri malu, pakis dan sebagainya tumbuh di sini.

Di air terjun ini, wisatawan dapat menemukan berbagai hewan mulai dari monyet ekor panjang, burung sesep madu hingga kupu-kupu cantik. Ini memberikan perasaan menyatu dengan alam.

3. Perkemahan

Objek wisata ini memiliki posisi yang strategis. Di area ini terdapat camping ground yang bisa digunakan wisatawan untuk bersantai sambil menikmati panorama alam sekitar. Selain itu, wisatawan dapat melakukan aktivitas Glamping hijau atau Perkemahan glamor hijau.

Alamat dan rute menuju lokasi Curug Nangka

Alamat Air Terjun NangkaSumber gambar: Twitter kotak bobo indonesia

Air terjun eksotis ini terletak di Bogor, tepatnya di Sukajadi, Tamansari. Dari Kota Bogor, Jawa Barat, waktu tempuh menuju air terjun ini sekitar 1 jam. Akses menuju lokasi objek wisata ini mudah dan kondisi jalan cukup baik. Ada beberapa rute menuju air terjun ini yang bisa dipilih wisatawan. Untuk menuju tempat wisata dengan air terjun ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor, rutenya dimulai dari pusat perdagangan Bogor (BTM). Kemudian melanjutkan perjalanan dengan mengambil arah ke Empang Bogor. Selanjutnya wisatawan dapat mengambil jalan lurus menuju pertigaan Ciapus.

Di pertigaan, belok kanan dan ikuti jalan sampai Anda tiba Hotel dan Resor Highland Park Bogor. Setelah itu, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan mengambil jalur kiri di pertigaan yang berjarak sekitar 700 meter, wisatawan akan sampai di kawasan objek wisata.

Ada juga rute lain dengan waktu tempuh sekitar 40 menit dan jarak tempuh 13 kilometer. Wisatawan bisa keluar dari tol Jagorawi, ambil arah kanan menuju Kebun Raya Bogor dan pusat perdagangan Bogor (BTM). Kemudian ambil jalur menuju Cipus atau Ciomas dan di Pasir Kuda belok kanan menuju Jalan Raya Ciapus

Bagi wisatawan yang menggunakan angkutan umum dan datang dari luar kota, wisatawan dapat menggunakan kereta api atau bus. Jika Anda menggunakan bus tujuan akhir di Terminal Baranangsiang, gunakan kereta tujuan akhir di Stasiun Bogor.

Dari stasiun kereta, berjalanlah menuju Hat Park hingga tiba di lampu merah. Kemudian wisatawan mengambil arah yang benar menuju pusat perdagangan Bogor (BTM). Baik wisatawan yang menggunakan bus atau kereta api akan menggunakan angkutan kota pusat perdagangan Bogor (BTM).

Sesampainya disana, wisatawan bisa naik angkutan kota 03 untuk menuju Hotel and Resort Highland Park Bogor pusat perdagangan Bogor (BTM). Selain itu, wisatawan dapat menggunakan ojek atau berjalan kaki menuju Gerbang Curug Nangka. Jika memilih jalan kaki, waktu tempuhnya sekitar 20 menit.

Setibanya di Gerbang Curug, wisatawan harus penganiayaan dengan jarak 100 meter. Wisatawan penganiayaan Karena jalurnya berupa sungai kecil, di kanan dan kiri jalur ini terdapat tanaman yang lebat. Dengan jarak sekitar 3 sampai 4 meter dari satu sisi sungai ke sisi lainnya.

Tiket Masuk Air Terjun Bogor Nangka

Harga tiket Air Terjun NangkaKredit foto: Google Maps Chandra Kirana

Untuk masuk dan menikmati objek wisata Curug Nangka, wisatawan dikenakan biaya masuk. Biaya masuk ke kawasan wisata ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu saat berkunjung hari dalam seminggu dan akhir pekan.

Untuk wisatawan yang berkunjung hari dalam seminggu akan dikenakan harga tiket masuk Rp 14.500 akhir pekan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 17.000,-. Kecuali biaya

Tiket masuk wisatawan dikenakan untuk akomodasi kendaraan.

Bagi wisatawan yang membawa biaya parkir kendaraan hari dalam seminggu Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Bagi wisatawan yang berkunjung ketika akhir pekan Dikenakan biaya sebesar Rp 7.500 untuk engine mounting dan Rp 15.000 untuk kendaraan roda 4.

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu menikmati alam dengan berkemah di air terjun ini, tersedia bumi perkemahan. ke berkemah jika hari dalam seminggu sebesar Rp 29.500,- sedangkan biaya sebesar akhir pekan sebesar Rp 32.000,00.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Curug Nangka

Aktivitas Air Terjun NangkaSumber gambar: Twitter Pebi Yudha K.

1. Rekreasi dan permainan air

Wisatawan dapat menikmati aktivitas rekreasi dan permainan air sederhana di sekitar Curug Nangka agar wisatawan yang datang tidak bosan.

2. Bersantai dan istirahat

Panorama air terjun yang mempesona dan riak air yang menyentuh bebatuan di sekitar air terjun menciptakan suasana damai yang menjadi tempat yang tepat bagi pengunjung yang ingin bersantai dan beristirahat. Selain itu, udara segar dan kondisi lingkungan yang alami dapat membuat pengunjung rileks.

3. Mandi dan berenang

Di kawasan wisata yang didukung oleh air terjun yang jernih ini, wisatawan dapat melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air seperti membersihkan diri dan menyegarkan diri dengan mencuci muka, mandi, merendam kaki, dan berenang. Wisatawan bisa berenang di antara bebatuan di kaki air terjun.

Kedalaman air terjun ini sekitar betis orang dewasa, sehingga sangat ideal untuk memandikan kaki sambil bersantai dan merenungkan keindahan alam sekitar. Wisatawan tidak perlu khawatir jika tidak bisa berenang.

4. Fotografi dan Videografi

Objek wisata ini memiliki banyak Pekerjaan eksotik sehingga bisa dijadikan media oleh wisatawan yang suka berfoto atau merekam video. Selain itu, memori akan memudar seiring waktu, cara yang efektif untuk menghidupkan kembali memori dengan foto atau video.

Pada masa ini, fotografi merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan ketika mengunjungi suatu tempat. Panorama Curug Nangka akan sangat indah dan halus bila dijadikan sebagai background untuk mengambil gambar atau video, dapat menambah daya tarik sebuah foto atau video.

Wisatawan bisa berfoto di bebatuan di sekitar air terjun dan hutan pinus dengan latar belakang air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter.

Wisatawan bisa berfoto sendiri di objek wisata ini, bersama teman, bersama pasangan atau bersama keluarga. Foto atau video yang dihasilkan dapat disimpan sebagai koleksi pribadi atau dibagikan di situs media sosial.

5. Berkemah dan glamping hijau

Di kawasan objek wisata alam ini terdapat camping ground dimana para wisatawan bisa berkemah sambil menikmati keindahan alam sekitar. lokasi tempat perkemahan dekat sungai. Di sebelah tempat perkemahan di daerah ini ada Glamping hijau atau Perkemahan glamor hijau.

Perkemahan modern, kombinasi alam dan fasilitas yang memadai, menarik bagi wisatawan. Wisatawan disuguhi perasaan berkemah tapi mewah. Fasilitas yang tersedia di Green Glamping antara lain listrik, bonus sarapan, toilet seat dan lain sebagainya.

Objek wisata ini sangat ideal bagi wisatawan yang ingin menyegarkan diri dari kesibukan sehari-hari.

6. Mengejar

Jika wisatawan tidak puas dengan aktivitasnya penganiayaan Wisatawan dapat menjelajahi air terjun ini sambil terus mengunjungi dua air terjun di dekat kawasan ini. Kedua air terjun tersebut adalah Curug Daun dan Curug Kawung. Disarankan untuk tidak melakukan aktivitas apapun penganiayaan sendiri untuk mencegah hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Fasilitas yang tersedia di Curug Nangka Bogor

Fasilitas Air Terjun NangkaSumber gambar: Google Maps Laurio Leonald

Properti Wisata Curug Nangka dikelola oleh RPH Gunung Bunder, KPH Kab. Bogor dan BKPH Bogor. Fasilitas yang tersedia di objek wisata air terjun ini bisa dikatakan cukup memadai.

Ada banyak tempat yang menjual berbagai jenis makanan, mulai dari makanan berat seperti nasi dan lauk pauk hingga makanan ringan seperti snack. Ada juga tempat yang menjual berbagai jenis minuman.

Ada tempat perkemahan di daerah ini. Fasilitas penunjang lainnya dari objek wisata ini adalah tempat ibadah berupa mushola, ruang ganti, toilet, pondok kerja, area parkir kendaraan, Perlindungan dll.

Selain itu, ada penjual pakaian dan toko suvenir bagi wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh sebagai oleh-oleh atau oleh-oleh. Tersedianya fasilitas yang lengkap dapat membuat wisatawan merasa nyaman, aman dan puas selama menginap di lokasi objek wisata ini.

Itulah beberapa informasi menarik tentang tempat wisata, fasilitas, alamat dan itinerary ke tempat wisata Curug Nangka. Jika Anda berada di Bogor, Jawa Barat, Anda tidak boleh melewatkan kunjungan ke tempat wisata yang menawan ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button